Nasib bukanlah sebuah Takdir atau Terpeleset, malainkan sebuah Pilihan




选择
Xuan ze
Pilihan
命运不是机遇而是选择
Ming yun by shi ji yu er shi xuan ze

Nasib bukanlah sebuah Takdir atau Terpeleset, malainkan sebuah Pilihan
Setiap hari, saat kita terbangun dari tidur, membuka kedua mata, kita akan menghadapi dua macam pilihan: dengan penuh kebahagiaan menyambut datangnya hari baru/ sepanjang hari dilalui dengan kemurungan?

Jerry adalah seorang pemilik sebuah rumah makan, ia orang yang optimistis & suka memberikan dorongan kepada orang lain. Bila ada orang yang sedang mengalami masalah, mereka datang untuk meminta bantuan kepadanya, Jerry selalu memberikan nasehat: ”Kita harus melihat sisi positif dari sebuah permasalahan apapun.”

Suatu ketika Jerry mengalami perampokan, perutnya terkena tembakan, 3 butir peluru bersarang di dalamnya, keadaannya sangat kritis. Akan tetapi tak lama setelah menjalani rawat inap, dokter sudah mengijinkan Jerry untuk meninggalkan rumah sakit. Seorang teman Jerry dengan penuh rasa heran bertanya kepadanya: ”Cepat sekali engkau sembuh?” Dengan tertawa renyah Jerry menjawab: ”Ha...ha... ha... tentu saja, apakah kau ingin melihat bekas luka saya?” ”Bukankah luka yang kamu alami sangat parah? Saat tertembak apa yang kamu pikirkan?” tanya sang teman dengan penuh rasa ingin tahu.

Sambil menepuk pundak sang teman, Jerry berkata: ”Saya memikirkan dua macam pilihan. Pertama bertahan hidup, pilihan yang lain adalah pulang ke rumah Tuhan. Saya dengan ragu-ragu memilih bertahan hidup. Karena itu saya merasa yakin, rumah sakit tempat saya dirawat adalah rumah sakit yang terbaik, dokter yang merawat saya adalah dokter yang sangat berpengalaman.”

Setelah meneguk sedikit minuman, Jerry melanjutkan bercerita: ”Saat mengoperasi saya, mereka memperlakukan saya seperti orang yang telah meninggal. Terhadap para dokter, saya menunjukkan ekspresi wajah kesakitan & menggerakkan tubuh seraya mengerang...A...Sakit...Saat itu, mereka bertanya kepada saya mengapa tidak bisa tenang & terus bergerak? Sambil menunjuk ke arah perut & berpura-pura menangis saya berkata: ”Di dalam perut saya bersarang 3 butir peluru. ”Perilaku saya yang menyerupai tingkah anak kecil membuat para dokter tertawa. Operasi berjalan lancar & saya dari orang yang telah meninggal menjadi hidup kembali.

Beberapa hari kemudian, ada seorang teman yang lain bertanya kepada Jerry: ”Saya tidak habis berpikir, bagaimana kamu bisa selalu dapat mempertahankan sikap yang optimis dalam menghadapi masalah?” Dengan tersenyum Jerry menjawab: ”Setiap pagi, setelah terbangun dari tidur saya berkata kepada diri saya sendiri: Jerry, hari ini kau memiliki dua macam pilihan. Pertama, kau bisa memilih suasana hati yang gembira. Kedua, kau juga dapat memilih perasaan hati yang murung. Saya memilih suasana hati yang gembira.

Setiap kali mengalami permasalahan, saya memiliki pilihan: menjadi orang yang menderita kerugian atau orang yang mendapatkan pembelajaran. Saya memilih menjadi orang yang mendapatkan pembelajaran. Ketika ada orang yang datang untuk berkeluh kesah, saya dapat memilih menjadi pendengar keluh kesah atau memberikan petunjuk sebuah jalan untuk bersemangat dalam menjalani kehidupan. Saya memilih untuk memberikan petunjuk sebuah jalan agar bersemangat dalam menjalani kehidupan. Sebenarnya, kehidupan ini adalah kumpulan dari banyak macam pilihan.

我们每个人每天面临两种选择:积极的和消极的。无论哪种选择都取决于我们自己的心态,心态决定了我们心情,而选择定了我们的人生方向。让我们积极地面对生活,理智作出选择吧!

Wo men mei ge ren mei tian mian lin liang zhong xuan ze: ji ji de he xiao ji de. Wu lun na zhong xuan zw dou qu jue yu women zi ji de xin tai, xin tai jue ding le wo men xin qing, er xuan ze ding le wo men de ren sheng fang xiang. Rang wo men ji ji di mian dui sheng huo, li zhi zuo chu xuan ze ba!

Setiap hari masing-msaing dari kita menghadapi dua macam pilihan: optimis dan pesimis. Pilihan kita sangat dipengaruhi oleh susana hati, suasana hati menentukan perasaan individu sekaligus memberikan arah bagi kehidupan seseorang. Marilah kita hadapi kehidupan ini dengan optimis, berpikirlah dengan jernih dalam membuat pilihan

Pagi ini kita memasuki lembaran yang baru, memulai hari pertama di tahun 2014. Sudahkah anda membuat pilihan? Pilihan saya tetap, tiada berubah, enjoy saja menjalani sebuah hubungan. Dia bukan tidak mau berteman, akan tetapi mencari cara yang terbaik untuk berteman dengan saya, memikirkan kelanjutan dari hubungan yang telah terbina. Selamat tahun baru 2014, semoga sukses!

tamat

semoga berguna dan mohon maaf bila tidak berkenan di hati anda sadhu.

Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “