Confucius Guru Moralitas Pertama di Dunia- Nasihat & Contoh Keteladanan.. Kitab Di Zi Gui ke-30.




过能改,归于无
倘掩饰,增一辜
凡是人, 皆须爱
天同覆,地同载


Guo neng gai, gui yu wu
Tang yan shi, zeng yi gu
Fan shi ren, jie xu ai
Tian tong fu, di tong zai


Setiap orang pastilah pernah melakukan kesalahan. Jadikanlah suatu kesalahan sebagai bahan introspeksi diri. Bila dapat tidak mengulangi kesalahan yang sama baru dapat dikatakan berhasil memperbaiki diri. Mencari alasan untuk menutupi kesalahan yang telah dilakukan hanya akan menjadikan diri sendiri merugi. Setiap orang harus memiliki sifat saling memperhatikan & saling menyayangi. Kita semua hidup di bawah langit & di atas bumi yang sama.

Pada jaman diansti Wei Utara北魏, hiduplah seorang jenderal yang bernama Zhen Chen甄琛. Semasa muda, Zhen Chen sangat gemar bermain catur. Suatu ketika hari telah gelap, akan tetapi kegemaran bermain caturnya belum juga terpuaskan. Zhen Chen menyuruh seorang bujang tua memegangi lilin sebagai penerangan untuk melanjutkan bermain catur. Karena telah lelah bekerja sepanjang hari, sang bujang tua kehilangan konsentrasi. Tampa sengaja, ia menjatuhkan lilin yang dipegangnya.

Zhen Chen menjadi murka & ingin memukul sang bujang tua. Dengan penuh rasa bersalah, sang bujang tua berkata:”Jika anda menyuruh saya memegangi lilin sepanjang malam sebagai penerangan untuk belajar, saya akan dengan senang hati melakukannya. Akan tetapi jika anda menyuruh saya memeganggi lilin sebagai penerangan untuk memuaskan kegemaran bermain catur & masih ingin memukul. Ini sungguh tidak dapat ditoleransi.”Mendengar perkataan dari sang bujang tua, Zhen Chen merasa sangat menyesal. Sejak saat itu, ia menjadi tekun belajar. Pada akhirnya dapat menjadi seorang jenderal besar yang sangat dihormati orang.

Pada jaman dinasti Song, masa pemerintahan Song Zhen Zong宋真宗 hiduplah 2 orang pejabat. Seorang bernama Wang Dan王旦, seorang yang lain bernama Kou Zhun寇准. Wang Dan adalah seorang pejabat daerah Zhong Shu中书, sedangkan Kou Zhun adalah seorang pejabat di pusat dokumentasi kerajaan枢密院. Kedua orang pejabat ini memiliki sifat yang berbeda. Wang Dan dikenal murah hati, sedangkan Kou Zhun jujur & keras. Di hadapan baginda Song Zhen Zong, Kou Zhun seringkali membuka kelemahan Wang Dan. Akan tetapi, Wang Dan justru sering memuji kelebihan Kou Zhun.

Saat baginda memberitahukan perbuatan Kou Zhun, Wang Dan dengan tenang berkata:”Saya pastilah memiliki banyak kekurangan. Kou Zhun dapat menunjukkan kesalahan saya, berarti membuktikan jika ia adalah seorang pejabat yang setia.”Suatu ketika, daerah Zhong Shu mengirimkan dokumen ke pusat dokumentasi kerajaan. Sayang, ada sedikit kesalahan dalam menyusunnya. Kou Zhun segera melaporkan kesalahan Wang Dan kepada baginda Song Zhen Zong. Atas pengaduan dari Kou Zhun, Wang Dan mendapatkan hukuman.

Pada kesempatan lain, bagian pusat dokumentasi kerajaan juga melakukan kesalahan yang sama. Para bawahan Wang Dan ingin menggunakan kesempatan ini untuk membalas dendam, akan tetapi tidak diperkenankan oleh Wang Dan. Wang Dan mengembalikan dokumen tersebut kepada Kou Zhun untuk diperbaiki. Mendapat perlakuan demikian, Kou Zhun merasa menyesal. Dengan bersoja, Kou Zhun berkata kepada Wang Dan:”Anda adalah seorang yang penuh toleransi.”



 

Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.


Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.

  

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “