Kopi Turunkan Risiko Kanker Hati?



TEMPO.COJakarta -Minum kopi turunkan risiko kanker hati (hepatocellular carcinoma atau HCC), yaitu jenis kanker hati yang paling umum terjadi.  Begitu data terbaru yang dipublikasikan dalam Clinical Gastroenterology and Hepatology, jurnal resmi dari American Gastroenterological Association. Selanjutnya, beberapa data mengindikasikan bahwa tiga cangkir kopi per hari bisa menurunkan risiko kanker hati sekitar lebih dari 50 persen.


"Penelitian kami mengkonfirmasi bahwa kopi baik untuk kesehatan, terutama kesehatan organ hati," ujar Carlo La Vecchia, MD, salah seorang peneliti dari Department Epidemiology, Istituto di Ricerche Farmacologiche "Mario Negri," dan  department of clinical sciences and community health, Università degli Studi di Milan, Italy. "Efek positif dari kopi pada kanker hati bisa jadi dimediasi oleh bukti yang dilakukan kopi dalam pencegahan diabetes atau juga pengaruh positifnya pada sirosis dan enzim hati," ujar La Vecchia.


Para peneliti melakukan meta analisis dari beberapa artikel yang terbit dari 1996 sampai September 2012, utamanya mempelajari 16 artikel yang paling berkualitas dengan total 3153 kasus. Penelitian ini mengisi kekosongan penting sebagai meta analisis terakhir yang dipublikasikan pada 2007 dan sejak itu telah dipublikasi data lebih dari 900 kasus kanker hati.


Kanker hati pada tahap awal atau primer, sebagian besar bisa dihindari dengan vaksinasi virus hepatitis B, pengendalian penularan virus  hepatitis C dan pengurangan minum alkohol. Ketiga langkah tersebut, pada prinsipnya, bisa menghindari lebih dari 90 persen  kanker hati primer di seluruh dunia.


Kanker hati menduduki posisi ke enam dari kanker yang paling umum terjadi  di dunia ini, dan posisi ke tiga paling sering menyebabkan kematian. HCC adalah jenis kanker hati utama, sekitar 90 persen kasus yang terjadi di dunia. Infeksi kronis dengan virus  hepatitis B dan C menjadi penyebab utama terjadinya kanker hati. Faktor risiko terkait termasuk alkohol, rokok, obesitas dan diabetes. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “