“ MERTUA SAKIT PARAH BIAYA SENDIRI (MENANTU) ANAK2NYA YANG LAIN TIDAK MAU TAHU, GIMANA TUH? “


DISKUSI DHAMRA FACEBOOK.




Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Namo buddhaya bhante, Mohon ijin mau tnya2 sama bhante ya Begini bhante,

Sy punya ibu mertua, skrg sdg sakit tdk mau makan, dan tdk bisa tidur, akibat πƔª skrg dia sakit.

Sdh msk 2x RS, Kemarin dia baru cerita katanya, ibu mertua saya jengkel sama suami πƔª, karena hal kecil sich bhante, memang papa mertua saya mempunyai istri muda.

Yang sy bingungkan hanya karena hal kecil mama mertua saya sampai tdk mau makan, jd sakit πƔª mama saya ini karena ϑi buat2 bhante, yang agar suami πƔª perhatian + tambah sayang,
tp kebalikan πƔª bhante malahan skrg mama mertua saya sakit πƔª makin parah, ya karena dia tdk mau makan dan suami πƔª pun sdh tdk mau peduli, ya karena mama mertua saya sakit πƔª ϑi buat2.

Sy dan suami sdh pusing bhante, karena sifat kekanakan mama mertua saya ̥͆ǚ,
Yang sy bingung, hal kecil knp bisa jd besar, dan hal kecil seharus πƔª bisa ϑi selesaikan, karena sakit πƔª mama mertua sy Ɣªήğ ϑi buat2 sy dan suami jd dibuat kalang kabut sama kelakuan mama mertua saya.

Űϑάĥ cape πƔª antar ƙέ RS, biaya πƔª pula. Bukan πƔª saya tdk mau tahu ya bhante, akan tetapi bagaimana solusinya bhante.
 Saya sudah bingung dengan keadaan. Pdhl mama mertua sy punya 2 anak, 1 anak suami saya, 1 anak πƔª tdk mau tahu sama sekali ƙαƖo mama πƔª sakit, baik ̥͆ǚ ngurusin + biaya πƔª.

Sedangkan biaya saya juga memang sdg banyak pengeluaran akhir2 ini.

Mohon solusi Ɣªήğ terbaik dari temen2 dan bhante, Sy tunggu jawaban baik πƔª.
 Akhir kata, Salam dhama namo budhaya, Sadhu sadhu sadhu.

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah. 

Kesimpulan: Persoalan RT baiknya yg pertama, diutarakan kpd suami/istri, setelah itu ambil kesimpulan yg terbaik. Bila mau bertindak terhadap mertua dsb, bagusnya bersama dg suami dan istri, kalau perlu berkumpul dg semua keluarganya.
Jelaskan apa adanya, termasuk keberatan soal biaya sendiri dlm merawat mertua, dsb. Hal ini mencegah salah paham dari pihak lain krn tdk adanya Penjelasan dari anda.  Dg penjelasan anda yg jujur, pihak lain akan mengerti apa yg sedang anda alami selama ini.

Sebaliknya, bila anda tdk pernah menjelaskan soal keberatan biaya merawat mertua, akhirnya mereka (anak2nya yg lain) tdk bs disalahkan kalau mereka enak2 tdk mau tahu terhadap mamanya sendiri yg sakit berat dg biaya mahal.

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Namo Buddhaya,..menurut saya apa yg dilakukan oleh mama anda itu wajar,banyak orang tua yg memiliki sifat atau kelakuan seperti itu jadi hadapi aja dengan tenang n sabar.solusinya menurut saya yaitu diajak ngobrol,lalu beri masukan dengan kata2 yg baik(nasehat) dan lakukan hal2 yg bisa menyenangkan hatinya agar ia mau makan dan bersemangat lagi.terus mengenai biaya"sebuah keberuntungan bisa mendapatkan kesempatan untuk membantu orang tua",jadi seharusnya bahagia bukan sebaliknya dijadikan beban,lagian uang bisa dicari lagi kok.ma.af kalau pendapat saya salah...




2. Namo buddhaya bhante,kl mnrt sy.. Mgkn ma2 mertuaY ud tlalu skt ht krn pa2 mrtuaY tllu lbi phtian ma istri mdY. Sbab.. Istri mn pn g ad yg mw madu.. Kl mnrt sy,ad baikY ma2 mrtua anda bcr lsg dgn pa2 mrtua anda.. Klr'kn smua uneg2 yg ad dpkrn ma2 mrtua anda. N pa2 mrtua anda shrsY bs bskp adil,kl mmg pgn pny istri 2. Msa wkt ma2 mrtua anda muda,pa2 mrtua anda mw. Skr giliran ma2 mrtua anda ud tua,dy cr yg md lg. Idup g ad yg kkal. Smua pst akn mglami.. Lahir,skt,tua n mati.. Lalu ap yg dcri kdua mrtua sbnrY? HrsY mkin tua.. Hrs lbi bjksna. Bkn mkin ky ank kcl.. Itu aj msukn dr sy.. Mf kl kt2 sy ad yg krg bknan d'ht. Trm ksi..



3. Namo Buddhaya Bhante, sebelumnya maaf kalo ada pendapat saya yg salah. Menurut saya sih sbnrnya bukan kekanakan juga sih mertuanya. Coba deh kita sbgai wnta berpikir dalam posisi nya pasti sakit hati. Menurut saya sih sakitnya mertua karna banyak pikiran. Biasanya kalo banyak pikiran pasti ga selera makan dan susah tidur. ª, mmg dlm pikiran kita, seharusnya sudah menjadi nenek pikiran harus terbuka dan bisa menerima. Tp kita toh bukan mertua kita. Masing2 org punya cara berpikir sndri. Agar mertua cepat sembuh, tentunya harus dihilangkan mslh yg menggangunya. Kenapa tidak coba cari ayah mertua u/ bicara berdua dgn ibu mertua bgmana baiknya rt åΰ dibawa? Seandainya ayah mertua tidak peduli, cobalah buka pikiran ibu mertua. Masih ada ank dan menantu juga cucu...coba sering2 ajak bicara dari hati kehati. Mudah2an bisa terbuka pikirannya...



4. Namo Buddhaya Bhante..... Menurt sy, sebaik nya ksh tau ke ma mertua, bahwa yg tlh dia lakukan salah dan akn merusak diri nya sendiri. Ksh tau kenyataan yg hrs dia hadapi skrg ini. Tdk blh lari dari kenyataan dan realita yg ada. Hrs brani menghadapinya, walaupun sakit hati luar biasa. Ksh tau ke ma mertua, buat apa menyiksa diri hanya krna suami yg tdk bertggjwb seperti itu. Ma mertua msh punya ank2 n cucu yg lbh menyayanginya. Ajk ke wihara biar bs mendengarkn dharma, bs bergaul dgn org di sekeliling nya. Biar pikirn nya lbh terbuka, ini realita hdp yg hrs dihadapi, bkn di dunia mimpi.



5. Namo buddhaya,sakitnya sudah ke hati dan pikiran.memang rada lama merawatnya,wajar kadang qta mengeluh terlebih soal biaya tuk zaman sekarang ini.mungkin sebaiknya qta bujuk ma2 mertua secara pelan2 tuk merelakan pa2 mertua yg ud ga mau peduli lagi.coba ngajak ma2 mertua nien fo biar hatinya lebih tenang,ada kegiatan nien fo gitu bila hatinya bisa tenang mudah2an pikiran juga tenang dan bisa mulai sembuh.cara begini mungkin tidak bisa cepat tp kalo tekun moga bisa sembuh.



6. Sdh sewajarnya kl seseorg tk siap n tak mau berbagi cinta antr dua sejoli dgn joli joli yg lain. Berbagi suami berbagi istri berbagi pacar pula ... apa kata duniaaa... perang duniai x ye hehe. Perasaan tk rela, terluka, terhina, tersakiti itu pasti muncul menggeroti batin n jasmani. Jd tk heran bl timbul reaksi negatif dr mertua tsb. Bila suami sdh pindah kelain hati kelain istri mk jk dr sdr tk kuasa tuk melepaskn
mk penderitaan akan muncul pd org tsb. Menderita batin pikrannya n pd akhirnya jasmaninya tk kan kuat jg. Kita tdk tau bgmn sifat - kharakter duo mertua sdr. Kita mau tlg dgn cr bgmn ya? cobalah diadkan pdkte bcr dr hati ke ht n tnykan apa sbenarnya yg mertua inginkan. Maunya apa siiihhh...??? dgn bgt diharapkn dpt menemukan jln kluarnya ato paling tdk bs bantu meringankn beban batin mertua sdr. Maaf ya saya jg tk bs byk bantu br nasehat krn blum tentu cocok dgn situasi dlm kelg sdr. Salut deh pd sdr yg msh mau peduli pd mslh mertua yg ruwet itu n tk lari tinggalkan dia. Smoga kasih sayang sdr pd mertua tetap bertahan hingga akhir hdpnya tanpa ternoda olh mslh2 yg timbul n tenggelam selalu. Smoga sdr mendptkan jln kluar dr mslh tsb dgn damai n membawa kebahagiaan bersama ok. Slamat Berjuaaang sobat!



7. Namo Buddhaya.... sebaiknya mengunakan dn memberitahukan kata kta halus kepada sang IBu mertua anda... supaya dia bsa makan dn kembali pulih dri sakitnya tersebut...sory klo masukan saya salah ....

 Slamat pagi salam namaskara bt ... pagi2 sarapan dhamma dgn embel2 lauk istri muda nih ye... wah bikin mata jd melek jg deh n pikiran mulai deh melayang2 ... tuk cr jawaban looh ... hehe.



8. Pagi.. Waduhh ribet juga ya.. Tidak ada keintiman n persatuan lagi dlm satu keluarga.. Susah juga ya.. Krn kekuatan besar dlm hadapi apapun kl kita bersatu..krn kita hidup di dunia ini tidak bisa hidup sendiri.. Pasti saling membutuhkan antara manusia satu dgn manusia lain..oleh krn ntu adanya hukum sebab akibat.. Krn kehidupan pasti akan terus berputar dan berputar..sampai akhir kita menemukan kebenaran sejati.. Maap saya tdk bisa membantu memberikan solusi anda.. Krn saya juga masi belum mengerti arti kebenaran sejati sendiri..saya manusia yg masi belajar dan terus belajar..Saya pasti akan berdoa utk anda n keluarga agar cepet selesai masalahnya.. Saya ttp percaya satu hal.. Dibalik kesusahan anda saat ini.. Pasti ada sesuatu yg besar menanti anda..sabbe satta bhavantu sukhitatta..


9. ʂҽӀɑʍɑէ pagi bhante Namo Buddhaya,seblmnya ijinkanlah sy memberi pemasukan buat mama mertua.jika ҟìէɑ menyintai seseorg jgnlah terlalu melekat maka akan timbul berbagai penyakit yg akan timbul pd diri ҟìէɑ sendiri,utk merubah ʂҽʍմɑղվɑ ini lepaskan kemelekatan maka ҟìէɑ akan terbebas dari belenggu tsb.penyakit yg di derita mama bukan penyakit yg berbahaya,akan tetapi penyakit pikiran,maka lepaskan kemelekatan tsb (hidup hrs enjoy) dan nikmatilah hari2 tua bersama ɑղɑҟ dan cucu.saran buat papa mertua,sayangilah apa yg telah ia miliki dan hdp berdampingan bersama istri.dan ҟìէɑ harus merasakan kepuasan hidup didunia ini Ɣλ̶̨̲Ωƍ diberikan tuhan buat ҟìէɑ semua. kepuasan tiada akhir jaman.sekian dan terima kasih
Nb : jika ada kata2 sy yg slh,sy mohon maaf
☺ ,-))))), ☺q" _ _) ( _ ) _.>("i")._  °˚°•
•Άмίtofo••°˚°☺.



10. Semua tergantung mama mertua anda dan suaminya harus ada yg mengalah klau g ada yah yg kena jg kita krn saya mengalami sendiri mama saya g pernah mau memaafkan papa krn pergi dgn perempuan lain tp skrg didepak dan kembali setelah kami udah bisa mandiri. Kelahiran awal dari segala proses kehidupan melalui berbagai macam benturan pikiran akan tertanam kedalam hati, bagaimana kitanya bisa membedakan yg mana duri dan bukan, begitu halusnya perbedaan itu yg menggelapkan segalanya. Bila kita kelak tua siapa yg kita harapkan bila sakit pendamping?saudara?anak?mantu? N siapa yg sebenernya org dgn tulus bs membantu kita? Bisa sj ibu mertu kamu hati sdh terluka parah akan perasaan...


11. Menurut Sy itu bukan hal kecil dan d buat" apa lg kl sampe masuk Rumah sakit,sy sebagai wanita sudah merasakan bagai mana rasanya d Hianati suami,rasa nya sakit sekali,susah makan dan Tidur,kl kita yg muda masih d kata cepat" mencari solusi nya,tp kl pemikiran orang Tua mungkin merasa hancur rumah tangga yg d bina dengan cinta sampe tua tiba" d hianati begitu saja,kita sebagai anak harus memberi masukan dan dorongan dengan kasih sayang kepada mama agar beliau dapat menerima dengan iklas atas apa yg terjadi d dalam rumah tangga nya(misalnya,mama jangan begini terus mama menyakiti diri mama sendiri,tp papa tetap begitu,seharusnya mama buktikan k papa tanpa dia mama masih bs tegar bersama kami anak" mama ) ,kita jangan menghakimi mama kita walau pun beliau ada kesalahan hingga suaminya selingkuh.... Demikian pemasukan dari sy mudah" berguna .



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “