Confucius Guru Moralitas Pertama di Dunia- Nasihat & Contoh Keteladanan.. Kitab Di Zi Gui ke-34.




道人善,既是善
人知之,愈思勉
扬人恶,既是恶
疾之甚,祸且作

Dao ren shan, ji shi shan
Ren zhi zhi, yu si mian
Yang ren e, ji shi e
Ji zhi shen, huo qie zuo

Merasa senang melihat orang lain berbuat kebaikan adalah sebuah tindakan yang terpuji. Jika yang bersangkutan mengetahui kita memuji kelebihannya, maka ia akan lebih bersemangat untuk maju. Sebaliknya, menyebarkan kejelekan/kelemahan orang lain merupakan tindakan yang merugikan semua pihak. Jika sampai orang tersebut mengetahui kita tidak menyenanginya, bisa jadi ia menyimpan rencana jahat untuk membalas.

Pada jaman dinasti Song, hiduplah seorang pejabat yang bernama Lu Meng Zheng吕蒙正, berkepribadian jujur & berhati lapang. Suatu ketika, pihak kerajaan hendak mengangkat seorang pejabat tinggi, mayoritas pejabat yang ada merekomendasikan nama Lu Meng Zheng. Akan tetapi, terdapat seorang pejabat yang tidak setuju. Di hadapan baginda raja, ia mengungkapkan kejelakan Lu Meng Zheng. Salah seorang teman sejawat Lu Meng Zheng merasa sangat marah terhadap perlakuan tersebut, bersikeras ingin mencari tahu siapa pelakunya.

Lu Meng Zheng mencegah rencana tersebut dengan berkata:” Masalah itu telah berlalu. Saya sendiri juga tidak mengetahui siapa dalangnya. Jangan terlalu memihak kepada saya, bukankah lebih baik anda bersikap netral?”Berita ini pada akhirnya terdengar oleh sang pejabat yang melakukan fitnah terhadap Lu Meng Zheng. Ia segera menemui Lu Meng Zheng untuk meminta maaf. Sejak saat itu mereka bersahabat baik.

Di dalam pasukan yang dipimpin oleh Lu Meng, terdapat seorang bawahan yang bernama Gan Ning甘宁, perangainya kasar & mudah marah. Dalam kesehariannya tidak menaruh hormat terhadap atasan & sering menentang Lu Meng, bahkan perintah dari Sun Quan孙权berani diindahkan. Meskipun demikian, Lu Meng memperlakukan dia dengan sangat baik. Ketika ada orang yang mencibirnya, Lu Meng senantiasa memberikan pembelaan:”Gan Ning memang perangainya buruk, akan tetapi sangat gagah berani di medan perang.

Lebih baik kita banyak memberikan toleransi, jangan hanya karena perangainya lantas menyingkirkan dia.”Di hadapan Sun Quan, Lu Meng berkali-kali menceritakan kebaikan Gan Ning. Karenanya, Sun Quan juga bisa memperlakukan Gan Ning dengan baik. Lambat laun, Gan Ning menunjukkan kemampuan yang sebenarnya, banyak memenangkan pertempuran. Karena Lu Meng memiliki jiwa lapang dada & sebagai pemimpin mengenal baik kemampuan bawahannya, dapat memuji kelebihan orang lain & tidak mempermasalahkan kejelekannya, ia dapat membantu Sun Quan menemukan seorang kader yang berbakat.

Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.

Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.



Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “