Fenomena Dhamma

Friday, February 13, 2015

Rencana Kehidupan Manusia



NASIHAT KUNO dari TIONGKOK (China)…

Rencana Kehidupan Manusia

人生的蓝图


Ren sheng de lan tu


Alkisah, hiduplah seorang tukang batu. Setelah berhasil menyelesaikan pembangunan 2 buah kandang ternak, 3 unit rumah sederhana & sebuah bedeng bunga, ia merasa sangat puas & bangga terhadap apa yang telah diraihnya. Si tukang batu berencana untuk menemui adik seperguruannya yang bekerja sebagai seorang arsitek. Tak disangka, dalam kurun waktu yang sama, sang adik bisa membangun sebuah gedung bertingkat yang tinggi-megah & mencakar langit. Sebentar lagi proyek tersebut akan selesai, saat ini sedang tahap akhir: mengerjakan puncak gedung.

Si tukang batu bertanya kepada adik seperguruannya:”Mengapa saya hanya bisa membuat rumah yang sederhana, sedangkan kamu bisa membangun gedung yang begitu megah?”Sang arsitek membuka laci mejanya & mengeluarkan sebuah blue print yang begitu detail. Ia berkata kepada si tukang batu:”Lihatlah gambar ini. Sebelum bekerja, saya memiliki rencana yang hebat & terperinci secara menyeluruh. Sedangkan anda sendiri bekerja sambil berpikir. Bagaimana bisa mendapat hasil yang maksimal?”

Pembicaraan tersebut secara tidak sengaja didengar oleh seorang guru. Saat mengajar di kelas, beliau berkata kepada para muridnya:”Anak-anak, camkanlah! Cita-cita bagaikan sebuah rencana kehidupan. Bagaimana bisa membangun sebuah gedung bertingkat yang tinggi & megah bila tidak memiliki rancangan bagunan yang baik?”


人生好比爬坡.要找一个上好的目,以短的人生,朝向个目,最好的最当的峰,勇往直前不能懈怠

Ren sheng hao bi pa po. Yao zhao yi ge shang hao de mu biao, yi duan zan de ren sheng, chao xiang zhe ge mu biao qian jin, yao xuan zui hao de zui shi dang de feng ding, yaong wang zhi qian bu neng xie dai

Kehidupan manusia diibaratkan mendaki sebuah lereng. Miliki cita-cita yang mulia/agung. Gunakan kehidupan yang singkat ini untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Pilihlah tujuan hidup yang terbaik & paling sesuai, maju terus pantang mundur.

Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.


Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.




Diterjemahkan secara bebas dari buku jing si yu jiao xue can kao zi liao静思语教学参考资料milik perpustakaan Hong Ci Tan宏慈

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home