Fenomena Dhamma

Wednesday, December 01, 2010

“ MENGATASI RASA TAKUT DAN CEMAS “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Diskusi: Tanya; Bhante, dlm ajaran agama Buddha, bagaimana cara mengatasi rasa takut dan cemas yang sudah berlebihan (ansietas) sampai menghalangi kegiatan sehari hari kita Bhante? Dengan apa/ melakukan karma baik apa, sehingga bisa terbebas dr karma buruk ini? Semoga sudi kiranya Bhante menjawab pertanyaan saya, Teman2 tolong ksh koment yg benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Untuk mengatasi rasa takut dan cemas, dalam ajaran Buddha dianjurkan membaca paritta; 1. Namaskaragatha. 2. Tisarana. 3. Panycasila. 4. Buddhanusatti. 5. Dhammanusatti. 6. Sangghanusatti. 7. Karaniyametta-sutta. 8. Abhaya Paritta. 9. Sakkatwatiadi-gatha. 10. Dhajaga-paritta. 11. Mora-paritta. 12. Dukkhapatha-gatha. 13.Buddhajaya-Manggala-gatha. 14. Meditasi Cina-kasih. 15. Ettawata (Pattidana-gatha).

Usahakan tiap pagi bangun tidur setelah berbenah diri lakukan puja-bakti dengan membaca Paritta yang tertulis diatas. Malam hari sebelum tidur usahakan lakukan seperti pada pagi hari.

Demikianlah apa yang harus kita lakukan sebagai umat Buddha yang baik agar kita dapat mengatasi dari rasa takut dan cemas. Sebaliknya kita mendapat berkah perlindungan dan maju dalam Dharma serta hidup bahagia bersama keluarga dan teman-teman.

Teman-teman Paritta-paritta itu artinya dibaca dan direnungkan isinya semua ajaran Buddha yg amat indah, bila kita yakin, konsent d sila yg baik maka Paritta itu akan menjadi perlindungan.

Alasannya, para Dewa suka mendengarkan orang baca Paritta/ Liam-Keng, akibatnya para Dewa membalas jasanya akan membantu dlm usaha/bisnis dan melindungi orang yang suka baca Paritta/ Liam-Keng dari segala macam marabahaya, dsb. Inilah pentingnya kita membaca Paritta/ liam-keng. Semoga berguna, sadhu.


Teman-teman terimakasih atas dedikasi dan komentarnya.


1. Saat aku mengalami cemas dan takut yg luar biasa memang tdk tau apa yg harus d lakukan...panik....kerjaan harus selesai....pegawai malah berhenti...bgmn menyelesaikan semua? Seorg sahabat menasehati aku....tenang....jangan panik....kerjakan dg perlahan dan tenang.....kebaikan datang....mantan pegawai datang membantu....walau sementara....semua akhirnya selesai.....lega rasanya.....cemas dan panik itu hilang.....

2. Namo Budhaya Bhante dan teman2 diskusi semua. Meditasi mungkin dapat membantu, renungkan/pikirkan apa yang menyebabkan rasa cemas dan takut itu terjadi. Atasi dengan membereskan penyebabnya, misalnya takut dan cemas karena mempunyai salah dengan seseorang, penyelesaiannya ya minta maaf. Yang terpenting tidak lari dari masalah yang sedang dihadapi. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermafaat bagi kita semua. Sadhu sadhu sadhu.


3. Nammo Buddhaya Bhante. .Biasanya u/ menghilangkan rasa tkt,cemas dsb.. Sy menc0ba u/ nien fuo,dgr lagu2 Buddhis,bc buku yg mengandung hal2 p0sitif,atau meditasi. .dan yg paling bgs tentunya ke vihara. . Dgn ke vihara,melihat Rupang2 Buddha ...membuat hati menjadi damai & tenang :)
Semoga semua Makhluk hidup senantiasa berbahagia. .


4. Meditasi merupakan cara yang terbaik selain olah raga seperti Tai chi atau lainnya. Saya pernah mengalaminya dan mendapat didikan dari almarhum Sukong hingga sembuh. Dengan kedua cara diatas, kita akan menenangkan syaraf kita agar jangan tegang. Selain itu perdalam agama.


5. Namo Buddhaya, Ini ada Link untuk mengetahui Meditasi Asuba. http://www.samaggi-phala.or.id/download/lain/bhavana.pdf Sebaiknya, datang ke Vihara terdekat yang ada Sangha, dan minta petunjuk tentang cara bermeditasi yang baik. ...Sehingga tau tahapannya dan ada tempat untuk bertanya. Alangkah baiknya, datang dipagi hari, sambil berdana sarapan pagi untuk sangha, setalah beliau sarapan, coba untuk minta petunjuk tentang meditasi. Namo Buddhaya, Namaskara Bhante.

Untuk lepas dari buah karma buruk itu tak mungkin, tetapi untuk membuatnya menjadi tidak terasa itu mungkin. Cobalah untuk melaksanakan sila dengan baik, sabar dan selalu didalam hati memancarkan kasih sayang,... selalu mengharapkan semua mahluk berbahagia, "Dalam hati, setiap ada kesempatan, ucapkan dalam hati dengan sungguh-sungguh semoga semua mahluk berbahagia" dan bersamaan dengan itu, cobalah membahagiakan orang tua (orang tua kita sama saja dengan orang suci karena jasanya), semoga dengan bahagianya orang tua maka rasa takut dll itu hilang. mulai dari memperhatikan orang tua, membantunya, memberikan sentuhan kasih sayang pada kedua orang tua(kenapa tidak cuci kakinya dan selalu ingat untuk menyediakan kebutuhannya) (maaf, kalau saya salah dan tidak berkenan). bantulah orang yang sedang kesusahan, orang yg sangat susah, sulit mendapat makan dll, dibantu dan lihatlah kebahagiaan yg timbul dan turutlah berbahagia.

Maka anda akan menjadi orang yang membahagiakan orang lain, terlindungi oleh perbuatan baik anda. energi positif membuat semua mahluk berbahagia, yakinlah rasa takut itu akan hilang. Kemudian saran yang terakhir, cobalah untuk memadatkan kegiatan anda, porsi sosial dibesarkan, Ikut jadi relawan Buddha Suci, welas asih dan selalu mengharapkan kebahgaiaan orang lain. Saya pikir, kenapa harus takut, kalau kita penuh dengan kebaikkan. Dan ingat, ini memang sulit, sewaktu anda melakukan kebaikkan, JANGAN pernah berfikir "SAYA LAKUKAN INI KARENA SAYA INGIN HILANGKAN RASA TAKUT DLL", tapi saya lakukan ini karena ingin semua orang/makluh berbahagia, saya takut mereka menderita (inilah yg namanya welas asih yg tulus, semoga berbuah karma baik yg banyak). Demikian pendapat saya, maaf kalau tidak berkenan. Semoga anda bisa lepas dari penderitaan dan semoga anda berbahagia. semoga semua mahluk berbahagia. Namo Buddhaya, Namaskara Bhante.


6. Namo buddhaya..met malam bhante dan smua tman diskusi.mnurut sy lakukan membaca mantra tapeicou.maka hati kita yg cemas atau takut akan hilang"lakukan dgn sunguh-sunguh.dan dapat di ulang2 sampai rasa takut. Dan cemas hilang.klu untuk menghilangkan Karma buruk harus banyak melakukan pelepasan burung dan banyak berdana untuk org miskin.sadhu3x


7. namaste bhante, menurut sy jika kita dlm keadaan takut n cemas kita sebaiknya membaca parrita n juga bermeditasi.jgn lupa rasa takut n cemas timbul dr pikiran kita yg negatif,rasa takut akan hilang jika kita berpikiran yg bagus aja n membayan...gkan semua yg buruk tdk akan terjadi pd kita.smg cara membantu meringankan rasa takut kita.anumodana


8. Rajin meditasiVippasana dan sering2 secara berkala melepaskan makluk hidup kealam nya yg sesuai... sama BERDANA, jgn lupa. Thanks..


9. Kecemasan dtg krna kta tdk menguasai/memahami materi/ilmu..klo skrany kta punya bnyk ilmu/dalam&luas..kta lbh tenang menjalani hdp...,kcmasan dtg krn pikiran yg terlalu aktf dlm melihat msa dpan...yg jlas tdk pasti..scr sadar/tdk kta pkiran... sdh melampaui btas dimensi...takut akan byangan' yg d'dpan...solusi relaksasi/meditasi,,sblm tdr mandi air hangat dlu trus minum hangat..spt teh/susu.,jgn trlalu pikirkan masa dpan...nikmati hdp sbìsanya...bla cmas dtang lg tarik nafas dlm' tahan 5dtk kluarkan pelan' dr mulut.,ulang hgg tenang_


10. meditasi objek buddha ato bodhisattva, mnrt sya brfikir positif thdp mslh yg dhdapi dan bermeditasi bhante, Meditasi Ashuba,,


11. Orang yang tidak prnh melakukan kejahatan...mustahil perasaan takut dan cemas akan muncul.......Jadi Hindarilah Dari segala macam bentuk kejahatan,,,,Dan selalu berbuat kebajikan....Percayalah ,,, Anda akan terbebas Dari segala perasaan yg tidak menyenangkan (Takut&Cemas) dst..... SAddhu....3x


12. Met sore bhante namo budhaya menurut sy lbh baik bermeditasi dn tenangkn diri dn melatih kesabaran dlm diri dgn berpikir positif pasti ad jalannya.


13. mengatasi nya dengan meditasi lho...ketika cemas berpikir saya ini sedang apa? apa yg dicemaskan...
jalani kehidupan sehari2...dan mengucapkan sabbe satta bhavantusukitata.....kalo pikiran balik cemas lg...tarik lg pikiran.....sy ini sedang ...apa...dengan selalu sadar apa yg dijalani sehari2 lho..good luck



14. cara mengatasinya adalah dengan berpikir yang baik setiap pikiran negatip datang kita ubah menjadi positif contohnya jika kita takut kita harus ucapkan dalam hati saya sekarang berani semua yang akan terjadi terjadilah saya akan tabah dan saya bersyukur saya sekarang berani menghadapinya.


15. Namo buddhaya'setiap org memiliki rasa cemas,hanya berbeda berat ato ringan,ajaran buddha mengajarkan kita untuk tidak cemas terhadap apapun'perbuatan baik apapun yang dilakukan akan membebaskan dari rasa cemas yang berlebihan karena muncul keyakinan dalam diri bahwa kebaikan akan melindungi kita.jika cemas berlebihan muncul,maka latihlah meditasi,bisa menggunakan objek metta bhavana mengembangkan cinta kasih pada semua makhluk tanpa batas,sehingga ketenangan yang muncul dalam diri kita.sadhu...


16. Namo Buddhaya bhante, Perasaan cemas dan tkt dtg dr sebuah pikiran,diharapkan kita sll dpt berpikiran positive,jika kita sll arah berpikiran negative spt tkt bakal terjd apa2,cemas bgmn masa dpn kita,cemas krn tlh berbuat slh,itu bakal mengh...antui kita trs menerus,dan lbh baik nya kita mengadakan ato megikuti hal2 yg bermanfaat spt ikut baksos dlm wihara,ikut dlm puja bakti,melepaskan mahkluk hdp ke alam bebas,berkumpul dan mendengarkan dhammadesana ,serta latihan meditasi,membantu org yg membutuhkan jasa kita tdk hanya dgn materi dgn tenaga pun bisa,shhg dgn kegiatan tsb dpt mendatangkan kebahagiaan,ketenangan,kedamaian...mohon maaf bhante apabila ad kata yg kurang ato tdk berkenan sy minta maaf,sadhu sadhu sadhu...


17. namo buddhaya. . .jawaban ny ada d bku BE HAPPY mahakarya dr SRI DHAMMANANDA,d sna ad cara mengatasi takut n cemas dr akarnya dan berbahagia dlm segala situasi. . .m0ga bermanfaat. .
smua makhluk idup brbhagia, . .sadhu3x


18. tetep percaya sama karma kita :) kalo memang karma kita blm berbuah, kita nggak akan knapa2.. percaya kalo kita selalu dilindungi Tuhan... dan selama yg kita lakukan baik, kita nggak perlu takut :)
perbuatan2 kecil aja udah nambah karma baik ...kok..dengan berpikiran positif, bersedekah, berdoa..itu juga merupakan perbuatan baik. :)


19. Hanya dengan merubah pola berpikir saja teman.Rasa bersalah yang terlalu mendalam ,penyelasan yang"TERLALU" mendalam..Khawatir akan hari esok dan masa depan...
Semua manusia tentunya ada rasa takut,hanya jangan berlebihan..Solusi untuk mengh...ilangkan rasa takut itu hanya satu...."hadapi dia"...Bungkam rasa takut itu sendiri. Karena jika kau tidak berusaha mengalahkannya,maka kau akan di kalahkannya...dan jika rasa takut itu sudah menguasaimu, kau akan hidup terkungkung.. Psikiater bisa menolongmu,tetapi akan jauh lebih cepat jika kau sembuhkan dirimu sendiri..Karena penyembuh untuk sakit ini...hanya memberikan caranya....Anda sendirilah yang harus melakukannya.


20. Mula2 dgn keyakinan dan bc paritta, Bhante. Paritta undang dewa, cinta kasih dan suta2/paritta yg artinya ajr2 sang Buddha. Praktek sila, pasti mahluk suci menolong dekat kita.

21. Namo budhaye bhante,menurut saya rasa takut itu sebenarnya muncul dari perbuatan kita sendiri,misalnya kita melakukan kesalahan maka akan dihantui rasa takut itu sendiri.sebaiknya kita baca paritta,meditasi agar pikiran kita tenang,dan apabila kita mempunya kesalahan sebaiknya kita minta maaf.maka rasa takut akan hilang.untuk menghilangkan karma buruk sebaiknya kita perbanyak melakukan kebajikkan,sayanggilah semua hakluk hidup,berdana,perbanyak membaca paritta.

22. namo buddhaya pertama-tama qt harus mengetahui apa yang menyebabkan ketakutan dan kecemasan qt.apa ketakutan dan kecemasan tersebut akibat dari kesalahan yang qt perbuat atau tidak??
setelah qt mengetahui hal-hal tersebut qt dapat dengan mud...ah mengatasinya...sambutlah rasa takut tersebut dengan hati yang tulus..jangan mengusirnya hal tersebut akan membuat rasa takut dan kecemasan yang qt hadapi menjadi semakin kuat..ketika qt menyambut rasa takut dan cemas yang qt hadapi dengan hati tulus perasaan tersebut akan berangsur angsur melemah dan akan hilang dengan sendirinya..qt dapat mengatakan " hai rasa takut dan cemas pintu hatiku selalu terbuka untuk mu,apapun yang kau lakukan masuklah"..biarkan rasa takut dan cemas tersebut berlalu dengan sendirinya..lakukan meditasi dengan teratur..semua perasaan timbul dari pikiran qt harus mampu mengendalikan pikiran qt atau qt yang menjadi budak dari pikiran qt sendiri..tidak ada suatu mahluk pun yang dapat terbebas dari karma buruk hasil perbuatan yang telah mahluk tersebut lakukan..seperti bayangan yang selalu mengikuti tuannya begitu pula karma.bacalah buku membuka pintu hati karangan bhikku ajah chan banyak yang dapat qt ambil dari cerita' didalam buku tersebut..

23. Ki Lurah Urun Wacana, Hong Wilaheng; Takut disebabkan melekat pada konsep, diri kita juga sesungguhnya menakutkan bagi binatang dan makluk lain. Karena ego kita membayangkan bahwa tubuh ini indah, molek sehingga kita takut sakit, cacad, c...elaka dll. Jadi intinya buanglah pikiran yang indah pada tubuh ini, kalo demikian sesungguhnya kita takut kepada siapa?
Takut dalam Buddhist hanya Hiri dan Ottapa, bukan takut kali, tapi seram barangkali..... nuwun.


24. Namo buddhaya, rasa ketakutan dan cemas muncul karena kita memikirkan hal2 buruk yg akan terjadi, jadi lebih menyiapkan diri untuk menerima konsekwensi terburuk dari buah perbuatan yg dilakukan karena kalau kita yakin semua pasti lewat sehingga kita bisa tersenyum bahagia dengan batin yg dewasa.

25. Pagi Bhante, menurut saya rasa takut itu sebenarnya baik, agar kita lebih berhati hati dlm melangkah, contohnya ; kita tdk berbuat jahat krn takut dgn karma buruk nantinya.. Utk rasa takut yg berlebihan pasti ada penyebabnya. Apakah trauma m...asa lalu yg dialami sendiri ato pengalaman org lain..Klo cara mengatasinya saya kira lain orang lain jg metodenya ..Saya pernah menonton di tv ada yg menggunakan metode hipnotis , terapi ke psikiater ato lewat guru spiritual..Setahu saya dalam agama Buddha tdk menggunakan cara cara tsb dan kapasitas saya belum sampai ke situ untuk membahasnya. Dalai Lama mengatakan " jika ada masalah yg tdk dapat kita atasi, takut tdk akan membantu" . Mohon maaf jika saya salah, salam metta....

26. Namo buddhaya,menrut saya menghilangkan rasa cemas itu cobalah untuk berpikir hal2 yg menyenangkan,atao mungkin ada moment2 yg indah yg pernah di alami,,jd kita nga terus merasa cemas,,,dan mungkin bisa deger lagu po re po lo mi tuo sin cing bisa di download di index-of-mp3.com,,,mudah mudhan bisa membantu,,krn saya juga sering mengalami rasa cemas dan takut,,terima kasih,,namo buddhaya.


Kesimpulan: Banyak faktor bagi orang yang mengalami rasa takut dan cemas. Tergantung dari apa sebabnya mereka mengalami hal itu. Sebab itu harus dicari apa penyebabnya, lalu anda berusaha mengatasinya, boleh juga dengan banyak berbuat baik berdana, atau fangshen melepaskan makhluk hidup.

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur, dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu. Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home