Bagaimana si dungu membedakan orang?




NASIHAT KUNO dari TIONGKOK (China)…
Bagaimana si dungu membedakan orang?

傻瓜蛋辨人
Sha gua dan bian ren

Bagaimana si dungu membedakan orang?

Setelah berjerih payah belajar selama 10 tahun, pada akhirnya si dungu memiliki kemampuan untuk membedakan orang. Konon, siapa saja yang telah diamati secara seksama oleh si dungu selama 10 menit dapat diketahui tingkat kearifan, baik-buruk hatinya.

Si setan merasa tidak percaya terhadap kemampuan si dungu. Ia secara khusus membawa seseorang yang telah disamarkan ke hadapan si dungu untuk diberi penilaian.

Si dungu berkonsentrasi penuh, kedua matanya bersinar menatap orang yang berada di depannya. Tampak jelas, orang tersebut menjadi gugup & kacau, tidak dapat duduk dengan tenang.

Sejenak kemudian, si setan bertanya:”Coba katakan orang ini pria/wanita?”Si dungu menjawab:”Tidak tahu.”Si setan kembali bertanya:”Coba sebutkan, orang ini tinggi/pendek?”Si dungu sambil menggelengkan kepala menjawab:Tidak tahu.””Kalau begitu apakah orang ini gemuk/kurus, jelek/rupawan?”Si setan kecil terus mengejar si dungu dengan pertanyaan bertubi-tubi.  Si dungu kembali menggelengkan kepala sambil berkata:”Juga tidak tahu.”

“Ha ha ha...”si setan tidak bisa menahan tawa. Ia berkata kepada si dungu:”Anda pembohong! Tidak bisa membedakan apakah pria/wanita, tinggi/pendek, gemuk/kurus, jelek/rupawan, bagaimana hendak mengakui memiliki kemampuan untuk membedakan orang?”Dengan tenang si dungu menjawab:”Apa hubungannya kearifan & baik/buruknya hati seseorang dengan jenis kelamin, perawakannya tinggi/pendek & gemuk/kurus?”Si dungu diam sejenak, baru kemudian melanjutkan berbicara:”Orang yang anda bawa adalah seseorang yang tolol & pernah membunuh orang.”Si setan merasa terkejut dengan perkataan tersebut. Ternyata, memang benar, orang yang ia bawa adalah seorang pasien rumah sakit jiwa & pernah secara tidak sengaja menghilangkan nyawa orang.”Dengan penuh rasa kagum & tulus hati, si setan bertanya kepada si dungu:”Dari mana anda bisa mengetahuinya?”Si dungu menjawab:”Tatapan mata seseorang mengungkapkan isi hatinya.”

要爱自己的心,守好它,照顾它,不让世间的欲染,污秽了我们的心

Yao ai zi ji de xin, shou hao ta, zhao gu ta, bu rang shi jian de yu ran,wu hui le wo men de xin

Sayangilah hati kita, jaga & rawatlah dengan baik, jangan sampai keinginan duniawi mencemari & mengotori hati kita.

Diterjemahkan secara bebas dari buku Jing si yu jiao xue can kao zi liao静思语教学参考资料 milik perpustakaan Hong ci tan 宏慈坛.
 
Semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.


Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “