Confucius Guru Moralitas Pertama di Dunia- Nasihat & Contoh Keteladanan.. Kitab Di Zi Gui ke-32.



己有能,勿自私
人有能,勿轻訾
勿谄富,勿骄贫
勿厌故,勿喜新

Ji you neng, wu zi si
Ren you neng, wu qing zi
Wu chan fu, wu jiao pin
Wu yan gu, wu xi xin

Ketika kita memiliki kemampuan untuk menolong orang lain jangan bersikap egois, hendaknya dengan suka cita membantu orang lain yang membutuhkan. Mendapati orang lain lebih mumpuni daripada kita jangan mencela, justru harus belajar lebih banyak dari dirinya. Jangan menjilat orang yang kaya, juga jangan bersikap sombong terhadap mereka yang lebih tidak mampu daripada kita. Hal/teman yang lama tidak selalu buruk, begitu pula hal/teman yang baru tidak selamanya baik. Oleh sebab itu, jangan karena membenci/bosan terhadap hal/teman yang lama, lantas menyukai/gandrung terhadap hal/teman yang baru.

Pada jaman Chun Qiu春秋, di kerajaan Jin, daerah Nan Yang南阳 tidak memiliki seorang kepala daerah. Baginda Jin Ping Gong晋平公 meminta pendapat kepada Qi Huang Yang祁黄羊 mengenai siapa yang layak untuk menduduki jabatan sebagai kepala daerah Nan Yang. Qi Huang Yang merekomendasikan nama Xie Hu解狐kepada baginda Jin Ping Gong. “Xie Hu? Bukanlah ia adalah musuh kamu?”, tanya sang baginda dengan penuh rasa heran. Qi Huang Yang menjawab:”Baginda bertanya kepada saya siapa yang pantas untuk menjadi kepala daerah di Nan Yang, tidak menanyakan apakah Xie Hu adalah musuh saya?”Setelah menjadi kepala daerah di Nan Yang, Xie Hu menunjukkan prestasi & kemampuannya, apa yang dikatakan oleh Qi Huang Yang terbukti. Pada kesempatan yang lain, kerajaan Jin membutuhkan seorang hakim. Kali ini Qi Huang Yang merekomendasikan putranya yang bernama Qi Wu祁午untuk menenpati jabatan tersebut. Dengan terkejut baginda Jin Ping Gong berkata:”Qi Wu adalah putramu sendiri.”Qi Huang Yang menjawab:”Anda hanya bertanya: siapa yang layak untuk menjadi hakim di kerajaan Jin.”Setelah menjadi menjabat sebagai hakim, Qi Wu mendapat banyak simpati & dukungan dari rakyat. Kong Zi memuji Qi Huang Yang sebagai seorang pejabat yang tidak egois, mementingkan kepentingan orang banyak.

Tao Yuan Ming陶渊明adalah seorang penyair pastoral yang hidup pada jaman dinasti Jin Timur东晋. Kepribadiannya mulia, tidak mengejar nama & keuntungan. Pada tahun 405 M, beliau menjabat  sebagai kepala daerah Peng Ze彭泽. Suatu ketika, datanglah seorang pejabat penyelia ke daerah Peng Ze untuk melakukan sidak & kunjungan. Pejabat penyelia ini perangainya kasar & suka menggunakan kekuasaan untuk kepentingan pribadi. Demi menunjukkan gengsi & wibawanya, sang penyelia meminta Tao Yuan Ming untuk datang menghadap kepadanya. Saat hendak berangkat menemui sang penyelia, langkah kaki Tao Yuan Ming dihentikan oleh salah seorang bawahannya. Ia berkata kepada Tao Yuan Ming:”Tuan jika hendak bertemu dengan sang penyelia harus menggunakan pakaian dinas. Bila tidak berpakaian dinas berarti melanggar tata krama. Jika sang penyelia sampai melaporkan kepada baginda raja, hal ini sangat merugikan anda.”Usai mendengar penjelasan tersebut, dengan marah Tao Yuan Ming berkata:”Untuk apa saya demi 50 liter beras gaji sebagai seorang pejabat, harus menghormati seorang yang rendah budi?”Usai berkata demikian, Tao Yuan Ming segera menulis surat pengunduran diri & mengembalikan stempel kepala daerah.


Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.

Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.


Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “