“ APA HANYA DOA MINTA-MINTA BISA TERKABUL “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi: Tanya; Menurut anda doa minta-minta kepada Allah/ Tuhan atau Ti Kong, Kwan Im Phu Sah, dsb, bisa terkabul atau tidak? Kalau tidak terkabul apa anda masih percaya dan minta2 lagi? Mengapa?Teman-teman tolong kasih komen yang benar dan berguna, sadhu.

JAWAB: Andaikata Allah / Tuhan, Kwan Im Phu Sah, Dewa, dsb, bisa mengabulkan semua doa permintaan anda dan orang lain.

Dijamin dunia ini tidak ada orang miskin. Semua Orang tidak perlu sekolah, bekerja, tidak perlu ada dokter, rumah sakit, polisi, tidak perlu ada restoran, dsb. Soalnya tinggal doa minta saja, tunggu sebentar datang.

Apakah bisa dengan cara seperti itu? Tentunya tidak mungkin. Contoh yang sederhana, kalau anda lapar coba berdoa minta makan sama Allah/Tuhan, Kwan Phu Sah, Dewa, dsb, apakah makanan akan datang jatuh dari langit? Jadi bagaimana caranya kalau anda lapar? Yaitu harus beli makanan, atau beli beras, lalu dimasak, dst.

Manusia umumnya suka minta, dan kalau sudah diberi maunya mendapatkan hadiah yang lebih dari yang lain, dst, tak akan terpuaskan. Kalau tidak terkabul ada yang marah, kesal, jadi malas berdoa lagi untuk sementara. Tapi, lain waktu doa minta lagi. Contoh pengemis; sebelumnya berdoa minta sedekah kalau dapat untuk makan saja untuk hari ini, cukup sudah. Namun, setelah dapat makanan enak dan lebih, malah minta uang, kalau dapat untuk ongkos mudik saja, sudah cukup. Begitu ada yang member uang, bahkan dikasih tiket mudik, minta lagi yang lain.

Anda pun sama, mula-mula doa minta selamat, sehat saja sudah cukup, tapi lain hari doa minta rejeki dan usaha agar maju, begitu usaha sudah maju, doa lagi minta motor, sudah terbeli, minta lagi mobil karena belum punya untuk pergi dengan keluarga. Nanti lain waktu doa minta lagi rumah, sebab belum punya masih ngontrak, dst.

Jadi kalau anda ingat ke belakang, sudah berapa ribu kali doa minta-minta, namun tetap belum usai dan belum berhenti karena merasa masih mau.


Contoh dan Fakta: Semburan Lumpur PT Lapindo sampai saat ini masih tetap menyembur dari awal sudah berapa ribu orang dan para Kiayai, Paranormal, Dukun dsb, yang berdoa kepada Allah/Tuhan minta tolong agar semburan berhenti.

Bahkan dengan sesaji2 makanan, malah kambing dan kerbau yang masih hidup dilempar ke tengah semburan, segala daya dan doa minta-minta tsb, sia-sia. Sampai saat ini anda saksikan, bhante bukan mengharamkan doa minta2, tapi melihat fakta dan bukti akurat.

Lalu Perang di Irak, Palestina, Aganistan, dsb, lalu Gemba bumi, musibah, kecelakaan, dst, sampai saat ini masih terus perang berkecamuk di seantero dunia, mereka semua berdoa minta2 damai jangan ada perang lagi, jangan ada bencana dan musibah lagi,

Namun apa yang ada saksikan? Inilah pentingnya kita belajar Dharma agar wawasan kita terbuka cara berpikir dan bertindak kita berubah sesuai dengan Dharma agar kita bisa menjadi bijaksana. Itulah tujuan diskusi ini, semoga berguna dan maaf bila kurang berkenan dihati anda semua.

Contoh lagi: Dulu waktu masih jadi Rakyat biasa suka berdoa minta-minta kepada Allah/ Tuhan agar bisa jadi Presiden. Setelah jadi Presiden berdoa minta-minta lagi agar bisa diteruskan dan dilanjutkan kalau boleh tiga kali dan syukur bisa seterusnya sampai MATI.
Namun apakah BISA? Walahualam.

Era Soeharto zaman Orba persis sama, hingga bisa jadi Presiden kira-kira 6 kali, doanya minta sampai seumur hidup alias sampai MATI mau jadi Presiden. Namun apa yang terjadi? Tiba-tiba tahun 1997 Soeharto akhirnya Tumbang oleh para Mahasiswa dan Rakyatnya sendirinya karena di demo. Bagaikan orang jatuh dari loteng sakit, lalu dihujat oleh Rakyatnya sendiri. Menjadi cerita kelam menyebar keseluruh pelosok dunia. Ini tauladan yang Haram jangan ditiru.

Ferdinand Marcos dari Pilipina mirip sama, kisahnya juga gelap sampai saat ini kasusnya belum usai. Saddam Husein dari Irak malah Mati di hukum Gantung oleh Rakyatnya sendiri. Ini juga tauladan yang Haram jangan ditiru.

Intinya minta-minta tidak ada puasnya dan berbahaya, makin dikasih semakin banyak maunya.

Akhirnya jatuh sendiri, amat sedih dan memprihatinkan karena jatuhnya bukan atas kerelaan sendiri, tapi dipaksa oleh Rakyat.

Malah matinya meninggalkan kisah kelam bagi namanya, keluarganya bahkan seluruh bangsa Indon dimata dunia.

Teman-teman terimakasih atas dedikasi dan komentarnya.

1.Amitofo bhante. Mnrt sy doa kpd thien thi kong ato po sat tdk pantas kita selalu meminta2 untk ϑ beri rezeki ini dan itu, krn smua Ɣªήğ tjd kpd kt adlh krma dr perbuatan kita, seharusnya kita jd manusia berdoa kpd Tuhan dgn tujuan bersyukur dan berterima kasih atas apa Ɣªήğ kita dapatkan hari ini.


2. Namo Budhaya Bhante...trgantung apa yg kt mnta...klu kt mnta kkayaan/harta..itu ga mgkn trkabul..ut mndptkan kkayaan/harta kt hrs brusaha/bkrja...kkayaan tdk akan dtg bgt aja..apalg dgn mnta kpd Thian ¶ dewa dewi...mhn prlindungan,sehat,sejahtra & kselamatan kt & keluarga lbh baik ..akan trkabulkan...klu uraian sy ada yg salah mhn dmaafkan...Semoga Semua Mahluk Berbahagia... Sadhu3x...


3. Harapn mnimbulkn kkecewaan. Kt tdk tau cara pnghrapn ap yg mrka pkai. Bs sj cra pnghrpn se'org anak kpd ibu'y. Budha n bodystva tdk tega mliht org yg memohn. Tp klo sering mminta, beda lg. Budha mngajrkn mmbri, bukn mminta. Mf.


4. Kalo menurut w,kalo kt minta duit lgsg di ksh duit w br percaya he3. kalo ga di dukung karma baik memohon sampe gmn pun y ga bs.


5. Saya percaya, krn ada sabda Sang Buddha mengatakan bahwa selain karma, kehidupan yg kita lalui sekarang adalah buah dari apa yg kita pikirkan dan apa yg akan terjadi adalah apa yg kita pikirkan sekarang. Adi salah satu yg sangat membantu fokus pikiran agar yakin bahwa kita berhasil atau terbantukan adalah dgn doa, dan lebih baik lagi akan keyakinan keberhasilan bahwa doa itu ditujukan ke sesuatu yg kita yakini pasti bisa membantu entah itu ke Tuhan, para dewa dll. Jadi sebenarnya bukannya Tuhan atau dewa yg mengabulkan tetapi fokus pikiran kita yg menjalankannya ditambah karma2 yg ada. Silahkan berdoa dan meminta sesuai dgn keyakinan masing2, gratis kok (baca buku The Secreet).


6. Namo Buddhaya,klo bertepatan dengan kamma baik yang berbuah jadi bisa saja terkabul.jika pun tidak terkabul saya tidak menyalahkan siapa pun,berarti kamma baik saya belum berbuah tentunya saya harus lebih banyak berbuat kebajikan lagi.

7. Namo buddhaya bhante. percaya dan gak percaya adlah ssuatu yg sma. Hal itu dapat sbgai motivsi or trjrumus olh pdngan salah, SmUa berbalik kepada diri kita sndiri. Bgaimana kita mengethuinya dan menyikapinya dgn benar dan bijaksna.
Sgala hal mungkin dapat terjadi ssuai dgn karma kita masa lalu dan karma skrg. Jadi ap pun yg tjdi ttap jlani hdup ni dgn waspada n ikutin jlan yg dpt dibuktan kbnranya. Boleh bdoa,mintalah dgn pikiran qt yg sadar. Jadi lah diri yg sadar dan bijak. Ini mnrut saya bhante Sabbe satta bhavantu sukhitata, Smoga smua mahluk hidup berbahagia.


8. Doanya kan agar dijauhkan dari karma buruk dan mendekatkan karma baik. Kalau dan lain-liannya mah tergantung dari karma kita. Bukan UUD tapi UUK, Ujung Ujungnya Karmalah yang menentukan.

9. Namobuddhaya,menurut saya walaupun doa kt tdk dikabulkan, berdoa tetap dilakukan ,kenapa hrs kcewa kalo doa tdk terkabul ???lha mang phu sa/tuhan berhutang ama kita ???kalo buah kamma kt matang pada saat kita memohon/berdoa tentu kt akan berpikir doa kt dikabulkan,tp kalo buah kamma blm wktnya matang tentu aj harapan takkan terwujud..jd rajin berdoa semacam pupuklah bt pohon kamma kt (YG BAIK TENTUNYA).

10. namaste bhante, menurut sy ini sebuah tradisi.kalau untuk dijadikan tempat meminta-minta sesuatu itu salah.menyembah,memuja sebagai penghormatinya seperti buddharupang.kenapa demikian jika anda memiliki sesuatu tp tdk terkabul maka anda akan tdk akan percaya(tdk mau kevihara,tdk sembahyang lg) itu sebuah terikatkan.kdng jika minta sesuatu n terkabul itu kebetulan(karma baik anda) n pasti orang-orang akan ramai kesana untuk meminta sesuatu.ini kesalahan kita dewa dijadikan tempat untuk meminta.


11. Namo Budhaya Bhante. Kalau sy sih jarang sekali tuk berdoa didepan rupang/patung, banthe,sy berdoa setiap hari dr hati sy sj banthe"semoga sanak keluarga saya baik2 saja,diberikan ke-sehatan,dan semoga semua mahluk, baik yang tampak maupun tidak tampak mendapatkan kebaikan,sesuai kondisi kammanya masing-masing....... cobalah dulu baru cerita,pahamilah baru bicara,dengarkan dulu baru beri penilaian,bekerjalah dulu,baru berharap........ Salam metta.


‎12. @heri hasan:pertanyaan saudara sangat hebat saya smpe kaget,ke orang tua saja tidak brani bicara seperti itu apalagi pada seorang bhikkhu, sebagai umat kita harus menghormat org yang patut d hormati,wlo tidak suka orangx tapi menghormat karena beliau menjalankan sila yang lebih tinggi dari kita,diskusi tidak ad pengaruhnya dari sekte atau sangha apapun. saya yakin bhante bisa menjawab tapi ini forum diskusi,agar umat yang tertarik blajar Dhamma bisa berpartisipasi.mkash.


13. kita menyembah dewa,buddha,bodhisatvaya untuk menghormati,mensyukuri apa yg kita terima n pasti untuk mengikis karma kita melalui doa(sembahyang)dan berdana.mungkin kita manusia tdk pernah puas.sdh memiliki mobil satu,minta mobil lg n lainya seharusnya kita bersyukur dgn apa yg kita punyai sekarang n yakinlah anda akan mendapatkan apa yg anda inginkan melalui berdana,menjalankan sila,menanan benih kebajikan bukan melalui minta-minta sesuatu pd dewa.kita berpikir logika aja kalau dewa bs membuat kita kaya.kita tdk susah payah bekerja tinggal minta saja.maaf jika kata-kata sy tdk berkenan dihati anda.anumodana.


14. namobuddhaya,sy setiap hr berdoa,untuk jalan dr tempat tinngal ke tempat kerja biar tidak ada halangan ,dan setiap ada masalah sy lansung berdoa dlm hati ,selalu ada jalan keluar dg lancar,,,,,,,,,doa sy slalu dikabulkan ,sy sangat trima ksh kepada TUHAN,,,,,,,,slalu mendengar doa sy ,,,,,,,trima ksh TUHAN,


15. Buat Sdri heri hasan apa maksud pertanyaan anda ? Tidak ada sopan santunkah anda thd Seorang Bikhu ..
H heng @ apa benar minta sm Tuhan cepat or lambat bisa akan dikabulkan ? Wah bisa bisa nanti manusia pada gk mau kerja deh cukup berharap sama doa permintaannya tampa berusaha berjuang mencari dan mendapatkannya ..
Tentu anda pernah juga mendengar ada orang jahat yang tidak pernah kenal Tuhan apalagi mau untuk sembahyang dan berdoa, tetapi kehidupannya selalu senang dan kayaraya.. Tetapi ada orang yang rajin berdoa dan sering memohön kpd Tuhan tetap hidupnya dipenuhi kesulitan dan kegagalan kebangkrutan pdhl dia sudah berjuang keras untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaannya. Bagaimana anda menjelaskan ini semua ?



16. Siang Bhante,Namo Budhhaya..menurut saya keinginan terkabul krn karma baik yg berbuah..jd saya krg percaya dgn meminta2. Dgn kita yg berprilaku baik,menjlnkan sila dgn benar,tentu karma baik kan dtg dgn sendirinya tanpa perlu diminta lg. Namaste,Bhante.


17. Selamat siang Banthe. Menurut saya banthe Skrg tergantung niat jg ya... Klw kelakuan kita buruk,klw ada perlu memohon gmn bisa menuai hasil... bagai mana jg klw kita berdoa cukup memohan kesehatan,keselamatan. Krn saya percaya semua Tuhan Maha Adil n Welas Asih.... Semoga semua mahluk hidup Berbahagia Sadhu.. Sadhu.. Sadhu.


18. Namo buddhaya bhante,kalo menrt bhante pa bsa trkbl cmua doa kta, kalo menrt sy permintaan yg kta minta it hrz seimbng dgn krma baik kta,

19. Smua doa harus di iringi dgn tindakan perbuatan yg maksimal,tanpa itu sgala macam n banyak doa y sia2 belaka,jd doa plus action ya hrs seiring,ntu mutlak terlepas karma baik dr seseorang itu telah matang atau belum.doa hrs ikhas,jd ada kelegaan hati seandainya belum terkabul.


20. Siang Bhante kalau ak punya pendapat bisa klau kita jg mau berusaha bukan hanya sekedar memohon,dan bila karma baik kita ada maka akan terkabulkan, dan bila tidak terkabulkan cenderung org menjadi tidak percaya dan kepercayanannya menjadi goyah krn org tidak menyadari dan tidak melihat pada dirinya sendiri dan lebih bnyak menyalahkan, seharusnya kita lebih sadar dan melihat pada diri kita...sadhu3x Namo Buddhaya Bhante.


21. Guru Agung Buddha Gotama bicara soal 'SOSOK MAHA KUASA': ”Dengan mata, seseorang dapat melihat pandangan memilukan; Mengapa Brahma itu tidak menciptakan secara baik? Bila kekuatannya demikian tak terbatas, mengapa tangannya begitu jarang memberkati? Mengapa dia tidak memberi kebahagiaan semata? Mengapa kejahatan, kebohongan dan ketidaktahuan merajalela? Mengapa memenangkan kepalsuan, sedangkan kebenaran dan keadilan gagal? SAYA MENGANGGAP, BRAHMA ADALAH KETIDAKADILAN. Yang membuat dunia yang diatur keliru.” [Bhuridatta Jataka, Jataka 543] Tidak sedikit teman buddhis yg memaki bahkan me-remove saya, saat bicara soal TUHAN.



22. Namo Buddhaya Bhante...jg tmn2 seDharma semuanya...menurut saya berdoa adalah termasuk kegiatan memotivasi diri sendiri,sy pernah punya pengalaman,ketika saya hampir putusasa dan saya berdoa hanya dalam hati saja saya memohon,dan doa saya dikabulkan,bahkan yg terjadi begitu luar biasa,walau ada doa yg menurut saya tidak dikabulkan,sy tetap percaya bahwa ada hukum alam yg sangat pasti berlaku dalam kehidupan kita ini,dan tidak menjadikan saya putusasa utk tetap berdoa,krn berdoa selain bisa memotivasi diri sendiri,sy juga yakin dgn berdoa bisa memancarkan energi positip dari dlm diri kita,dan akan kembali pada kira energi yg positip juga.Ketika hukum alam itu sedang bekerja,doa meminta keselamatan juga tdk akan terkabul,tetapi setidak2nya bagi orang2 yg melakukan doa tersebut tlh menambah karma baik bagi dirinya sendiri.Kita harus juga yakin pada apa yg diberikan pada kita pasti adalah yg terbaik bagi kita semuanya,meski terkadang kenyataan hidup yg kita terima teramat pahit,krn tiada yg tahu ttg hidup kita ke depannya akan gimana,yg penting kita tetap semangat menjalani hidup ini dgn hati yang ikhlas dan lapang dada,juga tetap berdoa dan bersyukur setiap hari,pasti selalu ada kebaikan yg bisa diambil hikmahnya dari setiap kejadian di dunia ini...MOHON BIMBINGANNYA YA BHANTE.


23. Karena yang maha kuasa...maha kaya...maha pecipta...maha...maha...maka seharusnya kita berdoa dan meminta hanya kepadanya, yaitu ALLAH. LIHATLAH.....BERAPA BANYAK YANG TELAH KITA MILIKI.... APAKAH ITU SEMUA MILIK KITA SEJATI..????


‎24. @Mahara Dewi:Ya,tidak ada sesuatu pun milik kita di dunia ini,bahkan diri kita sendiri juga bukanlah milik kita,dgn kesadaran ini tentunya akan menjadikan kita lebih ikhlas dan rela dalam berbagi bagi sesama,tdk menjadikan kita sombong dan memandang bahwa setiap individu adalah sama adanya.Slh satu wujud dari rasa bersyukur adalah rela berbagi bagi sesama yg membutuhkan,sprt jg dlm agama ISLAM membagikan zakat fitrah di bln puasa.Selamat HARI RAYA IDUL FITRI YA BUAT BU MAHARA DEWI Sekeluarga,Mohon maaf lahir dan batin,semoga berbahagia dan sehat selalu.


‎25. @ tan sunline nama sy bukan h heng ya.sy tdk mengatakan kalau kita minta pd dewa bs dikabulkan.anda seharusnya baca dulu komentar sy baru berkomentar.mengapa orang yg tdk pernah berdoa itu kaya.mungkin dia dikehidupan sekarang dia begitu tp apa anda tahu kehidupan dimasa lalu.yg dia terima sekarang adalah hasil karma dimasa lalu.begitu jg dgn si miskin yg rajin berdoa di kehidupan yg akan datang.dia akan terima hasil dr karma sekarang.


26. Sore bhnte n tmn2 sedhamma,namobuddaya. Menurut saya terkabul or tdknya doa tsb kmbl lg kpd individu msg2 sbrp bsr usahanya u/ mengubahnya menjadi nyata/terkabul. Buat share aja brp mg yg lalu saya ikut share dhamma tentang kekuatan pikiran(mind power n mind set)begitu hbtnya sebuah pemikiran dpt merubah kita dlm segala hal...cnth : 1.walau dlm hati kita berniat baik tp output(pikiran)kita bs buruk,tdk ada yg bs mengukur dlmnya hati.
2.Meditasi visual(ini saya dpt dr romo jefry)seorang anak kena kanker otak divonis 6bln lg hdpnya,lalu romo blg sm anak tsb cb km meditasi visual km bayangkan kanker itu km tembakin setiap km meditasi sblm tdr n bgn tdr +/- 30mnt(dg semangat tinggi anak tsb melakukannya tiap hr slama 3bln n te2p konsumsi obat dr doker)percaya atau tdk stlh cek up kedokter anak itu dinyatakan sembuh 100%,dokter tsb bertanya dg papanya diksh obat apa n sipapa pun menjwb hanya obat dr dokter saja,lalu dokter tsb blg obat yg saya ksh itu bkn u/ menyembuhkan tp hanya mengurangi rasa sakit/memperlambat agar tdk menyebar.
3.Jk ada yg benci or tdk senang dg kita cb setiap kita meditasi pancarkan metta trhdp mereka yg tdk sk dg kita agar mereka tdk benci lg dg kita(saya sdh cb loh...hslnya manteb)
4.Dll. Trimakasih...mohon koreksi jk coment saya ada yg salah bhnte :)


27. Menurut Sy doa itu penting sy pernah alaminya dgn bersujud sepenuh hati pasrahkan jiwa raga kt pd saat berdoa dan doa sy terkabul,walaupun kdang doa kt bs tdk terkabulkan namun sy ttp pcya utk setiap saat berdoa,sy yakin suatu saat doa sy akan terkabul.jgn hya dgn doa hrs Άϑå berbuat kebajikan jg.


28. Saya percaya akan dikabulkan. Dgn doa kita akan diberkahi. Tetapi tentunya jg dgn usaha & kerja keras, tidak hanya duduk & berpangku tangan.


29. Namo amitofo. Kalo menurut saya apa yg kita lakukan itu lah yg kita dapat so kalo kita menginginkan sesuatu kita ga perlu memohon kepada siapapun tapi berusahalah untuk mendapatkan apa yg kita inginkan itu. Saya lebih percaya kepada karma dari pada tuhan,malaikat,dewa or apapun.
Sedikit cerita ttg saya: 4 th yg lalu papa saya sakit keras n keritis,saya sedih n meneteskan air mata pada waktu itu kemudian pada sore harinya saya berdoa n memohon kpd tuhan n para dewa agar papa saya bisa segera sembuh n saya sempat melihat bintang jatuh yg konon bisa mengabulkan permintaan kita n utk pertama kalinya saya memohon kpd bintang jatuh tsb agar papa saya sembuh n saya bingung kenapa papa saya tambah parah n malah meninggal,mengapa permohonan saya ga terkabul n semenjak itu saya mulai ga percaya ma yg namanya tuhan or apalah tapi saya berfikir kalo itu adalah buah karma pada masa lalunya telah berbuah.
Contoh simplenya begini kalo kita maling mangga tetangga pasti kita d marahin kan? Tapi coba kita tidak mengambil mangga tsb kita pasti tdk akn mendapat masalah

30. Namo Buddhaya Bhante. Jika permintaan saya memohon untuk diberikan kekayaan berupa materi apakah akan dikasih oleh Tuhan,para Dewa-Dewi ataupun Para Bodhisatva sedangkan saya sendiri kerjanya hanya sembahyang dan berdoa setiap hari dan tidak bekerja mencari nafkah/uang? Renungkanlah teman2 se-Dharma.Mohon maaf kalo ada kesalahan dalam kata2 saya.


31. kalau menurut saya berdoa tanpa iman untuk meyakini sama juga nol. klu tidak terkaabul juga mungkin apa yg kita minta memang sdh diberikan tapi kita tdk menyadarinya atau belum saatnya...amitofo.


32. Namo budhaya bhante n tman2 smua. Mnrt sy bhante,stiap orng memang wajar klo berdoa walaupun bda umt'y,tp klo berdoa "MEMINTA"sst/keinginan'y terkblkn mnrt sy it krng wajar,karna jika kt meminta sst/mengi2kn sst tnpa ada'y berusha, apakhsst yg kta inginkn bsa kt dpt?ttu sj tdk kn,sma sj kt meminta sst/mengi2nkn stt kpd tuhan atau dewa/i,apakah lgsng dikabulkn?contoh'y se2orng brdoa n meminta dgn brkt"TUHAN AKU MEMINTA/MEMOHON BERIKANLAH HAMBA MU INI KEKAYAAN N HARTA BENDA".apakah tuhan atau dewa/i langsung memberikan kekayaan kpd nya?gk mungkin kn,ttu ja kt harus berusaha untk mendptkn smua itu...klo se2orng berdoa meminta sst/mengi2kn sst lgsng d'kblkn gk perlu berusaha lg,maka orng2 gk perlu lg berusaha kers untk mendptkn sst/mengi2nkn s2t.tggl meminta lgsung d'kblkn. Mohon maaf bhante n tman2 s'xan klo ad kt2 sy slh n menyingung xan.krna sy jg dlm tahap pemelajaran.


33. Namo Buddhaya , permintaan akan terkabul atau tidak, tergantung dari karmanya.


‎34. @mahara dewi : itulah keyakinanmu. Dalam agama Buddha tidak mengenal Tuhan Allah sebagai manusia super, yg bisa mencipta bisa mendengar, yg punya kekayaan dan maha maha lagi. Dan diri kita tidak ada siapapun yg miliki termasuk Allah krn semua adalah anatha (kosong)jd seorang Buddhis tdk perlu ada sesuatu yg ditakuti termasuk Allah sekalipun tetapi seorang Buddhis hanya perlu taat mengikuti aturan Hukum alam, hukum kesunyataan. Seorang bhikku, pendeta, pastur dll yg telah mengabdi hidupnya utk agama yg dianutnya tetap tdk bisa melawan hukum alam, mereka jatuh tetap kebawah bukan keatas. Betul kan? Walaupun mereka berdoa meminta petunjuk sama si Maha tsb tetap sj tidak bisa membantah hukum alam. Mkn km tidak mengerti krn agama km agama langit yg didapat dr wahyu turun dari langit sdg buddhisme agama bumi yg memang didapat oleh Sakyamuni dengan bersusah payah selama hidup di bumi.




35. Setiap agama punya konsep sendiri-sendiri mengenai Tuhan, rejeki, doa dll, jadi dalam agama Buddha dikenal hukum sebab akibat jadi semua yg terjadi ada sebabnya, sesuai dgn hukum masing2, kenapa bisa jatu ke bawah, krn ada hukum grafitasi, hukum ini sdh ada dari dahulu kala, org sakit didoakan memungkinkan sembuh, karena dalam doa juga ada kekuatan dan ini juga mrpk usaha, tp tidak semua org sakit didoakan sembuh, semua akan terjadi juga harus didukung kondisi, contoh banyak org yg mengalami kecelakaan meninggal krn terlambat ditolong, shingga kehabisan darah, jadi meninggal karena keadaan yg tidak baik, org sakit demam berdarah tidak akan sembuh hanya berdoa dll


‎36. @Lia: tidak mudah menjelaskan sosok Tuhan pencipta dalam pandangan buddhis, bpk. Cornelius Wowor sendiri menghabiskan berlembar2 kertas untuk menjelaskan konsep ketuhanan, dan dalam ceramahnya perlu sedikitnya setengah jam

37. tulisan dibawah tidak dibuat untuk mencela atau mendiskreditkan ajaran kepercayaan manapun, namun ditulis sesuai bukti dan fakta dengan tujuan agar dapat membentengi umat buddha dari pengaruh kepercayaan ajaran lain yg membuat tidak sedikit umat buddha (khususnya generasi muda buddhis) pindah kepercayaan. semoga artikel ini bermanfaat.
http://www.facebook.com/notes/tamandharma-dot-kom/ungkapan-hati-seorang-buddhist/157070174305078

38. Namun secara ringkas, dalam pandangan Sang Buddha,
Setelah pencerahan-Nya, Sang Buddha kemudian menembus dan memahami bahwa sosok-sosok “Maha-Dewa, Tuhan Yang-Maha pencipta” yang sebelumnya banyak dipuja-puji oleh banyak aliran spiritual sebelum Beliau hadir dan ketika Beliau masih hidup, ternyata hanyalah sekumpulan para Dewa dan Brahma, dari surga Kamadhatu, surga Rupadhatu, hingga surga Arupadhatu.
silakan Lia baca tautan dibawah ini untuk lebih jelasnya.
Bagaimana pandangan seorang Buddha terhadap Konsep Monotheistis ( Tuhan " Yang Maha " pencipta ) ?
Pada kenyataannya, Sang Buddha justru menolak teori / pandangan adanya sosok “Maha-Pencipta” dan “Maha-Kuasa” dalam bentuk apapun; Sang Buddha menolak ke-Maha-Kuasa-an Tuhan / “Brahman”, hal ini terlihat dengan jelas sang Buddha menolak adanya “atta/atman” dan menerangkan Sabbe sankhara anicca,...
Oleh: TamanDharma Dot Kom.
39. Kl mnrt sya y Bhante. Sbnr na bs sja trkabul ttpi d samping itu jg Qt hrz brusaha utk mndptkan yg Qt inginkan n tdk akn mgkn trkabul hnya dgn Qt yg brdoa sja n slalu meminta trz tnpa mlakukan sesuatu/brusha. Amithofo.
40. Namo Buddhaye, menurut saya kita bisa minta apapun yang baik kepada Dewa Bante, tp apakah di kabulkan atau tidak haruslah kita terima dgn ikhlas . Seperti yg bante uraikan sebelumnya " begitu sedikit yang kita persembahkan tapi bgt byk yg kita harapkan, kasihan sama Dewa nya"
Menurut saya jika dewa punya kemampuan utk mengabulkan suatu permintaan tidak ada salahnya kita meminta meskipun yg kita persembahkan kecil, sebab Dewa tdk memiliki keinginan keduniawian , Dewa bukan tempat barter ,jadi ketulusan jauh lebih berharga ketimbang jumlah persembahan kita.
Seandainya jg Dewa tdk memiliki kemampuan untuk mengabulkan, setidaknya kita tdk minta ke sembarang tempat. Dan jg bisa membuat kita lbh percaya diri, merasa di berkati (sugesti positif) kesimpulannya menurut saya tdk ada yang salah dgn minta/mohon kpd Dewa asalkan permintaannya baik. Maaf klo pendapat saya keliru, mohon dikoreksi.

41. Namo budaya bhante, menrt sy,seandaiya kt berdoa n memita2 tanpa ada keinginan kt sendr untk berush ya lum tntu d'kbulkan,seandai'y kt meminta sesuatu tnpa berusaha apakah kt akan mendapatkan'y?kn tdk,setiap orng mengiginkn sst hrs la dgn brsha sndr...tanpa berusha sst yg kt inginkn blm tntu bsa tercpai. Mohon maaf bhante klo seandaiya kt2 sy ad yg slh. Krna sy jg dlm tahap pemelajaran.

42. nammo buddhaya bhante. mnrut sy, lbi baik qt mbca paritta drpd bdoa. dgn mbca paritta akn mnambah krma baik qt n mbaca paritta mengkondisikan karma baik qt jd cpt berbuah. apbila blm berbuah kmgkinan karma buruk kita jd ternetralisir atau bkurang. sadhu3. trmakasih bhante n_n.

43. Nammo Buddhaya,Bhante....Maaf sebelumnya.Menurut saya; Terkabul atau tidak itu semua tergantung karma,jika belum berbuah mungkinkah terkabul?Percaya atau tidak juga tergantung pada karmanya masing-masing Bhante.Jika karmanya habis atau tidak ada karma yg pas,mungkinkah saya percaya?Tidak semua manusia mengetahui agama Buddha seperti apa,karna mereka tidak memiliki karma yg pas dengan Dharma. Mohon penjelasan dari bhante. ..Sabbe,Sattha,Bhavantu,Sukkitthata.....Nammo Buddhaya.

44. Sifat dasar manusia itu suka meminta.Soal dikabulkan atau ndak itu belakangan.Meskipun tahu apa yang diperoleh adalah buah karma sendiri tapi kita masih juga suka meminta karena sedari kecil kita diajarkan berdoa kepada Thien bila ada kesulitan dan berdoa lagi mengucap syukur bila dikabulkan.Dan kadang-kadang betul kok doa itu dikabulkan asal dilakukan tulus dan dengan ikhtiar yang benar.Beberapa kali, dulu ketika diri ini lebih tulus dan sedikit melanggar sila,pernah berdoa meminta bantuan sang pencipta agar dibantu agar pasien yang sedang ditangani bisa diberi perpanjangan umur beberapa hari lagi sampai anaknya tiba.Doaitu terkabul,meskipun seharusnya secara medis orang itu diperkirakan akan mati dalam beberapa jam lagi,ternyata hidupnya bisa diperpanjang dengan obat yang kuberi selama 2-3 hari sampai anaknya tiba.Juga pernah doa lain dikabulkan. Bila kita boleh meminta perlindungan kepada Sang Buddha,misalnya dengan paritta SACCAKIRIYAGATHA dan MAHAKARONIKO NATHOTIADIGATHA ,mengapakah kita tak boleh meminta kepada Thien ? Seharusnya jangan terlalu mempersoalkan berdoa itu terkabul atau tidak,atau bermanfaat atau tidak ,kalau terlalu dipersoalkan malah akan membuat banyak umat awam yang masih rendah tingkat pemahaman agama Buddhanya akan mundur dari mempelajari nya.Sang Buddha sendiri memakai jalan pemahaman kondisi dan tradisi budaya umat yang dihadapi dalam membabarkan Dhamma.Umat Buddha dalam mempelajari Buddhisme dapat dibagi 2 golongan :yang ingin memahami Dhamma untuk mencapai pembebasan sejati dan yang sekedar ingin mendapat kehidupan yang bahagia kini dan nanti.Umat awam lebih banyak yang ingin hidup bahagia,dan karena itu masih melekat kepada ritual dan upacara.Tradisi ini tak boleh serta merta dinihilkan ,tapi lebih bijaksana bila secara bertahap diarahkan kepada pemahaman yang benar.Itu perlu waktu.Bila kita persoalkan , orang yang kritis akan mengambil kesejajarannya dengan MENGAPA KITA HARUS BERLINDUNG KEPADA SANG TRIRATNA? DAN APA PERLUNYA KITA KE WIHARA? Karena toh akhirnya kitalah dengan usaha sendiri yang akan mencapai pembebasan sejati.Cukup dengan belajar Dhamma dan mempraktekkannya sendiri kita akan mencapai Nibbana.Tapi kita toh masih perlu ke Vihara ! Sesungguhnya saya sudah sering menyampaikan kepada para Bhante yang datang ke kotaku yang kecil ini,bahwa ada something wrong dalam pembabaran Dhamma di Vihara-vihara sehingga umat yang rendah tingkat pendidikannya kurang memahami inti sari ajaran yang benar.Tuntunan secara bertahap dengan bahasa yang disesuaikan dengan daya serap umat sering diabaikan.Para Bhikku sering begitu terburu-buru dengan jadwalnya melakukan ritual ke berbagai Vihara,sehingga hanya singgah 1-2 hari saja.Beberapa Bhikku bahkan masih menunjukkan kemelekatan dengan rasa keduniawian,misalnya meminta SATE atau lainnya.Sah-sah saja kartena bhikku muda masih melekat.Tapi semestinya bisa lebih menahan diri sebagai panutan umat.Begitu juga sebaiknya kita diberi tuntunan membaca paritta yang berganti-ganti sesuai waktu dan kondisi,jangan yang itu-itu saja.Misalnya Ratanasuttadan MahaMangala Sutta.Hanya satu bhikku yang akhirnya mau menjawab permintaan ini dan mengajarkancara baca MahaMangala Sutta.Para Pemuka Buddhisme seyogyanya menyadari bahwa 80 % lebih umat Buddhaitu pemahaman agamanya kurang,marilah kita tuntun mereka secara bertahap dengan berolak mula dari akar budaya dan tradisinya,lalu diluruskan secara bertahap.Penyembahan Thien punya 1 milyar lebih peserta,beberapa sudah paham makna pembebasan sejati tapi melakukan demi tradisi,lebih banyak lagi yang mengharapkan perlindungan sejati dari Thien Wahai pembabar Dharma ,tuntunlah mereka dengan car-cara yang bisa menarik simpati.


45. Namo Buddhaya, Bhante. Mungkin akan terkabul bila doa permohonannya realistis. Misalnya, meminta sebuah kebaikan. Tapi tetap butuh proses dan perjuangan untuk terkabul. Tidak semata-mata berdoa, lalu duduk dan menunggu realisasi dari permohonan atau doa kita. Mohon maaf bila ada yang tidak sependapat. Ini hanya pandangan individual, kepercayaan masing-masing individu.


46. Bagi saya terkabul,dalam doa saya sy meminta dikasi rezeki( keluarga sehat, kemakmua, kebijaksanaan) wlupun kadang2 ada sakit ada masalah sy selalu bersyukur karena selain meminta sy juga tidak lupa untuk bersykur kepadaTuha dan para buddha karena masih bisa bernapas masih bisa makan.


47. Doa kita bs terkabul jika kita berdoa sepenuh hati dan tulus, jika tdk terkabul saya percaya klu Thian kung pny alasan tertentu. Mungkin selama ini kita jarang berdoa, maka kita sebaikya berdoa dan mohon pengampunan dr Thian. Mudah"an Thian dpt mengampuni dosa" kita dan mengabulkan nya...sadhu.


48. tentu bs terkabul, klu doa kt bnr khusuk, shg sending positif energy ke alam semesta, apabila energy yg kt sending melalui pikiran itu positif, mk klop dgn energy yg tersedia di alam semesta yg positif juga, shg doa kt terkabulkan, tp bukan krn terkabul olh Allah/Tuhan maupun yg lain, terkabul krn kt sungguh mengirim signal positif kt dlm proporsi yg bnr, kt lah yg mengaktifkannya, dan menyambung ke energy positif yg memang udh tersedia disana, you are what you think.dgn pikiran kt dpt melampaui segala alam.krn power of mind ini tdk main2 dahsyatnya.

50. Tie Kong ibarat orang tua kita, sewaktu kita masih kecil, kita minta karena butuh. Kalau kita sudah dewasa, harus mandiri dan berkelakuan baik seperti ajarannya. Kalau sembayang sama dengan kita berkunjung ke rumah Papa Mama mempererat tali Batin dengannya sekalipun kita tau dia dimana2 termasuk didalam diri kita.

51. Namo amitofo, menurut saya bhante semua itu berdasarkan karma masing2..Apabila kt hanya memohon sesuatu kpd Tuhan dan kt tdk berusaha melakukan sesuatu baik itu amal ibadah sama juga arti nyo nol. Dan jika kt sdh brusaha namun blum terkabul kan mgkn karma kt belum berbuah, kan dlm ajran buddha d ajarkan hukum karma.

52.Bhante, jadi bagaimana dengan orang" yang meminta dengan disertai janji akan begini begitu stlh terkabul? Apakah itu juga tidak mungkin terkabul? Trus klo misalnya ada orang berdoa trus meminta dan terkabul jadi itu bukan karena doa dia? Makasih Bhante, saya masih bingung soalnya, Anumodana.


53. dulu sy pun krg ngerti,krn ikut cara turun temurun meminta dlm doa,akhir ini sgt syukur dpt bljr dhamma dan bs belajar bnyk dr dhamma stlh ketemu 1 teman dr krj sblumnya,sy perna pikir sgt senang apakah buddha/bodhisatva memberi sy kesempatan ketemu tmn ini dan bljr dhamma, sy ngerti semuanya tergantung pd diri sendiri,teman sy perna blg sang buddha tdk terdgr curhatan kt krn beliau adlh mencapai penerangan sempurna bkn dewa/dewi tp kdg sy msh bingung,akhir ini sy ntn vcd ktnya dgn melafalkan namoamitofo utk membuahkan karma/penyakit/keselamatan dll dgn tulus hati bodhisatva pasti mendgr/tau shg doa kt terkabul tp (hrs karmanya membuah,menurut pikiran sy)
Jd skrg sy kdg msh ada meminta doa tp bkn rezeki ato usaha krn itu mmg tak msk akal,munkin krn blum melepas dr tradisional Sabbe satta bhavantu sukhitata.

54. Benar sekali kt2 bhante,jka doa kt dikabulkan tanpa ada'y usaha kta sndiri maka d'dunia ini tdk ad lg kemiskinan,tdk prlu psng2 dgn sgala sst lg,krna dgn berdoa sbntr aja lgsng d'kblkn. Maka dr it kta sbg manusia harus berusaha sndri klo ingin apa yg kt ingin kn,jgn menghrpkn dgn meminta kt bsa memiliki apa yg kt inginkn tnp ada'y berusaha.

55. kita boleh minta tolong pada mahluk2 agung diatas, baik Dewa, bodhisattva, bahkan Maha Brahma sekalipun. Tapi hendaknya bukan menyembah atau bertaqwa. Karena kepada Kapolres aja kita bisa minta tolong. Dan jika mahluk2 agung itu mau membantu kita, apa salahnya??? bukankah kita memberikan mereka kesempatan berbuat baik ???
kenapa kita harus menjadi tegang dan monoton yg pada akhirnya mengotori bathin sendiri. Semua mahluk boleh tolong menolong bukan? Katanya " Sabbe Satta Bhavantu Sukhitata" ??? Memang segala sesuatu itu karena KARMA, tapi yg harus diingat : KARMA itu tidak akan berbuah jika tidak dikondisikan. Salam Metta


56. NamoBuddhaya Bhante, menurut saya sebagai Umat Buddhis kita nga hrs bersikap spt pengemis/meminta-minta, tapi yg hrs dilakukan adalah berdoa untuk kebahagiaan semua makhluk, hormati orang tua, jalankan Pancasila Buddhis dan perbanyak berbuat kebajikan. sabbe satta bhavantu sukhitatta

57. MEMINTAKEPADA TUHAN /TIKONG/ KWAN IMPHUSAH ATAU APAPUN ITU BISA AJA TERKABUL ATAU TDK . TAPI DALAM AGAMA BUDDHA HAL MEMINTA ITU TDK ADA, KARENA KITA LAH YG MENENTUKAN NASIB DAN TAKDIR KITA SENDRI ATAS USAHA KITA SENDRI. BELUM TENTU ANDA BERBUAT BAIK BISA LANGSUNG MENERIMA YG BAIK. TAPI SUATU WAKTU PASTI AKAN MENERIMA YG BAIK JUGA . NAMOBUDDHAYA.

58. Pertolongan selalu diberikan kepada manusia, kita senantiasa dikelilingi oleh pertolongan Tuhan/Allah/Thi Kong/Buddha/Kwan Im, dll. Yang diperlukan cuma menyadarinya, jika tidak dipahami, ia tidak banyak gunanya.


59. Namo Buddhaya Bhante, selamat pagi. Tentu saja semua itu kembali kepada hubungan karma masing2. Minta kepada para dewa ataupun Thi Kong kalau karma baik belum berbuah, tetap saja 'tdk akan terkabul', alhasil manusia akan kecewa, kemudian menyalahkan Tuhan ataupun para dewa tidak adil dan menyalahkan semua penderitaannya akibat Tuhan atau para dewa tidak mau membantunya. Itulah pandangan keliru yang hingga kini masih banyak dipegang oleh para manusia yg msh memiliki debu di matanya. Terima kasih Bhante atas kesempatannya utk sharing pendapat.

60. Bila kekuatannya demikian tak terbatas, mengapa tangannya begitu jarang memberkati? Mengapa dia tidak memberi kebahagiaan semata? Mengapa kejahatan, kebohongan dan ketidaktahuan merajalela? Mengapa memenangkan kepalsuan, sedangkan kebenaran dan keadilan gagal? Saya mengaggap, TUHAN adalah ketidakadilan.

61. Namo budhaye bhante,klo menurut saya doa minta kepada tikong dan dewa2 lain boleh2 saja dan akan terkabul apabila kita mintanya yg masuk akal,seperti minta selalu diberi kesehatan kedamain,ya klo minta harta kita harus berusaha sendiri dengan bekerja klo gak ada usaha gimana mau beli ini dan itu.klo saya minta berkah selamat aja sama ma kwan im jauh kan dari bencana dan selalu sehat biar bisa kerja terus.apabila ada kata yg salah saya mohon maaf ya bhante.

62. Betul sangat setuju dengan Bhante! Sesungguhnya permintaan doa yang dikabulkan adalah memang milik kita (karma perbuatan baik masa lalu ). Hukum alam Bekerja sangat adil siapa menanam dia yang petik hasilnya. Intinya doa yang dikabulkan bukan pemberian dari mahkluk lain., Doa hanyalah sebagai alat pendorong keteguhan hati agar seluruh usaha yang dilakukan secara maksimal tidak mudah menyerah/ berputus asa, kemudian Alam wajib memberinya sesuai apa yang sudah diperbuat (karma perbuatan baik masa lalu) berdana, amal, menolong mahkluk lain berikut yang dilakukan sekarang hingga Karma Baik yang telah matang dengan sendirinya datang menghampiri saat ini .. Mttctn


63. Namo Buddhaya. Sebetulnya kita tidak boleh memohon permohonan,tetapi jika permohonan itu adalah bersifat untuk semua makhluk,maka itu pasti akan dikabulkan.Tetapi,itu juga tergantung Kamma kita sendiri. Ingat,jika kita mengabulkan permohonan untuk diri kita sendiri,itu tidak akan dikabulkan.

Kesimpulan: Buddha Gotama tidak mengajarkan doa minta-minta kepada makhluk apapun. Menurut Buddha; orang kalau ingin kaya, sukses dan bahagia harus gemar berdana dulu, malaksanakan sila (moralitas), dan rajin meditasi. Tiga poin inilah sebagai modal utama untuk mencapai apa yang diharapkan.

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur yg telah meninggal, smg mereka menerimanya d ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “