“ JODOHNYA SULIT KENAPA ”

DISKUSI DHARMA FACE BOOK.

Diskusi: Tanya; Namo Budhaya Bhante, saya mau tanya bhante kenapa ya saya sangat susah sekali menemukan pasangan hidup apa ada hubungannya dengan karma saya di masa lampau? saya lahir tanggal 8 desember 1969. Teman2 tolong ksh koment yg benar dan berguna, sadhu.

Jawab; Jodoh untuk setiap orang itu pasti ada, tapi yang jadi penghalang itu macam-macam. Kadang orang tsb yang suka pilih-pilih, misalnya; Ada yang mau tapi jual mahal maunya yang kaya, ganteng/cantik, dsb, lalu ditolak. Ada juga orangtua ikut campur misalnya; harus shio ini-itu, kalau beda umur sekian ditolak, dsb, anaknya nurut sama ortu.

Kebanyakan orang tionghoa harga pesta dan maharnya (jaminan) mahal, hingga banyak pemuda yang tidak cukup uang, tidak berani pacaran atau tunangan apalagi menikah.
Budaya seperti jual mahal (jaminan) tsb sudah turun temurun, sampai ke orang miskinnya ikut-ikutan jual mahal. Hingga tidak peduli orang pasangannya baik, benar atau tidak, yang penting kaya, banyak uang, mapan, kerjanya dapat kedudukan tinggi.
Cara seperti itulah akhirnya yang menghambat, wanita maupun pria tionghoa agak sulit dapat jodoh. Maka, baiknya cara itu harus dirubah sesuai dengan kemajuan zaman,dan cara berpikir yang rasional.

Utamanya, orang menikah itu syaratnya jangan berat, yaitu; orangnya baik, setia, hormat sama ortu atau mertua, tanggung jawab, sayang sama pasangan, punya kerjaan atau penghasilan cukup untuk keluarga. Syarat seperti ini, bukan harus orangnya kaya banyak uang dan harta, sebab hal itu relatif. Uang dan harta benda tidak kekal, selalu berubah.

Teman-teman terimakasih atas dedikasi dan komennya.

1. pagi bhante,omitofo.mengenai jodoh mmg susah dibcrkan.
krn jika tali perjodohan blm terbuka,maka agak susah didpti.bkn dr segi karma kita.jgn sekali2 perjdhan dikaitkan dgn karma.gimana jika yg membuka status itu seorg Pastur?,apa pastur tsb... mengerti akan karma?, Omitofo.

2. hhmmmm..dlu saya srg dkatakn jelek, gendut, & malu2in lha, buruk rupana. ad yg blg mn ad yg mw ce ma loe lha. mcem2 kt2 dr org d skili2ng saya, & saya trima smua it. alhasil sulit skali saya dpt pcr, nembak ce dtolak2in trus. tp, stlh saya rubah pnampiln saya, saya cb bljr hal2 positif dlm diri saya, & yg trpntg saya hancurkn smua mindset jlek ttg diri saya, yg kt org saya jelek, yg kt org saya gendut, skrg saya dh pcrn yg k7 yg trakhir nie...& omithfo dr 6 yg saya pacarin 3 diantarana tmasuk sedap dpandang, ap lg yg 1na, beuh.tinggi, langsing, oriental abies....;p hihihihihihihi...tp, bkn it yg saya cri, yg pntg baik hatina & mw trima saya, toh 3 yg lainna tdk sedap dpandang bt org lain, klo saya sich fine2 aj, krn mmg sdr sy yg blg mantan saya jelek....yg trakhir nie, & mdh2n bner utk slama hidup saya yg saat nie, byk yg blg cantique n maniez...yg trpntg adl qt mampu mghargai & mnrima diri qt sndr, krn bgmn mgkn org lain trima, klo qt sndr benci diri qt...? smoga bmanfaat.


3. Met pagiii… bhante, Suseh mendapat pasangan hidup krn : - byk kriteria N mw yg sempurna
~ krn trauma krn kemungkinan dari broken home, krn pernah tersakiti …n bla…bla…
...~ mungkin juga sifat pembawaan diri yg krg bagus jadi putus 2 trs hehe…Karma dimasa lampau mmg ada hubnya dgn kehidupan skrg yg dijalani, Tiap org msg 2 pny tali perjodohan
Kalo uda saatnya pasti akan menemukannya … N byklah pergaulan jgn malu 2 N minder …pede bo …^~^ gitu …Banyaklah berbuat kebajikan,berdana ~berdana ,berdoa …trs terakhir …sifat yg hrs diubah dalam diri terus menerus gitu …hehe…Janganlah putus asaaa, Siapa tau ketemu jodoh ! hehe, Semoga yg bertanya slalu berbahagia,sehat ,sukses N mendapat jodoh yg baik.

4. met pagi bhante, Smua yg ad di dlm diri kita wajib kita syukurin n terima,belajarlah menyayangin diri kita lg krn dgn begitu kita dpt dihargai n dihormatin org lain,tdk perlu utk jd org kaya jd org cntk jd org apa ato apa smua itu tdk lah ke...kal ada nya,yg pntg dlm hdp kita bs membahagiakan diri kita n terlebih org yg sekitar kita,terlebih dgn slg berbuat baik,tdk menyakiti org,hanya org2 bijak lah yg dpt menilai kita,sll berpikir lah positive,jgn tll menutup diri n malu terhadap lingkungan,tetap tersenyum dlm keadaan apa pun,mudah2an kita akan dpt yg terbaik dlm hdp kita,sadhu sadhu sadhu.


5. Namo Budhaya Bhante dan teman2 diskusi semua. Susah menemukan pasangan hidup? Ini bisa berarti sudah pernah menemukan tetapi belum pas karena tidak sesuai dengan kriteria atau memang belum pernah sekalipun bertemu dengan seseorang yg klik. ...Kalau pernah beberapa kali putus, cobalah utk lbh realistis & intropeksi diri. Kalau belum pernah sekalipun, mungkin belum saatnya, teruslah berusaha. Maaf Bhante, apakah Bhante kenal baik dengan yg bertanya? Jika memang orangnya berprilaku baik saya bersedia memperkenalkannya dgn seseorang, tetapi inbox saja ya Bhante. Terima kasih Bhante dan teman2 semua.

6. Namo Buddhaya Bhante...Ada yang mengatakan..., kalau tidak ketemu jodoh dapat dikatakan kita tidak punya hutang satu sama lainnya...Kalau ditinjau kembali, ada benarnya juga...., kita dapat ketemu & bersatu adalah karena adanya ikatan jodoh...(ikatan karma.

7. Namo Buddhaya Bhante, menurut saya karma masa lampau mungkin berpengaruh, tetapi lebih berpengaruh lagi masa sekarang kita. Termasuk lingkungan sekitar kita, apakah memungkinkan untuk mencari jodoh, kemudian juga sikap dan kelakuan kita, dsb. Begitu menurut saya, bhante. Mohon koreksinya.

8. Namaste Bhante.. izin ikut berkomentar, saya pikir masalah jodoh adalah masalah karma. yang penting adalah merubah pola pikir bahwa ga punya jodoh artinya hidup tidak sempurna. sehingga kita selalu menghabiskan waktu dan konsentrasi untuk mengkuatirkan hal itu. nikmati dan jalani hidup dengan sebaik mungkin. kalau ketemu yang sesuai di hati boleh dijalani, tapi kalau tidak bertemu.. hidup ini tetap indah adanya. jangan karna kebelet umur, asal mau saja sehingga menimbulkan penyesalan di belakang hari.

9. Namo budhaye bhante,menurut saya itu karna karma masa lampau,sebaiknya bersabar aja dan jangan lupa banyak baca paritta dan perbanyak pergaulan.koko saya juga baru menikah padahal usianya sdh 47 thn yg penting sabar aja dan jangan lupa banyak berdoa.

10. Memang karma masa lalu mempengaruhi jodoh seseorang. Berpikir dan berbuat positif aja, & memper luas pergaulan, niscaya anda dpt menemukan jodoh yg diinginkan, smoga.
11. Saran saya perbanyaklah kegiatan...dan banyaklah berdoa...hidup sendiri juga gak ada salahnya,buat apa hdp berdua tpi krna hnya keterpaksaan kondisi..betul gakk??

12. Nammo Buddhaya,Bhante..Alangkah indahnya kesempatan tersebut jika di manfaatkan ke jalan Yg lurus dan terang,Semoga menyadari kesempatan yg indah tersebut.

13. Namo buddhaya, menurut saya itu mungkin karena faktor keinginan/kriteria yg ditetapkan terlalu tinggi, dan ini bisa membuat orang2 yg dekat dgn anda menjadi minder atau sebaliknya.

14. Nm Bdhy bhante,.mmg karma berperan dlm hidup ssorg tp karma dpt di peringan dan ternetralis dgn byk berbuat kebajikan. cb lah dgn fangsen (melepaskan makhluk hidup sprt kodok,belut,ikan lele,dan brg)..yakin dan percy pasti berhsl omitohud.

15. Amitofo Bhante..,klo mnrt ucapan Sang Buddha: memahami khdpn yg lampau lht apa yg anda dpt'n pd khdpn skr..,mlht khdpn'u yad,perhatikan'h pbuat'mu s-hr2 pd khdpn ini. Jd mnrt sy mmg itu bhub dg karma ms ll yg tlh bbuah,tp kt ttp tdk blh mnyrh,jgnlah bosan bbuat kebajikan dg tulus n ikhlas agar buah karma ms ll cpt hbs,shg anda akn bs mdpt'n jdh yg di-nanti2.

16. saya setuju bhante, setiap orang sudah di kasih jodoh tinggal bagaimana kita mau mengambil jodoh tersubut atau kita melepaskannya semuanya tergantung pada kita....apa kita mau menunggu jodoh yg lain nya datang yg sesuai dengan keinginan kita yg pada akhirnya ga datang2.....yang pada akhir nya kita ga dapat jodoh karna telah di makan usia senja.

17. Betul bhante spt saya walaupun suami saya bkn dr kel kaya punya mtr pun gak tapi kasih sayang dia kesaya tdk ada gantinya i love u hubby.

18. Namo buddhaya'klo belum ketemu mesti semangat mencarinya gak mudah putus asa,dan bisa menerima kekurangan gak ada yang sempurna.

19. Memang kadang apa yg diharapkan malah tdk kesampaian jadi kalo memang blm dikasi ya byk berdoa semg dimudahkan jodohnya.

20. namo buddhaya bhante.mungkin blm ada yg cocok n karma ms lampau mempergaruhi.
21. Selamat pagi Bhante menurut saya tak ada hubungan jodoh dgn tanggal lahir, yg terbaik instropeksikan diri kembali memperbaiki penampilan, dan memperbanyak pergaulan namun dgn yg baik2.

22. Namaste bhante..mungkin blum waktunya..

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur, dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Komentar

mas ofit mengatakan…
assalamualaikum.. maaf, saya mau curhat.. krna saya lg bingung luar biasa.. saya umur 42 thn msh nganggur dan jomblo. dulu thn 2003 saat msh kerja di majalaya bdg saya sering dimutasi, diremehkan teman dan atasan krna otak dan tenaga saya payah, uang sering dipinjam teman teman tp bnyk yg tdk mau bayar, shg saya tdk betah dan mengundurkan diri, nyari kerja lg baru sebentar dipecat krna tdk becus kerja, nyari kerja lg sulit. di kampung saya di prwkerto buka usaha kecil kecilan bangkrut, jualan barang secara online tdk laku laku.. dulu saya di bdg kalau nyari jodoh sering ditolak cewe, diremehkan cewe, dibohongi teman, dimanfaatkan teman, diancam org, dipukul orang dll.. di kampung saya nyari jodoh tambah sulit krna sepi dan cewe yg jarang ada yg cantik, kalau ada yg agak cantik saingannya bnyk.. akibatnya saya selama 15 thn tiap hari marah marah, berkata kotor, susah tidur, kdng banting barang barang, sering berdoa yg buruk buruk dll. apa saya kena gangguan ghaib? dulu kakek dan uwa saya paranormal sakti.. saya sdh 12thn agak rajin ibadah tp nasib tdk berubah.. dulu thn 2003 saat merantau ke bdg saya melamar cewe nama nya nurjanah (ciparay), tp lamaran saya ditolak, saya sampai skrng blm mampu melupakan dia. yg bikin saya cinta mati dg nur krna dia cantik, pendiam, lugu, rajin sholat, tdk matre, jarang keluyuran, dia juga jadi tulang punggung keluarga krna ortu nya petani miskin. saya mengira nur jodoh saya, krna saya kalau ada di dkt dia hidup saya semangat, hati saya damai, tp ternyata dia cewe yg paling sulit saya dapatkan. saya ngejar dia 2 thn (2001-2003) tp saya ditolak habis habisan pdhl dia sdh putus dg pacarnya. saya bilang kpd dia saya tdk akan nikah atau akan bunuhdiri jika dia menolak saya terus, tp dia tetap menolak saya. nur mentang2 cantik shg sombong dan jual mahal. saya pernah diusir sama dia saat saya main ke rumahnya, mungkin dia sdh dipelet cowok lain shg kelakuan nya spt kemasukan jin.. dia memuja mantan cowoknya dan dia meremehkan saya. saya nyari cewe yg lain gagal lg. saya ditolak lagi, dibohongi teman, dimanfaatkan teman dll saat nyari cewe. saya sdh pernah ditolak cewe 7x. bukan krna saya kurang ganteng tp krna saya cupu dan loyo. cewe suka cowo yg jantan atau yg mapan. thn 2005 saat nur sdh nikah dg mantan pacar nya saya sering kirim surat berisi kata kata kasar dan ancaman kpda dia shg dia keguguran 3x krna sakit hati, kemudian thn 2009 dia cerai dg suaminya dan nur mencari cari saya supaya saya melamar dia, tp saya tdk berani datang krna saya yg merusak rumah tangga dia. selain itu saya sdh di kampung tdk merantau ke bdg lagi. tp saya sdh minta maaf kpd nur lewat surat. krna dulu saya lg stres berat krna saya merantau ke bdg sering dijahati org dan sering ditolak cewe. kemudian saya pulang kampung saya nganggur dan jomblo berthn thn. kalau nur bukan jodoh saya, kenapa saya seumur hidup cuma mencintai dia seorg. kpda cewe lain saya tdk pernah bsa mantap.. saya selalu ragu, minder dll.. saya yg berjuang dan berkorban mati matian utk mendapatkan nur, saya tdk dpt apa apa, tp cowok lain yg nyantai malah bsa nikah dg dia. mungkin krna saya cucu paranormal sakti shg nasib saya sial terus. meski saya terus meningkatkan ibadah tp nasib tdk pernah berubah. saya sejak kecil sering dibully teman. ada yg bilang saya bodoh dan lemah, manusia aneh, tdk punya masa depan, tdk berguna dll..saya kalau dihina, ditipu, dipukul, difitnah dll saya msh agak tegar tp saya kalau ditolak cewe, terutama cewe yg sangat saya cintai saya langsung terpuruk.. saya skrng males nyari cewe dan nyari kerja krna trauma. selain itu hati saya dipenuhi kemarahan, kebencian dan dendam.. solusinya bgmana? wassalam..
Unknown mengatakan…
sabar mas, banyak berdoa dan beramal. kurangi kebencian marah2 dan merendahkan diri sendiri karena itu salah satu kita menghapus karma buruk dikehidupan sekarang. untuk temen2 yg jahat dan suka menghina suatu saat nanti karma akan balik ke diri mereka masing2. percaya aja karma tidak akan salah tempat.
Unknown mengatakan…
sabar mas, banyak2 berdoa dan beramal. kurangi kebencian marah2 dan merendahkan diri sendiri karena itu salah satu kita menghapus karma buruk dikehidupan sekarang. untuk temen2 yg jahat dan suka menghina suatu saat nanti karma akan balik ke diri mereka masing2. percaya aja karma tidak akan salah tempat.

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “