Fenomena Dhamma

Sunday, January 15, 2012

“ MEDITASI BISA LIHAT MAKHLUK HALUS PETA ATAU DEWA, GIMANA CARANYA? “

Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak pertanyan dari Umat dan kasih komen.

Namo Buddhaya Bhante, mau Tanya: Apakah benar orang yang sering Meditasi bisa melihat makhluk halus spt; Peta ato Dewa dan lain lain?

Bagaimana Caranya? Dan kl takut melihat gimana mengatasinya? sadhu3x.

Teman2 tlg kasih komen yg benar dan berguna sadhu.


Teman2 Dharma maaf kl komen bhante salah. Orang Meditasi tdk semua bs smp melihat makhluk halus. Sebab, utk melihat makhluk halus ada pembawaan sejak lahir dg karma masa lalu spt diceritakan oleh Huang Fei Cing. Jd maksudnya, utk melihat makhluk bs tanpa meditasi, tp sdh bawaan krn berkahnya orang tsb. Utk sengaja dg meditasi agar bs melihat makhluk halus, tdk ada objek yg diajarkan oleh Guru Buddha. Entah kl ada orang lain yg bs ajarkan meditasi hingga dpt melihat makhluk halus, bhante blm jumpa.

Ada satu kisah nyata di Kuala Lumpur seorang dokter (Kristiani msh Lajang) dg hasil jerih payahnya yg dikumpulkan, lalu dia bangun Villa yg cantik, bgs d indah. Tiba2 baru selesai Villanya dan blm menikmati tinggal di Villa tsb, dokter tsb mati. Menurut ceritanya; dokter ini suka gorok Tarif kl ada orang sakit minta tlg, juga tdk ada rasa sosialnya bantu2 orang.

Krn terikat kpd Villa hasil jerih payahnya, maka setelah dokter ini mati jd Hantu/ Peta di Villa tsb. Satu hari, familynya Buddhis minta tlg undang sayadaw (bhante dari Myanmar) utk dtg ke Villa dokter tsb. Krn menurut familynya bila ada family nginap di Villa tsb suka diganggu oleh Hantu/ Peta dokter.

Wkt Sayadaw dtg dan baru duduk di bangku mau baca Paritta, Hantu/ Peta dokter tsb angkat badan Sayadaw lalu diturunkan ke bawah. Semua orang yg ada di Villa tsb melihat dg jelas. Itulah sebabnya cerita ini beredar luas. Kisah ini disampaikan oleh seorang bhikkhu kpd bhante di Penang saat ini wkt komen ini dibuat. Krn bhante diskusi dg bhante dari Penang soal Meditasi spt Topik diatas.

TEMAN-TEMAN TERIMAKASIH ATAS DEDIKASI DAN KOMEN YG BERGUNA.

1. Melihat mahluk halus secara mitos merupakan suatu kebanggan ataupun suatu hal yg hebat, namun sebenarnya merupakan penderitaan yg berkepanjangan, karena walau bagaimanapun kita manusia tetap mempunyai rasa takut, melihat yg mengerikan sehingga nyata dan tdk terkadang sulit dibedakan..
Menginggat tujuan samadhi sebenarnya bukan untuk melihat2 aneh seperti makluk halus,tetapi bila terjadi seperti itu kita hrs cepat menyadari tujuan awal kita samadhi.karena semua itu hanya salah satu rintangan dlm samadhi,objek pernafasan sangat'lah bagus dg memperhatikan keluar masuk nya nafas,selamat bersamadhi yg benar.


Namo buddhaya, sebenarnya lox dikatakn meditasi bsa ngelyt mahklk hlus atw mahklux laeny tu bsa diktkn bner dn jg bsa diktkn tdk bnar, coz orng yg bsa ngelyt mahlux seprti tu dia mempnyai konsentrasi yg tinggi unk melaksnkn mdtsi..... Namo buddhaya.


2. tentang hub meditasi dgn melihat mendengar atopun memilki kekuatan gaib,saya merasa tidak berhubungan. namo buddhaya bhante & smua saudaraku.sebelumnya sy minta maaf klo salah memberi pendapat & mohon petunjuk nya dr sdr2. seeorang meditasi bertahun tahun blm tentu dpt melhat/yg lain,meditasi adalah sarana bg qt untuk fokus&menenangkan batin. ‎& seseorang yg memiliki anugrah/bakat alam blm tentu jg sering meditasi.
mngkn suatu kebetulan seseorang yg pny bakat & melakukan meditasi kemudian bisa merasakan smua yg ada.seseorang yg rajin meditasi sy ykn pasti memiliki sebuah anugrah. seseorang yg rajin meditasi memiliki sebuah anugrah yaitu kesabaran,pengertian bnr,cinta kasih,pandangan bnr spt bhante. sdr2 ku,stlh smua petunjuk yg sy dapat dr bhante & tetua meditasi di fb ini.sy skrg mengerti akan sesuatu di dunia ini. berlatihlah meditasi yg benar tanpa keinginan akan sesuatu di dunia ini,dan hargailah sebuah anugrah dr sang pencipta.
sebuah bakat alam tidak dapat kita minta dgn segala cara apapun,& bakat alam tidak dpt pula kita tolak dgn segala cara. namo buddhaya bhante & smua saudaraku.sy mohon maaf jika ada kata penjelasan yg salah & mohon petunjuk bagi sy.sadhu. saudaraku jimmy, mohon maaf klo sy salah beri penjelasan.sdr ku,seseorang mencapai penerangan sempurna krn diri sendiri. yg rajin melatih meditasi & menjaga setiap kata,perbuatan,pikiran &ucapan.
sdr ku jgn terikat pada seseuatu apapun. sebagai cnth bhante & smua tetua meditasi yg ada di fb ini.sy merasa mereka smua sdh mencapai penerangan krn mereka dpt. memberikan sebuah pencerahan bagi qt smua yg belum mengerti akan sesuatu yg ada.sadhu.


3. namo buddhaya bhante,saya akan jelaskan smua pengalaman saya untuk smua saudara &mohon maaf jika saya salah. sy dulu seorang kristen&tdk taat berdoa.sy slalu berkelahi&tdk mau meminta maaf terhadap apa yg sy lakukan saat itu. suatu saat sy bertemu dgn mama angkat sy yg beragama katholik,sy di beri penjelasan tentang sebuah agama &yg lainnya. sy jadi sadar akan smua perbuatan sy.kemudian sy tertarik dgn agama budha hingga skrg.sy bertemu dgn bhante nyanasupalo.
sy bljr meditasi &vegetarian selama 3thn.disuatu ketika sy meditasi,sy memasuki sebuah alam yg tenang&tdk ada seorangpun. hanya mendengar suara2 yg melantunkan kata2 sebuah syair.tetapi meditasi tersebut sy hentikan krn sy takut. setelah itu sy tdk meditasi lg,& sy jg merasa ada yg dorong sy lakukan meditasi lg.suara tersbt hingga skrg msh sy dngr. di saat lalu sy prnh mendengar suara tersebut yg menyuruh sy untuk menolong seseorang&smua sy sampaikan kpd keluarganya. ‎& smuanya terjadi seperti apa yg di katakan suara tersebut.kadang sy takut dgn suara tersebut krn sy tdk tau siapa dia.


4. Mungkin aja setlh bermeditasi ada yg dianugrahi kekukatan indera yg bs melihat jelmaan roh para suci.
namo buddhaya bhante,saya mohon petunjuk nya peta itu apa bhante?.terima kasih.sadhu. sdr huang fei cing:peta it adalah makhluk yg terlahr d alam hantu dan it dkarenakan karma buruknya d masa lalu.


5. sdr ku smua,jujur sy tdk prnh berharap akan smua ini & syair2 sy dngr pd saat meditasi 9thn yg lalu baru skrg ini sy tau. smua syair yg sy dengar adalah smua syair2 dr budha.smua syair tsbt ada di dhammapada & di kitab lainnya. saat lalu sy tdk tau apa itu dhammapada,& kapan lalu sy bertanya di fb ini dan dijelaskan oleh saudara hartono&sdr taman. sdr ku smua mngkn ini adalah teguran buat sy yg telah berbuat kesalahan si saat lalu.buat smua teman2 yg mengenal sy & smua teman sy yg pernah sy sakiti di saat lalu,sy minta maaf atas smuanya.sdr ku smua ini hanya saran saya saja.

sdr2ku meditasilah untuk melatih diri,jgn terikat pada sesuatu yg ada.dgn begitu sdr2ku akan tau "APA" yg sebenarnya. SEPERTI LEBAH YANG MENGHIRUP MADU &TIDAK MERUSAK BUNGA SERTA HARUMNYA.BEGITU HENDAKNYA SEORANG HIDUP DITENGAH MASYARAKAT. ‎& resapi makna yg ada pd setiap ajaran yg diberikan bukan hanya untuk di hafalkan & ditakuti krn ketakutan sebuah dosa.

SEGALA SESUATU DIDUNIA INI TIDAK ADA YANG KEKAL,SEGALA SESUATU TERKADANG TIDAK SESUAI DENGAN APA KITA HARAPKAN. namo buddhaya bhante & smua saudaraku hny ini yg dpt sy jelaskan smoga bermanfaat bg qt smua.sadhu...3x



6. 1 hal lagi yang membuat saya ragu mengembangkan kehidupan spiritual saya.. Budha mengajarkan welas asih dan cinta kasih,, namun budha mengajarkan untuk tidak melekat terhadap segala energi kemelekatan, baik itu marah senang bahagia... ,, lalu bagaimana dengan welas asih?


sdr ku jimmy,berbuatlah sebuah cinta kasih dan welas asih sesuai dgn hati nurani qt tanpa adanya sebuah harapan untuk. mendapatkan balasan dr seseorang tersebut & jk bisa lakukanlah sebuah perbuatan baik tanpa diketahui siapapun. sdr ku,welas asih adalah sebuah perasaan kita yg timbul krn sebuah penderitaan seseorang atau yg lain krn kita lihat. BERBUATLAH SEGALA SESUATU YG DIDASARI OLEH CINTAKASIH & WELAS ASIH,SEBUAH PERASAAN SENANG &GEMBIRA AKAN ENGKAU DAPATKAN. sdr ku,jgn berterima kasih kepada saya.saya blm dapt memberi pencerahan bagi siapa saja dan diri sendiri.sadhu. namo buddhaya,bhante. bhante,terimalah rasa terima kasih dr sdr jimmy & saya atas semua pencerahannya selama ini bg qt.



7. namo buddhaya bhante...dari yang saya rasakan,saya hanya bisa merasakan tanpa melihat secara langsung...
kalau saya tanya yg lebih pengalaman dulu mis;bhate pasti sdh sering meditasi,,,,Bhantelah yg cocok untuk menjawabnya memberitahukan ke kita kita ini,,,bagaimana ?


8. Belum meditasi sdh mau ketemu ini itu nanti nyasar semua... Sebaiknya baca paritta kmd meditasi 5, 10, 15 menit secara teratur... Nanti kl mulai ada yg dirasakan/didapatkan barulah ditanyakan... O iya yg pl netral obyeknya anapasati.


9. kemampuan dalam melihat mahluk halus seperti melihat mahluk dewa itu disebut kemampuan bathin,
Pencapaian kemampuan bathin ini dalam bahasa palinya disebut abhinna.

Dalam pencapaian kemampuan batin, Karma pada kehidupan yang lampau sangat kuat pengaruhnya, ada seseorang yang belum lama bermeditasi bahkan belum pernah meditasi namun telah memperoleh abhinna, utk orang seperti ini bisa disebut berbakat, indigo, supra natural/para normal/orang sakti, dsb. tetapi bagi sebagian lainnya tidak akan merasakan abhinna walau telah lama bermeditasi.

abhinna sering diistilahkan sebagai satu paket dalam meditasi/bertapa. dan pencapaian Abhinna sangat beragam bagi setiap orang karna berkaitan dengan objek meditasi yg digunakan. ibarat pisau semakin diasah semakin tajam, begitu pula dalam meditasi pemusatan pikiran, Semakin kuat konsentrasinya semakin terasah kemampuan bathinnya. Bagi yg terasah tajam dapat melihat dewa, namun bagi yg pemula hanya mampu melihat jin dan mahluk peta, Sang Buddha sendiri sebelum menemukan metode yg tepat dalam memperoleh pengetahuan sempurnanya selama 5 tahun berguru pada pertapa2 hebat dijamannya hingga memperoleh banyak kemampuan bathin yg luar biasa hingga mengalahkan kemampuan guru2nya. Dan semua kemampuan bathin itu diperoleh melalui metode samatha (konsentrasi mendalam/kekuatan pikiran).

Oleh karna itu bagi yg ingin mendalami meditasi metode samatha perlu mempersiapkan dirinya agar tidak terkejut bila setelah mendalaminya memiliki kemampuan untuk melihat mahluk2 peta dan jin, karna seperti yg telah dijelaskan diatas abhinna itu satu paket dengan meditasi (dalam hal ini metode samatha). Sedangkan bagi yg ingin mendalami vipassana jangan khawatir karna paket abhinna melihat mahluk halus itu tidak berlaku karna vipasana tidak melatih kekuatan pikiran melainkan melatih perhatian murni, satu2nya abhinna yg diperoleh melalui vipassana hanyalah kemampuan melenyapkan kekotoran bathin dan kemampuan itu baru bisa dimiliki bagi yg telah mencapai arahat.

untuk referensi lebih lanjut mengenai abhinna ini bisa dibaca di http://tanhadi.blogspot.com/2010/11/abhinna-kemampuan-batin.html



10. he3 sy jwb mnrt pgalaman sy aja....klo meditasi demi capai tujuan trtentu itu justru akan mmbuat kt ga trcapai apa pun...cobalah meditasi tanpa tujuan tertentu..tp hanya ingin mencapai ketenang bathin...dgn sendiri apa kelebihan di tubuh kita akan muncul sendirinya...sperti ketika sy mencoba meditasi objek kekosongan....

sampai skrg di kehidupan shari hari...trkadang kondisi bisa memasuki keadaan kosong...melihat segala sesuatu itu hampa...tp ketika sy mndatangi klenteng...klo sy kosen sedikit aja thdp objek patung dewa..sy bisa merasakan getaran dr objek tsb...tp tidak semua patung dewa yg bisa respon begitu...apakah ini salah satu kmamppuan yg di dpt dr meditasi sy pun tidak open...he3..yg penting hidup shari hari slalu jaga diri jgn sampai mlakukan kamma buruk...om mani pad me hum.


untuk referensi lebih lanjut mengenai abhinna ini bisa dibaca di http://tanhadi.blogspot.com/2010/11/abhinna-kemampuan-batin.html

PUSTAKA DHAMMA: ABHINNA ( Kemampuan batin )
tanhadi.blogspot.com


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home