“ PENDETA HKBP DITUSUK, USTAD ABUBAKAR BA’ASYIR DIPENJARA, MENGAPA? ”

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Diskusi: Tanya; Mengapa Pendeta HKBP ditusuk pisau dapur? Mengapa Ustad Abubakar Ba’asyir pemimpin Pesantren Ngruki di Penjara? Mengapa Tsunami terjadi di Aceh Serambi Mekkah? Mengapa th 2001 WTC di New York hancur di tabrak pesawat terbang? Apa mereka tidak percaya kpd Allah/ Tuhannya atau tidak pernah berdoa? Kenapa Allah/ Tuhan, dsb, tidak mencegahnya? Menurut anda? Temn2 tlg ks komen yg benar d berguna, sadhu.


Jawab: Menurut Buddha: Menjadi Orang tidak boleh seperti “Kambing Congek” atau “Kutu Kupret” dalam belajar agama, dsb. Walaupun ajaran itu dari kitab suci kuno, atau sudah turun temurun, atau gurunya dianggap pandai, dsb. Namun, hendaknya orang belajar agama harus rajin meneliti, rajin menelaah, rajin riset, suka mempertimbangkan dengan akal sehatnya.

Hingga timbul hasil kebenaran universal yang nyata bahwa; ajaran ini kalau dilaksanakan tidak merugikan semuanya, tidak berdampak negatif, dsb. Sebaliknya, membawa manfaat, menimbulkan kebahagiaan, aman, dsb. Maka, ajaran demikian yang berguna dan patut diikuti dan dilaksanakan.

Para Tokoh agama dan para pemuka agama serta umatnya meskipun percaya dan berdoa kepada Allah/ Tuhan, Malaikat, Ti-Kong, Lao Mu, dsb. Namun, kalau perbuatannya salah, maka tetap akan menerima akibat Hukum Karmanya.

Hukum Karma ini akan mengadili (vonis) dan menghukum sesuai perbuatannya; tidak peduli anda seorang Raja, Presiden, Pendeta, Ulama, Ustad, Kiyai, Pastor, Bhikkhu, Umat, dan Rakyat, dsb. Selama orang tidak mengerti Hukum Karma, dan tidak percaya lalu membantah adanya Hukum Karma. Maka, orang itu tetap memiliki ‘Pandangan Sesat’, yang tidak akan mengerti kenapa ada bencana alam, musibah, orang sejak lahir cacat seumur hidup, dsb.


Teman-teman terimakasih atas dedikasi dan komentarnya.


1.klo tuhan ngurusin manusia demikian byk betapa capenya tuhan.


2. jawabnya hanya stu..hukum sbab akibat. kamma mreka msing2.

3. mana ada tuhan bhante...tuhan kt adlh diri kt sndri...klau da sampai waktunya karma baik n buruk berbuah y berbuah???kn bhante.

4. krn hukum sebab akibat and mereka tdk pcry dgn adanya tuhan/mgkn aj ini peringan kpd umat yg blum b'tobat.


5. Tak ada kesadaran "damai itu indah" dendam yang tak tehapuskan ... Egois.. Merasa ter... Maka ter jadilah.

6. Setia manusia mewarisi karmanya masing2, Bhante. Meskipun saat ini seseorang telah mencapai Arahat, namun kalau dimasa lalunya dia berbuat jahat, yakh tetap harus menrima karmanya, seperti yg dialami oleh siswa utama Sang Buddha, Moghalana. Bahkan Sang Buddha sendiri juga harus mengalami karma buruknya berbuah ketika dilukai oleh Devadatta.


7. ada lg mengapa di cina terjadi hujan lebat dan sbgai nya. 1 hal yg saya dpt simpulkan smua itu terjadi karna alam juga ada pertikaian antara suatu negara bahkan agama n suku. Mereka py keyakinan msg2,py tuhan msg2.


8. oohh itu karma sedang berbuah....si Pemilik sedang panen karma buruk maupun karma baik bisa saling berbuah.....si pemilik pasti panen dan gak bisa ditolak.

9. Tuhan Hanya membukakan jalan kepada kita untuk bebas dari belunggu karma semua terpulang kepada manusianya apakah mau terbebas dari dari belenggu penderitaan hukum karma atau tidak karena semua ini ada sebab akibatnya. siapa yg berbuat akan terima akibat dari perbuatannya hanya tergantung wkt dan tempatnya cepat atau lambat.

10. Namo Buddhaya,tentux mrka sangat percaya tuhan,dan tiada hari tanpa doa,tapi hukum alam tidak pilih kasih,pada siapapun dan kapan saja,saat buah kamma buruk yang telah d lakukan masak,maka harus siap menerima,tidak bisa d hindari dengan do'a hanya bisa d imbangi dengan perbuatan yang baik.

11. itu adalah takdir yg ditentukan oleh tuhan.


12. @Nicky : Bisa bantu saya gak untuk menjelaskan mengapa Tuhan begitu tidak adil dgn memberikan bencana kepada org baik, disatu sisi banyak orang jahat yg mendapatkan rezeki yg melimpah?


13. Agama apapun kalau hanya tertulis di KTP sebagai status tapi tidak menjalankan kewajiban dan bahkan selalu melanggar larangannya maka para nabi, para dewa pengayomnya juga angkat tangan... Terlepas dari Tuhan, karena di kitab suci dan di alquran tertulis bahwa "Tuhan akan menyelamatkan manusia yang memenuhi dan berjalan di jalan Tuhan" , "Saat kau mendekatkan diri pada Tuhan, maka Tuhan akan dekat denganmu", "Bukan karena menghadap ke arah barat / timur maka kamu berTuhan, melainkan saat kamu beriman dgn menyayangi sesamamu, dan menjalankan kewajiban menjauhi larangan-Ku".


14. Mrk yg percaya Tuhan, percaya tdk adanya kehidupan sblmnya / sesudahnya, bagi mrk hidup hny skl, jd sebagian berbuat jaat & stlh berbuat & meminta pengangampuan & penghapusan dosa & bagi kepercayaan mrk itu bs ilang & berbuat lg jd karma buruk bertmbh trs.. Ln dgn ajaran Sang Buddha yg mengajarkan "sesuai dgn benih yg di tanam itulah buah yg di petik" (hukum sebab akibat) shg manusia2 bs takut u/ berbuat karma buruk & tdk berani mengulanginya lg.. Pa yg trjd yg di sebutkan bhante tdk ln adalah bentuk karma buruk yg sdh masak.. Slamat tdk slamat trgtg seberapa berat karma yg mrk perbuat lg.. Sadhu3..

15. Semua agama menawarkan surga jalanya adalah kebaikan dan kasih sayang terhadap sesama... Maka bagi siapapun Ɣªήƍ mengaku beragama (terlepas dari agama apapun) saat dia berbuat kerusakan maka dia akan menerima akibatnya... Sebab para nabinyahanya menjamin umatnya masuk surga bila umatnya mampu memenuhi syarat2 Ɣªήƍ ada... Itu tertulis di kitab suci manapun... Namun Ɣªήƍ terjadi manusia selalu menggampangkan apa Ɣªήƍ tertulis dlm kitab suci ... Dan juga kebanyakan dari mereka penganut agama keturunan Ɣªήƍ malas belajar agama dan mendalami isi agamanya... Alias Agama KTP... Aceh orangnya rajin solat tapi tanaman ganja subur... Tokoh2 agama Ɣªήƍ dengan ambisi membesarkan organisasinya mencatut nama Agama, mengatasnamakan agama berbuat Ɣªήƍ tidak baik.. Wajar kalau mereka kena akibat dari perbuatan... Karena mereka hanya : Iblis berkedok malaikat.


16. @Nicky: masih inget lagunya desi ratnasari gak ? takdirr.. memang kejam, tidak punya perasaan takdir = kejam
takdir yg menciptakan tuhan yg maha berarti tuhan itu maha kejam


17. Allah sdah mmprcyakan manusia sbg khalifah/pmimpin/pnglola bumi. baik bruknya dunia ini trgntung trgantung manusianya. slanjutnya Allah jg mnjanjikan surga tuk plaku kbaikan dan mngancm dg neraka bg plaku kjahatan.

18. Untuk menjwb prtnyaan scra ksluruhn, hndknya org mngtahui smua prtnya itu trlbh dahulu. Bhante, mf. Jwbnnya; kurang'y KEHARMONISAN.


19. yg plng neg ada agama yg blng..hnya yg percya kpdnyalah yg dpt msuk surga.. tetapi mnrut sya apau agamanya apaun kpercyaanya..jka dia brbuat baik, surgalah tempatnya atau sblknya..gk pndng bulu agama apapun suku apapun.

20. Namo buddhaya, mengapa tzunami juga terjadi di sri lanka, myamar, thailand (negara buddhis), juga masih ingatkah ada berapa orang bhikkhu n samanera yg meninggal tragedi tabrakan di sunter. Menurut saya itu semua tidak mesti karma buruk mereka berbuah, cuma meninggalx barsama tp alam yg dtuju berbeda.


21. aneh yah ada yg meyakini kalau Tuhan itu mengancam, kalau Tuhan itu suka mengancam, lalu apa bedanya Tuhan dengan preman ? dan kalau Tuhan itu maha mendengar lalu kenapa ketika tejadi sunami di Aceh Tuhan tak mendengarkan ketika ribuan orang berteriak2 memanggil nama besarnya? betapa ketakutannya mereka pada kejadian tsb namun Tuhan tak memperdulikannya padahal dengan kuasanya seharusnya ia bisa menghentikan air bah tsb.

22. ‎@joe, kalo di thailand dan myanmar ga ada yg berteriak2 minta tolong sama Tuhan, jadi ya wajarlah kalau Tuhan masa bodoh dan benci sama orang2 yg di myanmar dan di thailan dengan membiarkan bencana terjadi. tapi yg menjadi pertanyaan itu kenapa di tempat yg orangnya setia pada Tuhannya dan bahkan sudah meminta pertolongan Tuhan agar air bah dihentikan demi menyelamatkan mereka dari bencana koq Tuhan juga tidak perduli dan membiarkan bencana tetap terjadi.

23. MenuruT Saya,dlm agma BudDha tdk ada yg nama'a cobAan Tuhan. ItU SmuA TerjAdi krna karma dr msing2 individu..
Jd, kesimpulan'a, msLah apa pun timbul krn qTa sndri.. Tdk boleh dipungkiri,aplgi menylahkan siaPa2,dan yg pling sering manusia slu blg," ni smua cBaAn Tuhan ". Demikian menuruT sya,bhante.


24. kalu tuhan mha kuasa,pensh,pnyayng.. gk mungkin ada neraka.dan hnya mencptakan surga.atau bumi yg sempurna,tanpa bncna alam. dg kuasanya dn kekuatanya,, Hrusnya tuhan merubh pkran dan perbuatan mnusia menjdi baik dn bnr. klu dah bgtu . dunia aman,gk ada lg yg nmya bncna..duniapun aman krna pikran dan perbuatan semua manusia dn makhuk lainya di rubah menjadi baik ma tuhan.....maaf bukan ngajarin tuhan he he he.


‎25. @CunYen: o gitu toh, ternyata Tuhan itu jail dan iseng yah suka mencoba2 manusia
@Tyo: saranmu bagus sekali, mudahan2 Tuhan mau mendengarkan saran darimu, nanti kalo tuhan tetep keras kepala kayak presiden yg ga pernah mao mendengarkan, nanti kita bareng2 Demo Tuhan :-P


26. dibalik sebuah bencana selalu ada hikmah.segala yg hrs terjd memg hrs terjd.hkm sebab akibat,karma masa lalu dan ms kini.setiap org tdk terlepas dr karmanya.terima dgn lapang hati kpd yg jd korban.petiklah hikmahnya.jgn salahkan tuhan atau para buddha dn bodhisatwa,krn jk karma buruk matang,buddha pn tdk bs membantu.hnya diri sendr yg membantu,perbnyk kebajikan,niscaya karma buruknya akan dikurangi.


27. ‎@Sanny: yeee, sapa juga yg nyalahin Tuhan, saya kan cuman nanya tuhan ada dimana ketika bencana terjadi ? katanya Tuhan itu maha mendengar, selalu mendengarkan doa kita. Atau jangan2 sewaktu terjadi bencana tuhan lagi asik maen pesbukan sambil pake walkman dengerin house musik jadi kaga ngedenger doa dan teriakan manusia.

28. tuhan gk facebookan broW ...mungkin ngedugem di clup..mknya ktk bncna ada di mana2 gk dnger dia.

29. Seingat saya, Sang BUDDHA pernah berujar, "Sungguh kasihan orang2 ini (menunjuk kepada para petapa telanjang pengikut Nigantha Nataputta), bila memang ada makhluk yang tertinggi dan pencipta seperti Tuhan. Ia membiarkan penderitaan mereka." Baca juga Brahmajala Sutta, kotbah Sang Buddha ttg 62 (kalo ga salah) pandangan, kedunguan dan kesesatan batin manusia thd hal2 yg "sulit" mereka cerna. Di dalamnya juga disebutkan kesalahan pandangan thd adanya sang pencipta.


30. Mrut saya itu hukum karma yg berlaku,karna karma buruk nya tlah tiba dan smua bencana sdh di takdirkan dan gak bisa di elakan oleh siapapun.maka nya harus banyak sembayang dan percaya sama tuhan.mf klu salah bhante mhn bimbingan nya.sadhu 3x


31. Klo di bilang karma buruk, lalu apakah tragedi tsunami di aceh dan sumut yang menelan korban puluhan ribu nyawa dari janin sampai orang jompo jg binatang ,berarti karma berbuah serentak?



32. @SANTO GOTAMA : MANK KM BRPIKIR KLO BHANTE BRTANYA PNDPT KT BRTI LG MEMBANDING2KAN,KLO GT KM SALAH,TRLALU CPT BRPKIR BRUK,KM JG HRS EHIPASSIKO. MEMANK KT GA BLH MEMAKSA ORG PCYA PDA KPERCAYAAN KT KRN T GA DA GUNA. TOH STIAP ORG DIATUR OLH KHIDUPANNYA MSA LAMPUA,KMBLI LG PDA PRIBADI YG SKRG UTK LBIH BAIK D KHIDUPAN DTG.

33. Namo buddhaya bhante. Menurut saya itu karma, bhante. Kenapa tuhan tidak mencegah mereka? Itu saya kurang tau bhante, mungkin lagi sibuk.. T.T Hehehe...


34. tuhan cape klo ngurusin byk org ,itu penderitaan masing2. tuhan lgi marah dn kesal.


35. Namo Buddhaye, menurut saya apa yang terjadi tidak ada campur tangan Tuhan sama sekali, semua karena hukum sebab akibat. Kita manusia hanya mencari pembenaran dalam setiap peristiwa. Namun ada yang ingin saya tanyakan kepada Bante dan teman teman, sekalipun saya tau penyebabnya adalah karma, tp saya tdk mengerti karma ribuan penduduk aceh dan sumut apa kah berbuah serempak dalam peristiwa tsunami tempo hari? Maaf jika ada kata yg salah, mohon koreksinya.


36. Sebenarnya agak sulit dijelaskan sekaligus krn banyak aspek yg bisa menyebabkan itu terjadi..! Tp menurut saya ini krn ulah manusia,kalau Tsunami disebabkan krn hukum sebab akibat yg saling bergantungan. Penjelasan lebih lanjut,biar masing2 orang yg berfikir sendiri...! kemungkinan ada perbedaan bila dijelaskan dgn ilmu meteorologi &geofisika,dgn nalar batin yg sering tdk sesuai dgn logika & sensitif..!

37. Namo budhaye bhante,menurut saya itu karena karma buruk yg pernah mereka perbuat jadi tuhan/tikong mengingat kan mereka agar tidak berbuat dosa dan mau kembali kejalan yg benar.


38. Yanti : knapa harus diingatkan? BknkaH DIA MAHA PENGATUR? Brarti kalo mrk jahat DIA dunk yg ngatur :-D

39. Mungkin hrs ada pertanyaan,Kenapa wkt kematian dtg,manusia hnya pd SAAT IV & jg bs dg setulus hati memanggil nama Tuhan...klo hari biasa,BERDOA HANYA RUTINITAS???KEWAJIBAN???


40. namaste bhante, semua adalah karma mereka sendiri.mereka yg merusak alam(lingkungan)n terjadi bencana itu karma mereka sendiri,karma mereka berbuat jahat adalah penjara.ada sebab pasti ada akibat


41. Namo Buddhaya, Bhante. Mengapa pertanyaannya begitu sulit? Menurut saya, MUNGKIN belum memiliki pandangan yang benar. Saya yakin bahwa semua meyakini adanya Tuhan. Cuma sebesar besar ketaqwaan tiap individu. Taqwa pada Tuhan, dipandu dengan beragama, dan harus memiliki pandangan benar. Karena dasar kita berpikir, berucap, merencanakan sesuatu, dan berbuat adalah pandangan kita terhadap sesuatu. Sama halnya dengan jawaban saya. Mgkn saja, ini masih merupakan pandangan yang kurang tepat. Mohon dibimbing.


42. Jika menarik kesimpulan dari diskusi ini, berarti umat Buddhis di Indonesia mempunyai beragam pandangan terhadap agama yang kita anut. Jika keragaman adat bisa kita kategorikan kekayaan budaya, tapi klo keragaman pandangan terhadap ajaran Buddha seharusnya adalah bukan hal yang baik. Saya meyakini setiap orang punya pendapat sendiri sendiri itu baik atas nama kebebasan berpendapat, tapi jika berbeda pemahaman ajaran agama menurut saya itu mengarah ke kerancuan ( bukanlah hal yang baik) . Maaf bukannya saya mau menggurui tp seharusnya sbg umat Buddha kita menepikan semua perbedaan dan bersama memajukan damma bukan malah ngotot untuk pembenaran pendapat sendiri sendiri.


43. SEBAB AKIBAT NYA KARENA SUMBER DAYA MANUSIA SEKARANG INI KRG MORAL , KESADARAN , KE EGOISAN , JADI TERUTAMA KITA HRS PUNYA KESADARAN AKAN AKIBAT PERBUATAN YG KITA BUAT SENDRI. JANGAN SAMPAI TERJADI SEBELUM TERLAMBAT. MASALAH TUHAN / ALLAH DAN BERDOA ITU TERGANTUNG INDUVIDU NYA.


44. mnurut saya bhante. mgkn akibat dr karma mereka sedang berbuah pada saat itu. maka terjadilah hal2 sperti itu. dan, karna alam yg merasa telah di rugikan oleh manusia2 saat ini yg kurang mncintai alam semesta ini.

45. di kehidupan lampau mrka bnyk menanam kamma buruk dan jarang menanam kamma baik.krna kamma buruk lbh bnyk d tanam jd kehidupan skrg kamma buruk itu berbuah.


46. Namo Buddhaya Bhante. Pertanyaan yang susah dijawab,karena kondisi setiap manusia berbeda. Akan tetapi,umat2 yang berhubungan dengan pemuka agama mereka tersebut akan menimbulkan pertanyaan didalam benaknya sendiri "mengapa masalah ini bisa terjadi?" dan mungkin sampai sekarang mereka masih belum juga mendapatkan jawabannya yang benar,karena jawaban yang mereka dapatkan adalah : " itulah takdir yang harus mereka terima".


47. Namo Buddhaya Bhante.. Menurut sy yg terjd pd mrk adlh sebab karma buruk yg d perbuat baik pd khidupn lampau maupun skg. misalnya, dlm khidupan ini menjadi pendeta yg menjalankn tgs pelayanan tp mengalami hal yg menyedihkn sprti d tusuk pisau dpur tsb, dlm hal ini spertinya yg berperan adlh karma buruk yg berbuah pd khidupan skg.

48. Nammo Buddhaya Bhante. Mnrut saya :semua yg trjd itu tak trlepas dr hkm sebab akibat N hukum karma dr manusia itu sendri. Brng siapa yg brbuat baik psti hsilnya baik pula begitu pun sebaliknya brng siapa yg brbuat buruk hslnya pun tdk akan baik. Jd yg terjdi itu mngkin sebuah teguran agar manusia menyadari perbuatan buruk mrka selama ini dan dgn teguran itu mngkn manusia bisa intropeksi dirinya tuk jd yg lebih baik lg. Mohon maaf bhante kalau ad slh" kta.


49. selamat malam bhante...saya hanya bisa bilang 1 kata,apa yg diperbuat manusia,manusia juga yg akan menerima akibatnya....bencana dimana2 jg akibat ulah manusia...intopeksi2...namo budhaya...sabbe satta bhavantu sukhitatta....semoga semua mahluk berbahagia .


50. Bhante, maaf agak sensitif tapi kenyataan yang benar terjadi adalah, agama menjadi Tuhan mereka...sehingga tampak dari luar religius cenderung fanatik...tetapi didalam berkecamuk antara ambisi/kekuasaan/ketenaran berdalih agama... 'Bak kue Tart ya Bhante...tampak indah mempesona oleh balutan gula dan hiasan mentega, tapi didalamnya tidak tampak kalau bolunya gosong atau bantat hehehehee.


51. Yanti mencampurkan agama2 nih.. Hihi.. :) Cie yanti, dalam agama buddha tidak mengenal tuhan kok, yang ada hukum sebab akibat, maksudnya apapun yang kita terima saat ini adalah hasil perbuatan kita dulu. Jadi, tuhan dalam agama buddha apa dong? Boleh kok cari di google.

52. karma mrk pada sdh masak semua, mskny pd wkt yg bersamaan, jd seolah mrk terkumpul di 1 tmpt dgn karma yg msg2 jg tlh matang.

53. jika hukum karma begini : "kehidupan lampau si Asing membunuh Asoi, kehidupan sekarang si Asoi balas dendam bunuh Asing (ini kan termasuk karma nya si Asing karena dulu bunuh si Asoi kan?) nah lantas, apakah tsunami itu orang yang kehidupan lampaunya dibunuh orang2 aceh sehingga sekarang ia membalas di kehidupan sekarang??? nah lohh.. tsunami ini termasuk maklhuk alam apa sehingga bisa membunuh orang? bukankah ia bukan makhluk??" mohon pencerahan.. thanksssss before.


54. Namo buddhaya, selamat malam bhante. Apa yg kita ditaburkan itulah hasil yg kita
petik.Bencana dan musibah yg tertadi pada manusia adalah hukum alam penyebabnya.
Alam menghukum siapa saja yg telah berbuat kejahatan,pada waktunya yg sdh ibah. Kelihatan hukum alam biasa2 saja namum memiliki kekuatan yg dasiat menghukum
manusia,Guru agung sang buddha saja selagi masih hidup bertubuh manusia tidak
lupuk dari hukum alam. Hukum alam tdk memberatkan juga tdk meringan,dan tdk memiliki jaksa dan pengacara. Mungkin manusia bias lolos dari hukum dunia yg dibuat di setiap negara, seperti pengadilan,jaksa polisi.Krn hukum dunia masih bisa berpihak dgn uang pelicin.Tapi tdk bisa lolos dari hukum alam. Mengenai gedung ITC tentunya ada sebabnya, krn ego masing2 ingin menguasai dunia,sebelum dunia kiamat. Si A dgn kekuatan super power, si B dgn kekuatan jilhat. SUKHI HOTU.


‎55. 1.bagi yg percaya kamma dan reinkarnasi mungkin itu adalah kamma yg diterima dr kehidupan sebelumnya karna menanam kamma buruk dan menuai kamma buruk jg pada kehidupan yg skrng
2.berdasarkan penyelidikan kepolisian ustad abubakar ba'asyir terkait jaringan teroris!
Biarkan hukum negara yg berjalan!benar atau tidaknya maka hukum kamma yg akan berlaku!kita tidak perlu menuduh!klo kita yakin akan hukum kamma maka jawabannya akan kita lihat sendiri atau mungkin anak cucu kita yg dpt melihat jawabannya
3.aceh bukan satu2nya daerah yg terkena stunami parah!bahkan gempa haiti pun sama dahsyatnya!itu karena manusia tidak pernah menjaga hukum keseimbangan alam yg ada hanya merusak dan memanfaatkan u/ kepentingan pribadi
4.wtc pusat bisnis dunia!gedung yg dikenal sbagai jantungnya bisnis!menghancurkannya akan akan melumpuhkan ekonomi dunia!siapa pun pelakunya ini hanya bisnis semata!klo memang benci terhadap orng kulit putih dan sebangsanya mengapa hrs wtc yg dihancurkan!knpa tidak times squre pada saat perayaan thn baru!jutaan orng kulit putih disitu!
tambah kebajikan sucikan hati dan pikiran! Sabhe sattha bhavantu sukkhitata.


56. Bayar karma buruk...bhnt,krn ga bs dihindari Buat share...tp sblmnya saya mw mnt maaf saya ga bs sebut nama beliau,saya beri si A aja y... Pernah wkt YM.Bhnt A ingin pergi kemn saya lupa t4ny(dh lm sih)tp yg saya ingat wkt itu beliau sdh tau akan kecelakaan,trz beliau blg bs saja saya batal pergi tp itu lah hebatnya bernaung dlm dhamma klo karma buruk berbuah y nikmati saja,hehehe... mksdnya karma buruk yg tetap karma buruk mw sembunyi dimn pun klo sdh saatnya mw ga bs dihindari...
Ada lg beliau setiap share dhamma bw air mineral sendiri knp?walau beliau sdh jd bhnt karma buruknya pun msh ada ktnya ada dibbrp t4 klo beliau dhammadesana ga diksh air mnm...bayangkan pdhl niat baik n tulus membabarkan dhamma tp te2p karma yg berlaku.
Berpendapat n mempertahankan pendapat itu wajar saja(kn demokratis bkn demokrat y...kiding)aSal tdk dilandaskan ego n emosi masing2...namanya jg share dhamma,kn klo puja bakti or seminar ditentukan wktnya klo disini knp pun kita bs berargumen n bertanya satu sm yg lainnya n endingnya kita disuguhkan penjelasannya dr bhnte...
Mgkn ada yg tdk setuju koq dibanding2kn trz y pertanyaan dr bhnt?Tp saya sih positif aja,gmn kita sbg umat jk kita dihadapkan dg mslh tsb jd klo memang bnr itu terjd sm kita sdh siap terima, Trimakasih....klo ada kt2 saya yg salah n tdk berkenan dihati mhn maaf,salam metta dr saya...namobuddaya.



57. kesimpulan cendekiawan bhw gagasan ttg tuhan, penciptaan mitos hrs dianggap sbg evolusi imajinasi manusia yg dimulai dg kesalahpahaman ttg fenomena alam. hal ini berakar dalam ketakutan dan ketdktahuan manusia primitif. bahkan saat ini manusia tetap memelihara penafsiran primitifnya ttg penciptaan. dlm pandangan pemikiran ilmiah masa kini, definisi teologi ttg tuhan adalah tdk jelas dan karenanya tdk memiliki tempat dlm teori penciptaan kontemporer. (Dr K Sri Dhammananda, dlm bukunya Keyakinan Umat Buddha, Ehipassiko foundation, hal 376)

jk manusia diciptakan oleh suatu sumber eksternal, maka ia tentu milik sumber itu dan bkn milik dirinya sendiri. mnrt ajaran Buddha, manusia brtggjwb atas semua yg diperbuatnya. jd umat Buddha tdk memiliki alasan percaya bhw manusia menjadi ada melalui sumber eksternal manapun. mrk percaya bhw manusia ada saat ini krn nafsu, kemelekatan, dan perbuatannya sendiri. kt tdk dihukum ato diberi hadiah oleh siapa pun selain diri sendiri dg perbuatan baik dan buruk kita sendiri. melalui proses evolusi, manusia menjadi ada. tdk ada kata2 Buddha yg mendukung kepercayaan bhw dunia diciptakan oleh seseorang. penemuan ilmiah ttg perkembangan bertahap sistem dunia trnyt selaras dg ajaran Buddha (idem, hal 377).


‎58. @yong rin: maaf..cb anda baca di awal comment sy. sy blg,bukany sy m'rendahkan agama sy sndri.ok!sy tdk m'yalahkan bhante atw sppun. know,mksd sy,knp harus agama lain yg m'jdi cth. di india,pd thn 2001 Yg lalu,trjadi musim kering,sampai klaparan dasyat!! sbagian yg mningal umat Buddha. knp kta hrus m'gambil cth agama lain.INTI'A LEBIH BAIK,KITA M'FOKUSKAN AKAN DIRI KITA KEMBALI.APAPUN YG TRJADI,ITU KARMA,hukum alam. BuKan krna Tuhan,atau siapa pun! SUDAH m'gerti????


59. mgkn....itu semua adalah awal dr serangkaian susunan 1 per 1 kejadian2 yg terjadi sampai saat ini & seterusnya..., yg akhirnya akan terungkap mksdnya di masa2/waktu2 yg akan datang.

60. Dari semua kejadian diatas (status Banthe) sy juga bingung kalau ada yg bilang semua peristiwa sdh diatur oleh YME ,mengapa kok mengaturnya sedemikian rupa sehingga menimbulkan bgt banyak bencana dan melahirkan banyak korban?Bukankah Tuhan itu Maha pengasih,Penyayang,Adil,Bijaksana dan segudang Maha lainnya."Ada maksud yg Agung dibalik semua kejadian itu"katanya.Lho? maksud Agung dibalik bencana dan kekerasan? Seperti mrk yg memukuli org yg mau beribadah itu katanya mempunyai maksud agung juga?Begitu banyak simpul2 tanda tanya yg ada dalam kepala ini,mohon kiranya ada yg bisa memberikan pencerahan utk saya,salam cinta kasih


61. Namo Buddhaya Bhante.. kl sy bolh brkomtar, mnurt sya yg jlas prbuatn kt mmpngaruhi arah kondisi hidup kt dan proses krja alam, mka sblm smua yg tdak mnynangkanyg tidak kita inginkan trjadi brhati-hatilah kt dalam brpikir, brkata dan bertindak.

62. klu mau blg tdk percaya ataupun tdk doa mungkin tdk tpt kan mrk org2 yg beragama n pemimpin di grj ataupun mesjid mungkin ini proses karma yg lg berbuah bhante.saddhu.....saddhu.....saddhu.
maaf klu slh bhante i



63. ini hanya jawaban pribadi...tentang "Maksud Agung". sama dengan perkataan "Segala Kejadian punya hikmah sendiri"
semua orang memiliki pemikiran...
1.ada sebagian orang yang selalu punya harapan didalam setiap kejadiaan.
2.ada sebagian orang yang selalu mengingatkan diri agar hal itu tidak terulang kebali.
3.ada sebagian orang yang suka berkomentar...apa yang baik dan benar.
4.ada sebagaian orang yang suka menyalahkan kejadian apapun.
5.ada sebagian orang yang hanya sekedar tahu.
dari banyak contoh diatas...apa yang menjadi hikmah tergantung siapa pribadi itu. "hikmah sama dengan sebuah pelajaran". sebuah pelajaran biasanya bisa membawa kemajuan...tetapi kenyataanya...tidak semua kemajuan membawa pelajaran. waktu adalah ukuran pasti terhadap hal yang dikatakan maju. tetapi banyak hal yang terjadi dr waktu ke waktu...membawa kerusakan dan kemunduran.. setiap orang memiliki kebebasan pribadi untuk memilih apa yang menjadi hal yang memajukan. sekarang kembali pada fondasi moral...pribadi untuk kesadaran bermasyarakat.hidup dalam kehidupan dan peran masing2 individunya. orang2 yang mengatakan sudah diatur oleh Tuhan YME...mereka tidak mengerti.
bahwa Tuhan adalah fondasi moral...pribadi setiap orang....yang dinilai baik,banar...dan penyadaran terhadap kehidupan lingkungan....bersama peran diri.


64. kta harus mlihat dunia dan pprosesnya secara nyata apa adanya, kta tidak ush brpantasi mlihat khidupan jalannya hidup yg sangat nta ini,dngan dmikian kt akan mngrti.


Kesimpulan: Bagi mereka yang mendapatkan hukuman dan musibah itu sebabnya akibat perbuatannya sendiri. Semua orang ikut andil dalam peristiwa bencana alam dan musibah, contohnya; Pemanasan Global yang sudah diriset (teliti). Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bisa mengubah Paradigma cara berpikir dan kepercayaan yang dangkal.

Sedangkan ajaran Buddha jauh-jauh hari sudah menyatakan hal serupa dan sejalan dengan dunia IPTEK. Cuma tergantung manusianya sendiri, kalau otaknya BEBAL tidak akan mengerti ajaran Buddha akibat Kebodohan dan kegelapan batinnya.

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur yg telah meninggal, semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Komentar

Simple Idea mengatakan…
Untuk kesimpulan Bhante,"1.klo tuhan ngurusin manusia demikian byk betapa capenya tuhan."

Mungkin kalau dilihat dari sudut pandang Hindu, dimana tuhan tidak di personifikasikan. Dimana Siwa adalah dewa tertinggi tapi bukan tuhan, tuhan ada diatas siwa. Sifat siwa masih memiliki kesamaan dg sifat manusia, tapi sifat tuhan tidak. Ada 7 sifat tuhan dalam hindu, Yg kalao kita dalami 7 sifat itu adalah kondisi dari nibhana atau moksa dalam hindu, kondisi terbebas dari kelahiran kembali, tidak ada rasa senang dan juga rasa susah. Setiap mereka yg mencapai moksa, akan melampaui tingkat dewa maupun avatar. Karena mereka kembali ke tempat dimana mereka berasal, setelah semua kekotoran pikiran dan bathin dapat dibersihkan.

Tuhan dalam hindu tidak mengurusi manusia, dan tidak akan memcampuri urusan manusia. Dia tidak akan melihat salah atau benar, ada atau tidak ada. Dia ada tapi tidak ada, dia ada tapi kosong dan kosong tapi ada. Manusia bisa ketempat tuhan dan ada disana selamanya adalah atas dasar perjuangan manusia itu sendiri untuk terlepas dari 6 macam kegelapan, bukan karena nasib, takdir atau hadiah dari tuhan.

Tuhan hanyalah sebuah sebutan, karena dia yg sebenarnya tak terwakili oleh kata kata manusia.

Sangat rumit untuk dijelaskan, maka lebih baik kita berbuat untuk sampai ketempat tuhan dari pada memperdebatkan tuhan itu sendiri. Karena memperdebatkannya lebih sering mendatangakan pertikaian daripada hasil baik.

Maka ajaran budha sangat tepat, lebih baik belajar dan terus berjalan tanpa menyerah menuju tempat kita akan pulang, dari pada memperdebatkan seperti apa tempat pulang kita. Karena kalo kita sudah sampai, kita akan tahu sendiri seperti apa tempat itu.

Kalo belum sampai saja sdh berdebat dan kemudian bertengkar lalu menghasilkan karma buruk yg baru, ya kapan sampainya kita.

Mohon nasehat Bhante
Ajaran Hindu beda dgn ajaran agama2 lain. Moksa dan Nibbana itu beda x. Moksa msh vs di sebut Tuhan/ Allah. Nibbana Tek bs di sebut Tuhan /Allah. Ingin di campur aduk Moksa dg Nibbana keliru jauh..

Bhante Sudhammacaro

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “