“ RAJIN MEDITASI WIPASSANA TAPI MASIH TINGGI EMOSI DAN EGO “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi: Tanya; Bhante, mengapa orang sekrang rajin meditasi Wipassana tp belm dpt kebijkasanaan? Malah Ego dan Emosinya makin tinggi jam terbangnya? Cuma bicaranya pinter yg mirip Buddha?Apa yg salah?Apa lg yg tdk Meditasi? Teman2 tolong kasih koment yang benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Sebenarnya tidak mudah orang menjadi atau mencapai bijaksana. Sebab, bijaksana ini dibagi dua yaitu; bijaksana duniawi (lokiya), dan bijaksana tertinggi diatas duniawi (lokutara). Kedua bijaksana ini juga bertingkat atau bertahap, sesuai dengan hasil yang diperoleh dari latihannya. Banyak orang yang keliru menilai tentang bijaksana. Orang yang belum mencapai tingkat kesucian, disebut bijaksana duniawi (lokiya).

Contohnya; seorang ayah yang bijaksana kalau bisa mengatur waktu, uang dan tenaganya untuk keluarga, dengan cinta-kasih, dsb.

Contoh lain; Presiden dan para pemimpin dunia bijaksana kalau menjalankan tugasnya dengan bijaksana. Misalnya; Dia rela mengorbankan tenaga, waktu dan pikirannya demi kesejahteraan rakyatnya. Seorang Bos bijaksana ketika perusahaan kolap dan memberi pesangon kepada para karyawan.
Singkatnya orang yang mau bertanggung jawab dengan benar disebut bijaksana. Bijaksana inipun kadang masih ada celah kekurangannya.
Orang yang telah mencapai kesucian, juga disebut bijaksana, tapi kadang masih belum sempurna, jika belum mencapai yang tertinggi yaitu Arahat.

Intinya; Kebijaksanaan butuh waktu yang panjang dan lama sekali. Ibarat anda menanam pohon Mangga yang butuh bertahun-tahun untuk dapat memetik hasil buahnya. Dan buah Mangga tsb, belum tentu yang bagus, kalau hanya sekadar menanam tanpa dirawat.
Kebijaksanaa duniawi bisa diperoleh dengan berdana dan menjalankan Sila (panycasila-atthasila;5-8). Kebijaksanaan duniawi juga dapat diperoleh dengan disiplin, tatakrama, sopan-santun, tahu menghormat pada ortu atau yang lebih tua, tahu berterimakasih dan balas budi, serta bakti (Kong Fu Cu).

Kebijaksanaan tertinggi hanya dapat diperoleh dengan gemar berdana, menjalankan Sila, dan latihan meditasi (samatha dan wipassana intensif), ditambah latihan Metta-Karuna (cinta-kasih dan kasih-sayang).

Namun Kebijaksanaan seorang Buddha jauh melebihi seorang Arahat biasa, sebab Kebijaksanaan Buddha amat sempurna, yang diperoleh hasil 10 Paramita yang telah dikumpulkan 4 Asankeyya dan 100 ribu kappa. Kebijaksanaan Buddha tak ada tandingan dan sulit dimengerti oleh orang biasa.

Teman-teman terimakaih atas deidkasi dan komennya.

1. Namo Buddhaya Bhante... Kalau menurut saya, seperti yang pernah saya baca dari sabda Sang Buddha bahwa "Walaupun orang yang mengundulkan kepala & mengenakan jubah tidaklah di katakan bahwa orang itu adalah suci ataupun walaupun orang yang t...utur katanya sopan / enak di dengar bukan berarti orang itu bijaksana tapi orang yang sudah mengalahkan diri dari segala nafsu dan kotoron bahtinlah yang di sebut orang suci dan bijakasana" Dan juga Sang Buddah pernah mensabdakan bahwa : "Antara sila, samadhi dan panna harus seimbang, menjalankan salah satunya akan menjadi pincang".
Dlm kenyataan hidup ini, banyak di jumpai orang2 dengan berbagai tipu muslihat untuk mencapai keinginannya walaupun harus mencelekai orang hingga orang tersebut kehilangan nyawanya. Demi mencapai nafsu keinginannya banyak yang tampangnya cakep/cantik tapi hatinya busuk dan licik serta penuh tipu muslihat atau banyak orang yang pinter ngomong demi menipu orang untuk masuk jebakan mereka dan mengambil keuntungan dari orang yang berhasil mereka tipu.

2. krn kemampuan tiap orang beda2, semakin tebal debu kilesa menutupi matanya semakin sulit memperoleh pencerahan, apalagi bila masa lalunya pernah melakukan kejahatan berat (seperti memecah belah sangha atau membunuh orang tua) maka kebijaksa...naanya takan berkembang sehingga pencerahan takan tercapai walaupun meditasi wipasana seumur hidup kecuali karma beratnya sudah terlunasi.dijaman sang buddha pun tidak semua yg dibimbing sang Buddha memperoleh kebijaksanaan seperti yg terjadi pada Devadatta.

murid2 sang Buddhapun mencapai pencerahan dengan cara yg berbeda2 sesuai kemampuannya masing2. Sariputta mencapai arahat justru hanya dengan mendengarkan sabda sang Buddha yg justru tidak ditujukan padanya, sedangkan Moggalana yg sudah sottapana saja masih bisa mengantuk ketika meditasi dan setelah dibimbing langsung oleh sang Buddha baru berhasil mencapai arahat.

Sedangkan dijaman sekarang sangat sulit mendapatkan guru seorang arahat, sudah sangat2 langka, kalaupun ada arahat biasanya mereka (para arahat) tak mau menunjukan dirinya arahat agar orang2 yg ingin mencapai arahat bisa berguru padanya. jadi bagi yg melakukan wipasana janganlah muluk2 ingin segera mencapai arahat dan sebijaksana sariputta, bisa mencapai sotapanna saja sudah puji buddha

3. Untuk orang yang bilang dia meditasi vipassana, apakah orang tsb sewaktu meditasi vipasanna? Apakah orang tsb sewaktu meditasi dia benar2 meditasi? atau pikiran kesana kesini dan hanya duduk lama tp menyatakan diri sudah meditasi? Dan hanya karena dirinya sanggup duduk berjam2 atau sering meditasi bukan berarti dia sudah bagus atau mencapai pencerahan karena bagus atau tidaknya meditasi bukan lamanya tapi kualitasnya...

Jika kita sanggup hanya 5 menit meditasi tapi selama 5 menit itu kita benar2 fokus kurasa itu lebih bagus drpd meditasi berjam2 tp pikiran tetap kesana kemari tdk terkontrol ibarat lebih baik kita bicara 1 kata yang bagus jelas & mengandung byk arti daripada qt ucapain berbagai alasan & ceramah panjang tapi kosong artinya. Dalam facebook ini byk di jumpai orang2 yang memperdalam dirinya lewat dharma dan banyak juga yang tutur katanya bagus, saran2nya bagus, ucapannya sopan tp apakah hati / pebuatan mereka sesuai dengan apa yang mereka lakukan? itu kembali ke individu masing2 yang melakukan yang tahu. Sebagian sambil memperdalam & menyebarkan dharma lewat facebook mereka sambil memperbaiki diri pelan2 dari bahtin mereka dan itu tdk kelihatan dari luar penampilan mereka krn bahtin masing2 hny individu itu sendiri yang tahu.

4. Jika Anda ketemu orang yang mungkin bilang dia ini itu, vipassana ini itu, kurasa tidak perlu bertny apakah dia benar2 melakukanya dgn benar atau tidak tp akan lebih baik jika Anda fokus pada diri Anda sendiri, apakah Anda sendiri sdh menjalankan kehidupan dgn benar? Terus bila benar apakah benar jg kalau Anda menkritik / menilai orang tdk benar? Apakah itu benar juga? Terus bila Anda memang benar apakah Anda harus merasa diri yang paling benar dibandingkan orang ln? Benarkah cara itu benar? untuk mengetahui itu semua & menjlnkan itu semua bnr2 tdk gampang krn byk unsur2 kecil dlm diri spt ego, kesombongan, dll yang muncul silih berganti tp itu itulah intinya belajar meditasi vipassana dgn benar agar qt bisa melihat itu semua..

5. Tapi bkn berarti orang yang rajin ke vihara, rajin baca parrita, orang yg rajin menjalankan sila atau meditasi sudah benar krn kalo orang tsb hny melakukan / mengucapkan u/ menyakinkan orang lain bahwa dia melakukannya atau hny melakukannya agar mendapat nama baik tp hanya tetap kotor maka sama saja kosong & tp jg bkn berarti org yg tdk rajin ke vihara, baca parrita atau sila atau samadhi itu orang yg tersesat atau tidak benar tp kalau perbuataannya berikut hatinya semua benar tulus & iklas dlm membantu orang dan melakukan segala hal dgn baik dan benar maka justur orang itulah benar2 di katakan orang yang bijaksana dan baik spt jg sabdda Sang Buddha bahwa : " orang yang sering membaca parrita ibarat orang yang ingin menyeberang lewatin sungai ke seberang tapi hanya diam tidak melakukan apa2, maka orang tsb tdk bergerak sama sekali dari posisi", hanya perbuatan kitalah (karma kita) yang benar2 menentukan diri qt sendiri. Sekiranya itu menurut saya Bhante.. Maaf bila saya ada menyinggung hal yang tidak perlu di singgung.. Semoga bermanfaat... Sadhu3..

6. Semat pagi Bhante, maaf ya >shu anda benar kini banyak sekali orang yang memberikan pelajaran tentang kebajikan pada dinding facebook tapi apakah dia menjalani apa yang dia tulis atau sampaikan hanya dia yang tahu, aku ingat ada kata2: DENG...AN BERPANTANG TIDAK MEMAKAN MAHLUK BERJIWA BELUM TENTU JADI BUDDHA, KARENA KERBAU PUN MAKAN RUMPUT. nah sewaktu aku tulis demikian facebook aku ini terblokir dan baru kemarin aku bisa mengatasi blokir. aku hanya manusia biasa bukan pemuka agama atau orang baik2, jadi aku hanya mengerti apa yang pernah ku alami dan rasakan kebenarannya. salam sejahtera.

7. Karena batin mereka masih diselimuti kekotoran alias loba, dosa dan moha. sadhu3x.

8. Namo Buddhaya Bhante.sy pernah ikut meditasi vippasana.manfaatnnya benar2 terasa saat itu,tp setelah kembali ke rutinitas kehidupan sehari2,kita kembali merasakan kejenuhan.di sana timbul kembali kekotoran batin kita yg masih terpendam.saran sy,kita harus meluangkan waktu utk meditasi setiap hari,agar kekotoran batin ini terkikis habis.tp butuh waktu yg sgt lama, tdk bisa instan.terima kasih Bhante mohon bimbingannya utk menambah kebijaksanaan kita.

9. Namo Buddhaya, Bhante. Kembali ke individu-nya masing - masing. Apakah latihan yang dilakukan diterapkan dalam kehidupan sehari - hari? Hidup adalah latihan dan ujian. Bagaimana kita melakukan latihan dan menyelesaikan ujian yang ada..

10. Namo buddhaya, selamat pagi bhante. Meditasi vipasasana merupakan praktik kesadaran,kesadaran
...tentang apapun yg ada. Vipassana berarti mengalami peristiwa kehidupan kita secara langsung,tampa rasa lebih suka,tampa bayangan mental yg melekat,dan melihat tampa prasanka bagaimana kehidupan
kita terlepas dari bungkusnya,apa yg muncul itu yg muncul. Meditasi adalah kebajikan tertinggi, kesabaran murupakan kunci medisatai,utk mewujud meningkatkan kualitas diri,utk mencapai pencerahan, damai dlm diri,mengendalikan pikiran agar terpusat, utk mengembangkan kesadaran, pembebasan, mengkikis ego,melihat diri sendiri apa adanya, memerangi pikiran yg dipenuhi kemarahan dan niat buruk,menghilangkan keserakahan,ketegangan dan ketidak pekaan yg merupakan penghalang
kasih sayang pada org lain.Sebelum dilenyapkan penghalang2 itu,perbuatan baik apapun yg dilakukannya kemungkinnan besar hanya merupakanperpanjangan dari egonya sendiri. SALAM METTA.

11.Just sharing. According to the noble 8 fold path , we have to practice sila samadhi panna, only meditation does not eliminate greed,hatred delusion. Plse forgive me if I have been wrg in thought speech and action. Sadhu Sadhu sadhu.

12. OMITHOHUT, Pg buat smuanya. MUSUH tbesar dlm hdup kt, adalah diri kt sndiri. Jd jgn prnah myalahkan sapapun n apapun. Tp koreksi dirilah. INTINYA Tdk prlu myalahkan meditasi atau pun yg ada diskeliling kt. Jd salahkan lah personalnya. Tdk mgkin tanam jagung bs tumbuh padi. .jd kembalikan smua pd kyakinan diri. Krn KUNCINYA ADA DLM DIRI KT SENDIRI. OMITHOHUT. . SADHU3X. . Wan sang. .

13. Selamat pagi Bhante, boleh jadi org tsb blm benar2 mengerti dlm praktek meditasi Vipassana, blm bisa sepenuhnya menyadari apa adanya, masih reaktif/menganalisa, sehingga egonya masih berperan, praktek meditasi Vipassana bukan hanya pada saat duduk diam, tetapi juga pada kehidupan sehari-hari.

14. Bhante, pkenankan sy mberi comment ya. Org yg tlatih baik krn blatih meditasi, pst emosinya lbh tkendali. Bila sebaliknya, yah org tsb blm mcapai. Bicaranya pinter tp kelakuannya msh payah, artiny blm praktek n menembus ajaran. Biarkan saja.... Jgn melihat apa yg sudah/belum sukses dlakukan o/ sesorang, namun lihatlah diri kita sendiri, salam metta.

15. meditasi yg lama belum tentu bs bijaksana,krn mencapai kesadaran yg tinggi merupakan hal yg tidak hanya dgn meditasi yg dihiutng dgn waktu bila demikian maka sangat mudah bagi kita mencapai Buddha melainkan proses kesadaran terhadap diri da...n siklus kehidupan yg terus berputar,jdi kita tdk bs langsung memprefer klo mereka yg rajin meditasi lebih bijaksana, kadang kala bisa saja org yang jarang meditasi bisa lebih bijaksana karna mereka benar" mengerti dan mempraktekn dharma selain itu tingkat kesadaran tiap individu itu berbeda, just opinion,

16.Selamat pagi bhante, namo budhaya Kegoisan dan harga diri adalah bawaan yg melekat d dlm diri yg sulit d lepas kan, walau meditasi lama jika tdk bs melepaskan diri dr kedua hal ini akan sulit mencpai kebijaksanaan.

17. Banyak yg belajar meditasi karena pelarian,ada yg belajar karena ngtren, padahal aku belajar meditasi karena ingin tenang dan lupa sejenak beban pikiran..

18. Namo Buddhaya bhante...Bkn berarti org yg bermeditasi akan menjadi org yg bijak,jauh dari ego dan emosi...semua sangat tergantung dari akhlak,tekad dan kemauan. Dan,juga bkn berarti org yg bermeditasi akan lbh baik segalanya dibanding org a...wam yg tdk bermeditasi. Soal bicaranya seperti Budha,semua org jg bisa...apalagi yg tidak pernah melepas topeng...wajah dan hati berseberangan!!!

19. Yanti@ niat/keinginan laksana sebuah senar dawai/gitar yg apabila terlalu dikencangkan akan putus dan jika dkendorkan tdk menghasilkan suara, sesuatu yg dkerjakan pasti didahului oleh niat/pikiran, dlm meditasi vipasana akan memperoleh beberapa kemajuan dan jika kita terlena dgn kmajuan yg dperoleh justru akan menghambat pencapaian kemajuan yg lebih tinggi sehingga membuat kita terlena dan merasa hebat serta sombong.


20. kemungkinan di lakukan dengan metode yang menyimpang ato bukan dengan motivasi yang benar:Dan meditasi harus ada bimbingan dari seorang guru yang berpengalaman. jangan belajar dari buku ato internet karena itu tidak bisa menegur kita bila ter...jadi penyimpangan.

21. brlath blm tntu brhsl maximl krn kktorn btin qta sulit mncpai kbajkn, sprt hl bljr teori qta pntar. tp u praktek sma kh?

22. Namaste Bhante, Selamat pagi semuanya (⌒˛⌒) Karena merasa sudah paling benar ϑäπ ƫâư
mendingan mah ga usah meditasi segala..kalo masih marah-marah...

23. Bhante, bukan latihan meditasi vipassana yg salah tapi caranya berlatih yg mungkin salah shg bukan melenyapkan kotoran2 batin alih2 meningkatkan nya.

24. Vandami Bhante....meditasi adlh usaha utk mengikis avijja dari batin dan itu butuh proses yg tidak sebentar.Butuh waktu utk bisa menembus anatta,anicca dan dukkha.Tapi setidaknya orang itu sdh BERUSAHA dan memang belajar dan melaksanakan dhamma itu tidaklah segampang yg kita pikirkan,butuh proses.

25. Mungkin pura2 bermeditasi x,, berkata3 seperti buddha biar dipuji dan dihormatin dan dibilang bijaksana... Padahal orangkan bisa tau dari sifat dan tingkah lakunya. Banyak orang menutupi kebusukannya dengan mengatasnamakan agama.. Pura2 menjadi orang alim.
26. Amithofo,menurut saya jika perkataan yg menjadi pintar dan mirip buddha it sudah lumayan,apalagi dari perkataan dapat membuat org jahat menjadi baik...it jg merupakan amal dan niat baik..it merupakan suatu perubahan,dr yg suka berbicara buruk skrg bs berbicara baik...perubahan it bertahap tdk bs langsung d rasakan..seperti menanam pohon perlu proses yg lama untuk berumbuh besar dan berbuah.

27. Namo Buddhaya Bhante. Menurut yang pernah saya dengar, hanya melakukan meditasi saja tidak akan membuat orang bijaksana karena untuk bijaksana kita harus melalui tahapan yaitu: 1. Menjalankan Sila dengan kuat. 2. Melakukan Meditasi deng...an tekun dan benar baru seseorang bisa mencapai kebijaksanaan (Sila, Samdhi dan Panna). Emosi meningkat, kemungkinan adalah lemahnya menjalankan Sila..... kalau mereka sudah menjalankan sila dengan baik maka emosi telah bisa dikontrol karena menjalankan sila juga melatih kesabaran. Demikian menurut saya, mohon saran Bhante...

28. Bhante, kl sering meditasi tp kualitasnya tdk ada alias meditasi gagal/slama med pikiran kemana2 ga fokus aplg smp samadhi. Percuma saja Bhante. Menrt saya dr zmn Buddha dulu jg parami/kusala kamma hrs berlimpah smp luber2 ga ketampung, bs cepat samadhi dgr beberapa bait sutta lsg sotapana, jd kamma lbh penting tuk itu.

29. Namo buddhaya, watak/carita tiap orang berbeda beda, meskipun seseorang sombong, egois dll tetapi dgn menyadari watak/carita yg ia miliki dan mau melatih meditasi merupakan sebuah kemajuan batin, meskipun pd saat sekarang blm ada perubahan, terlalu egois jika mengharapkan hasil meditasi yg instan.

30. Kalo meditasi tapi gak ada perubahaan mah berarti dia cuma teori!kita jgn ampe ngikutin org kaya geto justru kalo ngeliat org kaya gt kt hrs lebi intropeksi Love and peace.

31. Krn manusia, bl0m sadar ,apa yg diktakan, oleh sang buddha, SUCI'KAN HATI DAN PIKIRAN ITULAH
YG DIKTAKAN OLEH SANG BUDDHA . . .

32. Meditasi adalah jalan atau cara untuk membersihkan jiwa dari kekotoran batin. Hasilnya tidak akan sekali jadi... Ya pasti sampai orang itu mati terus menerus harus melatih meditasi secara tekun .

33. Bhante, apakah itu karena pandangan salah ya?

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur, dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “