Kitab Di Zi Gui ke-10...



Mari kita Belajar dan me-Ngajarkan Budi Pekerti dan Bakti kpd Anak2…

或饮食, 或坐走
长者先,幼者后
长呼人, 即代叫
人不在,己即到
Huo yin shi, huo zuo zou
Zhang zhe xian, you zhe hou
Zhang hu ren, ji dai jiao
Ren bu zai, ji ji dao

Saat makan, duduk maupun berjalan, sebagai yang lebih muda harus mengalah kepada yang lebih tua. Ketika yang lebih tua memanggil seseorang, kita harus membantu mencarikan orang yang dimaksud. Jika ternyata tidak dapat menemukan orang yang dimaksud, kita harus menawarkan bantuan: apa yang bisa saya bantu?

Pepatah mandarin mengatakan jing lao de lao敬老得老bila dapat menghormati orang yang lebih tua akan memperoleh balasan berupa usia panjang. Alkisah, hiduplah seorang pemuda yang bernama Yang Da Nian杨大年. Saat berusia 20 tahun telah lulus ujian negara & menjadi seorang pejabat kerajaan. Di istana terdapat 2 orang pejabat senior yang telah berusia lanjut, mereka bernama: Zhou Han周瀚 & Zhu Ang朱昂. Yang Da Nian seringkali meremehkan-memandang rendah Zhou Han & Zhu Ang. Zhou Han berusaha untuk menasehati Yang Da Nian:”Anak muda, janganlah engkau meremehkan kami yang sudah tua. Kelak engkau juga bisa tua seperti kami.”Zhu Ang berkata kepada Zhou Han:”Untuk apa kau menasehati dia, tidak mungkin didengar apalagi dituruti. Kau hanya akan mendapat cemoohan saja.”Baru saja menjabat belum lama, Yang Da Nian pada akhirnya meninggal dunia.

Saat masih kecil Wang Bin王彬seringkali sakit-sakitan, penyakitnya menjadi kronis & tidak kunjung sembuh. Dia berpikir, hidupnya tidak akan lama lagi. Sehari-hari, bila bertemu dengan orang tua, ia akan bersikap sangat hormat. Wang Bin merasa orang tua lebih beruntung daripada dirinya, dapat menikmati usia panjang; sedangkan dirinya entah akan hidup berapa lama lagi? Di jalan, jika bertemu dengan orang tua; Wang Bin senantiasa mengalah. Pada akhirnya penyakit Wang Bin dapat disembuhkan, hidup sampai usia 93 tahun.

Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.

Penulis-Penerjemah: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “