“ KHAIKUANG DAN TISARANA APA BEDANYA? “


DISKUSI DHARMA FACEBOOK.




Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.



Namo Buddhaya bhante....Selamat malam bhante.

Bhante saya kenalan sama temen sesama buddhis.tapi buddhis aliran maitreya mirip tao/konghucu, saya diajak khaikuang.

saya tnya sama temen saya itu, apakah khaikuang dibimbing oleh bhikkhu seperti aliran theravada.

jawab temen saya khaikuang tidak dibimbing dari bhikkhu, tapi dibimbing mungkin kepala buddhis aliran buddha maitreya dari laur katanya.

apakah khaikuang dan tisarana beda????

Setau saya tisarana tetap saja dibimbing oleh bhikkhu.

Tapi kok beda ya bhante?????

Mohon pencerahannya temen2 d bhante.

Saya memahami banyak aliran tapi tujuannya tetap yaitu bebas dari lingkaran penderitaan.

Dan saya masih ingin tetap mempelajari Buddhis theravada.



Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah. 

Kesimpulan: SEBAB dan AKIBAT adanya perbedaan Khaikuang dan penahbisan Tisarana oleh bhikkhu ialah sbb:

Seiring perkembangan agama Buddha pasti akan banyak Aliran Baru dlm lingkup agama Buddha, dan hal ini akan terus bertambah utk masa yang akan datang. Semua itu membawa dampak baik (positif) dan buruk (negatif) terhadap ajaran Buddha itu sendiri, utamanya para penganutnya (umat Buddha).

Dampak baiknya ialah bahwa ajaran Buddha mampu berkembang dan menyebar ke segala arah, bahkan ke seluruh penjuru dunia spt ke dunia Barat hingga para selebritis papan atas Hollywood Amerika, Eropa, Australia saat ini memeluk agama Buddha. Tak terkecuali di Asia dan Asia Tengara.

Sayangnya, dampak buruknya (negatif) ialah menimbulkan perpecahan di mana2, dari perpecahan ini memunculkan sentiment Negatif pula, yaitu mereka yang tdk PUAS  pasti akan membentuk  “ ALIRAN BARU “.

ALIRAN BARU tsb tdk berhenti hanya pada sesama umat Buddha bahkan SANGGHA BARU yang dibentuk oleh para bhikkhu SENIOR.

Malah diberi “SANGGHA BARU NAMA BARU PULA” tindakan salah dan sesat yang dilakukan dg penuh kesadaran ini yang berarti tdk MENGAKUI SANGGHA YANG DIBENTUK OLEH BUDDHA GOTAMA PERTAMA KALI di TAMAN RUSA ISIPATANA.

Andai saja kita benar2 memiliki KEYAKINAN yg TEGUH kpd TIRATANA, pasti tak akan BERANI melakukan tindakan SALAH dan SESAT tsb.

Alasannya, kita takut RISIKO BERAT yang akan DITANGGUNG dlm istilah bahasa DHARMA ialah HUKUM KARMA YG AMAT BERAT (GARUKA KARMA).

Bila mereka yg berani membentuk “ALIRAN BARU atau SANGGHA BARU” SADAR dan TAKUT AKIBAT RISIKO BERAT tsb, maka ajaran BUDDHA GOTAMA tdk akan cepat PUNAH.


Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.



Kai Guang adalah membuka pintu suci kita yg selama ini tdk tahu dimn tempatnya,di situ nanti seorg guru penerang? guru yg mempunyai firman yg akan menunjukan kita dimana letak pintu sejati kita yg ada di badan kita ini.sesudah kita di kai guang /dibukakan pintu suci kita,,kai guang itu dibuka oleh seorg guru yg biasanya dipangil dgn nm dian zhuan shi /pandita..yg mempunyai kunci untuk membuka pintu suci kita. setelah pintu suci dibuka maka barulah di ajarkan lebih dlm lagi tentang Roh kita yg sejati setelah anda mengetahui dimn roh kita yg sejati dimana masuk dan keluarnya roh kita di situlah pintu yg akan dibuka oleh Pandita,,dgn megetahui dimn letak Roh yg sejati itu,kalau membina diri sering mengunakan pintu suci itu,,maka dikatakan akan terbebas dr hukum tumimbal lahir atau ^jalur reinkarnasi.kalau TIrasana saya kurang tahu yah jd mohon maaf.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Khai kuang itu biasa nya di adakan ketika mau menempati Vihara yg baru,dalam kata sederhana nya pemberkahan....tapi kala tisarana,itu adalah mengambil tiga perlindungan,kepada buddha,Dhamma dan sangha,,yang di ajarkan oleh buddha sakya muni..sedang di maitria itu tdk ada yg nama nya tisarana...karna dia hanya memiliki buddha saja...bhodisatva maitria belum mengajarkan ajaran nya,jdi belum ada dhamma nya,begitu pun dgn sangha,bhodisatva maitria belum membentuk sangha,jdi belum memiliki sangha...jadi Maitria itu belum memiliki Triratna,karna bhodisatva maitria sendiri belum jadi buddha,dia masi calon buddha,yg sekarg berdiam di alam surga Tusita.....Mohon maaf kal ada kata2 yg salah..tolong teman2 sedarma koreksi ya..trima kasih..namo buddhaya..


http://m.ak.fbcdn.net/external.ak/safe_image.php?d=AQCewYmw3JhPRHYf&w=90&h=90&url=http%3A%2F%2F1.bp.blogspot.com%2F_KL7_V6HnzdI%2FSN3JiQNoV7I%2FAAAAAAAABSY%2F-v8xIVgB3rU%2Fs320%2Fchina.jpg
chandadhammo.blogspot.com
Ada kemungkinan, bahwa di antara kalian ada yang berpikir: `Berakhirlah kata-kat
a Sang Guru; kita tidak mempunyai seorang Guru lagi.` Tetapi, Ananda, hendaknya tidak berpikir demikian. Sebab apa yang telah Aku ajarkan sebagai Dhamma dan Vinaya, Ananda, itulah kelak yang menjadi Guru-mu, ketika Aku p...


http://m.ak.fbcdn.net/external.ak/safe_image.php?d=AQAlycpNvscZugEG&w=90&h=90&url=http%3A%2F%2Fdhammacitta.org%2Ficon%2Fforum.png
dhammacitta.org
Ajaran Buddha Gautama yang mulia lambat laun akan dilupakan oleh manusia, hingga
suatu ketika tidak akan ada lagi ajaran Buddha di muka bumi ini, bahkan kata “Buddha” sendiripun saat itu tidak lagi dikenal oleh penghuni alam ini.



4. Biasanya Khai= buka Kuang= cahaya Tp cahaya apa yg dibuka?? Ditanyain aja jelasnya aja Kl msk akal ya jalankan, kl ga msk akal baiknya jgn.... N jangan sampe qta slh jalan.



5. Namo Buddhaya.
Trima kasih Bhante.
Buat temen2 sedhamma salam kasih.

saudara paino seng....bener banget....
Kadang2 saya bingung katanya Khaikuang dan tisarana enggak ada bedannya tapi dipimping bukan dari Bhikkhu padahal ini adalah Buddhis.
Yang saya pahami klok pentahbisan atau tisarana pasti dipimpin Bhikkhu.
Namanya juga tisarana kan???
Tapi sekarang uda ada penjelasan dari bhante dan temen2 suda memahami.

++++++++ dulu ya?????
Karena politik/orde lama aliran ini harus memiliki label buddha...karena orde lama tradisi chinese (i kuan tao, kunghucu, dan tao) tidak diperbolekan.
Dan sekarang di nusantara mengakui 6 agama termasuk 1 agama yang diakui yaitu konghucu....dan I KUAN TAO or aliran maitreya hanya di nusantara sendiri harus tetap menggunakan label Buddha.
Padahal I KUAN TAO asalnya dari Taiwan dan tetap memiliki kepercayaan sendiri (bukan label Buddha).
I KUAN TAO mengadopsi kepercayaan Buddha Mahayana/Chinese, Tao, dan Konghucu) alias budaya Chinese.
Tapi tetap I KUAN TAO mengajar moral prilaku dan kebahagian/ketenangan.

Saudara yang terkasih yang diberkahi Dhamma semoga dengan ini diharapkan tetap bersama tanpa ada konflik2 yang dapat membubarkan satu kesatuan.

Dan semoga pemerinta Indonesia dapat memberi peluang lagi untuk kebebasan beragama tanpa menyinggung SARA.

Sangat di sayangkan dan sngat sedih.
Kepercayaan Buddha Dhamma dapat diselip dengan kepercayaan lain.

Salam Cinta Kasih. "izinkan anak anda untuk tidak setuju.. tetapi berikan penjelasan mengapa ia harus setuju..selamat sore
Bhante Sudhammacaro.. namo buddhaya.."



6. Kalau menurut saya,,inti drpd ajaran Sang Buddha antara lain: Jangan Berbuat Jahat,perbanyaklah berbuat kebaikan,dan sucikan hati serta pikiran. Dewasa ini,memang ada banyak sekali aliran dalam Budhist,tinggal kita harus lebih bijaksana dalam memilih sekte mana yg kita jadikan sebagai sarana beribadah. Kalau antara sekte Maitreya,mereka sendiri pun punya cara dlm hal tata cara beribadah,termasuk kai kuang itu sendiri.kita harus tetap menghargai mereka.yang terpenting kita sendiri tetap yakin dan berlindung kpd Sang Triratna. Kalau soal sudah kai kuang bisa masuk surga,,jujur saya kurang setuju dng pernyataan tsb,,karena masuk surga atau terlahir di alam lain,bergantung dengan kondisi karma kita di masa lampau,dan karma kita di masa kini.bukan dengan kai kuang kita sudah bisa masuk surga. U/ terlahir di alam bahagia,,mulai sekarang kita sudah harus berbuat karma baik,,bertekad lah untuk menolong sesama,perbanyaklah baca sutra/nien cing,,karena niencing adalah sarana untuk melatih pikiran kita,selain dengan bermeditasi.Saya yakin,,kita niencing dengan baik dan benar,,dan dilakukan dengan rajin,,pasti kita sendiri akan ter-kaikuang...karena sutra/paritta sudah memiliki kekuatan dan kegaiban sendiri...


7. namobudhaya sepertinya ajran buddha maitreya diindonesia lebih kealiran tao/ajaran kebenaran..hanya meminjam nama buddha saja agar diakui inti ajrannya pun berbeda jauh..saya juga perna ikut..khaikuang mungkin mrip dengan pembabtisan didalam agama kristen..dan kita dijanjikan kalau sudah dikhaikuang akan masuk kesurga..karena ajarannya merupakan gabungan dari semua agama dan sy pernah berbincang bincang sedikit dengan salah satu pengurus dan mereka menganggap semua tokoh" agama seperti buddha,yesus dll adalah nabi utusan Tuhan.. Setau saya Khaikuang itu sembayang untuk peletakan patung ke altar Tp ini khaikuang yg dalam bahasa apa.



8. Agama Buddha dengan Maitreya mmg beda jauh, agama buddha menyatakan berlindung pada sang Triratna, berpegang pada kita suci Tripitaka, sedang Maitreya gak ada. Jadi jelas beda.


9. khaikuang itu tidak sama dgn tisarana,lagi kalau benar belajar theravada kan sdh tahu Buddha maiterya belum terlahir di alam manusia jd jgn ikut lah yg aneh2 lebih baik kamu ikut ATHASILANI atau silacarini lebih bermanfaat... jika suatu ajaran ada janji2 manis jika percaya n yakin akan diselamatkan n ada hukuman jika tidak percaya..pastilah itu bukan ajaran Sang Buddha..


10. aliran atau sekte buddha matreya di indonesia hanya meminjam nama buddha matreya , inti ajaran lebih condong ke tao , sangat populer di taiwan , dan mereka memuja thai sang lao cuin sebagai pendiri taoisme , banyak mantra dan mudra dari taosu ( pendeta tao ) dipakai dalam acara kebaktian , ditaiwan disebut tao ciau ( agama tao ) , di indonesia belum terdaftar agama tao.


seharusnya pengikut ajaran Maitreya memproklamirkan agama Maitreya sbg agama yg berdiri sendiri.... kan mereka punya doktrin sendiri "Ketuhanan YME " punya ajaran cinta kasih dan welas asih dgn mengharuskan pengikutnya ber vegetarian..... d
an saya rasa itu semua adalah baik adanya.... agama lain juga punya doktrin nya masing masing dan jalan masing masing.....dan semua berjalan baik adanya. kontroversial timbul ketika umat Maitreya menyematkan kata Buddha di depan Maitreya, karena dalam ajaran Buddha (Buddha Gautama) Maitreya belum menjadi Buddha dan kehadirannya masih lama...? dan masih banyak yg kontroversial.... misalnya kesamaan nama tokoh dalam ajaran Maitreya dgn tokoh dalam ajaran Buddha (Gautama) " doktrin beda tapi nama tokoh sama? bagi umat Buddha(Gautama) sejatinya ini tidak mempengaruhi mereka dalam menjunjung tingggi ajaran ke Buddha an nya .... namun bagi kebanyakaaaaaaan umat awam (termasuk saya.....hehehehe...dulu.....) mereka menganggap Maitreya dan Buddha Gautama adalah sama ajarannya.... (padahal jauh beda yaaaaaa) Ketidaktahuan ini menguntungkan agama Maitreya karena banyak yg ikut ajarannya karena menganggap sama adanya....naaahhhh sekarang umat Buddha Gautama punya tugas menjelaskan perbedaan tersebut ( ingat ...bukan menjelekkan yaaa) manakala umat udah paham dan tetap merasa cocok dengan ajaran Maitreya ....ya... no problem lah....... kan PERBEDAAN ITU INDAH ADANYA.....HEHEHEHEE.....


makanya plg bagus buktikan secara nyata...jgn cuma buktikan scara khayal...krn tertulis di kitab...krn dongeng...om mani pad me hum..mohon maaf..



Jika dilihat dari pertanyaannya..tentu Tisarana sama Khaikuang itu masing2 mempunyai prinsip yang berbeda. Aliran Maitreya berbeda dengan Theravada. Tata cara ibadahnya pun beda tapi ada yang sama yaitu mengajarkan umatnya untuk berbuat keb
ajikan, menghindari kejahatan, mensucikan hati dan pikiran hanya caranya berbeda.Kalau memang dihatimu ingin mempelajari theravada itu tidak ada yang melarang. Untuk banyak aliran yang telah dipahami itu pun tidak masalah, yang penting pilihlah salah satu dari sekian aliran yang merasa cocok dengan hati nurani atau pikiranmu. Seseorang yang memeluk agama tidak ada yang melarang, dan sah2 saja kalau kamu mempelajari aliran manapun selama itu tidak bertentangan dengan agama dan norma dimasyarakat. Saya pernah datang ke Vihara Ekayana yang menurut orang itu Buddhayana, tapi saya menetapkan pilihanku dan dipikiranku yang cocok yana mana yaitu Theravada. Tapi saya tidak membenci aliran tersebut tapi saya memandang sebagai ilmu yang lain. Demikan Koment dari saya. Anumodana.




Para sahabat yg perlu anda ketahui buddhayana itu bukan sekte,buddhayana itu adalah jalan menuju buddha,,buddhayana itu nonsektarian di buddhayana itu ada theravada,mahayana dan tantrayana.anda buddhayana atau theravada saja ilmu agama nya
yg anda pelajari sama,,itu smua ajaran buddha...klau maitria ajaran maitri saya brani bilang itu bukan ajaran buddha sakya muni,karna apa??..karna maitri itu masi bhodisatva,dia belum menjadi buddha,maitria masi di alam Tusita,kalau ajaran buddha sakya muni itu udah jelas yg di ajar kan nya yaitu tripitaka..dan ajaran buddha sakya muni mengenal Triratna,buddha dhamma dan sangha,kalau maitria belum mempuyai buddha,dhamma dan sangha.......tolong koreksi kalau salah..trima kasih...




supaya lebih jelas beda khai kuang dengan tisarana.... silahkan baca di I Kuan Tao dan Mi Le Ta Tao (Maitreya Great Tao) lanjut http://groups.yahoo.com/group/samaggiphala/message/39275 lanjut TISARANA - Mitos Medan
http://m.ak.fbcdn.net/external.ak/safe_image.php?d=AQBt8DdCR5P-iwNM&w=90&h=90&url=http%3A%2F%2Fl.yimg.com%2Fa%2Fi%2Fus%2Fsearch%2Ftest%2Fstw2.gif
groups.yahoo.com
Yahoo! Groups offers free mailing lists, photo & file sharing, group calendars and more. Discuss hot topics, share interests, join online communities.



http://m.ak.fbcdn.net/external.ak/safe_image.php?d=AQDhautPWkFxAvHD&w=90&h=90&url=http%3A%2F%2Fwww.wihara.com%2Fforum%2Fimages%2Fmisc%2Fbookmarksite_stumbleupon.gif
Ikuanisme, I Kuan Tao atau Yi Guan Dao (一貫道) adalah aliran agama baru yang bermula dari Tiongkok awal abad ke-20. "I Kuan&quo



http://m.ak.fbcdn.net/external.ak/safe_image.php?d=AQBGWeAesR22k3GQ&w=90&h=90&url=http%3A%2F%2Fwww.google.co.id%2Fimages%2Fgoogle_favicon_128.png


Dulu saya pernah d khaikuang. Beberapa kali juga saya pernah mengikuti sesi yang diadakan, pada dasarnya ajaran yang diajarkan baik tetapi maaf, ajarannya untuk saya kurang mengena di hati.. dan juga ada beberapa cara - cara dalam mengajak, kita sebagai bagian dari komunitas tersebut menurut saya kurang baik. Tetapi jika teman - teman ingin mencoba silakan saja menurut saya itu dapat menjadi tambahan ilmu yang baik bagi kita.. mohon maaf jika ada kata yang tidak mengena di hati.


menurut sdri. Yen Mei , kai guang itu cuma dilakukan sekali atau boleh lebih dari satu kali? atau kai guang hanya sekedar seremonial saja, untuk fungsi mengetahui berasal dari fo thang mana? Klo sdh belajar theravada buddhis kok mo jg belajar yg laen,atu aj blm bisa mendalami mo yg laen,jgn serakah yg penting cocok n nyaman dgn logika kebenaran y sdh itu aj.byk2 tp gak prnh dipraktekkan y sperti tong kosong nyaring bunyi'y.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

Unknown mengatakan…
khaikuang dan tisarana , sdkit pnjelasan saya,,
khaikuang = di buka nya atau pemberian mustika petunjuk suci supaya dpt terbebas dari tumimbal lahir/reikarnasi

tisarana = 3 mustika , kl di agama buddha di sebut buddha dharma sangha,, sedangkan kl anda sudah khaikuang anda psti mendapatkan tisarana itu, hny saja pgucapan ny tidak sama sprti di agama buddha,, di agama buddha di sebut tisarana, di aliran yiguantao disebut 3mustika,,

jadi jika anda blom khaikuang anda blm mendapatkan dan blm mengtahui apa yg di maksud tisarana, tidak mgrti apa yg di mksd berlindung kpd buddha dharma sangha,,
Unknown mengatakan…
sbnr ny yg anda mksd itu salah, tidak ada yg nmny buddhis aliran maitreya,, itu sbnr ny bukan agama,, bukan aliran maitreya,, itu adalah TAO,, yi guan tao,, TAO itu bukan agama, sdkit pnjelasan TAO bisa di lihat disini http://pelitadharmakasih.blogspot.com/2009/12/pengenalan-terhadap-i-kuan-tao.html
MastahAdmin mengatakan…
Coba baca ini untuk mengenal lebih jauh I Kuan Tao
http://www.pilmotivasi.com/2016/12/mengenal-yi-guan-tao-i-kuan-tao.html
MastahAdmin mengatakan…
Baca disini ( update link ) tentang I Kuan Tao : http://pilmotivasi.blogspot.co.id/2016/12/mengenal-yi-guan-tao-i-kuan-tao.html
Chaidir mengatakan…
Buddha Mengatakan dari dulu sampai sekarang semua ajaran Buddha adalah sama adanya tidak ada perbedaan..yaitu 4 kesunyataan mulia, tilakkhana, paticca sammupada, hukum karma dll sbgnya, Sang Buddha memberikan syair sbb : Sabba Pappasam akaranam, kusalesa upasampada, sacitta daryo dapanang etang buddhanang saranang, artinya teman2 pasti semua udh tau, Buddha mengajarkan meditasi agar kita bisa konsentrasi merenungkan semua ajarannya sehingga kita bukan hanya melek secara intelektual aja, tetapi dapat menembus hakikat ajarannya secara bathin..Visuddhi Trisarana, sebenarnya Buddha menyuruh kita berlindung pada Buddha dalam diri kita sendiri, pada saat mlm setelah pencerahanNya, beliau melihat semua makhluk pada hakekatnya sama, mempunyai bibit yang sama yaitu bibit Buddha..Org yang telah menyadari hal tsb atau mencapai pencerahan maka disebut telah menemukan ke Buddhaannya sendiri, dengan sendirinya akan nyata baginya Dharma itu sebenarnya apa hakekatnya..jd menurut saya Maitreya itu ajarannya juga sama saja kelak dengan Buddha Sakyamuni, cuma cara/teknik pencapaian keBuddhaannya berbeda saja, Buddha Sakyamuni, sesuai namanya mencapai KeBuddhaannya dengan Panna/Prajna kebijaksanaan = Pannadhika, sedangkan Maitreya dengan Metta Cinta Kasih, ada juga manusia yang mencapai keBuddhaan dengan dasar keyakinan saja ( Saddhadika) juga bisa dengan viriya=viriyadhika, dengan upaya, semangat, kemauan yang keras dan sungguh2..bisa juga dengan bhakti atau beramal trus menerus..Jadi menurut saya, carilah atau beribadahlah sesuai dengan jodoh kita masing2, Buddha dengan jelas telah mengajarkan apa yang telah dan harus diajarkan agar kita semua bisa mencapai pantai seberang, inti ajaran semua Buddha seperti syair diatas : Perbanyaklah Berbuat Baik, Sucikan Pikiran, itulah ajaran SEMUA BUDDHA. Buddha mengatakan SEMUA BUDDHA, jadi artinya semua ajaran Buddha itu sama adanya, tidak ada perbedaannya..Yg menjadi masalah adalah sudahkah kita mempraktekkan ajarannya baik dlm kehidupan kita sehari-hari sebagai umat perumah tangga maupun dalam pikiran/bathin kita?..Demikian sedikit sharing, mohon maaf klu ada kata2 yang salah ketik atau salah ucap atau kurang..Namo Buddhaya, Sabbe Satta Bhavantu Sukhitata..Saddhu..Saddhu..Saddhu..

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “