RENUNGAN DHARMA: „TENTANG KEHIDUPAN „


    oleh bhikkhu Sudhammacaro



Tanpa diminta “Ganti Rugi” ongkos membesarkan atau menyekolahkan anak, suatu saat anak pasti akan ingat hal itu. Anak akan merasa berhutang budi dan jasa baik orangtua yang tak terhingga itu.

Bila orangtua mendidik dengan cara Agama yang Benar.

Jika tiba waktunya, anak akan membalasnya dengan kepatuhan mengurus, merawat dan membiayai segala keperluan orangtua ketika sudah uzur.

Andaikata anak anda tidak melakukannya berarti anak tersebut tidak tahu Jasa Baik orangtua.

Mereka dapat disebut “Anak Durhaka, Anak Kuwalat”, yang kelak akan berbalik menimpa dirinya dimasa tuanya nanti.

Ingat bahwa hukum karma yang akan menagihnya.

Semoga berguna utk menambah Pengetahuan dan Wawasan dlm belajar Dharma.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
semoga semua makhluk hidup bahagia.



T eman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Slamat pagi bhante .. salam namaskara. Benar kata bhante bhw suatu saat si ank pasti akn teringt ats jasa2 ortunya baik jasa yg kcl maupn yg bsr. Hub ortu n ank bukanlh hub bisnis tp adlh hub kekeluargaan. Olh krn itulh utk membalas budi kpd ortu tidak dpt di ukur dgn materi tp lbh berdasarkn pd pengertian n perhatian pd mreka.

Tdk smua ank pny kemampuan utk memberkn uang n materi pd ortu. Msg2 pny kemampuan yg tdk sama. Memang kl dipikir2 mmg aneh jg. Dua atopn satu ortu mampu membiayayi suatu kelg dgn lbh dr 2 ank. Mampu membrkn makanan, baju, mainan, biaya sekolh trmasuk uang jajan n blum lg kebthn2 hdp si ank sampai dewasa n mandiri.

Tp setlah smua ank mampu bekerja mencr nafkah terkadang tk seorgpun mampu n mau berbagi pd ortunya. Coba renungkan hal ini ... 2 ortu bertahun2 lamanya membrkan kebthn hdp utk bebrp org ank tp smua ank2 nya tk seorgpun dpt membrkan nafkah pd ortunya. Aneh tp nyata ...

Pemberian pd ortu mmg tdk melulu berupa materi spt makanan uang dsb tp sbenarnya lbh di utamakn pd Rasa Sayang pd mreka berdua. Perhatian dgn hati yg tulus n penuh kesabaran pd mreka itu lbh utama .. krn dgn modal itulh ortu membesarkn dr kt.

Perlu di ingtkan sekl lg bhw Materi tdk dpt di jdkan ukurn utk menunjkkan bhw sianak itu patuh, sayang n balas budi pd ortunya. Mari sobat .. kita tingkatn dr kt msg2 agr dpt berbuat lebih baik lg pada ortu2 di sluruh jagat raya ini.

Smoga rasa kasih n sayang ini melimpah pd para mahkluk hdp di smua alam. Sadhu...



2. Nammo Buddhaya Bhante.... Jasa orang tua terhadap kita sebagai anak adalah sangat luar biasa.... Kita tidak bisa membalas budi dan jasa orang tua dengan apapun... Ya kita hanya dapat merawat orang tua dan membahagiakan selagi masih ada... Orang tua ibarat Tuhan di keluarga... Tuhan yang bisa memberi kasih sayang... memberi makan dan seluruh keperluan hidup kita dari bayi hingga kita dewasa...


3. Selamat pagi Bhante .... misalnya kemudian hari sianak kurang pengertian kepada orang tuannya itu adalah karma dari si orang tua , orang tua mendidik dan membesarkan anaknya itu adalah hal biasa dan kewajiban nya , bila dia mendidiknya dengan cara benar pasti hasilnya benar ada juga orang tua mendidik sudah benar tapi hasilnya kurang benar itu semua rejekinya si anak dan si orang tua.



4. klo mnrt sy pribadi ketika org tua mndapat anakya sperti tidak tahu mmbalas budi shrsnya jd ortu jgn trlalu mengharapkan kepada anak..mnggantungkan kepada anak...smua ini mrupakan sumber kemelekatan brlebih...ini akan menimbulkan kekecewaan..jd bagi seorg anak shrsnya menyayangi ortu dgn tulus...ketika seorg anak sukses..coba renungkan dr dasar kesuksesnya....ketika seorg anak susah kehidupan coba renungkan jg dimana kesalahan kita..renungkan dr kecil gmn ortu mbesarkan diri kita bisa sampai sekarang...jkalau seorg anak ampe durhaka celaka mau di ajaran mana pun neraka tempatnya..om mani pad me hum.


5. Namo Buddhaya Bhante. Yang diberkahi Dhamma semoga semuanya berbahagia. Trima kasih pencerahannya.


6. sdikit selingan:
huruf mandarin mngandung bnyk misteri loh.. That's so fantastic..
Xiao = bakti
lia cr pnulisan ny, ad 2 huruf yg trkandunp d dlm ny..
Yg brarti org tua
yg brarti ank..
Dlm huruf
, ank brada d bwh ort tua..
Spatutny pn dmikian lah knyataan ny..
BAKTI..


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.


Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “