RENUNGAN DHARMA: „TENTANG KEHIDUPAN „


                                                             oleh bhikkhu Sudhammacaro



Bagaimana pun jika Anda sudah menjadi orangtua dan mempunyai anak, yang pertama sayangilah ia (anak) sepenuh hati, dengan ketulusan, dan perhatian istimewa, berilah contoh nyata yang baik, benar dan berguna.


Jangan coba-coba BERBOHONG pada anak dengan cara apapun dan untuk tujuan apapun. Sebab akibatnya anak anda akan MENIRU ANDA dengan berani BERBOHONG pada siapapun.


Pendekatan terhadap anak2 juga tidak boleh cara PERINTAH, MENEKAN, juga tidak perlu terikat atau mengikatnya.


Apalagi minta “Ganti” bekas ongkos melahirkan, membesarkan, menyekolahkan dan seterusnya kepada anak2.


Tindakan tsb tidak bijaksana, juga tidak sesuai dengan kaidah hukum alam yang sudah sewajarnya orangtua harus bertanggung jawab terhadap anaknya, bukan minta “Ganti” ongkos melahirkan, membesarkan, menyekolahkan dan seterusnya.
 .

Sebab, ketika orangtua sudah menjadi tua, ada beberapa yang menuntut ganti rugi kepada anaknya.

Misalnya minta JAMINAN TIAP BULAN SEKIAN JUTA RUPIAH atau dalam bentuk lain ...

Hal ini adalah suatu keteledoran, cara berpikir orangtua yang tidak bijaksana.


Gimana dengan anda yang sudah punya anak2, apakah anda juga minta ganti rugi terhadap anak2 anda?

Semoga berguna utk menambah Pengetahuan dan Wawasan dlm belajar Dharma.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
semoga semua makhluk hidup bahagia.




T eman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.



1. Namo Buddhaya Bhante.... Untk jaminan hr tua, sy sbgai ortu hanya minta 1 kpda anak2 sy. Yaitu perhatian dan ksh sayang kalo kt sbgai ortu udh tua. Sebagaimana dl kt sayang sama mereka wkt kcil. Anak2 adalh berkah yg tdk terukur. Harta yg tdk ternilai buat kita. Sdh sepantsnya kt sbgai ortu hrs memberikan yg terbaik buat pendidikannya dan ilmu agama yg baik kpda anak. Bkn dgn meminta imbalan rupiah kpd anak. Selamat pagi Bhante dan teman2. Selamat beraktifitas. Semoga semua berbahagia selalu.



2. Namo buddhaya bhante.Sudah kewajiban qta sebagai orangtua untuk membesarkan anak2 qta dengan penuh kasih sayang.jadi tidak seharusnya qta mengharapkan pamrih dari anak2 qta kelak.dengan didikan yg baik mereka akan tau apa yg harus mereka lakukan nantinya.sesuatu yg diharapkan bila tidak terpenuhi akan menimbulkan penderitaan bagi diri qta sendiri. Smoga saya tidak seperti itu nantinya..



3. sy rasa tidak ada ortu di dunia ini yg meminta kembali ganti rugi jasa nya kepada anaknya...ttpi jkalau ada cobalah liat ortu binatang..misal burung..yg ingin brtelur bangun sarang...brtelur dierami bergantian..uda jadi anak disuapi bergantian..sampai sang anak belajar terbang hingga benar2 bisa terbang..sang anak terbang pergi bebas..tanpa memperdulikan ortu nya..he3.


4. Namo Buddhaya Bhante, berbohong sebaiknya tidak dibiasakan walau untuk masalah kecil karena akan menjadi terbiasa. 1 kebohongan harus menutupi kebohongan lainnya. Kata 2 yang mungkin bermanfaat diajarkan kepada anak adalah: "Tolong, Terima Kasih & Maaf". Untuk masalah meminta uang kepada anak, alangkah baiknya orang tua menyisihkan dana untuk di hari tua tanpa meminta kepada anak. Tetapi sebagai anak jika memang mampu, terhadap orang tua yang kekurangan harus membantunya. "Sigalovada Sutta" sebagai perenungan patut disadari.



5. Slamat pagi bt .. Salam namaskara. Hmm... Sarapan dhamma pagi ini agar aman n menyehatkn jasmani n rohani mk lhtlah kedapur msg2 . Bagi tugas sesuai dgn kemampuan msg2. Tugas n kewajiban ortu n ank sesuaikn dgn porsi msg2. Dgn bgt diharapkn dpt mengolah suatu kelg yg harmonis dgn cita rasa yg nyaman yg dihidangkn dgn penuh kehangtn kekeluargaan. Ini teorinya sj lho ... Ayo kawan cobalh kita praktekkn di rmh kt dulu yaa.


6. Kalau kita sbg ank tdk mampu utk membahagiakn ortu krn berbagai mcm sebab mk setidaknya kita JANGAN MEMBUAT MEREKA MENANGIS, BERSEDIH KARNA DIRI KITA. izinkan anak anda untuk tidak setuju.. tetapi berikan penjelasan mengapa ia harus setuju..selamat sore Bhante Sudhammacaro.. namo buddhaya.


7. orang tua minta ganti onkos melahirkan?, ongkos membesarkan?, Wah yang benar saja ya.., Mmg siapa yg berkeinginan utk dilahirkah?, Pdhl bkn kehendak si anak untuk dilahirkan di dunia....Sepertinya kurang tepat klo bilang ganti rugi, juga org tua tak akan pernah merepotkan ank apalg klo melihat anak kerepotan.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “