" Memahami Tahun Naga "

KOMPAS.com — Dari 12 simbol yang mengejawantahkan sistem penanggalan Tionghoa, yang menjadi bagian penting dalam sistem kehidupan orang China di mana saja, hanya naga yang tak memiliki representasi binatang sesungguhnya.

Ini yang menyebabkan Tahun Naga menjadi istimewa dibandingkan dengan shio lain dalam penanggalan China.

Walaupun sistem kepercayaan Tionghoa ini selalu menyambut kehadiran Tahun Naga sebagai energi kehidupan, baik dari zaman dulu sampai era modern dewasa ini, banyak orang, mulai dari tokoh politik, intelektual, sampai rakyat jelata merasa khawatir dengan kehadiran naga air ini.

Energi kehidupan naga air yang didasarkan pada kepercayaan geomansi (feng shui dalam bahasa Mandarin), astronomi, dan kearifan kepercayaan rakyat, selalu mengacu pada berbagai perubahan setiap kali memasuki siklus Tahun Naga. Tahun Naga menjadi simbol perubahan atau setidaknya menghadirkan sebuah perubahan besar.

Berbeda dengan mitologi Barat yang menggambarkan naga yang harus dibunuh, seperti dalam cerita Siegfried dalam literatur Nibelungenlied, dalam astrologi China binatang naga menjadi simbol utama keberuntungan yang baik. Dalam konstelasi rasi bintang, naga diposisikan sebagai binatang nonbumi yang dihormati sebagai penjaga langit timur.

Dalam tradisi Tionghoa, naga disimbolkan mampu memberikan empat berkah dari timur, yakni kekayaan, panjang umur, harmoni, dan kebajikan. Dalam konteks ini, orang Tionghoa berharap sesuatu yang besar terjadi pada Tahun Naga Air, baik keberhasilan maupun kegagalan.

Untuk bisa memahami besaran yang dikandung Tahun Naga Air, refleksi yang terjadi pada tahun 1952 ketika Naga Air muncul kembali dalam siklus penanggalan Tionghoa, peristiwa yang terjadi atau perubahan besar yang ada mengikutinya, antara lain, sebagai berikut.

Bulan Februari 1952, Elizabeth II menjadi Ratu Inggris. Pemerintahannya masih berlanjut hingga hari ini sebagai prestasi umur panjang.

Pada tahun yang sama, bulan November, drama Mousetrap yang diangkat dari karya Agatha Christie dibuka di London dan menjadi rekor produksi drama terpanjang dalam sejarah yang pernah ada.

Naga Air tahun 1952 juga mencatat diperkenalkannya dua senjata paling merusak dalam sejarah, yakni bom hidrogen dan pengebom B-52 sebagai pesawat pembunuh dalam Perang Vietnam.

Naga Air 2012, bagi China, juga akan menghadirkan perubahan. Pada musim semi tahun ini, Republik Rakyat China (RRC) akan memiliki pemimpin baru, sebagai pergantian yang keempat kali kepemimpinan negara dengan penduduk terbesar di dunia sejak Partai Komunis China (PKC) berkuasa tahun 1949. Pergantian ini dipastikan akan menjadi persaingan politik yang ketat di kalangan elite PKC.

Ilmuwan China meyakini Tahun Naga selalu membawa perubahan besar yang mengubah China ataupun dunia, seperti tecermin pada tahun 1976, 1988, dan 2000. Naga menjadi sangat simbolis dalam kehidupan sehari-hari yang melekat pada ketionghoaan, termasuk bagi orang komunis yang berkuasa di PKC, karena kerja budaya politik China memang sudah melekat dalam siklus ribuan tahun itu.

Tahun 1976, misalnya, merepresentasikan perubahan sangat penting dalam sejarah modern China. Tahun itu, pemimpin revolusioner Mao Zedong dan Zhou Enlai meninggal dunia, termasuk pemimpin militer paling kuat dalam sejarah China, Zhu De. Tahun yang sama, Kelompok Empat pimpinan Jiang Qing (istri Mao) dijatuhkan dari kekuasaan dan dua tahun kemudian membuka jalan bagi konsep kaige kaifang (reformasi dan keterbukaan) yang menjadikan China sebagai negara besar dan kuat.

Denominator.
Dalam konteks ini, kita perlu memahami sistem kepercayaan Tionghoa melalui penanggalan yang berusia lebih dari 3.000 tahun sebagai tradisi, yang dipertahankan turun-temurun dan dipercaya mampu memberikan arti yang menjadikan orang Tionghoa sebagai bangsa yang besar dan kuat.

Mereka yang tidak bisa melihat makna sistem kepercayaan Tionghoa dalam berbagai perubahan ini condong melihat perubahan dalam perspektif horizontal sehingga tidak merasakan adanya perubahan besar. Kepercayaan dan adat istiadat harus dilihat secara vertikal untuk mampu mengartikan perubahan besar dalam sistem penanggalan Tionghoa.

Memang tidak mudah membagi secara sederhana sistem kepercayaan dan adat istiadat sehingga sulit mendamaikan perbedaan-perbedaan Timur-Barat, seperti halnya menyederhanakan Kristen, Konfusianis, ataupun komunisme. Melakukan reduksi atas istilah dalam filsafat sederhana seperti kapitalisme, liberalisme, atau Marxisme memang menjadi lebih sulit untuk mengukur perspektif Tahun Naga Air.

Gilbert Rozman dalam buku In The East Asian Region: Confucian Heritage and Its Modern Adaptation (1991) menulis perbedaan yang melekat antara budaya Timur dan Barat, merupakan kemungkinan hasil dari pemisahan paksa karena geografi dan konsekuensi dari kontak terbatas selama ribuan tahun.

Berbagai perubahan yang terjadi di daratan China serta belahan-belahan Asia lain merupakan konsekuensi faktor sejarah yang bertahan terus-menerus. Konteks ini yang menjelaskan perubahan besar Tahun Naga sebagai elemen denominator yang mengabaikan batas-batas nasional.

Gongxi Fachai!


Peluang dan Tantangan pada Tahun Naga.

Tahun ini hendaknya jangan berganti profesi secara drastis.
Iwan Santosa.

KOMPAS.com — Tahun Naga Air dalam penanggalan Tiongkok akan menggantikan tahun Kelinci. Naga adalah salah satu sosok hewan terkuat dalam sistem penanggalan tradisional Tionghoa, yang memiliki kekhasan berupa perubahan drastis, yang bisa saja terjadi selepas tanggal 23 Januari 2012 hingga satu tahun penanggalan lunar ke depan.
1. Banyak pasangan muda punya keinginan memiliki anak atau menambah anak lagi yang ber-shio naga. Terutama pasangan yang ber-shio tikus, monyet, dan ayam, diketahui memiliki kecocokan dengan shio naga. Kecocokan anak dengan orangtua dipercaya membawa keberuntungan dalam keluarga.
2. Pakar feng shui, Mauro Rahardjo, yang ditemui di Surabaya, Jawa Timur, pekan lalu, menceritakan, tahun Naga Air ini akan sangat dipengaruhi siklus Planet Yupiter. ”Tahun ini merupakan salah satu siklus terkuat Yupiter yang berotasi terhadap Matahari setiap 12 tahun sekali. Adapun Bumi mengelilingi Matahari dalam siklus satu tahun,” ujarnya.
3. Mauro, yang juga pendiri Masyarakat Feng Shui Indonesia, menerangkan, 12 posisi Yupiter relatif terhadap Bumi itulah yang dikenal dengan istilah shio (horoskop China). Posisi Yupiter ini sangat berpengaruh terhadap energi chi (Mandarin: qi) di permukaan Bumi, tak ubahnya peredaran Bulan memengaruhi kondisi alam seperti pasang surut air di Bumi. Ini bukanlah takhayul dan telah diselidiki Laboratorium Meteorologi di Amerika Serikat. Ilmu feng shui sudah lama mengamati dan menjabarkannya dalam ilmu Bintang Terbang (Fei Xing).
4. Energi chi yang dihasilkan pergerakan Yupiter tersebar di sembilan sektor yang digambarkan dalam suatu petak 3 x 3 sesuai dengan arah mata angin dan sebuah titik pusat. Arah utara diwakili angka 2, timur laut angka 9, timur angka 4, tenggara angka 5, selatan angka 1, barat daya angka 3, barat angka 8, barat laut angka 7, dan titik pusat angka 6.
5. Menurut Mauro, cara menginterpretasikan sederhana saja, yaitu semisal memiliki rumah atau kantor, dapat dilihat apakah mendapat energi positif sesuai dengan perhitungan sembilan angka sesuai arah mata angin pada perhitungan tahun Naga Air yang akan membawa keberuntungan.
6. ”Sebaliknya, jika yang datang adalah angka atau arah mata angin yang membawa energi negatif, akan berpengaruh pada hambatan dan rintangan. Namun, sesuatu yang negatif bisa disiasati dengan tidak memicu potensi keburukan bermanifestasi menjadi keburukan,” papar Mauro.
7. Energi positif pada tahun 2012 terutama akan dirasakan di arah barat yang diwakili angka 8 (Bintang putih atau Ba Bai). Jika pintu rumah menghadap ke barat atau memiliki kamar tidur di arah barat, kesuksesan ini juga bisa dirasakan penghuni rumah-rumah dengan posisi pintu masuk dan kamar tidur yang berada di arah tersebut.
8. Namun, ini juga bergantung pada yang bersangkutan apakah mampu menggunakan kesempatan yang tersedia atau tidak. Jika tidak bisa memanfaatkan peluang ini, berarti kehilangan kesempatan baik.
9. Sektor kedua yang memperoleh energi bintang bagus adalah arah selatan yang akan kedatangan Bintang-1 putih (Yi Bai). Energi ini membawa nama harum dan tenar, serta adanya sukses di bidang akademik dan tenaga profesional memperoleh momentum yang baik.
10. Bintang-4 (Si Lu) yang merupakan bintang akademik dan bintang asmara akan menempati arah mata angin timur. Pengaruhnya sangat berguna bagi mereka yang berkarya di bidang akademik dan profesional, serta bagi mereka yang belum mendapatkan jodoh, ada peluang yang baik akan mendapatkan kekasih pada tahun ini.
11. Sektor lain yang beruntung adalah timur laut. Pada tahun ini kedatangan Bintang-9 ungu (Qiu Zi), yang memperoleh kesehatan, jaringan sosial semakin luas, dan kegembiraan dalam berbagai aspek kehidupan. Jika pintu rumah menghadap timur laut, mungkin penghuni rumah bisa merayakan suatu pesta kegembiraan, antara lain, berupa sukses bisnis, sekolah, atau ada kesempatan merayakan pernikahan.
12. Selain energi positif di atas, sejumlah arah mata angin lain ada yang cenderung membawa energi negatif bagi rumah ataupun pintu yang menghadap ke arah tersebut, seperti tenggara, selatan, barat daya, dan barat laut. Meski demikian, Mauro mengingatkan agar tidak kecil hati karena energi positif bisa diaktifkan dengan benda-benda: bergetar, hidup (akuarium), berbunyi, dan bercahaya.
13. Dia mengingatkan, pada tahun 2012 akan ada tabu atau larangan-larangan di mana suatu sektor di dalam bangunan dilarang untuk diramaikan, dibongkar, digali, dan direnovasi. Pertama, energi negatif yang datang terlalu kuat tidak baik untuk diusik berkenaan dengan kedatangan Tai Shui, yaitu Tahun Naga, yang berada di tenggara (antara 112,5o-127,5o). Di sektor ini sebaiknya tidak ada penggalian tanah atau renovasi bangunan.
14. Ada baiknya waktu bekerja atau ranjang tidur tidak berada di arah Tai Shui ini. Demikian pula sektor yang terkena Wu Wang (Bintang 5 kuning) di tenggara serta sektor selatan pada tahun 2012 terkena Samsart (”tiga pembunuhan”).
15. Waktu kelahiran
16. Secara terpisah, pakar feng shui, Jennie Kumala Dewi, memberikan keterangan tambahan soal makna keberuntungan pada tahun Naga Air dengan memperhatikan elemen waktu kelahiran seseorang dan beragam perhitungan rinci yang bisa dikaitkan dengan perhitungan feng shui.
17. ”Tahun ini hendaknya jangan berganti profesi secara drastis. Hendaknya bertahan menghadapi persaingan yang sudah berhasil dilalui pada tahun Harimau dan tahun Kelinci. Jika bertahan dengan apa yang dirintis, akan menikmati hasil pada tahun ini,” kata Jennie, yang juga seorang arsitek dan pembawa acara di sejumlah stasiun televisi.
18. Secara nasional, lanjut Jennie, kondisi Indonesia tidak akan negatif karena shio naga memiliki kecocokan dengan shio ayam yang merupakan tahun kelahiran Republik Indonesia. Berdasarkan perhitungan waktu kelahiran itu, bangsa Indonesia bisa dikatakan manja dan itu dibuktikan melalui kekayaan alamnya yang melimpah.
19. Sesuai dengan sifat naga yang penuh kejutan, tahun ini diperkirakan muncul tokoh nasional dari sosok yang tidak diunggulkan, baik dari kalangan muda maupun tua. Demikian pula di dunia selebriti, sejumlah orang lama akan kembali muncul dan berkibar di tingkat nasional.
20. Sejumlah profesi yang memiliki kecocokan dengan tahun Naga Air, kata Jennie lagi, di antaranya adalah seni busana, seni kreatif, desain, dan pekerjaan yang terkait dengan logam serta permesinan, termasuk komputer. Fenomena ini terjadi seperti 12 tahun silam saat dikatakan terjadi crash pada sistem komputer (Y2K).
21. Sejumlah profesi dengan elemen api dan air yang akan mengalami persaingan sangat berat adalah sektor perbankan, pemasaran, dan dunia saham. Demikian pula bisnis yang terkait dengan peredaran barang, seperti bidang transportasi.
22. Semua itu adalah hitung-hitungan berdasar feng shui dan perhitungan waktu lahir (weton) yang tentu dapat disiasati dengan kerja keras dan cermat.
23. Gong Xi Fa Cai, Selamat dan Sejahtera pada Tahun Naga Air!

KOMPAS.com - Tahun 2012, tepatnya setelah 4 Februari 2012, pukul 18:18, energi yang menguasai bumi akan berubah menjadi energi Naga Air. Bayi yang lahir setelah tanggal tersebut baru akan memiliki shio Naga, bukan setelah tahun baru Imlek 23 Januari 2012.

Naga, merupakan elemen Tanah Yang. Dengan demikian, tahun 2012 disebut dengan Air di atas Tanah. Dalam ilmu metafisika China, elemen Tanah dan Air memiliki hubungan saling melemahkan (tidak harmonis). Dari kedua elemen ini dapat diterjemahkan situasi umum yang terjadi di tahun Naga Air.

Hubungan antara Tanah dan Air sama-sama disharmoni dengan dua tahun sebelumnya, yaitu tahun 2010 dan 2011 (Logam Kayu). Artinya, tahun 2012 masih saja diwarnai dengan konflik/perselisihan. Hanya saja, tidak adanya unsur Logam (senjata) menjadikan konflik yang terjadi di 2012 tidak setajam tahun 2010/2011.

Tanah Yang dan Air Yang merupakan simbol dari kekuatan air dan kekuatan tanah. Dengan demikian, kedua elemen tersebut akan unjuk kekuasaan di tahun 2012. Probabilitas terjadinya bencana alam akan membesar, terutama gempa bumi, banjir, dan tsunami. Kiranya, semua pihak dapat lebih waspada.

Prospek Bisnis
Bisnis yang mendapat dukungan dari langit, pada semester pertama adalah bisnis yang berunsur Tanah (properti, asuransi, perbankan, pertambangan). Sedangkan pada semester kedua, adalah bisnis yang berelemen Kayu (meubel kayu, percetakan, pabrik kertas, toko buku, tanaman hias, perkebunan).

Bisnis yang berelemen Air (transportasi, pariwisata, distribusi, telekomunikasi, air mineral, cat, dan lainnya) akan menghadapi tahun yang sulit dan banyak tantangan. Sementara bisnis berlemen Logam (mesin-mesin, komputer, toko besi/baja, otomotif) akan muncul terobosan-terobosan yang mengagumkan, namun belum mampu mendapatkan pendapatan/keuntungan memuaskan. Sedangkan bisnis yang masuk dalam elemen Api (pasar uang, saham, bahan kimia, restoran, entertain) memiliki prospek kurang baik.

Kesehatan
Di tahun Naga Air, penyakit yang perlu diwaspadai adalah penyakit yang menyerang organ Air, yaitu ginjal, kandung kemih, tiroid, telinga, dan organ reproduksi. Hadirnya elemen Tanah kuat (Naga), meningkatkan kasus penyakit kanker. Untuk itu, Anda disarankan berjaga-jaga dengan mengkonsumsi makanan sehat, plus makanan suplemen (antioksidan).

Feng Shui Bintang Terbang
Tahun 2012 akan menempatkan bintang 6 di titik pusat. Bintang 6 ini melambangkan sosok seorang ayah, organ pernafasan, dan masalah hukum. Dengan demikian, di tahun ini akan banyak sekali masalah yang mencolok di seputar hukum, dan endemik penyakit pernafasan (flu burung, misalnya).

Bintang 5 (bintang terburuk, penyebab malapetaka, kebangkrutan) akan berada di sektor Tenggara. Untuk pintu rumah, kamar tidur, yang berada di sektor Tenggara ini, sebaiknya berhati-hati. Gantungkan lonceng dari logam, untuk melemahkan dampak buruk dari bintang 5 ini.

Bintang 2, meski tidak seburuk bintang 5, berada di sektor Utara. Bintang ini dapat dinetralkan dengan menempatkan benda logam di sektor ini (boleh untaian 6 koin logam). Sementara bintang bagus 8 akan hadir di sektor Barat. Pintu yang berada di sektor Barat (menghadap Barat juga), akan mendapatkan keberuntungan finansial yang baik bagi penghuninya.

Grand Duke (Tai Sui) di tahun 2012 berada di Tenggara. Anda disarankan untuk tidak melakukan renovasi yang besar di sektor ini.
Selamat tahun baru!

Penulis adalah praktisi feng shui www.fengshuikita.com

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “