KISAH ASAL MULA SHIO, ZODIAK dan KALENDER




* PENDAHULUAN I *


Astrologi Cina Merupakan Salah Satu Sistem Perhitungan Untuk Mengetahui Peruntungan Yang Tertua Dan Paling Banyak DiPakai Di Seluruh Dunia.
Astrologi Ini Bahkan Lebih Tua Satu Milenium Daripada Astrologi Barat.

Sistem Ini DiYakini Telah Ada Sejak Zaman Dinasti Shang ( Abad 16 - 11 SM ) Berdasarkan Bukti Bukti Yang DiTemukan Dalam Galian ArkeologiKota KUNO DINASTI Ini.

Ribuan Tahun Yang Lalu,Seni Astrologi Dan Astronomi Cina Adalah Sama.
Para Ahli Astronomi Mengamati Susunan Dan Gerakan Bintang Untuk Meramalkan Masa Depan.

Walaupun Di Masa Kini,Astrologi Tidak Lagi Memainkan Peran Dalam Urusan Pemerintahan, Namun Bidang Ini Masih Menyerap Perhatian Jutaan Orang Di Seluruh Dunia.

Para Ahli Astronomi Dan Ahli Astrolohi Juga Masih Sangat Di Hormati Di Istana Kekaisaran Cina.

Almanak Cina (T'ung Shu) Yang Berisi Daftar Data Data Astrologi Dan Astronomi Untuk Kehidupan Sehari Hari Dalam Tahun Cina Masih DiBuat Setiap Tahun Sampai Sekarang.

Dengan Almanak Ini, Dapat DiKetahui Hari Hari Baik Untuk Membuka Bisnis, Menikah, Melakukan Perjalanan Jauh Atau Membuat Keputusan Pribadi Lainnya.

Astrologi Cina Yang DiKenal Sekarang Merupakan Sistem Peramalan Masa Depan Dengan Menggunakan Kalender Cina, Terutama Dengan Siklus Yang Di LAMBANGKAN 12 BINATANG Atau Yang Lebih Di Kenal Dengan SHIO Atau ZODIAK CINA.

Sistem Peramalan Ini Mengacu Pada Karakteristik Utama Dari Sistem Yang Meliputi Shio, Lima Elemen, Siklus Astronomi Dan Agama Cina Kuno.
Siklus YIN Dan YANG Juga DiPakai Dalam Sistem Ini Yang Mengembangkan KeLima Elemen Menjadi Siklus 10 Tahun.

Kombinasi Ini Menghasilkan Siklus 60 Tahunan Yang DiMulai Dengan Tikus Kayu Dan Di Akhiri Dengan Babi Air.

Kalender Cina Sebenarny Lebih Tua Dari Angka Tahunnya. Ini Bisa Dilihat Dari Angka Tahunnya. Memang Terdapat Beberapa Versi Tahun Cina Yang Dikenal Di Dunia, Tetapi DiBandingkan Dengan Dengan Kalender Masehi Dan Hijriah, Kalender Cina Merupakan Sistem Penanggalan Tertua.

Ada Yang Mengatakan Tahun 2009 Masehi Ini Dalam Kalender Cina Adalah Tahun 4646, Ada Yang Menyebutnya Tahun 4706, Atau 4707, Atau 2560. Mengapa Demikian ???


MENGUPAS SEGALA ASPEK ZODIAK,SHIO,UNSUR" ANDA BERDASARKAN HOROSKOP CHINA !!




MACAM-MACAM LEGENDA AWAL MULA TAHUN CHINA


Menentukan Waktu Adalah Hal Yang Tidak Mudah. Kapan DiMulainya Tanggal, Bulan Dan Tahun Sulit DiTentukan.

Demikian Juga Dengan Penentuan Permulaan Tahun Cina. Berbeda Dengan Tradisi Dan KePercayaan Di Banyak KeBudayaan, Penanggalan Cina Yang BerKaitan Dengan Shio Memiliki Beragam Cerita Legenda Di Baliknya.

Secara Turun Temurun, Orang Orang DiCina Merayakan Datangnya Musim Semi Yang Melambangkan Kehidupan Baru DiTahun Yang Baru Dalam Penanggalan Bulan Karena Para Leluhur Mereka Berorientasi Pada Kehidupan Agraris.
Mereka Berkumpul Dalam Keluarga Besar Dan Makan Minum Merayakan Datangnya Tahun Yang Baru Dengan Yang Baru Pula.

Semua Perayaan Tahun Baru Lebih Bersifat Alami Sehubungan Dengan Kehidupan Agraris, Dan Perayaan Ini Kemudian DiKaitkan Dengan Kehidupan Kekeluargaan Saat Anggota Keluarga BerKumpul. Namun Perjalanan Waktu, Setiap Tahun Yang DiMasuki DiLambangkan Dengan Hewan Hewan Tertentu Sehingga Kelahiran Seseorang DiKaitkan Dengan Hewan Lambang Tahun Itu (Shio) Dan Sifat Sifatnya Juga Mengikuti Hewan Itu.

Shio Juga Menjadi Sarana Untuk Meramalkan KeBeruntungan Pemilik Shio Di Sepanjang Tahun Itu.





* PENDAHULUAN II *


Perbedaan Angka Tahun Pada Kalender Kalender Cina DiSebabkan Semua Angka Itu Ciptaan Abad ke-20.

Penanggalan Masehi Versi Gregorian Juga Mengalami Nasib Yang Sama Zaman Dahulu.

Angka Tahun DiTetapkan Jauh Sesudah Tahun 1, Baru Kemudian DiCari Mana Angka Tahun 1, Dan Kemudian Tahun Tahun Lain Berlaku Surut.

Tetapi Sampai Dengan Abad Ke-20 Penanggalan Masehi Versi Gregorian Telah Mantap, Tidak DiRagukan Lagi Kecuali Oleh Beberapa Gereja Ortodoks Yang Masih Menganut Penanggalan Julian.

Selama Ribuan Tahun, Orang TiongHoa Tidak Mengakumulasi Angka Tahun. Penanggalan DiHitung Dari Mulainya Dinasti Yang Sedang Berkuasa Setiap Ada Pergantian Dinasti, Angka Tahun DiMulai Dari Awal Lagi.
Setiap Kaisar Baru Naik Tahta Pun Akan Ada Tahun Baru Juga.

Ada Satu Jenis Perhitungan Lagi Yang Tidak DiDasarkan Pada Dinasti Dan DiGunakan Untuk Siklus Waktu Yang Besar.

Perhitungan Lebih Bersifat Siklik Dan Bukan Linear Seperti Yang DiPakai Dalam Tahun Masehi Dan Hijriah.

Siklusnya Adalah 12 Tahun Yang Masing Masing DiTandai Dengan Lambang Shio.
Lalu Ada Siklus Yang Lebih Besar, Yaitu 60 Tahun (12 Shio x 5 Elemen).
Siklus 60 Tahun Ini Mirip Dengan Penanggalan Mesopotamia Kuno. Siklus Ini DiMulai Pada Tahun 2637 SM, Ketika Kaisar Cina Bernama Huang Ti Atau Juga DiKenal Sebagai Kaisar Kuning Memulai Putaran Pertama Dari Shio Pada Tahun Pemerintahannya Ke-61.

Dari Siklus Ini, Bisa DiDapatkan Angka Tahun 2009, Yaitu 2637 + 2009 = 4646.

Sebelum Revolusi Cina, Dr.Sun Yat Sen Ingin Menghentikan Cara Mengakumulasi Tahun Dari Mulainya Suatu Dinasti. Karena Itu Dia Mengambil Patokan Tahun Pemerintahan Pertama Dari Kaisar Yang DiAnggap Sebagai Kaisar Pertama Cina, Yaitu Kaisar Kun
ming.

Kaisar Ini Di Anggap Mulai Memerintah Dari Tahun 2697 SM.
Sehingga Perhitungan Untuk Tahun 2009 Adalah 2697 + 2009 + 1 = 4707.
Penambahan Angka 1 DiSebabkan Kesalahan Yang Terjadi Saat Dr.Sun Mulai Menghitung, Dia Menambah angka 1 Untuk Menyesuaikan Tahun 0 Dari Tahun Masehi.

Padahal Tidak Ada Tahun 0 Dalam Tahun Masehi. Tahun Masehi DiMulai Dari Tahun 1, Dan Sebelum Tahun 1, Dikatakan Sebagai Tahun1 SM
(Sebelum Masehi).
Karena Waktu Itu, Angka Nol Belum DiKenal Di Eropa Dan Angka Nol tidak DiTuliskan Dalam Huruf Romawi.

Tahun Yang DiKenalkan Dr Sun Itu DiPerbaiki Oleh Penganut Taoisme Dengan Meniadakan Penyeimbang 1 Tahun, Dengan Demikian Tahun 2009 Yang DiHitung Berdasarkan Cara Tersebut Menjadi Tahun 4706.

Di Indonesia Juga DiKenal Angka Tahun Yang DIhitung Dari Tahun Kelahiran Konfusius. Konfusius DiPerkirakan Lahir Pada Tahun 551 SM.

Jadi Dengan Demikian, Tahun 2009 Masehi adalah Tahun 2560 Sejak Kelahiran Konfusius (551 + 2009 = 2560).

Walaupun Sejak Tahun 1912 Cina Sudah Mengadopsi Kalender Barat, Namun Penanggalan Cina Tetap Memainkan Peran Penting Dalam Kehidupan Warga TiongHoa.

Dalam adat Tradisional Cina, Metode Penanggalan Dan Peramalan Peruntungan Berdasarkan Shio Adalah Berdasarkan Siklus, Yang Berarti Sesuatu Terjadi BerDasarkan Siklus Waktu, Dan Bahwa Selama Ribuan Tahun Hidup Manusia Yang Terjadi Hanya Siklus Saja, Tidak Ada Sesuatu Yang Baru.
Seperti Kitab Suci Yang DiTuliskan Ribuan Tahun Lalu Tetapi Sekarang Masih Relevan.

Sumber: Sujono Tan dan dari berbagai sumber.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “