Pohon Bodhi Tertua dalam Catatan Sejarah.

Pohon Bodhi disebut para ahli botani (tanaman) sebagai Ficus Religiosa (pohon fig yang suci) krn digunakan sbg tempat Buddha bernaung.

Pohon ini termasuk spesies pohon fig (beringin) dalam keluarga Moraceae.
Daun pohon ini berbentuk seperti hati.

Pohon Bodhi (“Pohon Pencerahan” yg juga dikenal
dgn Bo Tree) di Bodhgaya merupakan keturunan langsung dari pohon Bodhi asli tempat dimana Pangeran Siddharta
Gautama mencapai pencerahan
Agung.

Dlm Riwayat Hidup Sang Buddha, diceritakan bahwa Siddharta Gautama akhirnya meninggalkan praktek pertapa
keras dan bersedia menerima
persembahan susu&madu dari
seorang gadis Sujata.

Beliau kemudian duduk dibawah pohon Bodhi dan
bersumpah untuk tidak pergi beranjak sebelum mencapai pencerahan.

Setelah 49 hari bermeditasi secara mendalam, Siddharta akhirnya mencapai pencerahan dan menjadi seorang Buddha “Dia Yang Tercerahkan”.

Pohon Bodhi yg ada sekarang
bukanlah pohon asli tempat Buddha mencapai pencerahan Nya lebih dari 2.500 tahun silam, tetapi merupakan keturunan langsung dari pohon asli tsb.

Pada abad ke-3 SM, putri Kaisar Asoka bernama Sanghamitta membawa cabang Pohon Bodhi asli menuju Sri Lanka dan ditanam di Anuradhapura,
dimana pohon anakan ini masih hidup dan tumbuh hingga hari ini.

Pohon Bodhi di Anuradhapura ini juga telah ditetapkan sebagai pohon tertua yang tercatat dalam sejarah dan merupakan
pohon pertama yang ditanam manusia dengan tanggal yg pasti.

Menurut Cerita, istri Raja Asoka
cemburu dgn Pohon Bodhi yg asli dan menghancurkannya krn Kaisar Asoka lebih sering menghabiskan waktunya di
Pohon Bodhi ini.

Kemudian Pohon Bodhi tsb ditanam kembali menggunakan cangkokan dari pohon Bodhi di Sri Lanka.


ada 1 pohon berusia lebih tua dari pohon Bodhi dan juga ADAM :)..ia berusia 9550 taun [http://news.nationalgeographic.com/news/2008/04/080414-oldest-tree.html]

Berikut list 10 poon lainnya..beberapa berusia jauh yg lebih tua dari pohon Bodhi [http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_oldest_trees]

Oldest Living Tree Found in Sweden
news.nationalgeographic.com
A 9,550-year-old "Christmas tree" discovered on a Swedish mountain is the planet's most ancient known living plant, according to scientists.

Kalau menurut cerita, ketika pohon bodhi berusaha dihancurkan oleh istri Asoka, dengan upacara tertentu, pohon bodhi tersebut tumbuh lagi, dan tidak harus mencangkok dari Anuradhapura.


Iya Bhante ...... saya juga pernah membaca mengenai Asoka menuangkan Susu dari 1000 Sapi ke akar-akar di Pohon Boddhi yg Asli dan membuat pohon tersebut tumbuh kembali..
Berarti Pohon Boddhi yg sekarang ada di Bodhgaya adalah asli Pohon Boddhi yg sama dengan yg dibawahnya Bhagava Arahat SammaSamBuddha mencapai Penerangan Sempurna......
Sedangkan Anak Cucunya salah satunya adalah yg di Vihara WatuGong Semarang yang dibawa oleh Bhante Narada Mahathera waktu kedatangan beliau yg kedua pada Tahun 1953......
;-)


Cerita tersebut diceritakan di Asokavādana. Namun demikian, kita tidak tahu pasti apakah pohon Bodhi asli di mana Sang Buddha mencapai penerangan sempurna memang merupakan pohon Bodhi yang saat ini masih hidup atau bukan. Cunningham, seorang arkeologis, yang datang ke Buddhagaya pada tahun 1861-1871 menjelaskan bahwa selama 10 tahun cabang2 utama pohon Bodhi tersebut dalam kondisi buruk dan ranting2 juga hancur.

Kemudian pada tahun 1876, dikatakan bahwa sisa bagian2 pohon bodhi yang mau mati itu terkena badai dan roboh. Namun di tempat yang sama, beberapa tunas tumbuh dan menggantikan pohon bodhi yang mati. jadi jika informasi ini benar, pohon bodhi di India sekarang merupakan tunas yang tumbuh setelah pohon yang awal mati.

Berbeda dengan India, pohon bodhi yang ada di Sri lanka yakni Anuradhapura tidak ada indikasi pernah mengalami kematian. INi disebabkan agama Buddha tidak pernah putus di negara ini sejak kedatangan Bhikkhu Mahinda pada abad 3SM. Pohon bodhi pun terjaga dngan baik, sehingga tidak ada percobaan pembunuhan pohon ini.


kalau yg di Borobudur oleh Bhante Narada Mahathera juga-kah?


Ya... Pada kedatangan pertama ke Indonesia pada Tahun 1934, Beliau menanam Pohon Boddhi di Borobudur yg bibitnya dibawa dari Pohon Boddhi Bodhgaya, Tapi ternyata setelah Besar sekali akar Pohon ini kemana-mana dan dikhawatirkan akan merusak pondasi Candi,

akhirnya pada kedatangan yg kedua, Pohon ini ditebang dan dipindahkan Ke Vihara Buddha Gaya WatuGong, Semarang......
Jikalau sekarang di Borobudur ada Pohon Boddhi lagi,
itu bukan hasil karya beliau..

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "