Kitab Di Zi Gui dengan Komentar dan Penutup…




Namo Buddhaya Temen Yg Budiman, Ajaran Kong Fu Cu (Confucius) ini tak Lekang oleh Wkt, tak Luntur di telan Zaman, akan Tetap Eksis, alasannya ajaran ini amat men-Dasar dan Fundamental bagi Kehidupan manusia dimanapun berada.


Ajaran Kong Fu Cu (Confucius) ini mudah dicerna hingga banyak keluarga yg masih memegang teguh ajaran Kong Fu Cu ini, juga msh berada di dalam ajaran Buddha, cuma Dharma ajaran Buddha isinya terlalu tinggi hingga lbh sulit dillaksanakan...



Bhante sengaja sering Post artikel2 ini utk bangkitkan kembali ajaran yg disebut Kuno n Jadul tp msh amat dibutuhkan saat ini, demi manfaat orang banyak.


Saat ini, kita sdh ke-Hilangan Spirit ajaran ini, maksudnya manusianya yg sdh me-Lupakan ajaran yg sungguh Agung ini, hingga banyak RT kadang sulit dlm mendidik anak2nya, bahkan anak2 zaman Ponsel (Gadget) ini sdh ke-Hilangan Akal Sehatnya...krn hari2 mereka lbh Utamakan main Ponsel dan Tabletnya dari pada membantu Ortu dan ber-Bakti sama Ortunya...hemmm...Kasianan aja...gimana masa depan mereka kelak...?  



Komentar:


1. Amitofo pagi Bhante Sudhammacaro..bener bhante zaman skrg walaupun kluarg brg ama kluarga tapi wktu makan brsama saya juga mainin hp saya trus. Aneh sih pdhl juga gak ada org chat sama saya tp dimainin trus. Brasa jadi anak autis ..hahaha.


2. saya senang sekali bisa baca serian tulisan ini dalam bahasa indonesia...saya ada memiliki buku nya dalam mandarin...sekali lagi salute untuk terjemahannya..walau tidak bisa mengungkapkan keseluruhan makna bahasa nya tapi ini udah luar biasa sekali terjemahannya.


3. heeemmmmm, kasih orang tua kepada kita ngak bisa di ukur, tapi kalau anak ke orang tua perhitungan,,haduuuuuhhh haduhhhhh....semoga bisa lebih baik lagi semoga bisa memberikan yang terbaik dan ketulusan kepada orang tua kita..sadhu sadhu sadhu.


4. jaman dahulu memang yg tua lebih di hormati dan di dulukan di setiap pertemuan apa saja,juga menghormati bagi lansia juga menyelipkan doa sedikit dlm hati smoga aku jg bisa panjang usia, tapi jaman sekarang susah sekali di lakukan menghormati org tua seperti dulu,kenapa???? jaman sekarang tak terlihat /tak tampak lagi tua atau muda semua main fb,smua bisa main hape ,smua tua muda tak terlihat lagi ,smua pada happy mengarungi dunia maya,,,tak terlihat tua muda ,bisa bercanda dan bisa bertukar cerita,sambil menunggu pangilan Tuhan yg tak pandang usia ,kalau sdh waktunya out go di cabut,kita ucapkan sampai jumpa di lain dunia.



5. Anak yg berbakti adalah anak yg berbudi! Smoga byk anak anak yg membaca status Bhante ini bisa lebih mengerti bagaimana cara membuat org tuanya lebih bahagia.



6. sebuah perenungan yang dalam,salute untuk terjemahan bahasa Indonesia nya. terharu....sering kali sama sama susah itu bisa...tapi sama sama senang ...di perlukan kekuatan hati.. waktu kecil belum rumah tangga..adik kakak susah gampang saling bantu....setelah rumah tangga...semisal yang satu kaya adiknya miskin.....walau tidak semua...sudah tidak sama dalam membantu....ini umum banyak terjadi...begitu pula dalam hub rumah tangga...... tidak mudah menjaga harmoni itu....adakalanya seorang kakak berkeluh kesah ..dulu bantu adik adik nya sekolah dll.....sampai untuk dirinya sendiripun tak ada,.,saat adiknya udah sukses,kakaknya tetap saja hidup susah..dan sang adik banyak alasan kalau mau bantu...takut istrilah.....takut suami lah.....ini sering saya temui di seputar lingkungan hidup....walau memang tidak semua.



7. Namo Buddhaya Bunda Yen Mei iya bener kali komennya trims, kan emang zaman sdh ganti, sama orang juga suka ganti pakaian kl sdh bau tak enak, biarkan aja kita hrs tetap hormati ortu ato yg lbh tua ini prinsip hdp yg benar jng terbawa n jng ikut zaman yg sdh rusak Etikanya.



Buddha Gotama meski sdh tau kebanyakan orang tdk bs menyerap n tdk bs ngerti Dharma ajaran-Nya yg amat Halus, Dalam n kadang su;it dicerna krn kebanyakan Orang terlena dg ke-Nikmatan Duniawi. Namun, Buddha Gotama tetap mau ajarkan Dharma ajaran-Nya dg penuh Metta (Cinta-Kasih) dan Kebijakan Guru Agung Buddha Gotama itu semua demi Kebahagiaan para Dewa n Manusia.


Demikian pula bhante yg Bodoh ini tetap mau Posting Dharma ajaran Buddha Gotama n ajaran Kong Fu Cu krn Metta kpd semua Orang yg mau membaca n mau belajar. Hingga semua orang akan dpt manfaatnya, mengerti n mereka mau melaksanakan utk kebahagiaan mereka sekeluarga n temen2...




Utk itu, bhante sengaja membangkitkan kembali Ingatan Temen2 Utamanya yg sdh RT utk Belajar dan me-Ngajarkan Budi Pekerti dan Bakti kpd Anak2nya, agar tdk Hilang...semoga bermanfaat sadhu. Ajaran Kong Fu Cu (Confucius) ini msh berada di dalam ajaran Buddha, cuma Dharma ajaran Buddha isinya terlalu tinggi dan dalam sekal hingga lbh sulit dillaksanakani...



Namo Buddhaya Temen2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur dan Orangtua yang masih hidup atau yang sudah meninggal, dan semua makhluk yang masih hidup atau yang telah meninggal, semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “