“ APA BEDANYA: NAFSU KEINGINAN DAN NAFSU KEBUTUHAN. NAFSU GODAAN DAN NAFSU KRN TERGODA “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.
Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak pertanyan2 di bawah ini dan kasih komen.


Teman2 Dharma kali ini bhante mau buat Selingan Simulasi Pertanyaan Dharma Keseharian utk belajar membuka Wawasan dan Pengetahuan Dharma. Tp mohon jangan Salah Paham bila ada kata2 yg tdk berkenan di hati anda semua.

APA BEDANYA: NAFSU KEINGINAN DAN NAFSU KEBUTUHAN.

NAFSU GODAAN DAN NAFSU KRN TERGODA.

Nafsu Keinginan ialah keinginan yg tak pernah terpuaskan, sdh dpt apa yg diinginkan, ingin lg yg lain, dst…Contoh; spt kemarin teman kita komen; pertama ingin HP yg baru kemudian beli, saat melihat merk lain yg lbh bgs, timbul ingin yg merk lain yg lbh bgs, lalu digunakan, tdk lama keluar lg yg baru, ingin lg HP yg baru keluar tsb, yg kemarin baru beli sdh bosan krn ingin lg yg baru, dst..

Nafsu Kebutuhan ialah keinginan sesuatu yg hanya dibutuhkan, setelah dpt dan cukup sesuatu/ barang yg dibutuhkan. Maka orang tsb akan diam/ berhenti keinginannya, atau tdk ingin lg. Jd munculnya saat ada kebutuhan. Contohnya; Ibu2 RT kl belanja ke Mall/ pasar, pasti mau beli sesuatu/ barang/ sayur dan makanan yg hanya dibutuhkan. Setelah semua barang. Makanan yg dibutuhkan terbeli, maka Ibu2 akan pulang, tdk ada keinginan lagi.

Sebab itu, orang beli barang atau belanja di Mall, hrs ingat nasihat: BELILAH BARANG YG DIBUTUHKAN, BUKAN YG DIINGINKAN. Krn belanja dg keinginan tdk akan ada puasnya/ tdk ada habisnya. Bahayanya kl pakai kartu Kredit, tiba2 dtg Tagihan yg membengkak.

Nafsu Godaan ialah Nafsu yg timbul dari dlm pikiran, krn setelah melihat/ ingat sesuatu yg menarik/enak/ nikmat. Misalnya, setelah melihat iklan atau ingat setelah melihat barang bgs, lalu timbul Godaan ingin membeli atau ingin memilikinya.

Nafsu krn tergoda ialah nafsu yg muncul dari luar akibat tergoda oleh Rayuan atau setelah diberi tahu oleh orang lain. Contohnya; Saat teman anda dtg memberitahu bahwa ada Promosi barang yg anda inginkan dan murah di Mall anu, langsung anda tergoda.

Nafsu keinginan (tanha) inilah yg dinyatakan oleh Guru Buddha yg membuat orang hdp Menderita (dukkha), krn tak pernah terpuaskan yg amat berbahaya dlm hdp ini.

Teman2 tlg kasih komen yg benar dan berguna sadhu.

1. Selamat pagi bhante, Nafsu kebutuhan adalah suatu nafsu dasar yang memang di perlukan dalam kehidupan keseharian dan sangat di perlukan, seperti pakaian,makanan dan tempat tinggal, dalam penyesuaian diri dan bertahan hidup. setelah nafsu kebutuhan tercukupi akan muncul nafsu keinginan,keinginan sesuatu yang lebih hanya dari sekedar kebutuhan, seperti ingin makanan yang enak,ingin rumah yang mewah,baju yang bagus,istri yang cantik,kendaraan yang bagus.


nafsu godaan adalah nafsu yang muncul dari dalam pikiran tanpa di pengaruhi oleh faktor dari luar,seperti rasa haus dan lapar,merasa kesepian saat kesendirian,

mata melihat pikiran pun bengkok,mungkin inilah yang dinamakan nafsu karena tergoda,
nafsu yang muncul karena suatu objek seperti melihat wanita cantik,makanan yang enak,rumah yang bagus,lukisan yang indah atau perangkat komunikasi yang canggih.



2. Yg ga dibutuhin tpi dinginin jelas banyak banget ga akan pernah puas, o/ krn itu kt perlu mengontrol itu... Namo buddhaya bhante, Nafsu keinginan g ad hbsny, Nafsu kebutuhan terjadi saat kt membutuhkan ssuatu, Nafsu godaan berasal dr intern sdgkn nafsu karena tergoda terjadi dari faktor ekteren, =D•ђåª•ђåª•ђåª•ђåª•=D . Sbnrny kurang ngerti jg,mohon petunjukny bhante
Anumodana n.n



3. Pagi bhante dan teman2,menurut amin napsu keinginan adalah napsu sesaat,cthnya melihat hp baru pengen memiliki,padahal tidak membutuhkanya,karna hp lama masih berfungsi baik.kalau napsu kebutuhan cthnya ingin memiliki hp keluaran baru dengan teknogi yang sempurna,yang bisa menunjang kehidupan kita dan membantu kita kerja. Kalau napsu godaan dan kalau napsu karna tergoda menurut amin adalah napsu godaan itu mungkin sudah menjadi bawaan lahir kali ya susah di jelaskan,hehehe^_^,kalau napsu karna tergoda mungkin dari pertama ngak suka dengan sesuatu tersebut karna belum pernah melihat,pas lihat penampilanya jadi suka dan mau memilikinya.



4. Pagi bhante... Jika menurut sy tidak ada bedanya.. Sama sama nafsu.. Sama sama terpikir untuk ingin memiliki suatu hal.. Trima kasih bhante.. Namo Buddhaya Bhante... menurut saya dua nya adalah napsu and hanya boleh di lakukan oleh yg rumah tangga. napsu keinginan disini tergantung keinginan untuk apa? kalo napsu ingin memiliki benda atau napsu ingin menjadi kaya atau ingin menjadi lebih baik itu napsu positif... itu menurut saya... xie xie. sama sama nafsu Bhante.... aku ga liat bedanya. suatu niat berdasarkan " nafsu" itu sama saja.


5. Kebutuhan pokok manusia meliputi: makanan,pakaian,tempat tinggal adalah wajar. Sedangkan godaan dari luar tidak dapat dilenyapkan maka supaya tidak tergoda diperlukan benteng agama sebagai alat untuk menyadarinya bahwa biarkan godaan itu mengalir seperti air. Kita cukup mengamati/menyadarinya saja. 4 pola: nafsu keinginan,nafsu kebutuhan,nafsu godaan dan nafsu trgoda. Itu smua terletak dari titik kesadar'n. Dan hanya kesadaran lah yg bisa jawab itu smua, slmt pagi,n.kebutuhan: harus dipenuhi, n.keinginan: tdk dipenuhi tdk apa2, n.godaan: baru dihati, n.tergoda: sdh terjadi.


6. Semua itukan hanya istilah utk pembenaran dlm pikiran diri sendiri... Intinya kita semua harus mengendalikan diri bila timbul pikiran2 yg negatif tsb... pada dasarnya nafsu adalah sebuah keinginan yang terjadi karena panca indra qt terhadap sesuatu. nafsu keinginan & kebutuhan adalah sebuah keinginan yg terjadi stlh dr panca indra qt ke dlm alam pikiran qt. sebuah keinginan yg ditimbulkan oleh seseorang kepada org lain dgn sebuah tujuan tertentu, dan menjadi berkembang krn sebuah dorongan/godaan yg muantap dan kemudian timbul sebuah hasrat ingin.... cnth:seorang sales dgn usahanya spy pembeli tertarik dgn barang yg di bawa si sales.sadhu....3x itu lah kilesa...



7. moga aja gak salah yaa... kalo salah mohon bhaante betulkan.. yaa.. maksudnya di perbaiki :
Napsu keinginan ~ mau menyamai,, disini ada +/_ nya... iri
Napsu kebutuhan ~ keinginan yang lebih.. untuk memiliki,,sebenarnya cukup 1 di sini benda...
Napsu godaan ~ keinginan untuk melakukan....
Napsu tergoda ~ keinginan yang dari mata turun ke hati dan bertindak
hehehhhee.. _/\_ ampun deh kalo salah.... berarti kurang minum kopi..... harap di maklumkan..nafsu keinginan adalah nafsu tiada habisnya. nafsu kebutuhan adalah saat dibutuhkan pada saat itu.


8. mohon izin share yach Bhante Sudhammacaro... sebelumnya terimalah namaskara saya... begini kl menurut aq... apapun itu yang namanya nafsu itu apakah karena keinginan, kebutuhan, godaan maupun tergoda... pokoee... semuanya... niknmat dech..., tapi tergantung: ada sengsara yang membawa nikmat ato nikmat yang membawa sengsara... tinggal pilih ajaa tuh... xixixi.... anumodana Bhante atas kesempatannya.


9. wuah terima kasih bhante uda kasi penjelasan detilnya...bagi sy sbg seorg perumahtangga smua nafsu jgn lah trlalu mngikat diri sendiri...shingga ini bisa melatih diri sendiri trhindar dr sifat kemelekatan berlebih..om mani pad me hum. jadi jawaban amin mendekati dong bhante ,hehehehehe.



10. Pagi bante, menurut saya semua nafsu adalah ke inginan,jika kebutuhan lebih tepat di katakan keharusan. Contoh kongkritnya adalah rasa lapar dan haus, kita butuh makan, terlepas kita bernafsu ato tdk. Contoh lain kita bernafsu memiliki mobil ato rumah mewah, padahal itu belum tentu sesuai dgn kebutuhan dan kondisi kita. Sedangkan nafsu tergoda ato digoda menurut saya sama saja, masalahnya cuma di sengaja ato tdk disengaja dan yg telah terjadi dng yg sedang terjadi.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "