" SURGA DAN NERAKA DALAM AJARAN BUDDHA, SAMA TIDAK DENGAN AGAMA LAIN "

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, apakah surga dan neraka dlm agam Buddha sama dengan agama lain / berbeda?Gimana menurut ajaran Buddha mohon dijelaskan. Apakah hany agama Buddha yang punya Nibbhana? Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.


Jawab: Menurut Buddha: 31 Alam Kehidupan ada terbagi menjadi 26 alam Dewa (Surga), 1 alam Manusia, 1 alam Hewan (aneka ragam dan tingkat), 1 alam Petta (Setan Kelaparan dsb ada 37 tingkat), 1 alam Asura (Jin Raksasa), 1 alam Neraka (ad 8 tingkat).
Semua makhluk berputar di 31 alam selama belum mencapai tingkat kesucian tertinggi Arahat atau Buddha yang sudah terbebas dari Keserakahan, Kebencian dan Kegelapan Batin (Lobha, Dosa dan Moha ).

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna.

1. Setiap agama mengambarkan neraka dan surga berbeda-beda. Dalam agama buddha tujuan kelahiran baik di neraka maupun surga di tentukan diri kita sendiri. Klu dalam agama2 wahyu
di tentukan maha pencipta, atau makhluk maha berkuasa yg menentukan nasib umatnya.
Maka sebelum mati harus selalu memohon pengampunan dosa agar terlahir di surga. Dalam agama buddha tdk ada istilah bertobat dan penembus dosa pada pada sesosok makhluk apapun. Salam metta.

2. Bhante yg sy th neraka dlm Agama Buddha ada 31 alam berlapis2 dan yg plg berat Neraka Awidji dan surga jk tdk slh ada 7 alam yg berlapis2 dan maafkan bila jwban bodoh sy salah, Salam Metta.

3. Met pg,nam0 budhaya,, pandangn surga neraka mank beda tiap kyakinan,sbgai umat awam khidupan sengsara n brbgai ksedian diduniapun ada yg mganggap bgai neraka,kebaikan n kjahatn yg qt lakukn tk bs ditbus dg apapun,tp msk dlm pr0ses karma yg mbwt qt ada disbuah alam,hukum karma adlh plg adil mbw qt dlm k0ndisi dmana alam surga n neraka smua mahluk sesuai kadar prbuatn,jk pmbunuhn dilakukn,gk mgkn sma dlm neraka,jk yg 1 mbunu manusia n yg lain mbunu nyamuk yg mgigit.sbgai umat awam gmbrn sprti inilh yg sy tw,m0h0n saran dr tm2.nam0 budhaya..


4. Namo Buddhaya Bhante... Kalau menurut saya, surga / neraka dlm agama lain adalah tujuan terakhir dari tiap umatnya, jd antara masuk ke surga atau neraka tp kalau di Agama Buddha, surga (alam dewa [trdpt pula tingkatan2nya]) / neraka bukanlah tujuan terakhir, itu hanya tempat sementara bagi umatnya sesuai karma yg mrk lakukan di kehidupan dan begitu masa karmanya sdh habis maka akan mengalami tuminbal lahir lagi (reinkarnasi) menjd makhluk yg sesuai dgn karma dia lagi.
Dlm Agama Buddha, surga / neraka tdklah t4 yg kekal, yg kekal adalah Nibbana..Demikian menurut saya Bhante... Sadhu.. Sadhu.. Sadhu..

5. Namo Budhaya !klu menurut saya ,sorga dan neraka ,itu tidak ada ,karena semua itu ditentukan oleh perbuatan kita sendiri ,yaitu dengan adanya hukum Karma ,yg setiap saat meyertai diri kita ,

6. sorga dan neraka adalah kehidupan di dunia ini.. setelah itu sorga dan neraka tak ada yang tau karna yang sudah mengalaminya tak pernah bisa balik ke dunia untuk memberi kesaksian pada yang hidup... ini fersi jalan pemikiran saya.. bila ada kesalahan tolong di larat ya.... jadi ciptakan selalu sorga untuk di nikmati setiap saat selama kehidupan anda... Selamat pagi Na Mo Omithofo Banthe... maaf bila comt saya salah.

7. neraka dalam agama apapun digambarkan sama, tempat yg menakutkan, tempat yg sangat menyiksa, sarangnya penderitaan. perbedaannya dengan ajaran buddha adalah, surga itu juga tidak kekal, ada masa berlakunya, perbedaan lainnya dalam agama tetangga untuk mencapai surga adalah cukup dengan memuja tuhannya dan bergantung sepenuhnya pada tuhannya, berbuat jahat sebanyak apapun asalkan bertobat dan menyebut2 namanya maka ia akan diberi pengampunan dan dibersihkan segala kejahatannya lalu dituntun dan digembalakan masuk ke surga.

Ini yg berbeda dengan ajaran buddha, sang buddha memberikan tuntunan dalam bentuk ajaran dharma, jalan sudah ditunjukan dan untuk menjalaninya harus melalui usaha sendiri tidak perlu dimanja dan dituntun2 lagi seperti bayi dan tdak perlu digembalakan lagi seperti bin*tang. apapun agamanya, apakah beragama ataupun tidak; hindari berbuat jahat perbanyaklah kebajikan inilah 2 syarat masuk surga, lengkapi dengan men- sucikan hati dan pikiran inilah 3 syarat mutlak merealisasi nibbana.


8. Agama buddha mengenal 31 alam kehidupan. Neraka termasuk dalam Apaya Bhumi 4( alam neraka,Binatang,Setan,Asura), dan tujuan terakhir adalah Nibbana ( terbebas dr roda samsara) Ýåħġ hanya bisa dicapai dg usaha sendiri. Jd jelas sekali berbeda dg keyakinan lain, kealam mana kita akan terlahir sesuai kamma baik/buruk Ýåħġ kita buat. Akulah pewaris kamma kusendiri. SSBS - Semoga semua makhluk berbahagia.

9. Namo Budahaya, Kebetulan ini ada link tentang Nibbana :
http://www.samaggi-phala.or.id/naskah-dhamma/nibbana/#more-5982

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun. Ven. Sudhammacaro

Comments

dari mana si BUDHA tau kalo neraka ada 30-AN bagian,kebukti budha cuma ngarang sendiri,ada aja orang goblok yg percaya.
dari semua kitab agama yang saya baca, semua agama pada intinya mengajarkan hal yang sama, jauhi kejahatan dan amalkan kebajikan, tentang surga dan nerka, saya tidak berani kasih komentar, karena saya sendiri belom membuktikan akan keberadaanya, dan kita cuman bisa mempercayai nya bahwasannya dua hal tersebut ada .
ahmad said…
hanya sededar mengomentari kebodohan SANTANIC BAHOMET, bagi yg umat yg beragama kita menyakini bahwa, selain alam manusia kita juga mengenal ada alam jin, alam surga, alam neraka dan sebagainya. bagi mereka yg tidak mepercanyai, ibarat orang primitif, yg belum melihat pesawat terbang, dan mengagap mustahil besi ribuan ton bisa terbang. semoga SANTANIC BAHOMET bisa lebih cerdas lagi dan lebih bijak dalam menanggapi sesuatu
ahmad said…
hanya sekedar mengomentari kebodohan SANTANIC BAHOMET, bagi umat yg beragama kita meyakini bahwa, selain alam manusia, kita juga mengenal ada alam jin, alam surga, alam neraka dan sebagainya. bagi mereka yg tidak mepercanyai, ibarat orang primitif, yg belum melihat pesawat terbang, dan mengagap mustahil besi ribuan ton bisa terbang. semoga SANTANIC BAHOMET bisa lebih cerdas lagi dan lebih bijak dalam menanggapi sesuatu
dylan wijaya said…
@ahmad, gw setuju banget...... eh SATANIC BAPHOMET!, klo lu tw neraka ada brp bagian, brti lu dah pernah ksana..turunan setan berarti lhu_coz tempat lahir lhu sieh wkawkak

[]bener banget kta"org klo kita belum lihat sendir susah buat percaya_tpi jgn melecehkan org"yg percya dong,iman kan bisa kmana aja
PUTRA SURYA said…
banyak orang mengaku mengerti.....
!!! dan percaya bahwa dia akan ma suk sorga, tetapi sayangnya banyak orang pula yang hanya ikut ikut .. bahwa .. paling ..benar...walaupun dirinya memutuskan hubungan dg le luhurnya .. jawa hilang jawanya .. ngak perlu tahu apa itu leluhur... and lain lain... aku kagum akan keturunan cina walaupun ia beralih kepercayaan hormat akan leluhur tdk sirna ..hanya ikut ikutan yang membuat .......
jeff fung said…
Semua tergantung sikap kita dan bagaimna kita menanggapi sesuatu yg menurut kita tidak lazim untuk di lakukan karena sang buddha juga tidak menuntut seseorang untuk mengikuti ajarannya melainkan semua di ehipasikkokan..

di sinilah menurut saya semua manusia salah mengartikannya..dan banyak yg telah mendiskriminasikan ajaran agamanya...padahal setiap agama itu mengajarkan yang seharusnya di tekuni..dan bagi yang mau mendengarkan ya bagus yang tidak ya silakan..tidak ada paksaan dari kita untuk mengharuskan seseorang untuk mengikuti ajaran kita..
desi natalia said…
@santanic saya juga belum bisa membuktikan surga dan neraka itu seperti apa. tapi saya sangat percaya bahwa surga dan neraka itu ada. sebagai umat yang memeluk agama (apapun itu agamanya) seharusnya kita tidak boleh menghina ajaran agama lain. kamu tidak berhak berkata seperti itu.
Angie Elvani said…
Bagaimana dengan awal mula penciptaan?

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “