“ NIAT BELIKAN RUMAH YANG NYAMAN UNTUK ORTU, GIMANA CARANYA “


DISKUSI DHARMA FACEBOOK.




Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.



Namo Buddhaya bhante, ada yng ingin saya tanyakan perihal:
 

saya ingin sekali membelikan sebuah rumah tuk ortu saya yg lumayan nyaman, tp kondisi saat ini saya blm mampu, apa yg hrs saya lakukan agar impian saya itu tercapai di khidupan saat ini shg mereka bs ikt merasakan.


Mohon pencerahannya temen2 d bhante, demikian pertanyaan saya, terima kasih sebelumnya bhante d temen2. Namo Budhhaya.


Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.




Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.

Kesimpulan: Topik ini blh dijadikan Pembelajaran seorang anak yg berbakti kpd ortunya, sekaligus memberi Inspirasi bagi anda semua bahwa setiap orang itu hrs punya Target dlm Tujuan Hidupnya. Seperti dlm pribahasa: Ber-cita2lah setinggi Langit.
Alasannya, dg Target dan Cita2 itulah seseorang memacu semangat dirinya sendiri utk bekerja keras agar tercapai Target dan Cita2nya.

Ingin belikan rumah nyaman utk ortu adalah Target dan Cita2 mulia setiap orang. Niat mulia itu hrs dibarengi dg kerja keras, tp sesuaikan dg kemampuan anda. Artinya tdk perlu dipaksakan. Saat ini bnyak rumah jual dg cara kredit dsb.Tinggal hitung brpa penghasilan anda, dan berpa lbh yg bisa di tabung. Utk yg ditabung blh gunakan buat beli/ kredit rumah sesuai pilihan anda. 

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.



1. Met pagi Bhante, Namo Buddhaya _/\_ menurut Dhamma yg di ajarkan Sang Bhagava(BUDDHA), menghormati org yg patut dihormati adalah Berkah utama. Menyokong, merawat dan menjaga org tua kita juga merupakan Berkah utama. Keinginan tuk membahagiakan kedua org tua kita byk caranya selama keinginan itu tuk memotivasi diri kita memberikan kebahagiaan ke org tua semestinya kita tetap bersemangat dan berkeyakinan tuk meraihnya. Tetapi sesuai Dhamma walaupun kita menggendong kedua org tua kita sebagaimana disebelah kanan tuk ibu dan sebelah kiri tuk ayah dan merawat, menjaganya sampai 100 tahun itu juga belum cukup tuk membalas jasa kebaikan yg mereka berikan tuk anak2nya, hanya dengan memberikan kebenaran (Dhamma) kepada org tua kita maka kita dpt membalas budi kebajikan mereka berlipat lipat kali atau yg paling tinggi nilainya..semoga kita semakin bersemangat tuk memberikan kebenaran (DHAMMA) kepada kedua org tua agar bila mereka(org tua) telah tiada /meninggal dunia semoga terlahir di alam yg berbahagia karena kita telah mengenalkan kebenaran (DHAMMA) kpd mereka. Semoga bermanfaat dan semoga semua mahkluk hidup berbahagia..




2. nammo buddhaya bhante,,Mnrt sya membhgiakn ortu tdak sepenuhny hruss berupa materi, n blum tntu bakti brpa materi yng diingnkn olh pra ortu2 didunia, Sbnrny kbhgiaan pra ortu mnrt sya ialah sma,,yakni melht ank2ny bisa bhgia jga sukses dlm khdpnny,,Nd lbh sering menemani mreka untk ngobrol n menemani mreka setiap hri,,,Mngkn nga ad yng lbh bhgia dripda hal trsebut,,bhkan lbh bhgia dripd diberikn uang n rmah mewah,,,Namun jika bnr2 kta pny niat ingn membeli sbuah rmh yng nyaman buat ortu,,maka diperlukn usaha2 keras dri diri kta sndiri,,,Krna tong kosong nyaring bunyiny,,sebuah teori hampa akn suatu praktek,, jika ingn beli rmh nyaman untk ortu tpi kta tdak brusaha,,maka nga mngkn impian trsebut akn trwjd,,,Namun prlu dingt bhwa usha yng dilakukan adlh usaha yng bnr,,,tdak melenceng dri sila n moral,,didptkn dri jerih pyah sndiri,,,N tentuny hruss diiringi dngn selalu brbuat kbjikan,,untk menambh buah krma baik kta,,shingga impian kta bnr2 trcapai,,Sekian bhante,,klu ad slh mohon kritik n prbaikan dri tmn2,,,anumodana,,Nammo buddhaya



3. Namo Budhaya !selamat pagi Bhante ,niat yg tulus ini harus dipelihara terus ,sampai tujuan dengan semangat yg kuat berjuanglah kawan saya yakin akan tercapai !pohon yg besarpun bila kita goyang terus menerus pasti rubuh! Niat sdr sdh bagus n amat sangat bagus krn ingin bahagiakn ortunya. Salut deh msh ada ank yg berhati mulia spt dr mu. Pelihara n jaga terus niat baik utk bl rmh itu sambil terus berusaha. Smua bth waktu n proses. Smoga niat baikmu segera terwujud n membw kebahagiaan bersama. Utk saat ini n seterusnya buatlah ortu mu bahagia ok. Met berjuang di jln dhamma!



4. Pagiii bhante, Caranya kerja yang jujur dan bersemangat.. Kalo gakk kerja duid dari mana? Apalagi harga rumah skr mahal..jgn lupa berkerja sambil berdoaa.. (∩.∩) hε.•.hε.•.hε .. Ε(ˆˆʃƪ)з xie xie ε(ˆˆʃƪ)з bhante.. yg hrs dilakukan : kerja keras, tambah karma baik ( misalnya : berdana ), kurangi karma buruk.
mungkin yg lainnya bisa menambahkan. Sabbe satta bhavantu sukhitata. Semoga semua makhluk hidup berbahagia. Sadhu...sadhu...sadhu. Berbakti kepada ortu adalah Berkah Utama ( Manggalanguttamang).


5. Namo Buddhaya Bhante. Setiap org pasti mempunyai cita2. Kalo cita2 Dan keinginan blm tercapai, kita hrs bekerja lbh keras lg untuk meraih nya. Tetap pokus pd 1 tujuan, pasti suatu saat akn tercapai. Semua akan indah pd wkt nya, hrs yakin itu. Ini kalo nurut sy y, ortu kagak perna maksa anak harus, memang kadang anak mau. Tapi kita harus sadar apa kita mampu and sanggup, jgn terlalu maksa diri. Doa and perbanyak berbuat amal baik, semoga perlimpahan jasa bs ke ortu kita. Maaf kalo sy ada sala. Amitifo.



6. Namo Buddhaya Bhante. Menurut saya kalau tidak sanggup kita jangan sampai paksakan diri. Jika tidak mampu jangan dipaksa, klo memang jodoh rumah pasti dapat. Karena bli rumah jaman susah memang butuh extra doa dan bekerja dengan keras. kumpulin uang lg trus setelah terkumpul br belikan rmh..segala sesuatu jgn dipaksakan jika dipaksakan hasil ny akn krng baik... Sebab Buddha itu Maha Mengasihi. Akan terketuk oleh ketulusan mengabdi pd orangtua dan ketekunan berusaha. Maka bersabar, berdoa, dan slalu senantiasa berusaha. Hari esok tiada tahu. Sebab jodoh rejeki belum ada saat ini, mungkin dikemudian hari. Maka yakinlah, pasti kan terwujud. Tiada hal yg mustahil bagiNYA. Ttp semangat berbakti dan tulus dlm melayani. Buddha memberkati, smg semua makhluk hidup berbahagia. Sadhu..



7. Niat mbahagiakan n ingin mbuat org tua hidup nyaman itu syah2 sj,tp kl blm mampu jgn dipaksakan, masih byk cara lain yg bs bt org tua lebih bahagia n nyaman,asal dilakukan dgn sungguh2.



8. Selamat pagi.. Menurut saya, selama anda mempunyai niatan yg benar n tulus, disertai dengan keyakinan yg besar untuk mencapai nya..juga dengan usaha semaksimal mungkin.. Tidaklah mustahil apa yg anda inginkan akan segera menjadi kenyataan.. Apalagi dgn rasa bakti terhadap ortu.. Tuhan pasti memberikan kemudahan jalan utk mewujudkannya.. Sabbe satta bhavantu sukhitata..




Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “