RENUNGAN DHARMA: „TENTANG KEHIDUPAN „



                                                             oleh bhikkhu Sudhammacaro


Seorang Anak mendapatkan pendidikan dan pembelajaran pertama kali dari orangtuanya. Utamanya dari sang Ibu.

Sebab itu, seorang Ibu harus membekali diri dengan segudang pengetahuan dan dedikasi yang tinggi, terutama ‘Pengertian Agama yang benar’.

Jika anak yang ‘Salah Urus’ akan berakibat fatal dikemudian hari.

Mula-mula ada yang berani ‘Melawan pada Orangtua’, ada yang menjadi anggota ‘Geng Motor’, ‘Ahli Tawuran’,  ‘Geng Narkoba’, ‘Preman Jalanan’, bahkan jadi PENJAHAT KORUPTOR yang mencuri uang Rakyat (230+ juta orang).

Akhirnya semua terlibat dan menerima buahnya yakni penderitaan yang berkepanjangan, bahkan hingga berkali-kali kehidupan berikutnya.

Semoga berguna utk menambah Pengetahuan dan Wawasan dlm belajar Dharma.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
semoga semua makhluk hidup bahagia.

---000---



T eman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. IBU adalah PANUTAN sang anak-2-nya....

apa yg dia katakan-nasehatkan-perbuatkan, pasti akan menurun-diikuti oleh anak-2-nya........

baik-buruknya sang anak adalah dr bimbingan ibunya.

Dirumah adalah tempat utk mengisi perilaku.
Disekolah adalah tempat utk mengasah ilmu.
Dilingkungan masyarakat adalah tempat utk mengadu kemampuan yg dimilikinya.

http://universitas-kehidupan.blogspot.com/2009/08/surga-dan-neraka-itu-anda-yg.html
http://m.ak.fbcdn.net/external.ak/safe_image.php?d=AQB7NOLmylN1a5sv&w=90&h=90&url=http%3A%2F%2Fbp1.blogger.com%2F_rGBOPaxf8GM%2FSHbYQOvdlEI%2FAAAAAAAAAAM%2FIbkqaYzKs_k%2FS220%2Fdimobil.jpg
universitas-kehidupan.blogspot.com
Di sekolah kita belajar dulu baru kemudian diuji ,namun dalam kehidupan kita diuji duluan baru kemudian mendapatkan pelajarannya.



2. Ibu selalu membekali anaknya dengan kondisi waktu itu setelah anak dewasa semua prilaku tidak jaminan hasil dari didikan ibunya karena mereka sudah membaur dengan banyak orang serta banyak karakter baik maupun buruk , hanya kemauan si anak sendiri dia mau baik atau buruk menjadi pilihanya sendiri jangan salahkan si Ibu kalau anaknya menjadi orang yg merukan masyarakat.



3. KASIH & DIDIKAN.
Seorang gadis kcl berbicara dgn ibunya yg seorang single parent.Ia bertanya,"Bu,jika ada nyamuk hendak menggigit tanganku,apakah ibu mau memberikan tangan ibu agar digigit olehnya?"Ibunya berkata," tdk nak,ibu akan mengejar dan menangkap nyamuk itu agar tdk menggigit siapa2" Gadis itu bertanya lg,"Bu,kalau dirmh hnya ada sepiring nasi,apakah ibu rela berpuasa dan memberikan nasi itu kpdku?"Sang ibu lg2 menggeleng,"Tidak nak,ibu memilih bekerja lbh giat agar kta smua bisa makan." Sang gadis kcl tersenyum,"Ah Ibu mmg hebat.

Aku tahu, aku slalu bisa bergantung kpd ibu." tp si Ibu berkata," tdk nak,Ibu akan mendidikmu agar menjadi seorang gadis mandiri,karena ibu tahu bahwa ibu tdk akan bisa slalu bersamamu" .,Bnyk ibu mau berkorbam untuk anak2nya. Tp sesungguhnya ada yg lbh utama dari tugas seorang ibu,yaitu menyiapkan agar mereka dpt mandiri, pengorbanan adalah bukti kasih kta pd mrka,tp mendidik mereka adalah tanggung jwb kta. kedua hal inilah sbnarnya inti dr tgas stiap orang tua termasuk kta sbgai ibu. Mendidik anak dgn disiplin tp dgn penuh kasih...slama anak2 msh bersama kta, manfaatkan kesempatan itu untk mengajari bgmana mengasihi, mengenal Tuhan,dan bgmna menjadi terang bagi sesamanya... (sekedar share). hehe...



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “