“ MEDITASI APA YG PERLU DIPERSIAPKAN? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak pertanyan2 di bawah ini dan kasih komen.


Teman2 Dharma kali ini bhante mau membuat Selingan Simulasi Pertanyaan Dharma dlm Latihan MEDITASI agar bisa membuka Wawasan dan Pengetahuan Dharma. Tp mohon jangan Salah Paham bila ada kata2 yg tdk berkenan di hati anda semua.

Kalau anda suka dan mau MEDITASI yg perlu dipersiapkan utk menunjang Latihan MEDITASI tsb, apa saja menurut anda?

Teman2 tlg kasih komen yg benar dan berguna sadhu.


Teman2 maaf kl komen bhante salah.

Bila kita suka dan mau meditasi sebaiknya persiapkan dulu; Idealnya Tempat yg nyaman ada sirkulasi udara (oksigen) ini penting sekali; bersih, tdk digunakan yg lain, kl bs ruang khusus sembahyang ada Rupang Buddha di atas meja, dg bunga harum di atas pisin, dsb.
Ini blh di sediakan di rumah atau di kantor, dsb, yg penting ruangnya khsus spt itu. Kl anda suka pergi ke rumahnya orang Islam, pasti mereka menyediakan ruang khusus utk sembahyang dg perlengkapannya.

Dg badan sehat itu pasti syarat utama, Pakaian yg bersih dan longgar, sediakan air minum di botol atau teko. Menjelang meditasi, baca2 Paritta dulu spt puja bakti di wihara lbh bgs, diakhirnya meditasi dg Pelimpahan jasa; kpd Para Leluhur, Ortu dan para Guru Dharma yg msh hdp atau sdh meninggal, dan terakhir semua mahkluk yg msh hdp atau sdh meninggal.

Sayangnya umat Buddha blm dibiasakan dg membuat ruang khusus utk sembahyang dan meditasi, padahal tiap orang pasti membutuhkan spiritual demi menjaga Kesadaran, Ketenangan, kedamaian, keheningan dan akhirnya kebahagiaan batin. Utk mendptkan Spiritual spt itu, memerlukan ruang/tempat yg Nyaman spt diatas tsb. Lalu, sediakan wkt utk melakukan Spiritual tsb, krn hal itu bukan utk siapa2 tp utk diri anda/ kita sendiri. Bila sdh lancar dan maju Meditasinya bs dilakukan dimana saja, namun tetap yg terbaik adalah tempat yg Nyaman spt ditulis diatas itu.

TEMAN-TEMAN TERIMAKASIH ATAS DEDIKASI DAN KOMENNYA YG BERGUNA.

1. namobudhaya bhante...pagi All:-mngkin yg perlu dipersiapkn/syart utma adlh; perluny hati, pikiran, persa'an yg stara/seimbang, sblm mnju utk memulai meditasi. . .mngkin itu kali ya. . .ma'f y jika ada slh kata" sebelumny. . .saolny Saya tdk prnh mlakukn meditasi..hehehehe. . .


2. meditasi merupakan proses latihan untuk menjaga kesadaran, meditasi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. selama kita menyadari apa yang kita lakukan itu merupakan termasuk meditasi, maaf mungkin itu menurut saya bhante..saya nurwito bhante, anak asuh bhante dhammatejo dicilacap.


3. karena objek saya nafas jd yg harus dipersiapkan cuma niat yg diperkuat tekad,lihat nafas masuk nafas keluar...hanya lihat nafas...menurut saya anapanasati itu simpel ga neko2 dan cukup aman untuk dilatih sendiri tanpa harus terus dimonitorsetiap waktu oleh guru pembimbing...kita harus mengalahkan rintangan dari diri sendiri,seperti malas,ngantuk,lelah dan alasan2 lain...memang situasi dan kondisi yang mendukung seperti tempat yang tenang,sejuk dengan adanya guru pembimbing disisi kita sangat membantu tetapi lebih sering kondisi lingkungan tidak sesempurna itu,jd sekali lagi menurut saya niat n tekad... Namo Buddhaya, Bhante.. Kalau menurut saya, kondisi fisik yang sehat, pembimbing yang baik, niat yang teguh..


4. Namaste Bhante Dan semuanya; pikiran tenang,tempat yg nyaman,Sehat lahir batin,bagi pemula harus ada pembimbing.terima kasih Bhante smg bermanfaat....slmt pagi BBALL. aku pernah membaca salah satu sutta,dimana seseorang yang pernah melatih meditasi........entah itu SAMANTHA,VIPASANNA........kalau memang ada dan di dukung KARMA BAIK............maka dalam 3 bulan akan mencapai jhana atau sotapanna agak lupa saya bhante mohon maaf kurang bisa detail abiz saya lupaa bhante. Sore golden karena pd kehidupan lalunya beliau adalah petapa ato yogi.



5. Namo buddhaya bhante, mnurut sya slain pkrn yg tenang, tmpat yg nyman n pmbimbing yg baik, jgn ad tjuan tntu dlm meditasi. maaf klo ad yg slah kata, mklum sya msh pemula. Nammo Buddhaya Bhante..

Saya jarang meditasi.. Tp sy pernah di beritau teman.. Sebelum melakukan meditasi, kita harus membaca parita dulu, gunanya utk melindungi kita dan membersihkan badan kita dr energi yg kurang baik.. Sehingga waktu melakukan bs tenang.. Plus jg keadaan tempat yg sepi.. Begitu Bhante.. Maaf kalau salah ya..


6. klo sy pribadi sih mau meditasi ....y hrs pkran tenang tanpa beban...tempat yg tenang...diawali dgn om mani pad me hum 21x...lalu pejamkan mata...kosen ke pernafasan dl..br ke objek...dan sterusnya....tp sy skrg tidak mau mbuka lapisan2 lg...ckp kosen ke pernafasan dan objek..itu akan membuat badan dan pikiran segar dan trsadar....om mani pad me hum. bhante...di topik ini sy mau bertanya..klo sy meditasi ke objek kekosongan mk akan terbuka lapisan2 pikiran sy,...trbuka terus menerus...tp smakin lama serasa smakin dlm...lalu kepala sy akan sakit dan jantung sedikit berdebar.....apa yg hrs sy lakukan klo begini?... Ikut sharing ya lee wei, Objeknya apa kok bisa ampe kekosongan.


7. hati harus tenang....lingkungan tidak terlalu ramai...tidak banyak nyamuk nanti garuk2 terus gatal digigitin nyamuk,,,perut tdk lagi lapar nanti didlm keheningan kedengaran suara cacing diperut minta makan,juga jgn kekenyangan nanti malah ngantuk meditasi gaya tidur jdnya,,selama meditasi pusatkan pikiran diantara ke2alis..ambil nafas pelan sampai tdk terdengar,,,tutup mata bayangkan diatas kepala kita ada para Budhha bukan bayangan para gadis cantik atau kekasih...meditasinya dengan sungguh2 dan terus latihan rutin setiap hari.....GOOg lucky.


8. Namo budhaya bhante,menurut saya kita harus punya niat,pikiran yg tenang,tempat yg nyaman,dan pembimbing yg baik. Menurut saya banthe,mesti tempat yang sejuk dan pikiran kita tak terikat oleh keinginan apapun. Meditasi boleh dimanapun dan kondisi apapun. hehehe.. Saya gak bisa meditasi... Romo Toto Miming Gunawan .... Mau langsung aja jadi bhikkuni bisa gak yaa... Tanpa bisa meditasi,tampa bisa paritta... Dan sedikit nien cing.. Sedikit skali... Hanya bisa tha phe cu aja... Sapa yang membolehkan nih.. Tampa kuasai apa2 .... Hehehee....
Met pagi juga romo.... Juga semua teman2..



9. Kl menurut gw utk yg masih awam banget, baca pritta kmd meditasi sebisanya... 5 , 10 menit. Kmd ikut athasila di vhr n kl ada guru besar datang ya ikutlah.. kl ga bisa ikut minimal ketemulah drpd keluyuran ketempat lain... Kmd meditasi samatha di vhr dlm program athasila. kl bisa vipasana juga boleh.... Tp ingat harus hati2 dlm vipasana, miknimala beajar dulu abhidhamma singkat ga perlu dihafal only know... kmd kl meditasi sdh ga maju2 ga perlu uyek2an duduk lama tp praktek perbuatan kebaikan apa itu berdana, sukarelawan, jd kacung vhr atau apa aja sebisanya... kl sdh byk kebajikannya baru mulai lg meditasinya... Anda akan merasakan kemajuannya... KL sy kl sdh memumuk kebajikan byk meditasi bisa seperti anak panah sp sy rasa sdh cukup n keluar dr meditasi... hidup sebagai umat awam lg...


10. sy ikut share...ketika sy mempelajari nibanna...yaitu suatu keadaan kosong...mk stelah berhari-hari lancar meditasi kosen ke objek..sy coba meditasi renungkan nibanna...jd saat itu timbullah kekosongan gelap....lalu sperti kita memasukinya terbelah muncul lg kekosongan berikutnya....masuk lg terbelah muncul lg kekosongan berikutnya...slalu begitu...klo mau sy lanjuti spertinya smakin lama smakin masuk......disaat itu perasaan akan berdebar....sy hentikan lgsg..krn takut jg...



12. jd org jgn trlalu kaku...dlnya sy pkr agama buddha ajaran kaku sperti agama lain umumnya...yg harus patuh pada aturan2 agama berdasarkan kitab suci...shingga umatnya sampai kapan pun bukannya jd tersadarkan...tp umat nya jd baik krn seakan akan takut dan patuh dgn isi kitab suci...ternyata agama buddha lah satu2nya ajaran yg tidak mengikat umatnya utk harus patuh dgn isi kitab suci...ajaran buddha adalah ajaran dhamma utk menyadarkan manusia utk melepas penderitaan ato terhindar dr perbuatan kamma buruk...shingga umatnya ketika jd umat yg menjalankan sila dhamma bkn krn takut akan perintah dr kitab suci tp krn benar2 menyadari indahnya dhamma buddha....


13. waaahh.. yang gak isa medi tasi susah ke nibana ya bhante..??? harus ngekor di mana nih.. ato cari sertivikat dulu di romo Toto Miming Gunawan terus stempelnya minta sama bhante... waahh yang tanda tangan kelulusan sama sapa yaa... :) met sore semua.... namo budhaya bhante... met sore juga..... Yg tanda tangan ya ci fera ...sy kurir yg menyerahkan suratnya. loo kalo aku yang tanda tanga kan gak sah dong Romo Toto Miming Gunawan ..... ntar di tolak sampai di pintu akhir perjalanan ke barat.. yaaahhh sapa dong yang bertanggung jawab nih... hehehhheee... jadi ngelantur dari topik pembicaraan waaahh.... gawak.. bhante datang... kaaaabbuurrr duuluuu aaahh... ntar kena jewer dah....



14. Bhante... Seperti yg Bhante bilang.. Seharusnya kita umat Buddha jg menyediakan ruang khusus utk sembahyang... Seperti teman kita yg muslim, mereka pasti ada ruang khusus utk doa... Tapi kalau ga ada ruang khusus, gmn Bhante..?? Altar saya ada di ruang tengah, jadi satu dg ruang makan dan ruang keluarga.. krn rumah sy kecil. Golden.. Beli rupang yg kecil aja.. Biar bs di letakkan di altar... Di Taiwan pasti ada toko yg jual alat alat sembahyang kan..?? :) salam kenal ya golden..



15. "hehhee... itu mah hotel bhante,, bisa juga untuk yang suka meditasi... waahh saya gak bisa meditasi yaahh .... selamat pagi Bhante Sudhammacaro .. hanya punya buku unt bimbingan meditasi dan belum di baca.... hehhehe". met pagi bhante.. itumah hotel nirwana... hehehhhee bisa di pake meditasi juga di sana.....
ini nih hasi baca buku saya :
1. kenakan busana yang nyaman
2. persiapkan diri dalam keadaan bersih dan sadar
3. tampa alas kaki lebih baik
4. berpraktek secara teratur
5. pilihlah ruangan yang cocok
6. siapkan sarana meditasi seperti bantal duduk
7. pertama meregang
8. ambil posisi, periksa keseimbangan
9. mulai perhatikan jalan keluar masuk pernafasan unt memantapkan
10. tenangkan raga dan pikiran
11. kembali kekesadaran
12. jangan mengeluarkan suara
13. singkirkan rasa kantuk dan gangguan.

16. "yang mau belajar meditasi...persiapkan sarana dan prasarana untuk meditasi, seperti menggunakan busana yang nyaman,siapkan bantal duduk,sebaiknya jangan mengunakan alas kaki,cari tempat yang di rasakan unt meditasi yang tenang nyaman.... duduk dengan tenang,perhatikan nafas yang keluar masuk... jauhkan dari rasa kantuk dan hal lainnya...... meditasi di mulai ......
kembali kekesadaran,jangan mengeluarkan suara,,.... akhiri meditasi dengan lembut.
naahh bisa juga diiringi musik ZEN ... meditasi bisa sambil duduk,baring,berjalan,berdiri...semua posisi senyaman yang di sukai.. heheh.. ini kan dr buku loo... kalo salah bhante bisa bantu,,kalo saya maah lari duluan... hehehh bagai mana Bhante Sudhammacaro & romo Toto Miming Gunawan ...."


17. ayo teman teman berikan jawabanya,amin ingin belajar bermeditasi ni,mau tau selain merasakan keluar dan masuknya nafas ada yang lain ngak,contohnya fokus pada satu benda seperti lilin,soalnya teman saya pernah mengajarkan seperti itu sampai bisa melihat satu titik terang disaat kita bermeditasi ....^-^ benar atau ngak amin ngak tahu..


mau baca habis buku hidup senang dan mati tenang bhante, semoga dpat mencerahkan bathin dan membuat meditasi jadi mantap bhante. maaf kash masukkan. Sebaiknya kuatkan pikiran dgn meditasi dan pertebal keyakinan terhadap Buddha, Dharma dan Sangha, jgn ada keraguan. Dan banyak berbuat kebajikan. Mudah2 dijauhkan dari masalah dan santet itu bisa ditangakal. Karena santet itu hanya memakai kekuatan pikiran, kalau kita kuat pikiran kita maka kita sdh ada tameng. Sadhu 3x


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "