“ PERAMPOK DI DEPAN MATA, APA SIKAP KITA? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, gimana sikap kita kalau di depan mata ada orang yang di rampok, apa kita diam saja pura2 tidak tahu dan buang muka, ato telepon polisi, ato kita tolong dengan lawan rampok tsb? Bila teman2 ada pengalaman tolong cerita. Teman2 tolong kasih koment yang benar dan berguna, sadhu.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna.


1. Namo Buddhaya Bhante, Berbagi pengalaman yang ketika teringat kembali akan tersenyum sendiri. Pada satu hari banyak yang berteriak maling maling. Di depan pintu rumah /jalan raya terdapat pintu besar yang ditutup sejak kerusuhan hanya adapintu kecil n hanya bisa dilalui orang. Saya keluar n melihat 2 motor, yang pertama sudah bisa melewati pintu kecil tadi n kedua sedang diangkat bannya sambil berteriak rampok n menunjuk ke depan.

Saya kira sedang berusaha mengejar didepannya saya bantu angkat motor tersebut. Temannya yang di depan tertangkap massa, tapi yang saya bantu malah dapat kabur, ditangkapnya menyusul. Karena spontan saya membantu. padahal ketika saat sadar, dapat merasa kalau ada orang jahat/lingkungan tak baik.

Kalau copet umumnya berada di tempat ramai : lift, escalator, antrian kasir, atau dept store(sasarannya ibu ibu bawa dompet tapi tak bawa tas). Mereka menggunakan ilmu hitam ketika beroperasi, membuat lebih berani n tak mempan dipukul. Yang terpenting sebelum berpergian jangan lupa BERDOA. kalau memang ada halangan, terima saja sebagai karma buruk kita. Terima Kasih Bhante untuk kesempatan berbagi.


2. 'Met Malam bhante..Pertanyaan yg sulit ya..hehehe..Kita lihat situasi dan kondisinya aja..Bila kita bisa mengatasi kita bantu..Bila kita tidak mampu mengatasi,paling diam saja, cari amannya aja..Maaf bila ada salah kata..

3. Menurut saya : kalau bisa dibantu ya kita bantu,, tapi kalau membahayakan jiwa kita gak mungkin kan kita lakukan. Mungkin ğ akan kasi Tαц 웃 lain ♍άпα Tαц a̐ϑª 웃 Ɣğ lebih berani ϑαřį g.

4. Namo budhaya ,klu kita. Melihat orang yg dirampok ,menolong secara langsung memang membahayakan diri kita ,tapi kita tidak bisa membiarkan begitu saja,kita harus cepat mencari bantuan orang sekitar kita atau melapor kepada yg berwajib tentunya ,begitulah menurut pendapat saya ,mudah 2 an kita tidak melihat hal seperti itu omithopo,

5. Kalau saya, misalnya tempatnya agak rame, saya teriak rampookk... saja Bhante, Kalau sepi banget, saya pura2 gak tau, masih takut kalau perampoknya bawa senjata tajam.

6. Namo Buddhaya Bhante, Wa gak berani sok jadi pahlawan bantuin secara fisik lagaknya bruce lee yang jago kungfu, terlalu riskan,,, paling2 wa hanya bisa bantu teriak : "rampok........... rampok.............." sambil lari ke pos polisi terdekat...( bukannya takut mati, tapi gak mau cari mati aja).

7. Malam bhante, Menurut sy kita liat situasi n kondisinya dlu,karena jika kita pintar2 melihat sikon pasti bisa mengatasi prmpok itu.krna rta2 prampok tuh ga pernah prhatikan kondisi n hal2 kcil d sklilingnya.yang utama jangan panik dan jangan sok jagoan.smua prampok pasti panik klo gy beroperasi jadi kita jangan ikut2an panik biar bisa mikir.ini dy fungsi na bermiditasi agar kta tenang dlm mnghdpi mslah.sabbe satta bhavantu sukhitata..

8. Met Malam Bante, menurut Sy sih lbih baik kita telp polisi lbh aman buat kitanya krn jaman skrg rampok itu suka bw pistol dan nekat2 ngeri. ˚°ºβυďðђą(*)ßĻєŞş(*)Ɣơư ˚°º

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun. Ven. Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “