“ ANAK BANDEL SEKALI, TINDAKAN APA YG DAPAT MERUBAH ANAK DEGIL TSB “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Teman2 ini pertanyaan dari Umat dan mohon komennya dari anda trims atas perhatiannya.


Namo Buddhaya bhante..apakbr bhante? smoga bhante sehat2 trus ya..bhante saya mau minta bantuan bhante dan temen2, suami saya punya adik perempuan, saya panggilnya apa ya? Hehehe.

Anak tsb skg ber umur 15thn, duduk di skolah kelas 3 SLTP, anaknya bandel minta ampun, temenya banyak skali dari berbagai penjuru,trus berganti, anak tsb sering curi uang org tua, udah dimarahin dan dipukulin pun gak nyadar2.

Akhir2 ini sering lagi pulang tengah malam kalo ketemu malam minggu, katanya mau bebas trus..org tuanya telp gak mau angkat, sampe sibuk telp temen2nya, dan sibuk keluaar cari dia, dl nya ditelp ada angkat dan sms di reply. sejak di pukul ama papanya skg hpnya kalo keluar di non aktivekan. kalo kita ngomong baik2 sama dia, dia gak mau dengar, ibarat masuk kanan keluar kiri.


Kira2 tindakan apa yang harus kami lakukan ya bhante? mertua sy sudah pusing dan sakit hati liat anak tsb, smua kerjaan rumah gak pernah mau sentuh.
mohon bantuan nya bhante dan temen2. trima kasih banyak.

Jawab: Teman2 maaf kalau komen bhante salah.
Di Dunia ini pasti selalu BERUBAH, artinya siapa pun dan apapun selalu berubah.

Zaman Buddha msh hdp ada seorang PENJAGAL MANUSIA namanya ANGGULIMALA membunuh 999 orang dg tangannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Namun, bisa berubah bahkan akhirnya menjadi orang SUCI TERTINGGI ARAHAT.

Pelacur (PSK) di zaman Buddha msh hdp namanya SIRIMA akhirnya bisa mencapai tingkat kesucian pertama Sotapanna dlm bahasa Dharma Pemasuk Arus, dsb..

Para pecandu NARKOBA sebagian akhirnya ada yg berubah jd orang sukses contoh di siarkan oleh Metro TV kick andy; Ari laso jd penyanyi sukses, dkk. Para Narapidana juga demikian.

Umat Buddha jng suka mengatakan TIDAK BISA, TIDAK MUNGKIN, SULIT, PAYAH, TIDAK ADA JALAN.

STOP! PEMIKIRAN DAN MENGATAKAN HAL NEGATIF spt itu. Alasannya, Pemikiran dan kata Negatif spt itu membunuh AKAR SEMANGAT NURANI (JIWA) sendiri.

Meskipun kita belajar soal HK (hukum karma), tp HK bukan untuk memvonis NASIB/ kehidupan tiap orang. Sebab NASIB orang msh bisa berubah kalau dia sendiri mau merubahnya.

Yg penting disini, cara untuk merubahnya yg hrs kita upayakan terus menerus dg berbagai cara, yg benar, sesuai, dan tepat sasaran.

Kesimpulan akhir: Yang paling tahu dan bisa merubah anaknya ialah Ortunya, misalnya ortu hrs merubah sikap yg tadinya mendidik dg cara kasar dan keras, ganti dg cara halus dan kasih sayang serta kesabaran. Ajak anak tsb jalan2 ke mall tiap sabtu-minggu, akhir bulan ajak wisata. Belikan hadiah yg menarik untuk anak tsb spt apa kesukaannya. Istilahnya, ortu hrs berkorban dulu sebagai pancingan agar di kemudian hari kalau sdh nampak JINAK ANAK TSB, baru masukkan pendidikan yg agama, dsb.

Andaikata dg cara ini msih tdk berubah. Ada umat yg umurnya sdh lanjut memberi pesan: Kalau punya anak tdk bisa di didik dg baik, malah bikin PUSING, baiknya para Ortu JANGAN CUMA ENAK2 BIKIN ANAK SAJA, tp hrs pikirkan bagaimana anak nanti kl sdh keluar (lahir) dst…


Maksudnya, anak kl sdh lahir pasti akan menciptakan penderitaan baru dan beban hdp akan mulai tambah berat, misalnya biaya hdpnya mahal, ongkos sekolah mahal..juga tdk mudah mendidik anak di zaman kini yg sdh carut marut spt dlm kasus topik diatas.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna.


1. pg bhante...kl menurut sy itu berawl dr didikan ortuny...ato dimanja ato memank dididik keras...untk mengatasiny...ajak ke wihara mendengarkan dharma...kl perlu ikt latihan meditasi vipassana,retret.n melakukan athasila..


2. namo buddhada, bhante, pertanyaan yg sulìt dan juga sulit menyadarkannya..
Menyadarkan orang lain itu tidak mudah, apalagi tingkah lakunya udah parah, itu semua kembali pada dirinya sendiri yang bisa mengubahnya dan juga lingkungan yang baik.


3. Namo Buddhaya, Biasanya anak pada usia bgt emang pd tahap perkembangannya. ª∂a̅ bagusnya di peringatin, ksh tau kejelekannnya. Kalo hanya dipukuli tanpa penjelasan. Dia hanya bs semakin bandel, krn dia gk tau apa kesalahannya. Cari tau jg kenapa dia ♏ªªu mencuri. bisa juga krn usianya bertambah tp uang jajannya tdk ditambahi sehingga dia merasa kurang tp ortu tdk pengertiannya n selalu di pukul tanpa tau sebabnya. Coba cari waktu duduk n tanyakan kepada dia kenapa dia ♏ªªu berbuat begitu. Biasanya anak bg bgt juga karna kurangnya perhatian dari keluarga shg dia cari sensasi tuk mendptkan perhatian.


4. Namo buddhaya bhante, Dulu sodara sepupu ku ada yg spt ini,dia tidak kekurangan materi tp bandel..temennya juga banyak dr segala penjuru,semua nya persis sama spt kelakuan adik umat itu..tp ternyata semua itu krn sodaraku pake obat terlarang..padahal dia jga rajin sembayang..tp skrg sodara sepupuku ini sudah meninggal...lbh baik bicara baik2,dia bukan krn kekurangan materi tp dia butuh org yg bisa bicra dr hati ke hati..kenali teman2nya bukan menghakimi teman2nya..nanti pasti dia akan berpikir juga..BBU.


5. buah karma buruk yg mengikat antara ank & ortu sdg berbuah, klu menurut sy ortu hrs tetap bersabar dan tetap tdk mengenal. lelah/putus asa dlm membimbing ank tersbt kejln penghidupan yg benar (ortu sebaiknya berpikir klu bkn kita sbg ortunya siapa lg yg mau mengerti & membimbing ank tersbt), ortu sebaiknya byk melakukan perbuatan baik yg kita tau skrg ini byk caranya,entah melakukan dana,melepas mahluk hdp dsb,agar dpt membantu meringankan buah karma brk yg sdg masak,.


6. Biasakan tidak memukul anak apalagi dah berumur 15 tahun.
Kalau salah malam sebelum tidur usahakan peluk dan beritahu
apa kesalahan dia dan apa tanggung jawab dia dan apa yang
harus dia jaga. tanggung jawabnya pada mata pelajarannya.

Kalau suka curi uang, perhatikan uang jajan dia sesuai ngak
dengan teman teman sesamanya. kalau ada keperluan lain ajarkan
berterus terang pada orang tua. kalau masih wajar dan bisa
depenuhi ya di penuhi. memang cewek mempunyai kebutuhan yang,
lebih banyak seperti Kosmestik, baju tas dan lain lain,
sebatas untuk kebutuhan diri sendiri ya sedikit di relakan.

Selidiki pergaulan teman temannya asal tidak mengarah ke Narkoba
ya di beri kelonggaran asal pulang rumah tidak lebih dari jam 21
Minta no Hp teman teman dekat dan jauhnya. Arahkan pergaulannya
ke teman teman nya yang rajin belajar agama sesuai dengan agamanya.

kerjaan rumah perlahan lahan diajarkan, tanya dia ntar dah nikah
gimana mertua memandangnya kalau ngak bisa apa apa. ini belakangan.

Gimana dengan kelakuan orang tuanya........?
Apakah mungkin karma yang sudah masak.......?


7. Namo Buddhaya Bhante, Ikut komen ya Bhante, masalah kel emang terkadang pelik untuk dihadapi, tapi ini semua kemungkinan sianak kurang kasih sayang n perhatian dari Ortu makanya sikapnya jadi kurang ajar n tidak baik, sianak selalu mencari perhatian dgn sikap yg kurang baik, kalau penanganannya kurang tepat bisa membuat sianak tambah terperosok kedalam masalah yg lebih dalam lagi,


jadi harus dicarikan orang yg tepat bagi sianak sehingga sianak mau mendengar. & menuruti nasehat dari orang yg di hormati, ini sekali lagi penangan anak harus diperhatikan sejak dini dgn kasih sayang n perhatian yg cukup kalau nda repot loh kalau sudah besar. Semoga dapat bermanfaat. Salam metta..


8. Kalau aku cenderung setuju dg pendapat pak Huang Ek Ban; bhb sdh diajar tapi hslnya terbailk 180 drjat, mk ngajarnya jg hrs dibalik, jangan pukul anak, peluklah dia tanya & ajak dialog dg baik sebelum memberitahu apa kesalahan dia dan apa tanggung jawab dia dan apa yang harus dia jaga & tanggung jawabnya pada mata pelajarannya. Kalau suka curi uang, perhatikan uang jajan dia sesuai nggak. dengan kebutuhannya, kalau ada keperluan lain ajarkan berterus terang pada orang tua atau kpd kakak dimana dia tinggal,


kalau masih wajar dan bisa depenuhi ya di penuhi & kalau tdk wajar ya diajak bertukar pikiran lagi dg baik shg dia bisa memakluminya, memang cewek mempunyai kebutuhan yang lebih banyak seperti Kosmestik (umur 15 th blm perlu), baju tas dan lain lain, sebatas untuk kebutuhan diri sendiri ya berikan aja. Selidiki pergaulan teman temannya asal tidak mengarah ke Narkoba ya di beri kelonggaran asal pulang rumah tidak lebih dari jam 21, kerjaan rumah perlahan lahan diajarkan, tanya dia ntar dah nikah gimana mertua memandangnya kalau nggak bisa apa apa (ini belakangan).


9. diberi pengertian dan orangtua harus terbuka juga dengan anak, ajarkan anak tentang keterbukaan. dimulai dari orangtua tentu nya..beri tahu tentang hal2 yg boleh dan tidak boleh.diberi suatu kepercayaan. buat dia merasa dicintai dan dibutuhkan tidak cukup hanya dengan materi saja ..beberapa orang tua terkadang merasa cukup dengan mmberi anak materi berlimpah diajak pergi ke vihara untuk dengar dhamma..

tapi ingat, jika ingin merubah orang (dalam hal ini anak) orangtua juga harus berperan serta, misal suruh anak ke vihara.. jangan cuma nyuruh tapi ibu/bapaknya sekalian pergi vihara juga..
jadi si anak bisa mencontoh dari perilaku orangtua nya..semoga bermanfaat.


10. kl di pukul malah makin bebal,karna sakit nya sebentar.nurutku bangun komunikasi 2 arah,ajak ngobrol layaknya dgn seorang teman.dengerkan juga unek2 nya,jgn ungkit2 kesalahan yang lalu.kl komunikasi udh lancar pasti beres semuanya.kl di rmh ada emek ato nenek,dibilangin juga jgn di marahi dulu.karna biasanya mak &nenek suka kasih serapan radio rusak x(maklum dah tua).yg penting komunikasi yg baik,asal dah connec mudah2 bisa.


11. Saya setuju bahwa kelakuan dan sifat manusia bisa berubah...dari jahat ke arah yang benar..dari benar menjadi jahat....semasih dia berada pada pikiran yang sadar...jaman sekarang yang paling di takuti ada 2 yakni 1. Narkoba...yang satu ini sangat sulit di rubah...kerena obat tersebut mempengaruhi pikiran sadar manusia....2. Seks bebas...nah yang ini bisa terkena AIDS..dan keduanya ini saling berkaitan, apabila terkena salah satunya bisa mengarah ke AIDS. apabila ajal dah di vonis tinggal 2 tahun......Gimana lagi cara merubahnya. memang manusia tak dapat menentukan ajal yang tiba...tapi manusia masih punya hak untuk memelihara umur mereka.....Thanks Bhante..


12. cari dan perbaiki sumber permasalahan / kesalahannya ( maaf dalam keluarga ), sering saya temui permasalahan pada anak selalu bersumber awal dari dalam keluarga dan berlanjut pada pergaulan diluar.....baik buruknya anak semua sumber awal dari cara mendidik dalam keluarga. bhante amithofo.. maaf ikut koment. kalo menurut JJ xeh, kalo emanc anaknya uda nakal kali,, seharusnya jgn main halus lagi, karena itu sangat nga masuk akal sekali, walau semarah apapun, kita tetap mesti angkat telefon dari ortu. karena mereka tetap orang tua kita,, mereka yg melahirkan kita, kalo nga ada mereka, apa sekarang kita bisa disini keluar sama teman have fun?


jadi kalo emanc sudah sampe case ny begini, saya saranin ortu ny mesti putusin smua hubungan/aktivitas anaknya di luar rumah, sita hp nya dan kurung dia, perhatiin dia selama 24jam. bila perlu panggil dia jongkok d-depan sang buddha dgn mengangkat sebaskom air d-atas kepala. karena anak ini bukan nakal ato apa,, dia marah karena pukulan bapaknya, seharusnya dia harus mengerti, kalo dia marah, dia bisa bilang sama papanya gimana cara solusinya, nga mesti nga ngangkat telfon kan.. demikian dari comment saya.. terimakasih. amithofo.


13. mnrut saya...?mgkin saja ini ada karma orgtuanya jg,jd org tua hrs bs didik dgn sbar tdk perlu dipukul,org tua sering2 la beribadah mgkin lambat laun akan membka pikirannya. baiknya dekati tman2 dekatnya,ksih tau tman2x,org tua jga jgn main pkul.prlahan tpi pnuh ksih sayang psti dia jga kan sadar bhwa cranya g bnar. anaknya dibiarin aja,nti jg kalo bosen,ga gt lg xixixixi pengalamansendiri.com. biasanya... umumnya..

spertinya..anak kalo sudah suka mencuri, suka melawan.itu cenderung.. salah jalan.sperti : Narkoba, kekasih gelap..dll..jangan di abaikan anak tersebut... atau tidak di perdulikan..tapi bimbinglah... agar anak tersebut.. jangan sampe...
terjerumus lebih jauh.... Iya juga sih.... Tp kalau lagi emosi terutama buat bapak2 yg emosinya tinggi gimana? Aduh jangan sampai terjadilah, amitabha. yah.. latihlah emosi itu agak reda...


jika tidak dilatih... jika sudah pada titik puncaknya.hasil dari emosi adalah penyakit stroke. biarlah ia belajar dari kehidupannya sendiri. ( kalo sudah diberitahu.. tiada perubahan ) ngapain berusaha merubah dunia org lain.jauh lebih baik merubah dunia diri sendiri.


14. coba perbaiki dulu sikap dan sifat.. dlm mendidik anak. di asramakan di vihara dengan para bhante selama masa libur.. atu ikutkan retret meditasi. Menurutku, apa ya...... Jd bingung jk hal itu terjadi pd anak2ku, pasti yg per-tama2 marah2, semoga tdk terjadi hal2 tsb, amitabha..... Maaf bhante, ndak tahu jawabannya.. pokoknya jgn pernah memakai kekerasan fisik dlm mengajari anak, jgn krn sbg orang tua yg lbh kuat dan berkuasa lantas merasa berhak memukul anaknya,ingat loh kehidupan berputar,suatu waktu orang tua akan melemah fisiknya dan sianak akan kuat fisiknya,dan hukum karma berlaku,dimasa tuanya,siorang tua tsb akan menuai hasil perbuatannya sndri.


15. cowok atau cwe ?,apak ada ngedrug tdk,curi uang, lht matanya apakh melotot/semangat trs,suka sendirian ?,cb ajak ajak dia jalan2 ke mall,mkn sm2 dgn klrg,dekatin dia ksh dia hadiah,bicara baik2,lht apa yg dia suka mkn buat utk dia,perhatiaan dia,sabar,perhatikan tingkah lakunya,jgn mengusir dia, mlhn kt hrs cr way out ngerti apa yg dia suka, dr sana baru pelan2 dekatin,dgr curhatnya,dll,


16. pura2 tlp dia suruh pulang ada beli mknan yg dia suka,dia berontak krn tdk ada yg perhatikan dia dirmh,dan selalu menganggap dia tdk berguna,anak bgt hrs ksh dia satu kj an bertgg jwb,jd baru dia bs rubah.atau anak seklhnnya teman2nya tdk bnr, pindahin aja sklhnnya.ganti ke tempat lain yg dia susah hubungan dgn mrk, pindahin ke sekolah anak nakal kan ada.biar dididik di malang ada tuh. umumnya seh... wlau tidak semuanya.pada dasarnya..


17. Pandangan Orang tua.. jauh ke depan..dan tujuan orang tua... agar anaknya.. mendapatkan yg terbaik. hanya mungkin.. caranya kurang tepat.karena untuk memahami karakter anak.tidaklah mudah. org tua besar pengaruhnya thdp Psikologis Anak. tersentuh kalo mamanya memperlakukan dia dgn baik,kalo mamanya justru tiap hari selalu gebuk,marah dan memperlakukan dia dgn kasar,justru si anak akan sedih,bener sih sedih cuma sedihnya knp kasih mama yg terbaik cuma ada dilagu,ga didalam kisah kehidupannya.


18. anak dan orangtua harus sama2 memahami posisi masing2,baru dpt tercipta hubungan yg harmonis, mksdnya si orang tua memahami posisi ortu, dan siortu memahami posisi si anak. perlu suatu moment yang dapat menyentuh hati anak tersebut , moment yang menggambarkan betapa besar jasa dan pengorbanan orang tua terhadap dirinya kalau ia adalah orang tiong hua , sewaktu di rumah , setel aja lagu se sang ce yu ma ma hao [ di dunia ini hanya kasih mama yang terbaik ] pasti akan tersentuh hatinya ketika mendengar lagu tersebut.


19. sebnrnya seorang anak sangatlah wajar jika ia tdk memahami posisi orang tua krn dia memang blm pernah mjd orang tua,namun alangkah menyedihkannya jika orang tua tdk memahami posisi anaknya,krn dia kan pernah menjadi seorang anak. udh di setel pak,rupanya maknya salah beli.terbeli yg versi house mix,begitu di setel anak nya malah geleng2.ketahuan deh,wkwkwk jk pak.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “