Fenomena Dhamma

Wednesday, February 25, 2015

Confucius Guru Moralitas Pertama di Dunia- Nasihat & Contoh Keteladanan.. Kitab Di Zi Gui ke-39.




能亲仁,无限好
德日进,过日少
不亲仁,无限害
小人进,百事坏

Neng qin ren, wu xian hao
De ri jin, guo ri shao
Bu qin ren, wu xian hai
Xiao ren jin, bai shi huai

Mendekatkan diri dengan orang yang bijak, akan membawa banyak faedah untuk diri kita. Seiring dengan berjalannya waktu, kualitas moral & akhlak kita akan meningkat, otomatis semakin sedikit melakukan kesalahan. Sebaliknya, tidak mendekatkan diri dengan mereka yang bijak akan merugikan diri sendiri. Orang yang rendah budi akan mencari kesempatan untuk mendekati kita. Orang-orang semacam ini dapat mempengaruhi & membuat akhlak-moral seseorang menjadi merosot.

Pada jaman Chun Qiu春秋 dimana antar kerajaan saling berperang hiduplah seorang raja yang bernama Qi Jing Gong齐景公. Suatu hari, secara tiba-tiba  Qi Jing Gong memanjat sebuah pohon hanya untuk melihat seekor burung yang berada di dalam sarang. Qi Jing Gong dengan mudah dapat menangkap burung yang ada di dalam sarang untuk diamati. Ternyata, anak burung tersebut masih sangat kecil, belum berbulu & tidak bisa terbang. Karena merasa kasihan, baginda Qi Jing Gong segera mengembalikan anak burung ke dalam sarang. Mendengar kabar jika sang baginda Qi Jing Gong sedang berada di dalam taman & menangkap seekor anak burung yang masih kecil, sang perdana menteri Yan Zi晏子 segera mencari beliau. Qi Jing Gong berterus terang kepada Yan Zi jika sedang berada di taman untuk melihat keadaan si burung kecil.

Baginda raja mengira Yan Zi hendak menegur dirinya seperti yang telah sering terjadi sebelumnya. Ternyata, kali ini Yan Zi memuji sikap Qi Jing Gong. Yan Zi berkata:”Peristiwa hari ini merupakan kabar yang baik. Baginda adalah seorang raja yang baik hati.”Qi Jing Gong berkata:”Tuan perdana menteri, anda jangan mempermainkan saya. Saya hanya mengembalikan seekor burung yang kecil ke dalam sarangnya.”Yan Zi berkata:”Karena burung itu masih kecil, anda melepaskannya. Anda begitu mengasihi makhluk hidup. Terhadap hewan saja bisa memiliki hati yang penuh kasih, apalagi terhadap rakyat. Pasti lebih mengasihi lagi.”

Pada jaman Chun Qiu春秋, hiduplah 5 orang raja yang paling berpengaruh, salah satunya adalah Qi Huan Gong齐桓公. Di akhir masa pemerintahannya, Qi Huan Gong sangat mempercayai 3 sekawan:Yi Ya易牙, Kai Fang开方,Shu Diao竖刁. Sebelum Guan Zhong管仲 mangkat, beliau pernah berkata:”Kelak ketika anda telah tiada, siapa diantara 3 sekawan yang layak untuk menggantikan kedudukan anda? Apakah Yi Ya/Kai Fang/Shu Diao?”Tak seorang pun dari mereka yang dipilih oleh Guan Zhong.

Guan Zhong berkata kepada Qi Huan Gong:”Mereka bertiga adalah orang yang rendah budi, baginda jangan terlalu akrab dengan mereka. Jangan mempercayakan kedudukan penting di tangan mereka.”Sayang, segera setelah Guan Zhong meninggal, baginda Qi Huan Gong lupa akan pesan tersebut. Pada akhirnya Yi Ya, Kai Fang, Shu Diao berkomplot untuk mencelakai Qi Huan Gong.

Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.


Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.



0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home