“ HANTU KALAU KITA GA PERCAYA GA NAMPAK, TAPI KALAU KITA PERCAYA PASTI NAMPAK HANTU, BENER GA SIH? “


DISKUSI DHARMA FACEBOOK.



Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Sy dpt pertanyaan temen..kenapa kok org yg ga percaya adanya hantu, ga bs nampak ato ga bs lht hantu..........

Tp klo org yg percaya dan orang yg takut ada hantu itu jadi bs nampak... ato bs lht hantu.

 Sy cari jawaban dg meditasi dan renungkan ketika dpt jawaban nya...nah pas saat itu sy jd bodoh d lupa lg ...
kok bisa begitu y? Apa mank begit kl sering meditasi bs lupa ingatan?

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.  

Kesimpulan: Hantu itu bahasa umum, kl bahasa Dharma ialah makhluk di alam menderita spt; Peta, Asura, Yakkha, dan Gandabha. Makhluk tsb msh bersama dg Hewan dan kita manusia. Hanya manusia tdk bs nampak mereka, tp ada sebagian orang yg mampu melihat makhluk tsb.

Pendapat umum spt yg ditanyakan di topik ini. Kl tdk bs lht makhluk halus tsb dan sengaja mau lht. Dlm ajaran Buddha tdk di ajarkan alasannya krn tdk berguna membawa kemajuan Batin. Meskipun dg meditasi blm tentu bs lht makhluk halus tsb.

Namun, bila anda mau ada caranya yg diajarkan di agama lain, salah satunya anda hrs PUASA kira2 dari 7hari smp 40 hari dan baca MANTRA smp ribuan kali lalu dibimbing oleh Guru yg mampu.
 Meditasi yg benar tdk smp lupa ingatan/ Gila, cuma kl sdh Wipassana hrs konsentrasi pada hal2 Proses Batin dan Jasmani. Dan tdk blh melakukan kegiatan lain utk sementara wkt, agar konsentrasi tdk terganggu dan hasilnya maksimal. Maka dlm keadaan Wipassana tsb, sering membuang gangguan pikiran dan ingatan yg muncul. Akibatnya, sedikit lupa ingatan tp kl sdh selesai Wipassana ingatan akan kembali lagi.

Sebab, wkt latihan Wipassana sengaja melupakan ingatan masa lalu dan rencana2 masa depan.

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. sbnrnya ini uda dpt jawaban...dr pertanyaan ini tidak lain mnggbrkan keyakinan pd diri sendiri...ini jg brlaku utk semua ajaran...disini ketika sy dpt jawaban nya adlah bentuk keyakinan...ada perkataan dr bodhisatva..jk mnganggap sy setan mk setan lah...jk mnganggap sy pousat mk pousat....ada lg cerita seorg nenek memuja tulang anjing yg dianggap nya relik buddha jd bersinar...jd jawaban dr kisah2 ini adlah keyakinan...apakah kita umat buddhis sudah meyakini 100persen ajaran buddha...trkadang hanya sebatas di mulut aja kt keyakinan tsb...ttpi di kelakuan ato tindakan kita justru tdk menggbrkan keyakinan tsb....jd kasus sperti ada org mrasa liam keng ini brmnfaat...ada yg blg tdk bermanfaat...ini adlah letak keyakinan masing2....jd jawaban adlah keyakinan masing2 individu uda bulat seratus persen ato setengah-tengah...om mani pad me hum.


2. Yg tdk percaya biasanya mmg tdk akan bisa melihat sebab bawah sadarnya sdh tertanam Penolakan. Kalau sdh penolakan maka pikiran akan ter-install secara otomat, mirip2 tdk ada impian/tekad/aditthana maka tdk ada akibat/hasil...demikian juga sebaliknya. Begitulah cara kerja pikiran.



3. namo buddhaya bhante, dikamar saya tuh sering ada hantu nya tpi saya sering buka lagu atau paritta suci. sering membuat bdn saya skt slm semggu nh ada seorang menimpa saya sehingga saya tidak bisa bernafas dalam mimpi n tuh pun sebulan sekali pasti ada kejadian seperti ini.



4. Frekwensi pikiran kita klo sama dgn Frekwensi mahluk astral maka kita akan melihatnya,begitu juga sebaliknya.Mahluk2 yg rendah tingkat kesadarannya disebutnyalah Hantu,setan,jin,dllnya.Sedangkan mahluk2 yg tinggi tingkat keSadarannya disebutnyalah Deva,Boddhi Satva,Malekat,Bathara,dllnya,Utk melihat mahluk2 dgn kesadaran tinggi tidaklah semudah melihat para mahluk yg tingkat kesadaran rendah,, saya sering mimpi ketmu dgn hantu, ya ga ada karma jodoh bertemu ya ga bisalah.沒有因緣如何見面?是不可能



5. Risty>pasti di kamar kmu aura nya negatif. Dicoba kmu rubah ke positif dgn cara Klo tdr lampu nya di nyalain..aja Trus di 4 sudut ruangan di taruh garam kasar/ kristal di wadah/gelas. ! Trus jika kmu pake ranjang di bwh ranjang blh di simpan garam nya. 1 gelas lg..! Ataw d ats2 lemari blh di simpan juga. Lbh bnyk lbh baik. ! Dlm kima garam adalah Na Cl+, ion nya positif. ! Oke slmt mencoba.. ! Trus coba putar arah tidur nya. 180, drajat.


6. Saya ngak pernah lihat, dan saya juga ngak pingin lihat. Kita berharap mereka juga merasakan kebahagian seperti kita. Latihan meditasi dengan memancarkan cinta kasih. Semoga para makhluk merasakan kekuatan pikiran cinta kasih kita dan merasakan kebahagiaan. Sedangkan meditasi itu sendiri melatih kesadaran pikiran kita. Latihan pernapasan merupakan salah satu cara melatih kesadaran kita. Sehingga kita bisa membiasakan diri hidup secara lebih berkesadaran. :)



7. tidak ada kamus yg mengatakan dengan meditasi bisa menjadi bodoh,,!Dengan meditasi pikiran bisa lebih tenang,,hati bisa lebih terkontrol...tapi lihat dulu cara meditasinya benar atau salah,,,,dgn meditasi kearifan bisa lebih terbuka,,lebih dekat juga dengan penguasa alam raya...!kalau soal lihat hantu itu.bisa melihat setan juga bkn suatu keberuntungan,,semakin takut semakin hantu itu suka menganggu,,lebih baik jangan ada keinginan melihat hantu lebih baik karena hantu itu rupa ama wajahnya kadang menakutkan kadang juga biasa saja,,,tapi yg namanya hantu itu tetap aja menakutkan,karena si hantu tak pernah tahu cara berpakaian yg pantas dan berhias wajah yg cantik,,agar supaya siapa yg lihat tdk ketakutan..heheh.


8. Bhante di Dunia ini sebenarnya tdk ada yg nama nya hantu atau setan..! Yg ada hanya mahluk, tetangga alam Dimensi sebelah..! Hehe. Bhante....masalahnya, si hantu juga takut sama manusia..... Cobalah melakukan meditasi yg benar atau minta bantuan pembimbing,,,mgkn saja meditasi yg anda lakukan salah...Karena meditasi akan menambah konsentrasi ingatan bkn sebaliknya...


9. Mgkin sdh kodrat nya manusia itu prcaya adanya hantu. Bahkan org yg paling rasional misal spt org2 amerika yg tak mengenal tuhan skalipun msh prcya hantu. Bkn brarti yg tdk percaya hantu itu gak bs meliat hantu. Mgkin krn hantunya sendiri gak mau menampakan dirinya...Sebaliknya, org yg sangat percaya bkn brarti mudah meliat hantu. Jd spt mengusir rasa takut: "jika gk ingin ditakut2in setan, maka jgn percaya klo ad setan" Hehehe.


10. hahahahhaa... bukannya bisa melihat... karna saking takutnya maka yang terlihat adalah yang ada dalam otaknya yaitu hantu .... tidak gampang untuk melihat sesuatu yang tak tampak... itupun tidak semua manusia dapat kontak dengan para roh2 ..



11. Namo Buddhaya Bhante, ini pertanyaannya sbnrnya maslh hantunya atau meditasinya? Kl hantunya, sbnrnya makhluk halus itu kan mmg ada. Mslh yg bisa terlihat apa ga, itu sama siapa saja kalo mmg imannya ga kuat, yg auranya lemah, dan yg punya indra keenam/instingnya lbh tajam bisa melihat hantu. Menurut saya ª, mslh percaya ma ga percaya ga ada hub.nya. Kl meditasi, bila sudah merasa ga pada jalurnya lbh baik konsultasi dengan yg mmg ahli dibidangnya..Mungkin hantu nya tkt sama karma buruk x kalo memamerkan diri nya di hadapan manusia. Hahahaha. Namo Buddhaya Bhante.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “