“ PENAMPAKAN MAKHLUK HALUS, GIMANA CARA MENGATASINYA? “


DISKUSI DHARMA FACEBOOK.




Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.


namo buddhaya bhante...beberapa hari yang lalu saya ada diliatin penampakan mahluk aneh di kamar saya.

Saya ceritakan ke teman saya, kemudian dia nanya ke salah satu pemuka agama lain, dan pemuka agama tersebut bilang bahwa mahluk tersebut merupakan kiriman dari seseorang yang tidak menyukai saya dan saya dikasih air yang katanya buat mandi dan dicipratin ke kamar.

Tetapi hal tersebut tidak sya lakukan, karena hal tersebut tidak saya percayai, dan saya yakin selama ini saya tidak mempunyai musuh satupun, dan saya beryakinan bahwa mahluk tersebut butuh untuk menerima pelimpahan jasa dari saya.


Gimana menurut temen2 dan bhante? Mohon solusi dan penjelasan secra Dharma.


Terima kasih, semoga bhante selalu sehat. sadhu, sadhu, sadhu...

Semoga semua mahluk berbahagia.
Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah. 

Kesimpulan: Buddha bersabda dlm Tirokuda Sutta bahwa: orang yg sdh mati dan terlahir di alam2 menderita atau di alam Dewa tingkat pertama Catumaharajika tetap msh suka dtg berkunjung ke rumah2nya yg dulu dia pernah tinggal. Bila orang tsb mati dan lahir di alam Peta atau Asura, Yakkha Gandhabba, maka pasti dia dtg utk minta tlg selain berkunjung hanya sekadar melihat dsb. Maaf bhs Palinya tdk usah ditulis krn terlalu panjang, tp bhante tulis artinya saja sbb:

 Artinya:

Dibalik dinding, mereka berdiri dan menunggu di perempatan
jalan, mereka kembali ke rumah yang pernah mereka huni, sambil
menanti di pinggir kusen pintu.

Namun ketika diadakan pesta besar, dengan sajian makanan minuman
yang beraneka macam, ternyata tidak seorang pun yang ingat
akan makhluk Peta yang kelaparan, akibat perbuatan mereka di masa
lalu.

Demikianlah, mereka yang hatinya berbelas kasih sebaiknya
melimpahkan jasa kebajikannya kepada sanak keluarga yang telah
meninggal, persembahan makanan minuman dengan setulus hati,
yang terbaik dan sesuai pada saat ini sehingga jasa kebajikannya
akan melimpah kepada sanak keluarga yang telah meninggal,
semoga mereka ikut berbahagia.

Sanak keluarga yang menjadi makhluk Peta yang hadir dan
berkumpul di sini, dengan semangat maka akan memberikan
berkahnya, dengan persembahan makanan minuman. Dengan
doanya ‘semoga sanak keluargaku panjang usia. Sebab, mereka telah
memberikan persembahan ini yang telah kami terima ’Siapa pun
yang memberi akan menerima buahnya dari kebaikan mereka sendiri’.

Intinya, makhluk Aneh/ Halus yg ada dirumah menurut Guru Buddha itu adalah sanak keluarga kita yg sdh meninggal lahir di alam2 menderita spt Peta atau Asura, Yakkha, Gandhbba. Makhluk Aneh/ Halus spt itu butuh pertolongan/ jasa/ karma baik utk bs mengantarkan dia naik ke alam bahagia (Dewa/ manusia).

Mengapa? Sebab akibat dia wkt msh hdp sebagai manusia atau dari alam lain, banyak melakukan kesalahan/ karma buruk. Singkatnya, akibat karma buruknya dia terlahir di alam menderita, jadi dia butuh ongkos/ karma baik/jasa utk pergi dari alam menderita agar bs naik ke alam bahagia.

Jalan dan cara yg paling bgs ialah kita sebagai sanak keluarganya hrs memberikan ongkos/ jasa/ karma baik kpd dia dg Pelimpahan Jasa Baik/ Karma baik utk ongkos pergi ke alam bahagia (Dewa/ manusia). Pelimpahan Jasa/ Karma Baik anda hrs melalui berdana kpd para anggota sanggha (para bhante) di wihara, atau melepaskan makhluk hdp; ikan dsb, lalu direnungkan semoga karma baiknya melimpah kpd para Leluhur/ Ortu dan sanak keluarga yg telah meninggal, semoga mereka dpt menerima dan ikut berbahagia sadhu.

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. kalau menurut saya secara pribadi, seharus ny anda tidak memusuhi atau pun membenci mahluk tersebut...mereka seharus nya di kasihani karena terlahir di alam tersebut...lebih baik anda membacakan sabbe satha bavanthu sukittatha...agar mahluk tersebut merasa senang dan dapat terlahir di alam yang lebih baik...



2. kalau soal mahluk kiriman dari orang lain, biarkan lah roda karma terus berputar dan kita sebagai manusia yang mengerti agama Buddha cobalah semampu kita untuk mengurangi karma buruk kita dan perbanyak karma baik...toh dengan anda membacakan doa untuk mahluk tersebut anda juga mendapatkan karma baik karena telah berusaha untuk medoakan nya...




3. Namobudhaya ql mnrut sya mkhluk hlz itu ingin mnta tlng untk d.bckan paritta pelimphan jasa untk mkhluk hlz krna sya bhwa mkhlk hlz tdk tnang d.alam ny dmkian pndpat dr sya

sabbhe sattha bhavanthu sukkhittha. smga smua mkhluk hdp berbahagia. Sadhu... sadhu... sadhu.



4. Sebagian org memiliki kelebihan tuk bisa melihat mahluk2 halus, kelebihan tsb bisa krn warisan dr karma lampaunya. Bisa juga dilatih dgn meditasi sehingga dapat "melihat" makluk2 halus bahkan dewa.. Berpulang apakah mahluk itu kiriman atau bukan, sebagai seorg yg menjalankan ajaran Sang Bhagava/BUDDHA hendaknya memancarkan/mengembangkan pikiran2 penuh cinta kasih(METTA) agar mahluk2 tsb tidak menggangu diri kita. Mungkin mahluk2 tsb ada hub karma dgn kita di kehidupan sebelumya. 


Bisa dgn selalu membaca paritta2 suci spt KaraniyaMetta sutta dan melimpahkan jasa2 kebajikan yg telah kita perbuat dgn pikiran, ucapan dan jasmani ini agar mahluk2 tsb turut berbahagia dan semoga terlahir di alam yg lebih baik dan berbahagia. Selama ada pikiran penuh METTA media air atau yg lain ga masalah di gunakan. Semoga bermanfaat komen yg singkat ini dan semoga semua mahluk yg tampak maupun yg tak tampak, yg halus maupun yg kasar semuanya selalu berbahagia. Sadhu..sadhu..sadhu..



5. klo menurut saya klo mahluk itu merupakan suatu kiriman dr orang lain ya jelas mahluk itu datang dengan tujuan untuk menggangu, harus nya di kembalikan lagi kepada si pengirim..., ya kalo kita bisa mengendalikan nya dengan parita2 ya bagus tapi klo ga sanggup jgn di biarkan lama2 nanti bahaya..., saran saya harus ada orang yg membantu yg bisa berkomunikasi dengan mahluk tersebut dengan membaca parita rada susah klo mahluk tersebut muslim/ kristen/hindu dulu nya, apakah bisa nyampai parita2 yg kita bacakan ke dia ...., ini yg jadi pertanyaan nya..??? saya juga bingung klo soal yg ini...Bisa saja kiriman orang juga,waspadalah,,,jangan di pikir kita ngak punya musuh,kadang banyak orang yg sirik,kita baik pun bisa di siriki orang.



6. @Erwin Lim,,roh jahat apapun bisa dilakukan berubah bentuk, menembus dimensi, apalagi bahasa...jadi doa atau membaca parita yang tepat dengan hati bersih, roh jahat darimanapun dapat diusir,,,~.~ . Kuatkan Pikiran dan Iman,,,

7. @Peter Salim saya setuju dengan anda, tapi saya ingin bertanya 1 hal, ada orang yg kesurupan apakah km bisa mengusin roh jahat yg masuk ke dalam orang tersebut dengan membaca parita2 suci tanpa ada kemampuan khusus????? kembali pada kasus di atas dengan membaca parita2 suci berapa lama bisa menenangkan roh jahat tersebut dengan tujuan menggagu, klo roh jahat tersebut berilmu tinggi bukan tidak munggkin kita duluan yg celaka di buat roh jahat tersebut....



8. @ Erwin Lim ..BISA!!! Iman dan Tindakan...kesurupan, manusia tubuh dan jiwa dikuasai oleh roh jahat,,,Jangan tertipu upaya roh jahat, Manusia lebih kuat dari roh jahat, dia saja bisa diperintah manusia apalagi diusir,,, yang penting pikiran jangan kosong.

9. @ Andre Agustianto ,, Lie Mei Wong penggemar Uang,,,hehehe. Lie Mei Wong....itu orang kaya ....jadi wajar dia pengemar uang.



10. Hantu yahh?? Wahhh yang namanya dunia lain.. Kadang gakk masuk akal.. Tapi keberadaan mereka adaa.. Kita jaga pikiran kita aja.. Kita mikir yang positif..Lama lama juga hilang bayangan hantu itu.



‎11. @ Peter Salim berarti anda punya kempuan khusus sy salut dgn anda, tetapi ada juga orang yg rajin kevihara, dia juga bisa kena santet dan dia sendiri juga tidak menyadari dan tidak tau bagaimana mengeluarkan santet kiriman tersebut, nah klo nurut saya klo kita ga bisa ya alangkah baik nya kita minta bantuan dengan orang yg bisa dan tidak semua orang bisa seperti anda, kita tidak boleh membiarkan hal ini berlarut2, oh iya saya ingin menayakan sm bhante terkadang kita rasa nya malas juga mau membaca parita2 suci, apakah dengan menyetel kaset / dvd parita2 suci tersebut bisa mewakili kita tidak...untuk contoh kasus di atas???? mungkin mereka butuh pertolongan,,, di dalam ajaran buddha g ada setan yang jahat. maksutnya setanya yg btuh bantuan.



12. @ Erwin Lim,, dengan rendah hati saya hanya manusia biasa....memang apa yang kmu ceritakan benar adanya,,,semuanya hanya pada IMAN dan Hati yang tulus,,




13. Pemikiran yang cerdas ... Bila tak mengganggu jangan di ganggu.. Beri makan secara keyakinan anda berupa doa. belum tentu mahluk itu jahat..jangan menimbulkan permusuhan..doain saja n limpahkan jasa2 untuk dia. Bacakan nienfo,atau amitabha sukhavati sutra dan ettavatta dan tirokkuda sutta dan jaya paritta.



14. Penampakan, ketakutan pada gelappun bisa ada penampakan tapi diciptakan oleh pikirannya sendiri. Dunia manusia dan dunia roh halus terpisah, bila roh halus selalu ada dikamar harus banyak berdoa atau baca mantera agar selalu dalam lindungan Maha Suci,,,Hum mani padme hum,,


15. Udah Lalap ajah "setan"nya... Energi Iblis, santet, setan, dedemit, kolongwewe, kuntilanak sekarang mah sdh kecil... mereka "Iblis" juga udah pada kapok 'join' sama manusia sb dikibulin melulu... hahahaha... sekarang semua energi sdh diserap sama "duit"..., "duit" energinya yg paling besar... penguasanya "JIN" berambut... yg bisa terbang sm pindahin Gunung..


16. kamu kan mak lampir. penguasanya "JIN" berambut... yg bisa terbang sm pindahin Gunung........kok tahu Lie Mei Wong. baca karaniya metta sutta dan ettavata aja...........sutta dan paritta buddhis ga ada satupun yang bertujuan menyiksa makhluk lain kok......jadi kalopun dibacain ga akan menyakiti makhluk lain apalagi membuat mereka memusuhi kita.......tapi ada baiknya mencari orang yang berilmu biar gimana menetralisirnya aja.


‎16. @Erwin Lim : Jarang manusia celaka oleh makhluk halus tapi lebih sering manusia celaka oleh ulah manusia sendiri itu. Paritta sebaiknya dibaca sendiri atau lebih baik rame2! .bisa kasih tahu nga cara lalap setan. jika hanya muncul 1 kali, makhluk itu hanya mau 'kenalan', memberitahu kita bahwa dia juga tinggal disitu.. cara lalap setan: di ulek pake sambel trasi.



17. se7 dgn temen2...jk uda diblg ada yg berniat jelek..anggap aja sbgai mawas diri..lakukan tindakan amal shingga membentuk kamma baik..ini lah pelindung diri sbnrnya...jk tanggapi topik ini sbnrnya manusia hanya perlu keyakinan 100%..jk baca paritta ato liam keng slaen tulus harus ada keyakinan pada paritta ato keng tsb..baru hal tsb bisa mujarab..he3.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.


Comments

Suen Lim said…
Baca Karaniya metta sutra dan diakhiri pattidana. Sediakan air dibaskom sebelumnya setelah itu tumpahan air tsb ke jalan atau halaman rumah

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “