Confucius Guru Moralitas Pertama di Dunia- Nasihat & Contoh Keteladanan.. Kitab Di Zi Gui ke-29.




闻誉恐,闻过欣
直谅士,渐相亲
无心非,名为错
有心非,名为恶

Wen yu kong, wen guo xin
Zhi liang shi, jian xiang qin
Wu xin fei, ming wei cuo
You xin fei, ming wei e

Sebaliknya bila kita setelah mendengarkan orang lain memberi pujian menjadi merasa kuatir, senang hati menerima kritik dari orang lain. Lambat laun orang yang tulus hati & jujur akan senang untuk bergaul dengan kita. Tampa sengaja berbuat salah dinamakan lalai. Kesalahan yang disengaja adalah wujud kejahatan.

Tang Tai Zong唐太宗 adalah seorang raja yang baik, berdedikasi penuh & mencintai rakyat. Beliau terkenal sebagai seorang raja yang dapat menerima kritik/nasehat dengan rendah hati. Suatu ketika, Tang Tai Zong memerintahkan untuk merenovasi istana di daerah Luo Yang洛阳. Istana tersebut sedianya digunakan sebagai tempat singgah bila datang berkunjung ke tempat tersebut. Salah seorang pejabat yang bernama Zhang Xuan Su张玄素 memberikan nasehat:”Membangun istana di Luo Yang bukanlah hal yang mendesak untuk dilaksanakan.

Dulu ketika anda menghancurkan dinasti Sui隋,bukankah menghancurkan seluruh perabotan mewah yang ada di dalam istana tersebut. Kejadian itu masih belum ada 10 tahun. Mengapa hendak merenovasinya? Sekarang ini keuangan kerajaan belum sebanyak yang pernah dimiliki oleh dinasti Sui. Baginda merenovasi istana Luo Yang adalah untuk kepentingan pribadi. Bukankah hal ini sama dengan mengikuti kelaliman Sui Yang Di隋炀帝, sehingga dinasti Sui mengalami kehancuran?”Mendengar kritikan dari Zhang Xuan Su, baginda Tang Tai Zong tidak marah, justru merasa sependapat. Baginda Tang Tai Zong merasa berterimakasih atas kritik yang diberikan, segera mengumumkan pembatalan rencana renovasi istana Luo Yang.

Pada kesempatan yang lain, baginda Tang Tai Zong mengunjungi daerah Luo Yang. Beliau merasa tidak senang & murka karena perabot & peralatan yang tersedia tidak lengkap-ala kadarnya. Pada saat itu, seorang pejabat yang bernama Wei Zheng魏征memberikan kritik:”Hanya karena masalah kecil, perabot & peralatan yang tersedia kurang lengkap anda menjadi marah. Cobalah baginda sedikit tenang & berpikir panjang. Kejadian hari ini bisa memicu para pejabat berbondong-bondong bersaing memberikan banyak hadiah berupa perabot untuk menyanjung & menyenangkan anda. Pada akhirnya beban rakyat menjadi bertambah.

Sui Yang Di menilai baik-buruknya kinerja seorang pejabat berdasarkan hadiah yang diberikan. Para pejabat melakukan korupsi besar-besaran untuk mengambil hati Sui Yang Di. Dari tahun ke tahun pemerintahab Sui Yang Di menjadi merosot, hancurlah dinasti Sui.”Mendengar penjelasan dari Wei Zheng, Tang Tai Zong menjadi tersadar & merasa dirinya bersalah.


 

Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.


Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “