Rasa Gugup lebih menakutkan daripada HANTU


NASIHAT KUNO dari TIONGKOK (China)…

Rasa Gugup lebih menakutkan daripada HANTU

紧张的心比鬼厉害

Jin zhang de xin bi gui li hai

Alkisah datanglah seorang yang dikejar-kejar hendak dibunuh oleh hantu, menemui seorang bhiksu sakti di sebuah kuil. Ia membungkukkan badan & bersujud di hadapan sang bhiksu seraya berkata:”Bhiksu, tolonglah saya. Saya dikejar-kejar hendak dibunuh oleh hantu.”Sang Bhiksu menjawab:”Bisa. Jika sekujur tubuh anda dipenuhi dengan tulisan paritta, maka hantu tidak akan melihat kamu, ia akan melepaskan mu & tidak akan mengejar lagi.”Sang Bhiksu pun menuliskan paritta di atas tubuh orang tersebut, dari ujung kepala sampai jari kaki tak ada bagian yang terlewati.

Orang tersebut duduk di ruang tengah kuil, merasa sangat gugup & ragu-ragu; apakah dengan ditulisi paritta si hantu benar-benar tidak bisa melihatnya? Malam hari, berhembus angin sakau, si hantu benar-benar datang, berjalan kesana-kemari memutari ruang tengah kuil. Terjadilah hal yang mengkuatirkan, meskipun hantu tidak dapat melihat orang tersebut, akan tetapi orang itu bisa melihat keberadaan si hantu. Akibatnya ia merasa lebih gugup, pertama-tama dahinya mulai berkeringat, tangan-kaki-badan tanpa terasa juga ikut berkeringat, paritta yang ditulis di atas tubuhnya perlahan-lahan menjadi luntur.

Dalam sekejab, si hantu dapat melihat, menemukan & membawa pergi orang tersebut. Si bhiksu menarik nafas panjang seraya berkata: 紧张的心比鬼厉害jin zhang de xin bi gui li hai : rasa gugup lebih menakutkan daripada hantu.”

人一旦生活在忧愁惶恐不安之中,就容易伤失自信而陷于怯懦与逃避的深渊
Ren yi dan sheng huo zai you chou huang kong bu an zhi zhong, jiu rong yi sang shi zi xin er xian yu qie nuo yu tao bi de shen yuan

Begitu seseorang hidup dalam keadaan yang tidak tenang (murung, gugup & ketakutan) akan mudah kehilangan rasa percaya diri, menjadi penakut & suka menghindar

Diterjemahkan secara bebas dari buku jing si yu jiao xue can kao zi liao 静思语教学参考资料  milik perpustakaan Hong zi tan 宏慈坛

Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.


Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.



Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “