“ PUASA IKUT2AN SEPERTI UMAT ISLAM, BOLEH TIDAK “


DISKUSI DHARMA FACEBOOK.






Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.


Namo Buddhaya Bhante, sy (P) mau nanya nich; sy Buddhist tp dr dlu suka ikut Puasa dlm bln Ramadhan (bln puasa), d kali ini sy mau ikutan puasa lagi spt umat islam.


Gimana tuh menurut temen2 d bhante apakah sy salah kl lakuin itu, atau melanggar Dharma ajran Buddha? Atau tdk salah d tdk melanggar Dharma ajrn Buddha…


Mohon pencerahan d penjelasan temen2 d bhante kl blh ks semangat donk…  

Trimks sblm d ssmhb.



Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.


Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah. 

Kesimpulan: Kayaknya tdk salah ikut2 puasa dlm bln puasa Islam. Cm hrs di maknai dg benar bahwa tujuan Puasa spt umat Islam itu ialah menahan segala Godaan Nafsu Panca Indera. Indera spt: Mata, Hidung, Mulut, Telinga, Tubuh dan Pikiran.

Mata tdk tergoda melihat yg Elok2, dst…tp dg Puasa hrs latihan mengendalikan semua hawa Nafsu Indera tsb. Krn Nafsu Indera inilah yg suka membawa malapetaka jadi Penderitaan.


Dlm Buddhis ada Puasa disebut Atthasila (8 Sila), Sila ke 6 yg tdk blh makan setelah tengah hari kira2 jam 12.00an siang kecuali minum spt air putih, jahe, kopi, madu, smp sore, malam dan besok pagi kira2 jam 06 baru blh makan lagi. 

Jadi, Puasa Buddhis tdk Ekstrim spt Islam tdk blh makan dan minum.

Puasa Buddhis tdk Ekstrim krn blh minum yg tujuannya yaitu agar badan tetap Sehat dan dpt Mengendalikan Nafsu2 Indera tsb. Selain puasa Atthasila, juga hrs Meditasi demi mencapai Kebijkasanaan, contohnya; jadi orang yg Sabar, dan penuh Cinta-kasih.

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Namo Buddhaya Bhante, rasanya selama tidak merugikan org lain dan diri sendiri tentunya tidak salah. Akan lbh bagus lagi jika puasanya tidak hanya puasa fisik tetapi puasa lahir batin spt umat islam... Selain bisa melatih diri u/ menahan napsu juga bisa menghilangkan racun dalam tubuh. Disamping itu, karena sebagai umat Buddha, puasa dalam agama islam bisa dijalankan, puasa dalam ag.Buddha tentunya tidak boleh absen dong... Meskipun pada awalnya sdri ikut puasa karna lingkungan sktr...


2. Namo Buddhaya bhante..selamat pg.. Klo menurut santy tidak masalh bhante jk ingin ikut berpuasa.krna dlm ajaran buddha jg ada puasa sbln brp x gt, kmi di vihara jg anak-anak gabi jg ada di ajarin puasa dgn hari" trtentu..xie"..Lakukanlah hal Benar menurut Sila,yg salah/keliru adalah melanggar Sila,sbb Sila adalah landasan utk Samadhi,Samadhi adalah landasan menuju Panna. Klo Sila saja sdh keliru/salah gimana selanjutnya?,,hehehehe



3. Namo buddhaya,memang tidak ada salahnya tp tujuan qta ikut puasa itu apa dulu,kalo cuma sekedar ikut2an mending ga usah,karena umat islam itu selaen menahan lapar juga mengendalikan perilaku selama puasa. Sebagai buddhist sebaiknya melaksanakan puasa secara buddhist,malah tiap bulan bisa dilakukan yaitu tiap hari uposatha.plus sekalian melaksanakan atha sila kalo bisa.manfaatnya akan lebih besar.



4. Namo Buddhaya Bhante, ikut komen ya untuk puasa adalah yg baik bahwa itu adalah salah satu bentuk praktek untuk mengontrol diri kita dari hawa nafsu terhadap makanan, tapi alangkah baiknya praktek ini juga diikuti dgn ucapan, pikiran & perbuatan yg baik dalam mengontrol diri sehingga semua dpt berjalan dgn selaras, sehingga puasa ini dapat menghasilkan buah karma yg baik.
Terima kasih salam Metta.



5. Ga ada salahnya, tergantung tujuan, yg penting niatnya baik.. Ato diganti dg puasa ala Buddhist, lebih enak.. Ga boleh makan tapi boleh minum.. Hehhehe, jujur, saya belun pernah berhasil melaksanakan puasa... *nyengir*kalo mnrt saya c tidak apa'' toh puasa itu baik buat kesehat mnrt artikel yg pernah saya baca tapi alangkah baiknya kalo puasa yang dilaksanakan itu puasa dlm agama Buddha.



6. Met pagi sobat dlm dhamma... Sbaiknya sdr jelaskan apa tujuan, niat atw kshendk sdr utk berpuasa tsb. Sdr sdh praktekn puasa itu sjk dl jd tentunya bs tahu n merasakn apa manfaatnya to. Puasa yg sdr lakukn itu mmg mengikuti aturan dr ajaran non Buddhis. N dlm Buddha dhamma jg ada aturan utk puasa jg. Secara singkat sj dijelaskn utk umat awam dpt jalankan puasa dgn aturan Attha Sila atau 8 sila. Kapan .,? Bisa di hr Uposatha tgl 1 8 15 23 menurut peenanggalan bulan n jg bs kapan sj bl sdr mau lakukn. Jd wktnya bebas ok. Smua kembali pd niat, kehendak/cetana sdr n lakukn dgn cara2 benar ok. Ayo tetap semangat yaaa..


7. Nammo Buddhaya. Sebenarnya gak salah, tp kurang bijaksana. Kita buddhis juga ada puasa, jd ya alangkah bagusnya klo kita puasa ala buddhis dengan menjalankan atha sila, sebulan 4x klo kali 12 bulan bs lebih dr 30 hari lho, dijamin lebih bermanfaat dengan atha sila. Be Happy. Menurut saya itu bagus sambil menghormati agama lain, dan saya juga pernah melakukan seperti itu. Sang Buddha tidak pernah melarang umatnya kalau hal itu tidak melanggar Sila. Sah..sah saja. Lanjutkan biar mencapai kesucian.



8. Memang lebih mudah bicara dari pada melaksanakan, anda yang ikut puasa semoga berlatih sungguh-sungguh dan iklas, karena apa yang kita lakukan pasti ada hikmahnya. Sesuatu yang besar dimulai dari yang kecil. Semoga maju dalam dhamma, sadhu. Baru sekali ini saya dgr Buddhist ikut puasa ala islam,,,wkwkwkwk, maybe faktor pendorong dari org2 disekitarnya yg kebykan islam kali Ɣªª ,,,,bgm pun puasa ala buddhist di hari uposatha manfaatnya lbh baik karna rutin setiap bulan nya....Salam Buddhist : Namo Buddhaya.



9. menurut saya.., tidak salah dan tidak melanggar Dhamma..Tapi jika anda seorang Buddhist.., kenapa tidak menjalankan Uposatha saja di setiap tgl.1,8,15,23 penanggalan bulan lunar bahkan kalau anda bisa setiap hari.., bukankan itu lebih baik..



10. Kenapa tidak melakukan puasa dlm Ag.Buddha yaitu uposatha...kan lebih bermanfaat.. Menurut saya tdk masalah,asal ybs sanggup ,yg paling penting makna puasa tsb, bukan sekedar tahan lapar n haus. Anggap saja bulan tsb masa wajib instropeksi, masa wajib reformasi diri, menjadikan diri ini lebih baik. knp ga puasa dlm agama sndri.....aj..



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “