“ KARMA APA PENGERTIANNYA DAN BAGAIMANA DISEBUT KARMA “


DISKUSI DHARMA FACEBOOK.



Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.


Namo Buddhaya Bhante, saya mau bertanya sm temen2: Hampir semua mengenal karma.


Apakah pengertian karma itu?

Dan Bagaimana yg disebut karma itu tolong dijabarkan?

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.


Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah. 

Kesimpulan: menurut Buddha: Karma itu adalah perbuatan yg diawali dan dilakukan dg niat/ kehendak dg sengaja. Mulai dari niat pikiran, ucapan dan tindakan.
Karma /perbuatan ada sengaja dan tdk sengaja.

Karma yg bs menimbulkan akibat/ berbuah ialah Karma yg dilakukan dg sengaja. Sebaliknya, kl Karma/ perbuatan yg dilakukan dg tdk sengaja, maka Karma tsb tdk akan berbuah/ tdk menimbulkan akibat.

Uraian selanjutnya sama spt Rahimah…komen diatas…


Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Selamat pagi: Karma: perbuatan (baik ataupun buruk) Bisa disebut karma apabila perbuatan tersebut dilakukan dg Kehendak (keiinginan-Tanha) dan diakukannya keiinginan tersebut dan ada hasil dr keiinginan tersebut Contoh: Kita Lihat Nyamuk, pengen nepuk Nyamuk tsb, pas lewat di deket kita, langsung kita tepuk nyamuk tsb, n berhasil dg nyamuk mati ditangan kita.. Karma Phala (Buah Karma): buah dr karma2 yg telah kita perbuat yg sudah matang, baik itu karma di kehidupan masa lalu ataupun karma yg di masa kita hidup skrg.. Sedangkan Karma yg kita lakukan skrg, akan berbuah di masa mendatang atau kehidupan masa datang.. Semoga bermanfaat, *kalo ada yg kurang/salah, mohon di benarkan ya... Thanks.  



2. Namo Buddhya link hukum kamma http://www.samaggi-phala.or.id/naskah-dhamma/bab-ix-kamma-perbuatan/. menurut pengertian sya karma itu kompleks jika kita melakukan sesuatu maka kita akan mendapatkan yang kita tanam tadi dan karma buruk akan terjadi apa bila disertai niat. Ada 3 macam perbuatan. Perbuatan yg muncul dlm pikiran disebut Mano kamma/karma. 2. Perbuatan yg muncul dlm ucapan/kata disbt Vaci kamma/karma n 3. Perbuatan yg mu. 3. Perbuatan yang dilakukan melalui badan jasmani disbt Kaya kamma/karma. Smua karma yg dilakukan melalui 3 jalan ini akan membuahkan hasil atau akibat. Ada aksi akan timbullah reaksi. Buah itu disebut Kamma Phala. Perbuatan yg baik disbt Kusala Kamma n yg tidak baik disbt Akusala Kamma. Smua perbuatan yg baik n tdk baik akan memberikan hasil/akibat/buah. Buah karma ini akan masak dlm waktu yg tdk sama. Dikatakn keberadaan kt saat ini krn ada hubgn dng perbuatan/karma kt dimasa lalu. N terus menerus akn ada aksi n reaksi dr apa yg kita lakukan melalui 3 jalan tsb. Smoga penjelasan ini membw manfaat deh ya. Salam Semangat dlm Dhamma.



3. pagi bhante.... namasakara _/|\_ ( ini ada artikel mengenai karma semoga bermanfaat buat teman2 ) http://artikelbuddhist.com/2011/06/hukum-karma-oleh-yang-mulia-bhikkhu-uttamo-mahathera.html
Hukum Karma, Karma baik, Karma buruk, Penjelasan mengenai Karma | Artikel Buddhis | Ajaran Budha | A  artikelbuddhist.com. Hukum sebab akibat, penjelasan mengenai karma.



4. Namo buddhaya,arti karma adalah perbuatan.bisa disebut karma apabila disertai dengan kehendak/cetana.setiap karma itu baik ato buruk pasti ada hasilnya.bila sangat baik ato sangat buruk bisa langsung berbuah pada kehidupan ini juga. Secara singkat dpt dijelaskn sbb: Karma dlm bhs sanskerta n Kamma dlm bhs pali yg artinya suatu tindakan - perbuatan - aksi/action. Dlm Buddha Dhamma dijelaskn perbuatan itu. Sy jg gk begitu mngerti ttg karma, Aplg dulu Bhante jg prnh bilang klo penjelasan ttg karma itu "rumit".



5. Selamat pagi.. Namo buddhaya...Menurut syg, karma adalah salah satu perbuatan yg kita lakukan baik/ buruk,dimasa lampau yg sbnernya kita sendiri tdk pernah mngetahui sblmnnya apakah itu akan menjadi karma atau tdk di kemudian hari.. Jd karma adalah segala perbuatan manusia yg baik maupun buruk di kehidupan skrg maupun khdpn sblmnya..Sya pny contoh kongkrit dlm khdpn sya terutama: kluarga orgtua sya kakak beradik, mereka jmlhnya ad 6 org, tp mereka dr keenam org ini menikah dgn pasangan yg berbeda agama, dan akhirnya karma itupun turun kepada kami, sebagai anak dr orgtua kami yg sama menikah dgn psgn yg berbeda agama, begitulah contoh kongkrit yg bs sya bagi dgn kalian semoga bermanfaat apabila ad yg salah atau kurang di mengerti hrp di maklumi, trimakasih..



6. namo buddhaya, perbuatan dg niat/cetana baik/buruk via tangan/kaki ucapan pikiran pasti menghasilkan kusala/akusala karma, Sabbe SBS dan mencapai Nibbana secepatnya maitricittena. karma adalah perbuatan... jadi hukum karma adalah hukum tentang perbuatan/hukum sebab akibat. mungkin hukum karma ini ada orang yang memberi nama dengan hukum tabur tuai... siapa yang menabur dialah yang akan memetiknya. entah itu baik atau buruk itulah hasil yg dia tabur. hukum karma adalah hukum semesta yang tidak bisa di elakan oleh siapa pun.




7. hukum kamma mencakup luas...hukum kamma hasil dr perbuatan...perbuatan yg didasari dr pikiran mnghasilkan kamma...ada jg sy baca...perbuatan yg didasari dr kebencian..keserakahan..kegelapan bathin...akan membuahkan trus trlahir di lingkaran kamma....perbuatan yg menimbulkan penyesalan jg trus trlahir dlm lingkaran kamma..mohon koreksi..om mani pad me hum.



8. Perbuatan dengan niat/kehendak bisa dikategorikan Karma/Kamma dan yang akan menghasilkan akibat dinamakan Kamma Vipaka. Mohon dibetulian kalau saya salah Bhante. Trims. namo buddhaya~,hasil dri perbuatan makhluk hidp, menanam biji durian tumbuh durian,n tanam bibit bunga tumbuh bunga,ap yg kita perbuat itulah hasil yg kita dapat,pngrtian sderhana, trims.



9. Banyak yg mempertanyakan karma banyak yg menjelaskan akan karma dgn berkata siapa menanam dia yg memetiknya, banyak yg org berlomba ibarat menanam dgn sebanyak banyaknya, ibarat menanam salak beli 1 ada biji salak 3 org berpikir dgn dpt buah yg berlimpah, tp kita dgn menanam hrs bs jg merawatnya menanamnya dgn bagaimana n hrs menunggu brp th akan berbuah, beda dgn karma bilamana kita memberi tdk mengharapkan untuk kembali bila mengharapkan akan semakin kosong. Ada org yg jl hidupnya tdk benar kok selalu mendapatkan keberhasilan waktu yg akan menjawabnya hehehe jd jgn dipikirkan tar pd botak bisa...saya cuman tahu karma adalah akibat dari segala perbuatan jahat yg kita lakukan....ataupun berkah dari segala perbuatan baik yg pernah kita lakukan....



10. buah karma tidak enak yg enak buah kurma manis.he he he canda ya biar tidak tegang , setau saya karma berlaku abadi dari hukum tabur tuai cepat atau lambat pasti akan terwujud dari perbuatan kita tidak ada orang berbuat jahat hasilnya baik dan tidak ada orang berbuat baik hasilnya sengsara. tapi kalau lagu broery pesolima kok buah semangka berdaun sirih......sorry iklan bercanda.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “