“ KESUKSESAN ITU APA ARTINYA? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, Apakah artinya Kesuksesan? Apakah seorang konglomerat bisa disebut sukses? Apakah seorang Presiden dan para Pejabat dapat dianggap sukses? Apakah seorang Raja patut disebut sukses? Contoh Donald Trum, Bill Gates, Rokefeler raja kapal, Richard Hilton, Liem Sio Liong, mereka adalah konglomerat, coba lihat apakah mereka sudah berhenti cari uang dan kerja? Coba tanyakan apakah mereka sudah merasa sukses dan puas? Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna.

1. sukses itu tak ada batas. sukses dalam buddhist= mencapai pencerahan. sukses itu org yang bahagia dlm menjalani hidup. Namo buddhaya... mnrt sy sukses itu bkn diukur dr materi, walopun materi kt sdkt, tp jika kita sudah bahagia dalam hidup dan batin, sy rasa itu sudah sukses. Sukses ito saat kita besyukur.. Tanpa mengeluh dgb yg тiϑάќ kita miliki.. Sukses adalah ketika kita mampu menahan segala macam nafsu.

2. Namo Buddhaya Bhante dan teman2 sedharma. Arti sukses menurut Sanny adlh ketika kita telah bisa melepaskan ego kita, keterikatan kita akan kehdpan duniawi dan sdh bisa berbagi kebahagiaan dgn sesama makhluk.

3. Namo budhaya!sukses yg dimaksud itu yg bagaimana ?bila diukur dari materi mereka benar sudah sukses,tapi kalau diukur dari kepuasan batin, mungkin mereka masih belum, karena mereka masih diliputi kekotoran batin ,dan ego yg besar, begitulah menurut pandangan saya.

4. Namo Buddhaya, Cita-cita dari umat Buddha adalah jelas yaitu mencapai Nibbana. Selama belum mencapai hal tsb, maka kita akan berusaha. Agar usaha itu dapat dicapai dengan baik maka kita berpedomankan pada sila dan Dhamma. Sebagai umat Buddha, sukses itu diukur dengan seberapa besar kita mendekati/mencapai Nibbana. Tetapi selama belum mencapai Nibbana, kita masih berada di suatu alam seperti sekarang yaitu alam manusia. Sebagai manusia, kita membutuhkan sesuatu untuk mempertahankan hidup, dan tentunya untuk dapat menjalankan Dhamma itu sendiri.

Menjadi kaya, menjadi penguasa, menjadi orang yang pintar, menjadi orang yang ganteng atau cantik dll adalah dikatakan merupakan suatu kesuksesan asal memang karena buah karma baik dari perbuatan baik dimasa lalu dan sekarang. Hal itu akan tercermin dari sipemilik, misalnya dia sehat, dia tidak memiliki musuh atau memiliki musuh yang sedikit,dia berbudi luhur, dia jarang tertimpah musibah, dia memiliki keluarga yang baik.

Secara gampang kita boleh mengatakan da adalah orang sukses (Karena orang yang memiliki harta dll tsb berbahagia). tetapi sebaliknya jika seseorang memiliki harta yang banyak dll, tetapi dia sering sakit, dia dimusuhi banyak orang, dia sering tertimpah musibah dan memiliki banyak musuh, ada kemungkinan besar orang tsb mendapatkan segala sesuatu dengan cara melanggar sila(tentunya ini bukanlah sukses tapi musibah karena menderita).

Jadi sukses menurut pendapat pribadi saya adalah semakin dekat pada Nibbana dan memiliki kebahagiaan dunia. Memang seperti itulah, karena setiap perbuatan baik akan mendapatkan kebahagiaan mencapai Nibbana dan kebahagiaan dunia(salahsatu diantaranya adalah harta). Demikian menurut pendapat pribadi saya, mohon maaf kalau ada hal yang tak berkenan, dan mohon koreksi dari Bhante bila ada yang salah atau tidak tepat. Semoga kita semua dapat lepas dari penderitaan Shadu 3x


5. Nomo buddhaya selamat mlm bhante. Org yg mau bangkit dari kegagalan merupakan
kesuksesan tertinggi. Krn kegagalan adalah tiang kesuksesan. Tampa kegagalan
seseorg tdk akan tau pahit dan manisnya kegagalan. Org yg tdk perna merasakan sukses
adalah org yg tdk mau bangkit dari keterpurukan dalam dirinya. Selama seseorg tdk
membiarkan dirinya terpuruk sdh merupakan sukses.Contohnya seorg yg cacat jasmani, wlupun jasmaninya cacat tdk mampu bekerja,tapi dlm dirinya tdk perna pasra. SALAM SUKSES.

6. sukses menurut ukuran duniawi ya kaya duit.usaha jalan n menghasilkan uang yg banyak.apakah org2 yg disebut diatas berhenti bekerja stlh sukses?tidak.krn kesenangan tdk ada batasnya.misal senang krn dpt duit.senang krn jd terpandang.senang berkarya.dll dan tujuan hidup mrk adl duniawi..itu menurut saya yg org duniawi lho Bhante.maaf kalo jawabannya salah.

7. sukses adalah bahagia..kalo kita bahagia dengan bisa makan tempe tiap hari berarti kita sudah sukses.

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun. Ven. Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “