“ KEKAYAAN DATANG DARI KERJA KERAS DAN BUAH KARMA BAIK“

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi: Tanya; Bhante, apakah kekayaan datang karena karma dan kerja keras? atau ada faktor lain lagi menurut ajaran sang Buddha? Gimana menurut teman2? Teman2 tolong kasih koment yang benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Kekayaan datang dari Karma masa lalu, kalau dulu kita gemar berdana, dan suka menolong orang lain. Kerja keras saat ini hanya sebagai pemicu datangnya kekayaan.

Alasannya, banyak orang saat ini bekerja keras siang malam, istilahnya; kaki dijadikan kepala, dan kepala jadi kaki. Contohnya; TKI di Arabsaudi yang dianiaya, disiksa, diperkosa dan dibunuh.

Namun, hidupnya tetap saja miskin dan selalu kekurangan, misalnya; kuli bangunan, kuli di stasion KA, stasion Bus, dsb. Contoh lain; Lihat acara Minta Tolooong.. di RCTV, Bedah Rumah, dsb.

Ada faktor lain misalnya; para Pemimpin dan para pejabat yang koruptor, walau kerjanya enak dihormati, disanjung, dijaga oleh polisi, dan turun naik mobil mewah. Tidak kerja keras, namun hidupnya enak, senang semua tersedia dan tidak kekurangan.

Teman-teman terimakasih atas dedikasi dan komennya.

1. Benar bhante,semuanya datang dr karma baik d masa lalu,it merupakan suatu rezeki d masa sekarang,tanpa karma baik semuanya kosong...walau dg sekuat tenaga mencari rezeki tetap menjauh...semoga pertanyaan ini d jadikan motivasi qt kedepan ny......ini merupakan pelajaran yg berharga...jika bertindak ingat sll hukum karma yg berlaku amithofo.

2. Namo buddhaya dan met pagi bhante, kekayaan tentunya datang dari sebuah usaha dan kerja keras yg didukung dgn kondisi dan buah karma baik dari kebiasaan gemar berdana baik pd kehidupan sekarang atau masa yg lampau. Be happy. Dalam nidhikhanda sutta, atau sutta penimbunan kekayaan/harta karun yg tdk bisa dicuri dan dirampas oleh orang lain, yg membuat seseorang yg gemar berdana memperoleh kemasyuran, umur panjang, kemolekan rupa serta kekayaan duniawi.

3. slmt pg bhante.Namo Budhaya..Saya stju dgn pendpt joe bhante....dgn berdana n beramal akan mendatangkan rejeki dan kemasyuran....berdana dan beramal tdk serta merta dengan uang tetapi jg bs dgn jasa..Kekeayaan bs dtg dr harta orgt...ua,jika sbg penerus tdk dpt memelihara maka akan hbs akan tetapi si penerus dpt menjaga dgn baik maka akan dpt dinikamati secara turun menurun....smua ad dgn karma nya uda jd org berada dan berikut kerja keras seseorg buat menjaga nya dan di sokongin dgn berbagi kpd org2 di sekitar kita (berdana n beramal),maka akan bhga serta tentram selalu hdp kita jd karma dan kerja keras ad slg keterkaitan nya tdk dpt dipisah..maaf bhante jika ad kata2 kurang berkenan...mohon pencerahan nya...

4. Met pagi bhante..melihat contoh petani yg rajin menanam, merawat,menjaga tanaman padinya agar menghasilkan panen berlimpah, walaupun kadang alam kurang bersahabat. Jadi kita terus berusaha berbuat baik, agar hasil perbuatan kita karma baik,walaupun sisa karma buruk masa lalu tetap mengikuti kita, mohon bimbingannya bhante..thanks,salam.

5. Namo budhaye bhante,kekayaan datang dengan usaha kita,kerja keras,semangat,dan juga karna karma baik masa lampau,dan jangan lupa berdana dan menolong orang yg membutuhkan,maka kekayaan itu akan abadi.met pagi bhante,maaf bila ada kata yg salah.

6. Bahwa org yg dulunya sering melakukan Dana maka kelak akan mendptkan materi yg lebih dari apa yg telah ia danakan... Selain itu ia harus punya tekad dan kemauan yg keras dlm beraktivitas serta jujur,ulet,tekun,pantang menyerah..dan hasilkan segala sesuatunya dlm bermata pencaharian benar / Usaha benar sesuai Dhamma Sang Buddha. Met pagi Bhante,moga sll sehat,sll semangat dlm membabarkan Dhamma.. dan Namo Buddhaya.

Namo buddhaya,met siang bhante!menurut sy saling mendukung satu sama lain,baik kerja keras klu karmanya buruk mk yg dihslkan akan gampang 'menguap',begitu juga karma baik tp gak ada usaha juga akan lewat saja!tp klu keduanya saling melengkapi maka mudah2xan menjd nikmat dunia.

7. kekayaan.... saya asumsikan dengan kekayaan material..seperti yg kita ketahui: jangan berpaku kepada karma masa lalu..meskipun ada pengaruhnya..yang paling penting adalah waktu SEKARANG.Kekayaan identik dengan sukses..Sukses....1% bakat......1% karma...98% usaha keras dan perjuangan..

8. nammo buddhaya bhante,kekayaan tentunya datang dari kerja keras tapi harus di dukung oleh karma baik,tapi ada juga yang tanpa berkerja keras tapi mendapatkan kekayaan.

9. Namo buddhaya bhante met pagi.tentu nya dengan kerja keras dan usaha yg akan membuat kita hidup lebih baik.dan tak lupa juga sisikan sedikit uang kita untuk org yg gak mampu,mungkin itu akan membuat kita bisa lbh baik lagi di kehidupan yg aka datang.

10. Namo Buddhaya Bhante,..Kekayaan tdk mgkn ada jk tanpa usaha dan kemauan tuk bekerja keras. karma adalah akibat dari perbuatan. Sesuai dgn benih yg ditaburkan itulah hasil yg akan kt petik, perbuatan baik akan membuahkan karma yg baik bukan ...kekayaan. Dan karma itu ada kalanya cpt berbuah n kemgknan bs jg pd kelahiran yg akan dtg.

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur, dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “