“ ORANG SUKA JADI BOS GEDE, KAYA-RAYA, YANG DISANJUNG TEMAN-TEMAN “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.
Diskusi tanya: Bhante, Mengapa di Dunia ini semua Orang suka Jadi Bos Gede yang disanjung kalau sudah mapan dan kaya raya? Serta dikagumi semua teman-temannya? Padahal itu semua adalah kepalsuan Dunia yang tidak kekal! Teman2 tolong kasih koment yang benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Teman-teman maaf kalau komen bhante salah. Hampir semua orang maunya kaya-raya, tapi belum tentu orang tsb suka jadi Bos Gede yang disanjung oleh orang lain. Jadi harus dibedakan antara mau kaya-raya dan mau jadi Bos Gede yang disanjung teman-teman. Kalau mau kaya-raya atau jadi Konglomeratpun tidak mudah, dan tidak semua orang bisa mencapai taraf seperti itu.

Sebutan orang kaya-raya juga relatif di zaman Edan ini. Pasalnya, apakah kekayaan tsb asli atau Aspal? Artinya, orang disebut kaya-raya belum tentu kekayaan tsb milik pribadi. Alasannya, banyak contoh orang disebut kaya-raya ternyata hasil hutang dari Bank, dsb (Aspal). Ketika perusahaannya bangkrut, semua Asetnya disita oleh Bank, malah masih kurang.

Faktanya; para Pejabat yang punya uang di bank lebih 100 Miliar, nampaknya seperti orang kaya-raya disanjung oleh teman- teman dan masyarakat. Tapi, tidak lama dia diringkus oleh pak Polisi atau KPK malah masuk Bui (buktinya; Gayus T).

Intinya ialah kalau orang suka jadi Bos Gede dan kaya disanjung oleh teman, hal itu bagus dan positif. Cuma, harus dengan cara yang benar, jujur dan tanggung jawab sama keluarga, dsb. Jangan sampai orang suka jadi Bos Gede, dsb, tapi dengan cara tidak benar, jahat dan tidak tanggung jawab sama keluarga, dsb. Bahkan segala cara di halalkan, maka akibatnya merugikan diri sendiri dan orang banyak.


Teman-teman terimakasih atas dedikasi dan komennya.


Semoga teman2 semua menjadi bos gede. Biar bisa memberi dana untung menunjang Sangha. Biar bisa memberi lapangan kerja pada orang banyak dan memberi mata pencaharian bagi keluarga para karyawan. Biar bisa hidup secara makmur, sehingga bisa ...memberi pendidikan yang baik bagi anak2. Biar bisa memelihara kesehatan, bisa panjang umur sehingga bisa berlatih melaksanakan Dharma lebih lama. Semoga teman2 semua menjadi BOS GEDE. Sadhu!

Namo Buddhaya, namaskara Bhante. Kalau kita sadar dan tahu bahwa alam bahagia adalah cita-cita yang harus di capai. Maka sanjungan teman menjadi tidak berarti. Menjadi Bos atau konglomerat kalau karena timbunan karma baik, maka tidak jadi ma...salah (malahan bagus, karena dapat digunakan untuk kebahagiaan banyak orang (membantu yg kelaparan, membantu pembabaran Dhamma dll)
Tapi kalau orang tsb masih ingin disanjung dan ingin dikagumi, maka orang tersebut memang belum menyadari bahwa alam bahagia adalah yg terbaik. Maka sesungguhnya orang tersebut akan berjalan lambat atau mundur menjauh dari alam bahagia.
Degan melatih kesadaran, maka kita akan sadar bahwa hidup ini adalah kesempatan yg harus digunakan sebaik mungkin mencapai alam bahagia(Nibbana). Dengan kesadaran tinggi, kita tidak akan melekat pada kekayaan atau jabatan, tetapi lebih melihat bahwa jabatan dan kekayaan adalah alat yg harus digunakan untuk mencapai cita-cita luhur (Nibbana).
"Jadi saya pikir kata kuncinya adalah kesadarannya kurang atau tidak ada. Dan Mungkin belum mengetahui alam bahagia." Ihklas, diidalam memanfaatkan harta untuk kebahagian semua mahluk. Didalam memberi jangan pernah berfikir bahwa saya memberi karena ingin mendapatkan buah karma baik, tetapi memberi karena inginkan mahluk/orang lain bahagia. Memberi karena tidak tahan melihat penderitaan orang lain. Inilah welas asih yang murni dan tulus. Vipaka baik tidak pernah hilang dan diambil orang lain. jadi melatih kesadaran sangat penting sekali, supaya jadi apapun kita, kita tetap dapat memposisikan diri dan bersikap baik tentunya sesuai Dhamma, Vinaya dan sila. (jadi orang kaya atau bos tidak akan sombong atau dipuji. Menurut saya seperti itu, Maaf kalau ada kata yg kurang berkenan. Namo Buddhaya, Namaskara Bhante

1. Pagi Bhante, Didunia ini yang dikejar manusia yaitu Harta dan Tahta, setiap orang berusaha untuk terus mengejar harta, krn dengan harta mereka akan mendapatkan Tahta. Dengan Tahta mereka mendapatkan kebahagiaan dalam hidupnya. Tapi semua...nya akan hilang musnah dengan sendirinya disaat ajal menjelang. Oleh karenanya Sang Buddha mengajarkan kita : Sabbe Sankara Anicca. Sabbe Sankara Dukka. Sabbe Sankara Anatta. Suatu ungkapan bahwa hidup adalah tidak kekal aja, duka adanya, dan tidak berwujud. Oleh karenanya pahamilah dan mengertilah akan Dhamma tsb, mk hidup kita akan lebih bermakna.Sadhu...sadhu...sadhu.

2. Namo buddhaya bhante ..Kalau menurut saya mereka mengejar itu semua hanya untuk kesenangan duniawi dan kebahagiaan di kehidupan sekarang tapi apa gunanya harta didunia ini jika tidak di barengi dengan harta dalam bathin....karena walau kita... mempunyai harta sebanyak apapun jika bathin kita di penuhi dengan kekotoran bathin? Lebih baik tidak mempunyai harta dunia tapi kita mempunyai jiwa kebuddhahan dan kita bisa menjalankan sila,samadhi,dan panna.

3. namaste bhante. kl mnurut saya bhante smua orang mngejar uang (harta), karena uang bukan sgalanya tp sgalanya pake uang. yg penting kita brusaha sminimal mungkin mnyakiti mahluk hidup lain, sring '' brdana k t4 ibadah,mlepas mahluk hidup,mbantu... sesama yg memerlukan.
kejarlah harta sbnyk''namun tetap berusaha brbuat kbjikan sbnyak''nya,sucikan hati & pikiran.
sabbe satta bhavantu sukhitata,smoga smua mahluk hidup brbahagia. sadhu.

4. Namo Buddhaya Bhante! Kuncinya hanya 1 keseimbangan. Kita tidak mungkin mempunyai Vihara Ýåħġ megah n nyaman tanpa bantuan dr para Donatur Ýåħġ secara ekonomi cukup. MEnjadi Bos gede itu tidak salah Ýåħġ penting hrs tetap SAdar Bahwa itu tidak kekal/Anicca.

5. Nama Budhaya bhante, Pd umumnya mrk memiliki kekayaan,kepintaran,akan mjdkan merreka sombong,dan kita tdk tw dlm diri kita ini spt mrk ato tdk,mrk dgn keadaan begitu bhga,bangga apa yg mrk miliki,setidaknya kita blh bangga thdp apa yg kita m...iliki tp bs dikatakan bangga lg,kita bs berbagi kpd org2 di sekitar kita dengan berbagi ilmu(jasa) dan berbagi uang(berdana dan beramal) kpd mrk yg tdk mampu,sehingga mrk dikatakan dpt membahagiakan semua mahkluk hdp,...mohon pencerahan bhante klo ad kata2 yg salah.

6. Karena segalanya mo pake duit..ga ada duit ga isa hidup!! mempunyai keinginan jd bos gede bagus dong...sy jg selalu memotivasikan diri utk jd bos gede...hehe....tp jd bos gede hrs diimbangi dgn perbuatan baek.....kalo hanya ke vihara tiap mi...nggu kalo ga ada duit jg ga isa hidup kan? begitu pula dengan punya duit bnayk2...hati kacau...jg percuma kan??? yah bahasa gampangnya gitu deh..:)

7. Kegelapan batin yg menyebabkan keserakahan dan irihati yang pada akhirnya menimbulkan kebencian.Kebencian yang menebal akan menimbulkan kegelapan batin..demikian seterusnya.Semua itu akan menimbulkan kamma yang menimbulkan dukkha.Pada dasarnya orang lebih senang kenikmatan indria krn kegelapan batin tadi.Maka dr itu benar menurut saya pribadi kalau hanya ajaran BUDDHA yang bisa membebaskan kita dari hal2 diatas.Asalkan kita mau benar2 melaksanakannya.Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta.

8. Marilah kita gunakan kekayaan dunia yang tidak kekal ini untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi orang banyak..., sehingga kita merubah sesuatu yg palsu menjadikan sesuatu yang sejati.
Gunakan kekayaan mu untuk berdana pd Bhikku Sangha,... membangun Vihara,mencetak kitap suci, berdana ke panti asuhan dan panti jompa serta Fangsen makhluk hidup. (Terima kasih Bhante Sudhammacaro).

9. Memang hidup didunia ini perjuangan amat berat, keras,ada berhasil ada yang tidak dalam usahanya,,orang yg berhasil dalam hidupnya akan selalu bangga atas keberhasilannya dan biasanya disanjung oleh teman dan kerabatnya,bagi yang tidak janganlah berkecil hati kejarlah dgn pikiran yang positif dan ketekunan serta kemauan yg keras kelak dia akan berhasil juga.itulah makna tujuan hidup di dunia ini untuk menjadi orang yang sukses dan kaya.tetapi tidak sombong hati.dan slalu merendahlah seperti air lautan.

10. Mau jadi bos gede atawa kecil yg baik lakukan Sila, Samadhi & Pañña. Dan kehidupan didunia ini tidak kekal, tanpa Aku dan menanggung beban. Maka dari itu berusahalah dengan sungguh2.

11. Namo buddhaya bhante...met siang.mmg manusia smua ingin menjadi terkaya dari yg kaya.karna manusia masih di liputi keserahkahan yg tak bisa di lepaskan.karna harta juga manusia akan hidup senang dan apa yg dia mau akan tercapai smua.jadi tidak ada seorang pun yg Tidak mengiginkan hidup sengsara.itulah sifat mannusia yg susah untuk di hilangkan.
12. Kalo ak biarin..ajalah maunya orng itu gmana...yg penting kalo kita uda kaya..hrs tetep inget bhwa semua itu gak kekal..
13. Namo Buddhaya Bhante, Menurut Saya Mereka Masih terikat sama NAFSU Indrawi. dan tidak pernah merasa puas.

14. Karna msi ada ego dan kesombongan. Cuma arahat yg tdk.

15. Karena kami masih manusia biasa yg mempunyai hasrat..dan hasrat itu tidak pernah terpuaskan..

16. Lebih baek kita lebih mengoreksi diri..apakah kita tdk spt itu kalo kita uda mapan?ataukah tdk lebih sombong lagi ??

17. karena manusia mempunyai kebodohan (moha) dan kegelapan batin (avijja), berpikir dengan mendapat kekayaan dan sanjungan, maka mendapatkan kesenangan lainnya bahkan semua kesenangan....padahal cara kerja batin manusia itu ada batasnya kemudi...an berakhir jenuh dan derita....contoh orang haus di padang pasir minum air gelas 1 dan 2 hilang dahaga tetapi gelas 3,4,5,6 dan seterusnya akan kembung dan derita......begitu juga kalau disanjung terus tiap detik juga bisa jenuh.....berpesta pora tiap hari berakhir jenuh....tamasya tiap hari juga berakhir jenuh.....kebahagiaan sejati hanyalah di hati orang-orang yang mencapai pencerahan (kebijaksanaan buddha)

18. namaste bhnte..bnyk orng kya yg tau sila yd di mulainya dr nol smpai dia sukses mnjadi sorng yg mapan tetapi hatinya tetap bershja tanpa memndng orng dgn sblh mta..yg ingin sya tnya kn bhnte knpa orng yg bru kya alias(okb)prilaku krakter memndng rendah dan sring mngadu domba antr sesma malah lbh mudah jln rejekinya dr pad orng yg slalu sbar dn tbah mnghdpi smua ujian dan cbaan...sabbe satta bhawanthu sukki tatta.

19. Namo Buddhaya, Selamat Malam Bhante. Ada satu kalimat bijak dari Bhante Pannavaro yang selalu akan melekat di dalam hati umat ini. ''MANUSIA HARUS MENGENAL KATA/RASA CUKUP" . Semoga Bhante Dalam Keadaan Sehat. Sadhu, Sadhu, Sadhu.

20. Pernah ada yg menasehati saya dan kata2nya akan saya ingat terus kata dia jgn jadi org kaya tapi lebih enak jd org sukses

21. Bhante,dmana aja org jd boss dhormati,dsmbut,org ssh blm tntu d hormati dknl aja tdk mau.

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur, dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “