“ SIRIK SAMA KITA GIMANA CARA MENGHADAPINYA “


DISKUSI DHARMA FACEBOOK.




Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

namo buddha bhante. Sya Ank cikarang. Bhante 5ya mau tnya donk.??

6i mna yah cra menghadpi org y6 sirik ma 5ya..Tiap x dya cri musuh tru5 ma 5ya..

Tru5 ada ngga bhante Paritta yg dpat menyejuk an hti sya. Agr tdk dpat emosi menghdpi dya.??

Mav udh 6anggu waktu nya & mkch bhante. Namo buddhya..

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.


Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah. 

Kesimpulan: Bila ada orang yg sirik sama kita, baiknya cari tahu knp orang itu sirik sama kita. Kl alasannya krn kita punya bnyak temen sebab kita lbh pandai dlm bergaul, itu hal biasa, kita patut bangga dg diri kita spt itu.
Buddha menasihati kita; Hiduplah dg penuh Cinta-Kasih dan Kesabaran di tengah2 orang yg membenci kita dan sirik sama kita. Sebab mereka msh manusia biasa, hal itu wajar bila mereka msh banyak kekotoran batin; benci, marah, sirik, dendam dsb.
Sebaliknya, kita tdk blh membalasnya dg hal yg sama, krn nanti akan menimbulkan persoalan baru, dan akan menambah Karma Buruk yg baru. Anggaplah hal itu kita sedang membayar Karma Buruk kita di masa lalu yg sdh terlupakan.
Paritta utk menyejuk an hti agr tdk dpat emosi menghdpi dia ialah; Wandana, Tisarana, Buddhanusatti, Dhammanusatti, Sangghanusatti, Saccakiriya Gatha, Karaniya Metta Sutta, lalu Meditasi sebentar sambil menyebarkan cinta-kasih (semoga semua makhluk hidup bahagia) ditutup dg Etawatta (pelimpahan jasa baik kpd para leluhur, ortu dan semua makhluk semoga berbahagia) .

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.



1. Namo Buddhaya, Namaskara Bhante, Menurut saya harus berlatih kesabaran, karena dengan sabar maka hal yang buruk tsb secara perlahan tapi pasti akan berakhir. Melatih meditasi, mendengarkan dan membaca dhamma terutama tentang akibat dari melakukan hal buruk, mudah-2an kesabaran akan meningkat. Demikian menurut saya Bhante. Semoga Bhante selalu sehat dan panjang umur, dan tempat membabarkan Dhamma. Sadhu 3x.



2. Namobuddhaya bhante....caranya mudah tidak usah diperdulikan saja....nanti juga bakal cape sendiri....anjing menggonggong kavilla berlalu...perlu waktu bagi saya untuk membaca tulisan 5 6 nyaa... hehehhee apa no togel yaa.....

namo budhaya bhante slamat pagi. ”Kebencian tidak dapat dilenyapkan dgn kebencian, melainkan dengan cinta kasih." ”Seseorang hendaknya tidak memperhatikan kesalahan-kesalahan orang lain »
apa yang diperbuat & tidak diperbuatnya, melainkan memperhatikan apa yang dibuat & tidak diperbuat oleh diri sendiri” ”Meskipun seseorang dapat mengalahkan ribuan musuh dalam pertempuran, tapi
sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat mengalahkan dirinya sendiri.” Doa Universal yang dilafalkan pengikut Buddha adalah: "Semoga semua makhluk berbahagia"



3. Namo buddhaya.Justru qta harus berterima kasih pdnya karena qta diberi kesempatan untuk melatih kesabaran menghadapinya.memang susah tp sedikit demi sedikit qta melatih kesabaran qta.semua paritta juga baik tp yg mudah dan gampang diingat ya nien fo saja,kalo dg hati yg tulus dan konsen pasti hati jadi lega setelah nien fo.



4. membaca paritta menenagkan diri..sy rasa letaknya pd diri sendiri...parrita ato keng itu bkn tempat pelarian ato pelampiasan kan...paritta ato keng apa pun jk ingin membacanya..tentu dgn hati tulus bkn krn apa ato apa...tanpa trpaksa...jd lakukan dgn tulus...shingga di dpt bathin tenang...baca tenang...ga di buru waktu...ga ngotot krn suatu keinginan permintaan...dan baca nya yakin...shingga tidak karena dgr kt org...percaya tidak percaya...trlalu mengharapkan muluk2...jd dgn kondisi tenang...tulus...yakin baca keng itu akan mendapat maksud apa sebenarnya tujuan baca keng... nien fo .. Yang pendek aja ... Pasti bhante tau yang terbaik .... Dan tepat... Selamat berjuang melawan minus pada hati anda ...



5. Cobalah utk memahami bhw sifat ke Aku an adalah keCengdengkian,Cemburu,yg banyak dipengaruhi oleh sifat2 Lobha Dosa Moha. Ke SADAR an banyak dipengaruhi sifat2 ke BUDHAan,,utk itu coba alihkan perhatianmu pd sifat2 Ke Budhaan bilamana kamu mendengar kata2 Syrik,atao prilaku2 yg bermusuhan,,tanpa kamu sadari kamu sdh masuk kpd Atthangikha Arya Sacca Magga,Sadarlah,,dan Terus SADAR.Jagalah kesadaranmu memang tdk gampang utk menjaga KeSadaran,,dgn segala Daya Upaya yg BENAR utk menjaganya sehingga dirimu akan tetap TENANG menghadapi orang2 seperti itu.Fahamilah bahwa kata2 yg keluar dr dirinya adalah cermin sifat2nya,,Sadhu 3x,,



6. CB aja dengerin tai pe cou aja untuk membuat kita tenang. Anggap z tuch smua sbgai karma d'msa lampau_Yg pntg jgn membalas apa yg dia lakukan kpda kita. Baca Karaniyametta sutta_ kebencian jgn dibalas dgn kebencian jg...tp kebencia dibalas dengan metta...semua paritta dpt mensejukkan hati kita...



7. @ ce fera. Hahahaha sama. Menurut sy, pasti ada alsn nya kalo org2 memusuhi kita. Koreksi diri kita sendiri dulu, kesalahan apa yg tlh kita perbuat terhdp teman. Mengenai paritta yg bs menyejukkan hati, semua jg bs membawa kesejukan hati kalo kita membacanya dgn kosentrasi dan perasaan yg bahagia............... Namo Buddhaya Bhante,.. Selamat pagi semua di hour minggu yg cerah ini.



8. mnrt sy coba meditasi renungkan..sy mrasa hal2 tidak menyenangkan jgn serta merta di pandang buruk...shrsnya berbahagialah....krn ini jg merupakan kesempatan pelatihan diri...coba buat diri anda tenang...dan diam.....ketika ada seorg ingin memarah ato mngatai apa pun tp tidak kita bls sepatah kata pun...berarti kita tidak merasa diri kita yg di tuju nya...mk apa pun itu tidak akan mengenai kita...bahkan kembali kepada pemiliknya...sperti sabda buddha..jk seseorg ingin memberikan sesuatu tp tidak di terima mk akan kembali ke sumbernya...tersenyum aja...he3



9. Simple sekali, ambil sisi positif, kl dia sirik biarkan aja jng ambil pusing toh yg menderita batin'y org itu yg uda sirikin kt, tp koreksi dan cari tau, knp org bsa sirik, kl sdh tau, ubahlah sikap diri sndri, agar org itu tdk sirik lg, kl kt sdh ubah dan ternyata org itu msh sirik, mungkin d masa lalu anda jg dprti dia, ( ADA SEBAB, MAKA ADA AKIBAT ) dlm hal ini, teori lebi mudah ketimbang menjalani, soo bee happy aja .. Kl kt pusing rugi loh, batin kt sndr yg menderita. Biarkan aja,psti mrk tuh org2 yg gak ada kerjaan,gak usah di pusing anggap aja angin lalu,lagi jg mnding urusin yg lain,dr pd urusin mrk.


10. Namo Buddhaya bhante...mnrt sy org yg mmiliki sifat sirik itu adlh org yg prlu kita KASIHANI,jdi hdapi z dngan KASIH SAYANG,sperti ppatah yg mngatakan"apabila pipi kirimu ditampar maka berikan pipi kananmu & apabila pipi kananmu ditampar jugggaa,lempar aja pakai batu hahaha...(ma.af cuma bercanda). sy tambahkan selalu tanamkan ato ingat kata 'ini pasti berlalu'...arti kalimat ini adalah semua nya tidak kekal....jd ketika sedih ingat lah kata ini pasti berlalu...sehingga menumbuhkan optimis...ketika berbahagia ingat jg kata ini pasti berlalu...shingga membuat tidak lupa diri..om mani pad me hum..



11. Omithofo....banyak berdoa n sabar...klu baca suatu mantra usahakan/luangkan waktu utk itu setiap hari...n dlm batin sllu sebut Omithofo>>>pasti akan menimbulkan Metta itu sendiri (tanpa kita sadari) berilah senyummu (setidaknya muka jgn ditekuk) setiap saat atw muka yg tdk membenci...walaupun itu musuh kamu...karena cermin dirilah bisa menyadarkan orang lain. belajar lah meditasi yg benar setiap hari sebelum tidur n coba apa yg akan dirasakan...smg bermanfaat slmt siang SSMHSB . Omithofo...slmt siang Bhante....Smg Bhante sllu sehat n bahagia.



12. sesungguh nya orang sabar adalah disayang sama Tuhan, apabila orang lain berbuat jahat atau iri hati, dengki maka balas lah dengan senyum dan doakan semoga orang tersebut diampuni dosa nya dan Tuhan memberikan pencerahan terhadap orang tersebut. memaafkan orang lain yg berbuat sirik atau iri dengki kepada kita pahala nya sangat besar.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “