Fenomena Dhamma

Monday, December 06, 2010

“ ORTU PILIH KASIH SAMA ANAK PEREMPUAN “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi: Tanya; bhante kenapa papa sendiri tidak begitu sayang sama anak perempuan, tapi sayangnya sama anak lelaki. Malah orang lain yang sayang anak perempuan tsb? Benar tidak, anak perempuan ibarat anak orang lain, sedangkan anak laki-laki adalah anak kandung yang disayang? Mengapa Tradisi begitu dipelihara? Teman2 tolong kasih koment yang benar dan berguna, sadhu.

Jawab: ortu yang tidak sayang anak perempuan sudah tradisi dari zaman dulu. Anak pria yang dianggap bisa sebagai penerus keluarga. Maka, ortu kebanyakan lebih sayang anak pria.

Teman-teman terimaksih atas dedikasi dan komennya.

1. It karena laki2 sbg pnerus keluarga,baik nama,marga, tanggung jwb untk merawat ortu..smua jath pda laki2.. sdgkan permpuan stlh menikah dy akan ikt dgan suaminya..it pkiran org jaman dlu,, tpi skrg papa mama sya sdh brpkir lain, anak permpu...an sma aja dgn laki2.. Tdk jauh beda..jd sbg anak hrus mberi pngrtian n kykinan pda mrka bhwa qta tdk akn pernh meningalkn mrka walopun ud brumh tangga ntinya.. Tanamkn lha dhamma pda ortu qta..smga brmanfaat..
saddhu..

2. Sama seperti pribhasa, "rumput tetangga sllu trlihat lebii hjau".,bgtu jg qta memandang sgala ssuatu..
Mungkn itu ad d pkran qta, jd qta sllu brasumsi spt itu..Tdk mungkin orangtua tdk menyayangi ank sndri..Papa thu memang biasa trlihat lebi... dingin.,namun hatiny tntu saja menyayangi putriny.,cthny, skrg saya tggal bda kota dgn papa utk kulia.,dan papa jd lebi prhatian..Thu tndany papa sbnrny pduli., tp jrg d tunjukan..Atau., cba hapus pkran itu trlebih dahulu, trz pkirkan lg apa yg uda papa lakuin bwad qta.,
apa yg uda papa kasi bwad qta.,qta d besarkan, d rawat, d beri pndidikn, thu sala satu cara papa nunjukn rasa syg ny..Timbang lg smw itu., baru pkrkan lg, apa benar smw pkran thu..

3. Namo Buddhaya, Namaskara Bhante. Kalau orang tua memiliki sifat yg kuat seperti itu atau Kalau Orang tua masih menganut tradisi yang kuat seperti itu. Maka tidak mungkin bisa diubah dalam waktu yg singkat. Menentangnya dengan cara yang keras ...atau debat kusir adalah perbuatan yg tidak baik dan tidak menghasilkan solusi. Sifatnya yang pilih kasih, jangan sampai membuat anda melupakan jasanya sebagai orang tua. Bukan hal yang gampang untuk membesarkan dan mendidik anak. Cobalah untuk mengingat jasanya, ketimbang menginagt kekurangannya (ini untuk menghindari rasa tidak suka atau mungkin benci kepadanya). Setelah itu cobalah luluhkan hatinya dengan cara, melakukan hal yang baik, memperhatikannya, merawatnya dstnya.

4. Mungkin hatinya akan tersentuh dan luluh. Banyak yg berpendapat, kalau anak dapat merubah orang tua yang tidak bijaksana menjadi bijaksana akan memperoleh vipaka baik dari karma baik tsb.Bukankah lebih berharga vipaka baik ? karma baik akan berbuah kemudahan pada kehidupan sekarang dan akan akan datang.Dan satu yang tak boleh dilupakan, Melakukan hal yang buruk pada orang tua atau durhaka, akan menimbulkan malapetaka berupa vipaka buruk yg tak terbayangkan beratnya.Jadi janganlah mengingat terus kekurangannya, ingatlah kebaikannya, ini akan lebih bijaksana. Luluhkan hatinya dengan merawat dan menyayanginya. Dengan Demikian anda adalah anak berbakti. Menjadi anak berbakti lebih baik daripada menjadi anak yg disayangi. Mohon Maaf Kalau Kurang berkenan. Namo Buddhaya, Namaskara Bhante.


5. namo Amitofo bhante.Ju2r sy t/ p'nah share dg p2 sy, n sy t/ t'lu dekat dg p2 sy, tp sy dg m2 sy, km sprt best friend. Tp wlu bgt, p2 sy peduli n syg dg sy, p2 t/ p'nah mencuekn sy, n t/ membdkan dg 2 dik sy yg laki2, tp mmg p2 sy mendi2k ...adk sy dg keras, krn dy adl a man. Amitofo.

6. Namaste Bhante izin ikut memberi komentar. saya pikir sebagai anak baiknya berbaik sangka dengan orang tua. memang ada di suku suku tertentu dianggap laki laki sebagai penerus marga dan tulang punggung keluarga, sehingga orang tua memberik...an warisan, memberikan pendidikan yang lebih kepada mereka supaya kelak bisa memikul beban yang lebih berat. dalam hal kasih sayang justru biasanya bapak lebih memanjakan anak perempuan dibandingkan dengan anak laki-laki, mereka tidak boleh bermanja karena kuatir nantinya cengeng dalam menghadapi kehidupan. jadi sebenarnya masing masing punya derita nya sendiri. dan itu juga tidak terjadi pada setiap keluarga. orang tua juga punya nilai plus minus sendiri.. mereka juga manusia.. terima lah apa adanya.

7. Namo Buddhaya Bhante menurut saya ga gt ar buktinya alm.papa saya lbh sayang ama saya ketimbang sama ko'' tau ddek w segala sesuatu slalu alm.ceritakan sama saya n kalau ada masalah saya slalu cerita ma papa dulu n beliau selalu kasi saran ...n hibur saya tu lah yg saya rasakan ketika alm. Masi hidup saya merasa paling bahagia beliau slalu ada untuk w n w paling sayang n bangga sama alm. Yg tdk kenal lelah disaat sakit parah pun dia masi ingat krjannya n sblm wafat beliau byk pesan sama w . Mgkn ini karna ikatan karma masa lalu kami yg baik maka hub.kami baik.

8. bener tuh..ank prmpuan gak disayang dgn papa..itu aku alam-in sendiri..tpi kalo soal pengeluaran biaya untuk keluarga..aku duluan tuh yg dipanggil...mau gimana lagi??? kalo soal dipuji-puji..gak pernah sekalipun aku di disebut..malah ank laki-lakinya terus yg di sebut-sebut

9. Namo Budhaya bhante,Slmt mlm,...Mnrt saya itu tergantung orgtua nya sendiri ya,tdk smua orgtua begitu,buktinya kami 2 saudara perempuan smua ga da laki2 nya,justru papa sangat menyayangin kami berdua tdk ad perbedaan satu dan yg lain nya,it...u semua balik lg ke orgtua nya msg2 ya,mgkn saja mase ad yg berpikiran spt jaman jadul yg mn ad cow disayang dan di dewakan sbg penerus keluarga,klo anak cew dikucilkan dan tdk disayang,pdhl derajat perempuan dan laki2 skg uda sama kedudukan nya,malahan perempuan bs menjaga anak dan mencari duit.


9. sy rasa semua orang tua pasti sayang sm semua anaknya baik cwek or cwok,cm mungkn kadang rasa sayang tidak di tunjukan langsung ke kita. Atau mungkn jg orang tua tidak bs mengekspresikan rasa sayang nya ke kt.Sekedar share,sy anak 1 cwek n ...1 adik sy cwok.dulu sy selalu berfikir mama terlalu sayang ke adik sy sehingga smua hal jd prioritas utknya.kok mama gak sayang saya yah???tp mama tetap jd org yg paling sy sayang. tp pada saat mama saya meninggal ,msh di rmh duka adik n ipar saya cerita kl mama di tpt mereka cc yg selalu di pikiran n selalu mau pulang krn selalu mikirin cc sama siapa yah di rmh,mkn apa n lainnya. Intinya kita tidak tau apa yg ada di hati orang tua kita,tp yang pasti cintailah orang tua kita dgn apapun kondisinya selama masih ada kesempatan,krn kita tdk tahu sampai kapan kesempatan itu ada.saya yg hampir tdk ada konflik dgn mama sy saja msh ada rasa sesal n kehilangan yg dlm(dah hampir 3 thn) apalg kl kt ada konflik pasti seumur hidup akn jd penyesalan.Terimalah segala situasi dgn lapang dada n berikan cinta n kasih kita dgn tulus kepada orang tua,pasti akan dapat kebahagian tuk diri kita sendiri juga. Syukurilah semua berkah yg kita dapat Mohon maaf apabila ada kata2 sy yg salah.BBU all...

10. Kebanyakan org di indo msh berpikir anak laki2 yg lbh baik, anak laki yg harus mendapat lebih...
padahal anak laki n perempuan pny hak yg sama sbg anak. justru yg sering sy lihat, anak laki2 stlh dewasa lbh banyak mengurusi keluarga istrin...ya, anak perempuan yg lbh berbakti pd ortu.
*gak semua lho..


11. capede..dh abad ke brpa ene?? anak laki" atau anak prmpuan sm ja dilahirkan dri cinta kasih dari rahim istri yg dikasihi..msh mmbeda"kan?? sama aja kale.....tp..bisa aja anak perempuan g begitu jodoh ama sang ayah...hmm..

12. tradisi dari jaman dulu. Karena anak laki sebagai penerus keturunan.

13. Nammo Budhaya bhante...Menurut saya tdak semua pa2h hnya menyayangi ank laki2'a saja,yg saya rsa kan pa2h saya lbh dkt dgn saya dri pda ko"h sya ank laki2'a.
14. Betul itu bhante...dikluarga sya jg gtu...sya ank ke2 dri 3brsodara...papah n mamah sya syang bgt ma ko" sya...truz ma adik prempuan sya...sdangkan sya,no pling akhir....makanya sya gag pduli dgan apa yg tjdi ma kluarga sya..toh mrka jg gag pduli ma sya...

15. Namo Budhaya Bhante wah itu sih papanya yg g mau menerima anaknya sendriri laki maupun perempuan sama aza emeng kita bisa menentukan mo dikasih anak jenis kelamin apa ... syukurin pemberianNYA anak anugrah dan rejeki buat ortu.
16. benar sekarang jaman moderen tapi tradisi kolot masih berlaku di dunia ini. Khususnya keturunan China.

17. Anak laki atau perempuan bagi saya sama saja bhante, memiliki hak yang sama dan kita sebagai org tua wajib berlaku adil. Org tua yg benar tanpa diberi tahu pun secara otomatis akan menyayangi anaknya semua dengan sama tanpa pengecualian......selamat malam bhante...terima kasih.

18. namo buddhaya bhante,klu di keluarga sy gk kyk gt papa syg bgt ama ank perempuan sampai menantu jg syg,sebetulnya itu bkn tradisi tp tergantung ama orgnya aja.kami 10 saudara 5 laki2 5 perempuan tp ortu gk pernah pilih kasih.

19. Betul.tapi mungkin kasih sayang ke anak ceweknya lebih sedikit. Ke anak lakinya lebih banyak.orang tua dulu gitu lebih sayang anak laki. Tapi biar gimanapun pasti sayang juga ama anak ceweknya .jangan pikir gitu .bisa juga karma dulu.

20. Namo budhaye bhante,memang ada sebagian orang tinghoa,lebih sayang sama anak lelaki kerena mereka menganggap anak lelaki adalah penerus marga dan bisa menjaga mereka kala usia senja,namun sekarang anak lelaki dan perempuan adalah sama semua orang tua pasti menyanyangi anaknya.

21. saya rasa tidak semuanya begitu,kalau adapun persentasenya sedikit.semua orang tua tetap akan sayang anaknya laki maupun perempuan.

22. Namo buddhaya....bhante dan tman diskusi met malam,klu mnurut sy tidak smua org tua syng sama anak cowok.mmg klu tradisi kuno lebih meyanyangi anak laki2 karna mereka akan meneruskan marga spanjang mereka hidup ,turun temurun agar marga nya... tidak sirna dan slalu ada generasi berikut nya. Makanya anak laki2 slalu di agungkan dan di syng.tp skrg sudah tidak jaman lagi,makanya untuk org tua yg baca komen ini mungkin nanti bisa sadar klu masih ngikutin tradisi lama, sdh saat nya berubah karna anak laki atau perempuan sama saja.mf ini hanya mnurut sy saja.sadhu3x

23. Tergantung orangnya, ada juga yg pro anak lelaki. Sebagai ayah harusnya lbh berusaha menjaga kehormatan anak perempuannya agar tidak mendapat jodoh lelaki yg buruk. Dgn cara hrs dekat sama anak perempuannya dan tentu jg mendidik anak lelaki dgn komunikasi yg tidak mendikte, hrs anggap anak sbg teman biar gak merasa ortu itu menyebalkan. Anak perempuan itu asset yg berharga. Karena anak perempuan lbh perduli org tua ketimbang anak lelaki. Dan yg penting harus dapet jodoh yg bagus agar hidupnya mapan dan membuat orgtuanya bangga.

24. Klu lebih masih membedakan kasih sayang antara anak laki2 dan perempuan berarti pemikiran ortu tsb blum dewasa.. Semua anak sama..

25. Rasanya papa justru plg sayang sama anag perempuan.. Kalo mama bru plg sayang sama anag laki2.. Wkwkwk.

26. Sbg ortu baik, pasti sayang ank2 mrk L/P. Sbg anak kita wajib sayang & berbakti kpd ortu apapun yg mereka lakukan & berikan kpd kita. Berbahagialah kita yg msh memiliki ortu, krn merekalah dewa/dewi terdekat kita.

27. NB bht... _/\_ i2 artinya org tua kulot... Tp hrs di tanya dl bgm sikap ank perempuan trsebut dan bgm pendekatan sm papanya... Tp seharusnya ank perempuan tsbt tdk perlu pikir gmn skp papa trhadapnya ..teruslah berbakti dan brbuat baik pasti papa punya kasih sayang jg sm ank perempuannya..

28. salam metta bhante itu se orang keluarga yg tidak mensyukuri anugerah yg di berikan tuhan karna setiap manusia adalah sama tidak ada bedanya terima kasih sadhu3x,,,,

29. kayak nya ga jg,buktinya bokap gue plg sayang ama gue,tp mungkin diantara anak nya,pasti ada yg paling Disayang.baik itu anak perempuan atau laki2..

30. Namo buddhaya bhate....met siang.klu mnurut sy setiap ortu pasti syang sama smua anak nya gak pandang cwek atau cwok sama saja.cuma ada cara sendiri dia menyayangi anak nya.gak sampe harus di tonjolkan.klu sikap org tua uda kayak gini kita jgn ikut meyalakan ortu malah harus sbalik nya kita harus lbh berbakti lagi dan meyayangi ortu.

31. enjoy aja.....terima aja apa ada nya...semua yg ada di sekitar kita adalah org2 yg mempunyai tali karma ama kita...toh kita ga isa milih orang tua kita...ga isa pilih kakak adek kita......cmn isa berbuat banyak berbakti thp ortu...krn mereka gimana pun punya jasa yg bnayak terhadap kita...

32. namo buddhaya bhante,kdg ortu membedahkan ank bkn karna gk syg tp mungkin ada ortu yg gk tau crnya untuk dkt dgn ank jd ksnnya seperti membedakan semua ortu pasti syg ama ank,jd kt wajib berbakti sama ortu.kdg harapan ama kenyataan tdk sesuai.

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur, dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.

Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home