“ KESADARAN DAN PERASAAN APA BEDANYA? “


DISKUSI DHARMA FACEBOOK.



Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Mat siang Bhante, mau tanya temen2 nih; mana yang muncul lebih dulu, Kesadaran atau Perasaan dan apa bedanya perasaan dan kesadaran tsb.
Mohon dijelaskan.

Makasih atas penjelasan temen2 dan Bhante.

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah. 

Kesimpulan: Menjelaskan Proses Batin sungguh amat RUMIT dan SULIT alasannya krn hal itu berupa ABSTRAK (tdk nampak).

Proses terjadi Batin (Kesadaran, Pencerapan, Perasaan, Pikiran, Tindakan/ karma), ini begitu cepat sekali, hingga kita tdk mampu melihat dg jelas. Kecuali dg latihan Meditasi Wipassana yg diajarkan oleh Guru Buddha.

Tiap kita kontak (passa) dg objek di 6 Indera (mata, hidung, telinga, mulut, tubuh, dan pikiran) yg pertama diterima oleh Pintu Kesadaran (Dwara Winnyana).
 
Kesadaran (winnyana) muncul lbh dulu, lalu Pencerapan (sannya), dan Perasaan (wedana), kemudian Pikiran (citta) menyimpulkan utk menentukan ambil Tindakan (karma). Kesadaran muncul akibat kontak (passa) dari 6 pintu indera (salayatana).

Contoh: Waktu kita bangun Tidur yg pertama kali muncul ialah Kesadaran, disusul Pencerapan, Perasaan, Pikiran, dan Tindakan (karma).

Dlm Dharma Pikiran (citta) juga kadang disebut Cetasika (bentuk pikiran), atau Sangkhara (buah pikiran), disinilah letak Rumitnya ajaran Buddha (Abhidharma).

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.

Selanjutnya, sama spt yg diuraikan oleh Romo Eltan S dan temen2 Dharma sadhu.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Menurut saya:
1) Viññana = kesadaran / citta. Keberadaannya dapat kita analisa ketika kita menyadari bahwa bathin kita telah menangkap suatu rangsangan ketika anggota tubuh kita berhubungan dengan sesuatu, misalnya:
- terjadi kontak antara mata dengan suatu bentuk.
- terjadi kontak antara jasmani dengan sentuhan.
- terjadi kontak antara telinga dengan suara.
- terjadi kontak antara hidung dengan bau-bauan.
- terjadi kontak antara pikiran dengan situasi.

2) Sañña berarti pencerapan. Keberadaannya dapat kita analisa ketika batin kita mencerap atau menerima ataupun mengenal rangsangan-rangsangan yang terjadi pada tubuh kita melalui suatu bagian dari otak kita.

3) Sankhära = bentuk-bentuk pikiran. Keberadaannya dapat kita analisa ketika rangsangan pada tubuh yang telah disadari dan dicerap akan dibanding-bandingkan dengan pengalaman kita yang dulu-dulu melalui gambaran-gambaran pikiran yang tersimpan dalam batin kita, yang pernah kita lihat, dengar, sentuh dan lain-lain.

4) Vedanä = perasaan. Keberadaannya dapat kita analisa ketika kita telah membanding-bandingan rangsangan kemudian timbul perasaan senang (suka) atau tidak senang (tidak suka), bahagia maupun menderita, dan perasaan netral.

»»» Bisa dikatakan, perasaan adalah sebagai kesimpulan dari segala pengalaman2 pencerapan batin & bentuk2pikiran yg pernah ditangkap oleh 6 indra.

Orang yang sedang tidak "sadar"kan diri (pingsan, koma, tidur lelap) sulit untuk merasakan apakah ruangan itu trll dingin / panas, merasakan sentuhan, dan lain2 yg dapat diterima oleh indra.




2. selamat pagi Bhante Sudhammacaro....saat pagi ini melihat tulisan Bhante dan kemarin2 aku sadar semua pencerahan membuat siraman di hati yang sangat sejuk sekali, saat itu pula perasaanku sangat dekat dan seakan Bhante sdg berbicara di hadapanku., aku sadar aku melihat tulisan Bhante sehingga perasaanku ingin menuliskan sesuatu di wall fb Bhante. Jadi menurutku kesadaran dulu kita ada, baru perasaan kita bermain entah sedih , gembira ataupun lainnya......terima kasih Bhante mau berbagi pencerahan pada pagi ini.....


3. vinnana=kesadaran..
keberadaannya (munculnya) dapat dianalisa ketika kita menyadari bahwa batin kita telah menangkap suatu RANGSANGAN saat anggota tubuh kita berhubungan dengan sesuatu..
misalnya..kontak antara mata dengan suatu bentuk..(obyek)
..
vedana=perasaan
keberadaannya dapat dianalisa ketika kita TELAH MEMBANDINGKAN RANGSANGAN kemudian muncul perasaan suka atau tidak suka..
..
sebelum sampai kepada vedana.. kesan dari rangsangan akan melalui tahap mengenali rangsangan..pencerapan (sanna).. dan kemudian setelah kesan dari rangsangan dikenali maka AKAN DIBANDING-BANDINGKAN dengan pengalaman yg dulu..yg disimpan dalam memory batin.. apakah sudah pernah diterima..
..
selamat pagi
Bhante Sudhammacaro.. namo buddhaya..
jadi kesadaran lebih dulu daripada perasaan.
dalam Abhidhamma.. pancakkhanda menjadi Tikkhanda.. 3 agregat yaitu
1..RUPA 28
2..CITTA 89 atau 121
3..CETASIKA 52..
..
nah pak
Tandean Wily.. otak kiri-otak kanan ini masuk dalam citta atau rupa (jasmani)
ya saya pun belum tau pak.. bolehkan kita bahas..
..
terimakasih Bhante numpang pembahasan terkait status Bhante.. boleh ya
Bhante Sudhammacaro
 Perasaan dari hati. Kesadaran dalaM kamus dari otak. Tapi dalam semesta kesadaran itu bisa gabumgan dari hati dan otak.



4. Namo Buddhaya..... perasaan munculnya dari hati.... dan kesadaran munculnya dari pikiran kita.... kdang kita berfikir perasaan hanya timbul dari hati jika ada sesuatu yg kita suka atau kita inginkan,namun perasaan itu muncul pasti didiri orang tersebut yg mempunyai metta/cinta kasih.... sedangkan kesadaran,biasanya muncul jika kita sudah mengoreksi diri kita... maka timbulah rasa sadar tersebut... yg membuat kita bsa berubah dari perbuatan kita yg sudah kita perbuat.



5. Namo buddhaya /\ Bhante & tmn" sekalian. Menurut sya Kesadaran akan muncul lbih dahulu dri pda perasaan. Contoh: kita lgi pegang lilin yg sudah dinyalain api, kita tau itu lilin yg uda dinyalain api (nah mncul lah ksadaran) trus kita sentuh tu api (timbul perasaan) yaitu pedih/kepanasan.
Klau kita sadar gak mungkin kita sentuh api, krna perasaan akan mengatakan api itu panas.
Inti nya yg kita tahu itu kesadaran & klau yg kita rasa in itu perasaan. Namo Buddhaya /\ Bhante "̮


6. Nama kerennya disebut "otak kiri & otak kanan".. Emosi & pengendalian Emosi...kl yg bisa mengendalikan emosi,berarti otak kiri lbh jalan drpd otak kanan.. Bgt jg sebaliknya..reaksi setiap org berbeda beda..

selamat siang pak Tandean Wily..tapi bagaimana ya otak kiri dan otak kanan bisa seprti itu..

Siang jg pak Eltan.. Manusia pd dasarnya mempunyai otak kiri & kanan..skrg byk ilmu" pengetahuan terutama Kesenian terbukti bisa melatih keseimbangan otak kiri..kenapa bisa ada otak kiri & kanan ?.. Saya jg tdk tahu Pak..Mksh..


7. perasaan selalu muncul terlebih dahulu
* perasaan adalah ada nya rasa senang,kasihan dan filling terhadap orang lain wanita ataupu pria juga tua maupun muda.. bisa juga terhadap mahluk lain....
kesadaran baru muncul kemudian
* kesadaran akan rasa perasaan yang/benar/ salah/penilaian dari perasaan dengan kenyataan yang sebenarnya setelah fakta yang berbicara bukan perasaan diri setelah kejadian yang sebenarnya terlihat jelas dan nyata bukan hanya perasaan yang ber main di PIKIRAN dan hati .....
Namo budhaya bhante slamat pagi.... pengertian yang beda tipis hehehhe _ se7 dgn temen2..sy tambahi perasaan sesuatu yg tidak di kontrol..kesadaran sesuatu yg trkontrol...om mani pad me hum.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “