RENUNGAN DHARMA: „TENTANG KEHIDUPAN „



 
                                                             oleh bhikkhu Sudhammacaro



Sebagai orangtua yang sudah memiliki anak, harus menyadari bahwa anak adalah “Aset” yang sangat berharga, bahkan lebih berharga dari nilai harta benda apa pun di dunia, seperti; berlian, mutiara, atau pun emas murni.

Coba perhatikan, bagaimana orang kaya memperlakukan harta benda itu (berlian, mutiara, atau pun emas murni). Umumnya berlian, mutiara atau emas murni di bungkus rapih, disimpan dalam kotak istimewa lalu diletakkan di sebuah lemari yang khusus dan rahasia atau tersembunyi dan aman.

Mengapa begitu dan apa tujuannya?

Sebab harta benda tersebut sangat berharga, tujuannya agar tidak hilang dicuri atau dirusak oleh orang lain.

Demikian pula anak Anda, harus ditempatkan lebih berharga daripada harta benda yang mati.

Karena anak akan menjadi wakil Anda sebagai penerus dan yang akan merawat Anda di kala usia tua kelak nanti.

Semoga berguna utk menambah Pengetahuan dan Wawasan dlm belajar Dharma.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
semoga semua makhluk hidup bahagia.

---000---


T eman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Omithofo ...menurut sy ...sbgai ortu yg baik pasti sangt menyayangi anak2nya (kelg) sampai lupa utk mengurusi dirinya sendiri. Lebih baik kita memberi Budi Pekerti yg baik n tahu balas budi...menghormati orang2 yg lebih tua...klu hanya meniggalkan harta (materi) saja tdk cukup...mereka harus digambleng dalam menjalani hidup ini ...dr kehidupan yg sulit n bisa diarahkan kearah baik ...anak2 yg sep itu pasti akan bisa menjadi Anak2 yg punya akhlak/ BUDI PEKERTI n BERIMAN . punya masa depan yg baik. memang sulit2 gampang karakter2 seseorang ber beda2 walaupun terlahir dari 1 rahim/ 1 kelg....menrt sy kita sbgi ortu harus bnyk berdoa n melakukan hal2 yg baik biar ada jalan baik jg bt turunan2 kita...karena nama baik itu sngtlah berguna. slmt sore Bhante smg Bhante sllu sehat n bahagia.



2. Namo buddaya bante : trimakasih atas renungan di pgi hri ini. Semoga kita semua bisa menyadari betapa berharganya anak. Dan kita bisa menjaga dan mendidik anak2 kita ke jln yg benar. Semoga semua mahluk berbahagia. Sadhu,sadhu,sadhu.


3. trim's bhante...sy punya pandangan...sbg manusia yg brumahtangga...jd tujuan brumahtangga mk khususnya suami punya tanggung jawab thdp keluarga nya...thdp anak mk org tua punya tggung jawab...merawat
anak nya..mndidiknya...mnyekolahkan nya...shingga trcapai cita2nya...ketika org tua yg hidupnya mau di blg sukses ketika anaknya telah meraih keberhasilan ato kesuksesan...om mani pad me hum...


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “