Fenomena Dhamma

Thursday, January 12, 2012

“ WANITA PACARAN DG PRIA SDH BERISTRI, DG DIAM-DIAM APA ADA KARMA BURUKNYA? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.
Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak pertanyan dari Umat dan kasih komen.

Namo Buddhaya Bhante.. Saya mau tanya, berhubung teman saya tidak punya facebook, jadi saya mewakili dia untuk bertanya kepada Bhante.

teman saya sudah punya pacar dan mereka sudah pacaran selama 4 thn. Tapi disaat dia pacaran, dia menyukai pria lain, dan kebetulan pria itu pun menyukainya.
Tapi sayangnya pria itu sudah menikah.

Pria itu brcerita bahwa istri yang dinikahinya tidak sesuai yang diinginkannya.
Dia rela suatu saat bercerai dengan istrinya untuk menikahi teman saya.

Yang mau teman saya tanyakan adalah, bagaimana kalau mereka berhubungan diam-diam?

Mereka berdua saling mencintai, lalu apa yang harus mereka lakukan?

Rasanya ini bukan Selingkuh krn suka sama suka, kl dlm hukum Islam ini disebut HALAL bukan HARAM, minimal punya simpanan 4 wanita.

Apakah ada efek karma buruk dari hubungan tersebut?
Karena mereka merasa tidak bersalah. Mereka saling mencintai.
Tolong teman2 mohon pencerahannya dan Bhante. Terima Kasih.

Teman2 tlg kasih komen yg benar dan berguna sadhu.

1. Namo Buddhaya Bhante... Met pagi Bhante dan teman2 semua... Klu dari status Bhante td, menurut saya hubungan tsb adalah tdk benar, karna tindakan mereka akan menyakitkan banyak pihak. Dan itu bkn cinta ttpi nafsu.. Kalo laki2 tsb rela menceraikan istrinya demi wanita lain ttpi dgn menggunakan alasan tdk cocok dgn istrinya yg skrg,..
Maka untk wanita lain tsb, ber-siap2lah ditinggalkan oleh pria tsb untk wanita yg lain lg jg dgn alasan tdk cocok dgn anda. Pesan sy untk sang pria : janganlah engkau menghalalkan segala cara untk nafsu mu ingat ada karma, dan anak istrimu.. Untk sang wanita : jangan mau termakan gombal tdk jelas..
Yg kamu rasakan skrg bkn cinta , tetapi iba/kasihan. Jk memang dia tdk cocok dgn istrinya, sdh pasti dia sdh menceraikan istrinya dari dulu, bukan setelah kehadiran kamu bru dia bilg istrinya tdk sesuai dgn yg d inginkannya...
INGAT!!! Jka anda melanjutkan hubungan anda dgn pria beristri tsb, maka jk ada lagi wanita lain yg hadir di kehidupannya, maka dia akan bilg ke wanita lain tsb klu anda jg tdk sesuai dgn keinginannya.. Karna dia bukan cinta tetapi nafsu dgn anda. Pikirkan pacarmu yg sudh 4 thn dgn setia mendampingimu..




2. Nammo Buddhaya Bhante.. Saya akan mencoba menjawabnya.. Kalau masih pacaran mgkn masih belum bs di katakan selingkuh... Tp kalau sudah berkeluarga.. Ini yg di namakan selingkuh...

Kalau menurut pendapat sy... Yg pria beristri itu sudah melakukan selingkuh.. Dengan hanya punya rasa sayang dan rasa suka apalagi mencintai org lain itu sudah masuk kategori selingkuh.. Walau masih dalam tahap perasaan aja.. Karena kalau itu di lanjutkan pasti akan mengarah ke pertemuan fisik.. Maksudnya pasti akan bertemu.. Selanjutnya terserah anda.. Hehehehe...

Juga.. Td di bilang si pria beristri inI rela menceraikan istrinya... Ini sudah menandakan si pria ini sudah punya watak tidak setia.. Dan kemungkinan... Pria ini jg akan begitu dg teman anda kalau dia jg dekat dg wanita lain.. Pernah sekali.. Pasti ada yg kedua kalinya...

Saran saya.. Lebih baik.. Teman anda di beritahu.. Di nasihati.. Bahwa kalau dg begitu dia akan merusak kehidupan rumah tangga orang lain.. Dan pasti akan membuat istri dr si pria ini kecewa, marah dan sebagainya... Seandainya kalau ini terjadi pada kehidupan keluarganya.. Bgm dia menyikapinya..?? Anumodana... Semoga bermanfaat...


3. serahkan aja sama mereka ber3,,,kalau pakai tanya orang ,pasti tdk boleh ini itu,pasti tdk akan ada yg setuju.yg nmnya selingkuh.yang terbaik buat mereka,cuma mereka sendiri yg bs menyelesaikanya....ingat film chines SAM pek JIu ING tai,,,,,mereka lebih memilih mati BERdua dari pada DIpisahkan.. Makasih bhante atas penawaranya,hehehe.tapi ngak ah takut di selingkuhin juga,wkwkwk.


4. Heran ya ...ada orang yang mencari pembenaran atas dasar cinta... ck..ck..ck...,Hoi... bilangin ama teman u... berpuas hatilah sama orang yang sekarang menjadi pasanganmu saat ini, sejauh pasanganmu tidak berbuat KDRT dan asusila, jangan karna nafsu sesaat yg dikira "Cinta" tega berbuat asusila dan menghancurkan keluarga....oh.... bibit udah mulai kamu tanam dan kelak kamu jualah yang akan menuai, penyesalan selalu datang terlambat .... ... waspadalah... waspadalah ..... hahahahahaha.



5. Namo Buddhaya Bhante, rasanya temannya hanya mencari pembenaran dari kesalahannya. Jika, silelaki belum berkeluarga, siwanita harus memutuskan hub.dgn pcrnya br kmdn memulai hub.baru dgn lelaki ini. Masalahnya lelaki yg ini sudah berkeluarga. Tidak peduli apakah istrinya sesuai keinginannya apa tidak lelaki tst sudah menikahi istrinya. Artinya mereka sudah berkomitmen.
Dan apabila sudah berkomitmen, dia harus menjaga hub.tst hingga maut memisahkan. Seharusnya temannya harus menjauhi lelaki tst. Saya merasa, lelaki ini hanya mencari hiburan diluar, siwanita bodoh sekali jika berhub.diam2 dgn lelaki ini. Ibarat pepatah "habis mnis sepah dibuang" jgn nanti terjadi seperti ini, sudah bosan dia tinggalkan. Apalagi jk siwnta tdk menjaga kehormatannya.. Terakhir.. (⌣_⌣!) нαiiiн.... Cb, pikir baik baik dulu kedepannya..




6. Kasihan sm teman wanita anda & sm isteri lelaki yg bkl jd janda. Dua2nya korban klo hub lanjut k prnikahan & ìsteri prtama benar2 jd diceraikan. Dah gitu aja...komen prtama & trakhir sy.. Piss :D. Tentu aj ad Karma Buruk nya. Ingin mendapatkan yg baru, dg menyakiti yg lain nya. Pd akhirnya kmu mlah gk akan mendapat apa-apa!



7. pagi bhante dan teman teman ,menurut amin yang membuat mereka salah adalah status mereka masing masing,karna si wanita masih mempunyai pacar sedangkan sang pria masih mempunyai istri,gimana sih jadinya biar ngak menjadikan hal yang buruk putuskan atau sudahi dulu pacarannya dan bercerai dulu dengan sang istri . baru kemudian mereka jadian,wah wah wah kalau begini mah mereka yang salah,si wanita masih ada pacar tapi mendustai kekasihnya,sedangkan prianya masih punya istri ,dulu kalau ngak cocok kenapa di nikahin!!!!!
bikin nasip anak orang kasihan aja.kalau mereka ngotot mau pacaran diam diam yang terima aja resiko nya ,bagi si wanita siap siap aja menjadi penghancur rumah tangga orang dan pria si hidung belang....emosi saya.....kecuali kalian stausnya wanita jomblo,dan pria duda itu ngak masalah.kalau begini kalian tetap ngotot siap siap aja dengan resiko yang kalian hadapi! lanjut lagi maksudnya apa ini?
Rasanya ini bukan termsuk Selingkuh, krn suka sama suka atau Halal. apanya yang ngak selingkuh dan halal bisa membedakannya ngak ??????


8. Namobudaya Bhante...Saran sy, cpt putuskan hubungan terlarang itu seblm terlambat. Krn kalo tdk akan membuat org lain menderita lahir & bathin, apalg kalo smp laki2 itu sdh pny anak. Lbh byk lg yg menderita. Tdk ada alasan apapun yg membenarkan hubungan terlarang, itu smua awalnya krn nafsu indra belaka. Bohong dg alasan cinta. Kelak itu pun akan terjadi pd dirinya jk laki2 itu sdh bosan dgnya. Lbh baik bina hub dg pacarnya yg sdh berjln 4 th, terimalah sgala kekurangannya, ikhlaskan hati, puaskan hati dg keadaan, krn manusia tdk ada yg sempurna, kecuali sang guru kita Buddha.


9. Jadi inget lagunya grup the virgin, judulnya "cinta terlarang" . Kyknya sih ga boleh deh ganggu rumah tangga orang, kalo bisa sih yg lakinya di suruh mencintai istrinya, karena pilihan pertama. Jadi ga usah cari cari yg lain, perbaiki saja keharmonisan rumah tangganya......


10. he3 mnrt sy mencintai seseorg jangan lah mnyakitkan ato merugikan pihak mana pun...jd klo mank uda diambil keputusan pilihlah salah satu...jgn pilih satu ada cadangan lain...ini namanya egois...keakuan...om mani pad me hum.


11. nammo budhaya bhante.. namasakara _/\_ , wah kalau sudah seperti itu ya sudah termasuk perselingkuhan, lah namanya suami sudah beristri,kecuali mereka sudah memutuskan hub dengan pacar dan istrinya. kalau di teruskan jg belum tau kedepannya apakah si wanita itu memiliki pribadi yang diinginkan si pria, kalau begitu istri yg dinikahkan hanya untuk kepuasan saja, hadew hadew hadew...... masukkan untuk wanita selingkuhannya, sudahi saja segera,karena baru kenal dan hanya cinta sesaat dengan suami orang. belum indah pada waktunya :P mungkin sekarang ini menurut mereka indah dan cocok untuk keduanya, mereka belum tau keburukannya... blum tau akibatnya juga.yang wanita menghancurkan rumah tangga orang dan pastinya membuat pacarnya frustasi (jgn sampai bunuh diri) dan yg pria juga sebaliknya. hanya untuk kepuasan mereka semata..... SSBS.


12. hehehhee... ini bukan cinta... hanya ada rasa senang aja.. jadi senang sama senang..... rasa itu akan pudar saatnya waktu berjalan/waktu pendek/.... karna pria beristri lebih banyak pengalaman dalam rayu merayu... dalam berpacarn yang terlalu lama mengakibatkan kejenuhan bila terlalu sering berjumpa...

inilah cinta taek kucing rasa coklat.... ntar juga cinta rasa taik kucing yang sebenarnya..... ~~ di sini saya gak mau membicarakan menyakiti ataupun di sakiti,, hanya poin pada rasa senang saja.. rasa ini jangka waktunya pendek,,tidak sepanjang masa kasih yang sebenar ~~ selamat pagi bhante.... namo budhaya..


13. Selamat pagi bhante.,mukaku udah gak menyeramkan kan?udah jinak kok,jadi bhante gak usah takut...menurut aku bhante,pertanyaan itu sebenarnya gak susah jawabnya....tapi kalau berhubungan dgn karma ..na itu yg pusing.,.semuanya salah ,sampai rela menceraikan istri atau berhubungan diam2.,walaupun dgn alasan saling mencintai tetap aja menyakiti hati orang lain..


14. Perkara ini mesti minta bantuan ko Mimimng jd juru runding nih kemana dia yah..Pasalnya ko Miming juga mau tp hrs minta izin dlu sm bhante V P, cm denger bocoran bhante VP is oke asal minimal 4 cewe yg sdh janda agar bs tertolong nafkahnya ibaratnya mengentaskan kemiskinan sambil enjoy kali yah..


15. Itu hanya perasaan sesaat aja. Kita selalu merasa tidak puas. Selalu muncul keinginan ini itu. Coba kita renungi perasaaan kita. Misalkan saja, saat kita ingin membeli hp baru keluaran terbaru.saat itu pasti kita sangat menginginkan hp tersebut. Kita berusaha memikirkan cara agar kita bisa membeli hp tersebut. Dan akhirnya kita bisa juga mendapatkan hp baru tersebut.
Nah, awalnya kita sering utak atik, dan kita jaga hati2 agar ngak jatuh dan lecet. Nah, minggu2 pertama,perasaan ini masih senang mempunyai hp baru, lama2 kita uda merasa biasa aja dgn hp tersebut, sampai akhirnya keluar lagi hp keluaran baru. Nah mungkin bagi sebagian org, kepingin lagi mencoba hp tersebut. Nah, intinya kita perlu merenungi perasaan kita ini dan benar2 sadar akan perasaan ini dan bisa merasa puas apa adanya.semoga semua makhluk bahagia.


16. @ Kelvin kayanya mereka seperti hp ya ?? ingin dicoba dan ingin mencoba bagai mana rasanya dapat yg baru ??? kalau udah bosan sebaiknya ganti yg keluaran baru lagi menyenangkan sekali . sory ya cukup pedas biar sadar , cinta itu bisa membutakan logika saya yakin di cowok yg sudah beristri pasti lebih kaya dibandingkan pemuda yg saat ini memacari dia selama 4 th paling ujung ujungnya duit yg diincar.



‎17. @Idola Poto Di Semarang hehehehehe,langsung nyari ikan kakap ya ngapain nyari yang teri lagi . pertanyaannya ini yang membuat saya marah,ngerti apa ngak coba?Yang mau teman saya tanyakan adalah, bagaimana kalau mereka berhubungan diam-diam?

Mereka berdua saling mencintai, lalu apa yang harus mereka lakukan? Rasanya ini bukan termsuk Selingkuh, krn suka sama suka atau Halal. wkwkwkwkwkwk,ini kan sudah salah.


18. Yang mau teman saya tanyakan adalah bagaimana kalau mereka berhubungan diam-diam ada bbrp kemungkinan bila hubungan suami istri masuk kategori selingkuh. Jika hub hanya hura hura bodohnya silaki itu. Apakah ada efek karma buruk dari hubungan tersebut? Karena mereka merasa tidak bersalah.
Mereka saling mencintai. Orang mencari alasan dgn CINTA , cinta bisa terjadi karena kedekatan dan sering curhat. Karma tidak ada yg tahu terjadinya yg pasti banyak yg dikecewakan bila dia menceraikan istrinya . enaknya di kawinin aja,,,jadikan istri kedua.



19. ada bbrp hal yg d bahas dlm agama jwbannya ga ktmu tp malah mengobarkan perang, kalo dr tradisi ,lah emg dr dulu laki2 selalu pny bnyk istri,pacar gelap,selingkuhan,blom lg tetangga sebelah yg seksi n nganggur n kaya tp kesepian, ya ud d restui ajalah... Namanya jg cinta monyet... 2 th lagi jg lepas sendiri krn bosen,akhirnya sadar jg kalo istrinya ttp the best walopun agak mirip mak lampir ( misalnya mirip loohh... ).


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

1 Comments:

  • At 9:41 PM , Blogger indah said...

    kalo siwanita sudah bersuami dan si pria sudah beristri dan mereka selingkuh meninggalkan pasangan sah mereka masing2 dan hidup bersama sementar si pria tetap masih mengunjungi istrinya dan malam harinya selalu tidur dengan selingkuhanya....,apakah si pria ini lebih mencintai selingkuhanya ato istrinya?apakah ada kemungkinan si pria akan kembali keistrinya?tks ya...

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home