KESEHATAN


MANFAAT JAHE.

Yang membuat jahe begitu khas dan istimewa adalah kandungan minyak atsiri dan oleoresin-nya.Kandungan minyak atsiri dalam jahe –khususnya zingiberen dan zingiberol-nya –yang membuat jahe berbau harum.Sementara oleoresin –terutama senyawa yang disebut zingerol(gingerol) –punya peran memberikan rasa hangat dan pedas pada jahe. Oleoresin ini bersifat tidak mudah menguap.Berkat senyawa-senyawa ini lah maka jahe punya banyak manfaat.

Jahe banyak sekali di manfaatkan untuk membuat makanan.Yang pertama,tentunya sebagai bumbu masak.Untuk keperluan ini bisa dipakai jahe segar,jahe yang di keringkan,atau jahe bubuk.Aroma dan rasa khas jahememang dapat memberikan rasa sedap pada makanan (selain bisa menghilangkan bau amis dari ikan,daging,atau ayam)dan juga mampu memancing nafsu makan.

Jahe juga sering di gunakan sebagai bahan tambahan untuk memberi aroma dan rasa pada roti,kue,biscuit atau di buat permen.Jahe muda bahkan sering di makan sebagai lalapan atau di olah menjadi asinan dan acar.Karena dapat memberi rasa hangat dalam perut,jahe juga banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman seperti bandrek,sekoteng,sirop,bahkan wine jahe yang popular di Negara barat sebagai minuman penghangat di musim dingin.

Untuk mendapatkan jahe yang baik,pilihlah jahe yang segar,kulitnya halus,bersih dan kering,serta bebas dari jamur atau kapang(sejenis jamur yang bentuknya khas memiliki serat-serat halus mirip kapas).

Untuk mendapatkan aroma dan rasa jahe yang maksimal,olahlah jahe dengan cara mengiris atau mencincangnya.Cara ini lebih baik dari diparut,karena dengan diparut maka cairan jahe akan lebih banyak terbuang.Sebaiknya jahe ditambahkan sebagai bumbu yang terakhir kali dimasukkan agar rasa dan aromanya lebih terasa.Karena,oleoresin lebih mudah menguap bila dipanaskan.

Jahe segar dapat disimpan dalam lemari es selama 2-3 minggu.Sebelum disimpan,bersihkan jahe dari kotoran (sisa-sisa tanah dan lainnya).Bisa juga disimpan dalam keadaan sudah di kupas dan di cuci bersih,lalu di tempatkan dalam wadah tertutup.


MENURUNKAN  KOLESTEROL  DAN  TEKANAN  DARAH

Ingin tahu khasiat jahe lainnya? Berikut beberapa hasil penelitian modern yang telah membuktikan secara ilmiah berbagai khasiat jahe:

-Menurunkan tekanan darah:Hal ini terjadi karena jahe dapat merangsang pelepasan hormone adrenalin dan memperlebar pembuluh darah.Akibatnya, darah mengalir lebih cepat dan lancar,dan memperingan kerja jantung saat memompa darah.

-Membantu system pencernaan:Karena jahe mengandung enzim protease dan lipase,yang masing-masing dapat membantu proses pencernaan protein dan lemak.

-Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan,yaitu:Mencegah penggumpalan darah jadi,jahe dapat mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang bisa mengakibatkan stroke dan serangan jantung.Gingerol juga di duga membantu menurunkan kadar kolesterol.

-Mencegah atau mengatasi rasa mual,Karena jahe mampu mengusir serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabakan perut berkontraksi,sehingga timbul rasa mual,apakah itu yang di sebabkan oleh kehamilan muda atau akibat mabuk perjalanan.Itulah sebabnya,permen jahe atau minuman jahe biasa di berikan untuk orang mabuk ketika berkendaraan atau mengatasi keinginan untuk muntah yang di alami wanita yang sedang ngidam(hamil muda).

-Membuat lambung menjadi nyaman,Meringankan keram perut dan membantu mengeluarkan angin dari dalam perut jadi,tak heran mengapa orang yang sedang masuk angin dikerok dengan potongan jahe kupas,atau minyak yang dipakai untuk kerokan kadang di beri irisan jahe.


RAMUAN BERKHASIAT DARI JAHE.

Dalampengobatan tradisional,jahe banyak dipakai sebagai obat.Yang bisa di manfaatkan dari jahe bukan hanya rimpangnya,tapi juga daunnya.

Berikut beberapa obat tradisional dari jahe dan khasiatnya:

Daun Jahe: Berkhasiat sebagai obat kompres untuk meredakan sakit kepala kepala.

Caranya:4-5 lembar daun jahe di tumbuk,beri sedikit air,kompres di kening atau rambut dekat kening kepala.

Rimpang Jahe:Mengatasi perut kembung (agar lancar buang gas perut),batuk dan demam,mengobati hati yang membengkak.

Caranya:Ambil 1 ruas jahe(kira-kira 4 ibu jari),kupas,cuci bersih.Tumbuk halus,tambahkan 2 cangkir air,rebus hingga mendidih.Ambil airnya, lalu di minum.Bila suka,tambahkan gula pasir sesuai selera.

-Menyembuhkan Pegal Linu.

Caranya: Siapkan 2 rimpang jahe,kupas.Panaskan jahe di atas api atau bara,tumbuk halus ,lalu tempelkan pada bagian tubuh yang terasa sakit.

Mengobati Luka  Karena Lecet,terkena benda tajam,tertusuk duri,serta gigitan ular(untuk pertolongan pertama).

Caranya: Ambil 1 ruas rimpang jahe,kupas dan cuci bersih.Tumbuk halus jahe,tambahkan sedikit garam.Balurkan pada bagian tubuh yang terluka.

Menghilangkan gatal karena gigitan serangga,mengobati eksim.

Caranya: Ambil 2 ruas jahe dan 1 buah lobak,kupas,cuci bersih,parut.Ambil sarinya,oleskan ke permukaan kulit yang gatal.

Mencegah mabuk perjalanan.

Caranya: Ambil 3-4 ruas jahe (masing-masing seukuran ibu jari tangan),kupas,cuci bersih,memarkan.Masukkan jahe ke dalam satu gelas air,masak hingga mendidih.Tambahkan madu sesuai selera,lalu di minum.Bila suka,makan 2 iris jahe segar yang telah di kupas dan di cuci bersih.

-Menghaluskan Kulit.

Caranya: Ambil 1 ruas ibu jari jahe,parut.Campur dengan segenggam beras yang telah di tumbuk halus,tambahkan sedikit air(bisa juga di tambah lagi dengan 1 sm madu).Lulurkan pada kulit tangan,kaki,dan badan.Tunggu 15 menit,gosok,bilas hingga bersih.

-Menghilangkan Stress dan melemaskan otot-otot.

Aroma segar jahe ternyata dapat memberikan rasa relaks.Berendamlah dalam air hangat yang di dalamnya di beri irisan 4-5 ruas jahe.Rasa hangat dari parutan jahe atau minyak yang di beri irisan jahe juga dapat melemaskan otot-otot yang tegang.


Sumber: Kompas.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “