“ HUTANG YANG TIDAK BISA DIBAYAR ? ”

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi : Tanya; Orang punya Hutang apa yang tidak bisa dibayar? Contoh Hutang Uang, hutang barang, hutang nyawa, hutang karma, dst..Teman-teman tolong kasih komentar yang benar dan berguna, sadhu.

Jawab:
Hutang yang tidak bisa dibayar ialah hutang para Pemimpin bangsa Indon dan para Pejabat. Artinya; Pertama, Hutang Pemerintah kepada IMF, dan Bank Dunia sampai mereka mati tdk akan bisa dibayar. Bahkan para Pemimpin Negara Indon dan para Pejabat dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi bahkan sampai mati (Pensiun) dikasih makan oleh Rakyat hasil dari pajak Rakyat.

Kedua, para Pejabat yang Korupsi lebih Fatal lagi karena sudah digajih dan tunjangan serta pasilitas dari uang Rakyat, hingga Mati Pensiun makan uang Rakyat tidak bisa di bayar.

Lalu bila nanti mati para Pemimpin Negara Indon dan para Pejabatnya bisa jadi Buaya, atau Harimau, Anjing, atau jadi Setan Kelaparan, atau jadi Jin Hitam, atau Dedemit. Kalau mati lalu mereka lahir jadi manusia pasti jadi Pengemis atau Pemulung Sampah, atau jadi Penjahat mana mungkin bisa bayar hutang uang sama Rakyat dan apalagi hutang sama IMF dan Bank Dunia.

Termasuk kita bangsa Indon sejak lahir sampai mati membawa hutang kira-kira Rp 7,5 juta hutang kepada IMF dan Bank Dunia yang tidak bisa dibayar.
Hal ini akibat para Pemimpin dan para Pejabat Indon yang tidak BECUS mengurus bangsa dan negaranya sendiri, hanya mementingkan PERUT sendiri. Mereka berpikir yang penting Aku dan Anak2-ku dapat kedudukan, asal Perutnya kenyang, dapat uang dan harta melimpah, serta para KORUPTOR bebas dari Penjara karena KORUPSI .

Tidak Peduli Rakyat yang berjasa terlantar jadi Anak2 Jalanan, Pengemis, Pemulung dan jadi Penjahat. Maka, kelak akan berbalik, mereka setelah mati yang menjadi anak2 jalanan, jadi Pengemis, jadi Pemulung, Penjahat, atau jadi Anjing, atau jadi hewan buas lainnya, atau jadi Dedemit, dsb.

Semua yang ditulis ini Fakta dan Bukti akurat, maka kalau anda merasa jadi orang kaya punya uang banyak disimpan di Bank. Ingat! Anda punya Hutang uang Rp 7,5 juta yang belum dibayar kepada IMF dan Bank Dunia.

Masih ada lagi Hutang orang yang tetap tidak bisa dibayar, nanti bhante uraikan diakhir kesimpulan, ikuti saja dan silahkan anda kasih komentar yg benar d berguna.


Cara membayar/melunasi hutang budi jasa baik pada ortu/ibu ialah dengan mengenalkan ajaran Buddha, mengajak praktik Dharma dg berdana kpd Sanggha, wihara, yayasan sosial.

Dan mengajak meditasi hingga bisa mencapai tingkat kesucian batin, paling tidak setelah meninggal bisa masuk ke alam Dewa/surga yang penuh kebahgiaan.

Dalam kehidupan sehari-hari seorang anak harus bakti dan patuh pada ortu, membantu, merawat bila sdh uzur, sampai sdh meninggal harus melimpahkan jasa kebaikkan dg berdana kpd Sanggha, dsb.

Buddha membalas budi jasa baik kpd Ibunya yg sdh meninggal, dg pergi ke alam Dewa Tawatimsa mengajarkan Abhidharma hingga Ibunya dapat meraih tingkat kesucian.

Inilah cara yg paling baik d sempurna dalam membayr hutang budi jasa baik ortu seorang anak yg berbakti dg tulus. Semoga berguna, sadhu.


Teman-teman terimakasih atas komentarnya.

1.hutang budi anak kepada orang tua. krn bgaimanapun budi orang tua tak terbalaskan, sperti Sang Buddha Berkata :
"Bila seseorang memikul ayahnya dengan bahu kirinya dan ibunya dengan bahu kanannya dan oleh karena beratnya menembus tulang sumsumnya sehingga tulang-tulangnya hancur menjadi debu karena beban berat mereka, dan anak tersebut mengelilingi Puncak Semeru selama seratus ribu kalpa lamanya, sehingga darah yang mengucur membasahi pergelangan kakinya, anak tersebut belum dapat membalas kebaikan yang mendalam dari orang tuanya."

"Bila seorang anak selama waktu satu kalpa yang penuh dengan kesukaran dan kelaparan, memotong sebagian dari daging badannya demi memberi makan kedua orang tuanya dan ini diperbuatnya sebanyak debu yang dilalui dalam per-jalanan ratusan ribu kalpa, anak tersebut belum dapat membalas kebaikan yang dalam dari orang tuanya." "Bila ada seorang anak yang demi orang tuanya, mengambil sebuah pisau yang tajam dan mencungkil kedua belah matanya dan mempersembahkannya kepada Tathagata, dan terus dilakukannya hingga beratus-ratus ribu kalpa, anak tersebut masih tetap belum dapat membalas kebaikan yang mendalam dari orang tuanya".

"Bila seorang anak demi ayah dan ibunya mengambil sebuah pisau tajam dan mengeluarkan jantung dan hatinya sehingga darah mengucur dan menutupi tanah dan ini ia lakukan dalam beratus ribu kalpa, tiada sekalipun mengeluh tentang kesakitannya, anak tersebut tetap belum dapat membalas kebaikan yang besar dari orang tuanya". "Bila seorang anak yang demi orang tua-nya menelan butiran-butiran besi yang mencair dan berbuat demikian hingga beratus ribu kalpa, orang itu tetap belum dapat membalas kebaikan yang mendalam dari orang tuanya".

"Bila seorang anak demi orangtuanya, menghancur kan tulang-tulangnya sendiri sampai ke sumsum dan melakukannya hingga beratus ribu kalpa, anak tersebut tetap belum dapat membalas kebaikan yang besar dari orang tuanya". "Jika seorang anak demi orangtuanya, menahan ratusan ribu pisau dan panah pada tubuhnya, dan hal ini dilakukannya hingga beratus ribu kalpa, anak tersebut tetap belum dapat membalas budi baik yang besar dari orang tuanya"."Bila ada seorang anak yang demi orang tuanya, dalam keadaan terbakar mempersembahkan tubuhnya kepada Buddha, dan melakukannya selama ratusan ribu kalpa, anak tersebut masih tetap belum dapat membalas jasa kebajikan dari orang tuanya".

2.Wah saya setuju sekali dgn pendapat anthony. Hutang budi thdp orang tua adl tak terbalaskan.

3. seseorang yang telah membuka pintu hati kita dengan kesadaran untuk kembali menjadi baik, seperti memberi suatu pencerahan berupa dhamma, dan tentunya suatu kebaikkan akan di ikuti dengan kebaikkan lainnya dari orang yang telah menerimanya.

4. Semuanya bersumber atau ber-inti-kan pada kamma dari setiap makhluk. Kelahiran yg berulang2 dan apa yg telah kita perbuat akn ada akibat, apapn itu. Segala kata "hutang", cuma istilah yg ada dlm kehidpn ini. Hendaknya kita tdk berbuat yg tdk diinginkan oleh kita. Semoga semua makhluk berbahagia.

5. secara real,jk untuk membalas budi org tua ktk qt sdh mampu secara fisik dan finansial,ktk mrk sdh tua qt merawatnya spt mereka merawat qt dulu sampai akhir hayatnya,jk sang ank melakukannya tanpa memikirkan membayar hutang budi/ikhlas,apa itu namanya??


6. jk org tua yg membesarkan seumur hdp sang ank dg disiksa sampai sang ank menjadi pribadi yg selalu berbuat jahat,hutang budi apa yg hrs dibayar??


7. kemudian pd suatu saat qt jg akan menjadi orang tua yg memiliki anak,jk konsepnya hutang budi demikian berarti hutang budi terus berlanjut dari generasi ke generasi tapi gk ada yg bs membayar hutang budi selain pribadi qt sndr,biar bagaimanapun karma gk bs dioper ^u^ maaf kalo ada kt2 yg menyinggung,sbg buddhist aq cm mencoba utk selalu berpikiran terbuka,kalo ada yg salah dg pemikiran q & jk ada kritikan yg bs membangun selama msh bs q pikirkan scr logika akan kuterima dan kutanam dlm pikiran q ^u^

8.Sy jelaskn boleh yh. Point 1, Ikhlas??? Tp bza jg itu disebut kewajiban,atw tugas ank trhadap ortu. Point 2, Jika dpikirkan,apkh tetap hrus mmbyar hutang budi jka trjdi sprti itu, Sy pribadi mnjawab,"ya,tetap"
Krn nyata pd saat ini adlh,sy msih brnafas wlau trluka, Sy telah trlahir walau disiksa, Krn mlalui mreka : karma qu telah matang,baik itu buruk/baik, >aq trlahir di alam manusia ini wlau krn diri sndiri,ttpi melalui mreka. Point 3, Mnurut konsep n generasi, Coba renungkan roda dharma,atau roda kehidupan,n ikatan karma, Anumodana. Smga niad baik qta,membuahkn hsil yg trbaik..

9. menurut saya hutang budi terhadap orang tua tidak bisa kita balas dengan apapun.kita berbakti semasa hidup aja itu hanya kecil dibabdingkan pengorbabab ortu kita. terlebih para wanita yang udah menikah hormati mertua sehingga suami kita tidak durhaka terhadap ortunya. sebaliknya para lelaki juga hormati mertuanya sehingga istri anda tidak durhaka terhadap ortunya. maaf Bhante ikut sharing.

10. Namo buddhaya, kewajiban kita pada org tua yg harus kita jalan kan pada keadaan org tua kita masih hidup maupun pada keadaan org tua kita sudah tiada, mengapa sy sebut kewajiban, karna kewajiban itu sesuatu yg benar kita harus melakukan nya sendiri, cont: ketika org tua kita sakit diri kita sendiri lah yg harus merawat dan menjaga ny (kewajiban), bukan memakai jasa org lain u/ mengurus org tua kita sendiri. Kewajiban kita pada org tua itu hutang yg tdk akan pernah ke balas, tak akan pernah, semoga semua mahkluk berbahagia.

11. Ma'af bhante ikt memberikan sdkt pendapat yapz, saya sangat setuju dgn ant0ny tetapi kita juga manusia s0sial pasti berk0munikasi n juga pernah mendapat pert0l0ngan dr org lain jd rasa saya hutang budi kepada semua makhluk
karena mungkin aja pada kelahran yg lampau kita ditol0ng dan pernah dgr 1 kata bahwa sulit untk menemukan orang yg tidak pernah jd orang tua mu jd beqitu pendapat saya.

12. Namo budhaye Bhante,menurut saya hutang harta masih bisa dibayar,tapi hutang nyawa juga sulit untuk dibayar,dan hutang budi kepada kedua orang tua juga tak bisa kita bayar walaupun kita memotong tangan kita sekalipun hingga ber kalpa2 tetap tak bisa membayar hutang budi orang tua kita.kita hanya bisa mencetak buku2dhamma dan kitab suci atas nama orang tua kita untuk disumbangkan kepada umat,itu akan meringan karma buruk pd orang tua kita.hanya dengan itu kita membalas sedikit budi orang tua kita.

13. Namo budhaya bhante met pagi.mnurut sy hutang budi yg tidak bisa di byr adalah hutang budi kpda kdua org tua sy karna dgn memberi penghormatan dan berbakti saja blm cukup untuk membalas budi nya.karna itulah hutang budi yg gak bisa di byr adalah kedua org tua saya.sadhu3x

14. Selamat pagi bhante.menurut sy hutang yg dapat di bayar adalah 1. hutang damma.2 hutang karma.3 hutang budi.hutang damma tidak dapat kita byr karna sebanyak apapun kita berdoa tidak akan bisa terbayar damma tersebut/manusia mempunyai sifat iri/sombong/yg tak pernah puas akn pencapaian/keberhasilan dirinya sendiri.hutang karma tak akan pernah bsa di byr karna kita tak tau karma apa yg pernah kita perbuat di masa lampau.hutang budi tak akan bisa terbayarkan.budi seseorang yg telah berbuat baik/membantu kita dengan keiklasan nya/kesabaran nya tak akan pernah ternilai.maaf bante/teman2 klo pendapat sy ada yg kurang/salah karna aku adalah manusia biasa. Semoga semua mahluk berbahagia shadu...shadu...shadu.


15. namo budhaya bhante. menrt sy hutang yg taq terbLaskan adlah hutang budi trhp org tua krn membesarkan qt dn sLalu ad pd saat suka mwpun duka dn hutang nyawa * org yg telah menyeLamatkan hdup qt pd saat2 kritis. - utk keLuhan ank trhdp org tua agar jiwana tetap tnang dn tdk terpgruh lingkungann, menrt sy yaitu dgn cra mengingat dn mempraktkan ajaran dhamma dLm hdupna niscya dy akan slau postv thgkng menghadapii sgla badai permasaLahan trhdp org2 d sekeLi2ngna. dn cobaLah utk bermdtasii shg melatih ksbarann n cinta kasih. shg tdk mudah membenci org lainn.. termsuk org tuana. intinaa biLa qt dp mengubah dri qt ndr mka qt bru bs mengubah sikap org tua trhp qt. krn sy sdh mencOba dn hsLna memuaskann.


16. Yang namanya hutang ya harus dibayar + bunganya.




17. Temn2 ini keluhan anak sm ortunya:
Salam kenal Bhante. Saya mau minta bimbingan Bhante krn saya pusing dan putus asa dgn diri saya sendiri. Saya merasa benci thd ortu saya krn merasa selalu tidak dianggap, tidak dihargai dan tidak disayang.

Saya pikir ortu saya terlalu sombong dengan keorangtua annya. kalau saya mengeluhkan perbuatan mereka, mereka, terlebih Ibu saya selalu mengadukannya kepada saudara2 sy yang lain, yg tentu saja semakin memojokan saya sebagai anak yang bersifat jelek, pengiri dan durhaka.
Sebenarnya yang saya ingin hanyalah kata2 yang baik thd saya, hargai pendapat dan keinginan saya.

Sy merasa sangat terasing dan menjadi tdk dpt berbicara dgn saudara2 saya dan ortu saya, karena mereka mencap saya sbg orang yg kurang waras, terlalu mengada2.

saya sebenarnya merasa sangat sedih dan menderita tp yg keluar dr diri saya selalu emosi dan kemarahan. saya harus bagaimana bhante?
bagaimana saya harus berdoa agar jiwa saya tenang dan tidak terpengaruh keadaan sekeliling, apapun yg org lakukan thd saya, saya ingin tetap senang.

Teman2 ini pertanyaan lg yg sejenis:
Namo Buddhaya Bhante. Bhante saya ada Share suatu Cerita. KISAH PERJALANAN CINTA YANG MENGHARUKAN (ISTRI TERBAIK).

http://www.bluefame.com/index.php?showtopic=306797&pid=1062187854&st=0&#entry1062187854

Mohon Petunjuk dari Bhante : 1. Apa yg harus dilakukan seorg perumah tangga jika menghadapi masalah tsb?
2. Apa yg hrs dilakukan seorg perumah tangga utk menyadarkan org tua & saudara2nya sedangkan mrk2 itu orgnya Egois, keras kepala & tdk mau menerima pendpt org lain. Ada Pepatah : Surga itu berada ditelapak kaki Ibu. Sang Buddha jg pernah mengatakan klu dirmh kita ada 2 org Buddha yg hrs dihormati. Jika tdk menuruti kata2 ortu dianggap anak yg durhaka. Terima kasih Bhante. Namo Buddhaya.


18. Teman2 ini keluhan anak pd ortu yg kedua:
Nammo Buddhaya Bhante. Ada yang ingin saya tanyakan apakah kita harus tetap menghormati orangtua walaupun orangtua kita telah menghina bahkan membuang kita hanya katena sudah tidak satu paham lgi dan apakah kita wajib datang disaat hari rayanya yang kebetulan sebentar lgi akan dirayakan?? Saya mohon jawabannya Bhante....terima kasih. Nammo Buddhaya..


19. siapapun kamu, saya pernah merasa demikian, jalan keluar yg baik adalah, bila kamu masih belum bisa mandiri, dengarkan saja orang tua kamu, kamu bukan si bawang putih kan?...baca buku yang menambah wawasan, dengarkan musik dan bergaul dengan teman yg baik, jangan berpikir tentang aku dahulu, karena belum waktunya, kadangkala kalau belum saatnya untuk berbicara, kamu bicara, mereka belum melihat kamu siapa, kamu tidak akan mendapat respon seperti yg kamu inginkan. Kalau kamu sudah mandiri...so...pasti kamu sudah dewasa, kamu tahu lebih baik daripada orang lain..lakukan sesuatu yang menurut kamu baik untuk perkembangan jiwa dan raga kamu, hanya satu hal yang tidak boleh dilupakan....biarpun kita tidak cocok dengan orang tua kita....sebaikknya.. kita kesampingkan...kita lebih muda, harus lebih flexible dalam berpikir, terima mereka apa adanya, jangan terlalu banyak meminta dan berharap dari orang tua...suatu saat kebaikkan akan datang dengan sendirinya dan kamu akan terkejut yang kamu inginkan terwujud, usahakan untuk ceria dan bahagia..biarpun itu sulit, karena kemurungan hanya menambah beban untuk kamu dan sesuatu yang baik akan sulit datang bila kita tidak positif dalam berpikir.Saya harap kamu dapat mengerti dan banyak sekali penderitaan manusia yang tidak terlihat di dalam batinnya, bukan kamu saja...oke nice to meet you.

20. Met siang Bhante,kasihan juga ya ada teman yg kurang diperhatikan sama orang tua,menurut saya jangan terlalu dipikirkan,semua orang tua pasti sayang sama anaknya hanya saja caranya yg beda2.lebih baik selalu dengarkan nasehatnya dan jangan berbuat sesuatu yg bikin orang tuanya marah nanti lama2 orang tuanya akan sadar klo kita sayang pd mereka.trims.

21. Selamat siang bhante.anak yg baik tidak akan dendam dengan orangtua nya.walau pun ia di caci maki sekalipun.orang tua akan selalu menyayangi anak nya apapun yg terjadi/sampai kapanpun.antara anak dan orang tua ada terikat batin yg sangat kuat.jangan benci orang tua mu karna ia adalah segalanya untukmu.maaf bhante apabila ada kesalahan dalam komen ini!.

22. Amitofo bhante. menurut lijing,bagamanapun orang tua kita,kita tetap harus bulatkan tekad untuk berbakti.berbakti kepada orangtua kita adalah jalan menuju kebahagian.Amitofo.

23. namo buddhaya bhante&yg lain...bhante klu menurut cyndi hutang yg ga bisa di bayar adalah hutang budi...sbb hutang budi ga bisa dibayar dengan apapun.


24. Selamat siang bhante.untuk yg istri setia ini sebenarnya sudah lama/sudah sy baca.saya angkat jempol buat sang istri yg begitu tabah menhadapi persoalan keluarga nya.walau di madu ia kuat/setia.sy ber syukur ortu sy tidak begitu.semoga semua ortu bisa memahami keadaan anak&menantu nya. untuk mendapat kan penerus keluarga bkn lah kebahagian apa bila harus membuat/mengorbankan/merebut kebahagian orang lain/menantunya.semoga tidak ada lagi orang yg senang di atas penderitaan orang lain.mohon maaf bhante apabila ada salah dalam pemikiran sy.semoga semua mahluk hidup berbahagia.shadu...shadu...shadu..

25. Selamat siang bhante.untuk yg broken home.sy turut prihatin.memang susah memaaf kan seseorang yg telah menyakiti orang2 yg kita sayangi{IBU}menurut sy sang anak jangan lah dendam/benci kepada ayah nya.memang sulit tp sy yakin bisa.setiap rumah tangga pasti ada masalah tergantung kita sebagai anak harus menyikapi nya/masalah ke dua ortu kita.klo bisa jadi lah pendamai utuk ke dua ortu kita.satukan keluarga kita adalah hidup paling indah di dunia.maaf bhante/teman2 klo ada perbedaan pemikiran.semoga semua mahluk hidup berbahagia.shadu...shadu...shadu.

26. Met siang bhante dan smua tman fb.sy rasa sifat org tua yg seakan tidak peduli sama kita sbnar nya di balik itu dia ingin kita bersikap lebih dewasa dan mandiri. sy tidak percaya klu org tua yg akan tega menghina dan tidak peduli terhadap anak nya.mungkin ini perasaan tmn kita ini saja.org tua adalah tiang tonggak kita di saat kita ssah dan senang. beliau tmpt kita curhat dan berlindung,jadi jahat org tua terhadap kita jangan di lawan mlainkan kita koreksi diri,ada salah gak kita terhadap org tua kita atau ucapan kita terkadang kita gak sadar dgn ucapan kita yg bisa membuat org tua kita benci.klu org tua ulang tahun kamu spantas nya harus hadir dan memberi ucapan,jgn hanya karna di omelin sama ortu kamu jadi anak durhaka.ingat pepetah surga ada di tlapak kaki IBU!!!

27. untuk yg sedang broken home..saya sangat prihatin, sekarang kamu hidup dg mama dan adik, yg penting kalian sudah mapankan serta hidup tentram, apakah kasus kamu termasuk kekerasan dalam rumah tangga yg dilakukan oleh ayah kamu..kalau kdrt kadang suka berulang sepertinya sudah menjadi kebiasaan, yah sudah...seperti sekarang aja, yang penting kamu, mama dan adik saling melindungi, berbagi dan lebih aman, biarpun dia seorang ayah, suami tapi kalau selalu menyakiti bagaimana.. nanti kita yang menjadi korban...kadang menjadi trauma dikemudian hari...hanya saja karena dia tetap seorang ayah.., kamu harus tetap terima dia adl ayah kamu...tapi untuk menyakiti dan berbohong kembali ada batasnya, kalau ayah kamu punya rumah sendiri, yah lebih baik lagi, kamu sekeluarga dapat memutuskan yang lebih baik.

28. Met siang bhante.kisah(istri terbaik) ini sy sdh baca.dari seluruh cerita ini mmg sangat sedih, mlihat seorg istri yg begitu setia terhadap suami nya, sy sangat salut dan angkat 2jempol.begitu setia nya dia sampai rela di madu.mnurut sy cerita ini pantas di baca oleh org tua yg bersifat seperti ini,mungkin stelah membaca dia akan sadar! Jangan senang di atas penderitaan org lain.

29. hehehehehehe......hutang nyawa tidak bisa dibayar. alasannya; kita tidak mungkin mendapatkan utang nyawa. dan utk apa nyawa itu, sebab kita sudah punya nyawa sndri, nyawa yg lain utk apa, gunanya apa. Maka dari itu sayangi nyawa kita sendiri dgn cara, berlindung pada TISARANA, patuhi Sila Buddhis, berbuatlah kebaikan dgn bijaksana.

30. Namo budhaye bhante,menurut saya walau bagaimanapun jahatnya seorang ayah kepada kita,kita tetap harus menghormati dan menghargainya,walau ada rasa sakit hati kita.Banyak2 lah berdoa agar ayah kita bisa kembali seperti dulu dan sadar akan apa yg telah dia lakukan selama ini adalah salah.

31. Untuk tman yg broken home kesian sekali nasib mu.tp untuk org tua yg begini kamu harus sabar smua pasti ada jalan nya.yg penting jalin lah hubungan kluarga mama dan papa kamu,siapa tau dgn begitu papa kamu akan meyadari smua kejadian yg pernah ia lakukan sama mama dan kluarga mu.jgn bersifat demdam terhadap papa mu karna dia lah yg tlah membuat mu ada di dunia ini.smoga dgn bersabar nya kamu smua opersoalan keluarga mu bisa cepat slesai.cobalah klu kamu lagi kesal banyak2 membaca sutra budha siapa tau kamu akan lebih tenang!

32. Hutang budi atau jasa anak kpd orang tuanya DAPAT di bayar.
mari kita baca di dlm ANGUTTARA NIKAYA I 61
tetapi siapaun juga yg dapat mendorong atau membuat orang tuanya yg tidak percaya menjadi berkeyakinan, orang tuanya yg tdk bermoral menjadi berkebajikan, orang tuanya yg kikir menjadi murah hati, orang tuanya yg bodoh [ batin gelap ] menjadi bijaksana, dgn berbuat begitu, orang ini SUDAH membalas, bahkan ia telah BERBUAT LEBIH daripada sekedar membalas jasa2 orang tuanya.


33. Namo Buddhaya Bhante, Ijin untuk komenter :
U/ mslh anak yg merasa tdk di hargai, dlu saya jg berpikir begitu, sy benci ortu saya, sy mrasa tdk di hargai & merasa mrk lbh memandang enko sy, sy slalu benci mrk & merasa mrk memperlakukan bahwa saya itu gila / tdk waras, selalu menyalahkan mrk ketika sy tdk bs dpt apa yg sy inginkan atao bila ada tabungan sy tdk bs beli barang yg saya inginkan atao larangan2 mrk tp stlah besar & stlh besar & bekerja & memasuki dunia sosial, sy mulai memahami bahwa sylah sbnrnya yg slh & tdk bs melihat jerit payah mrk yg sampai mesti utang2 demi sekolahkan sy & kuliah saya, semua ajaran mrk ternyata bertujuan baik buat saya, saya trlalu egois hny melihat keinginan saya tp sy melupakan inti dari alasan larangan mrk, mgkn krn kurangnya dharma yg sy pelajari, skrng stlah tau semua, sy menjd sangat menyesal & merasa berdosa paling berat... Ada baiknya jika Anak itu melihat ke dlm diri & mencari tau alasan ortu nya berpkir begitu, mgkn slh bkn di ortu dia tp ada di persepsi / daya tangkap dia yg kurang.


34. Namo Budhaya Bhante. Menurut saya, hutang yg paling tdk bisa dibalas adalah Hutang budi terhadap orang tua. terima kasih.


35. Di dunia ini banyak orang yg korban broken home, yatim piatu, yang penting adalah menjalani kehidupan ini sebagaimana mestinya. Dan dgn seiring berjalannya waktu kita akan mengerti.


36. bhante, pusing kl ngmgin hutang, kl soal itu ya smua balik lg aja kl mrk tdk mau byr hutang psti ada karma nya jd tinggal tnggu aja trima lah karma nya yg pnting skrg berbuat baik aja selagi kita bs aja.


Komen dari bhante: Tidak semua ortu baik dan mulia hatinya seperti Dewa dalam cerita, yang patut dihormati oleh anak-anaknya. Ternyata sebagian ada juga yang ortu/ ibunya kejam malah membunuh anaknya sendiri (aborsi), dibuang oleh ibunya di depan rumah orang. Kisah anak dibuang seringkali kita lihat di TV, dsb.

Berarti fakta bahwa menurut ajaran Buddha hal itu ada hubungan karma di masa kehidupan lalu. Hukum karma itu tidak dapat diubah semau kita, seperti contoh diatas keluhan dua anak yang dimusuhi dan tidak diperhatikan oleh ortunya sendiri. Dan sebenarnya kasus seperti keluhan mereka banyak sekali.

Solusi agar anda tidak dimusuhi oleh ortu dan tidak ditelantarkan atau dibunuh atau dibuang oleh ortu. Mulai saat ini anda jangan membuat kondisi hukum karma itu akan menimpa anda. Misalnya; kalau anda menikah dan hamil atau punya anak jangan sampai diaborsi, jangan dibuang, dsb.

Sebaliknya, kalau anda punya anak sayangi anak sepenuh hati, didik dan bimbing anak anda dengan benar, sesuai Dhrama (agama). Dengan cara itu kelak bila anda lahir lagi jadi manusia tidak akan seperti kisah pilu diatas yang amat menyedihkan.
Itulah perlunya kita belajar Dharma (agama), selain untuk diri kita justru lebih utama untuk membimbing anak-anak anda kelak.


Kesimpulan:
Orang punya hutang yg tdk bs / sulit dibayar adalah Hutang Budi Jasa Baik terhadap Orangtua. Terutama Ibu yg telah melahirkan, merawat d memberikan pendidikan yg maksimal. Nilai jasa baik ortu /Ibu tak terukur, sperti pepatah: Kasih sayang Ibu sepanjang jalan / masa (tak terukur), tapi kasih sayang anak kepada Ibu/ ortu sepanjang Galah (pendek sekali). Dan hanya melalui telapak kaki ibu pintu surga akan dibuka.
Sebab itu, bhante ambil artikel kiriman dari umat karena isinya bagus untuk direnungkan seperti dibawah ini:
对父母的养育要知恩
Terhadap perawatan yang diberikan orang tua, harus tahu (membalas) budi.

。对父母的苦心要体会
Terhadap jerih payah orang tua, harus bisa memahami.

。对父母的态度要恭敬
Sikap terhadap orang tua, harus menghormati.

。对父母的管教要听从
Terhadap disiplin yang diterapkan orang tua, harus mematuhi.

。对父母的家事要协助
Terhadap pekerjaan orang tua di rumah, harus membantu.

。对父母的劳碌要分担
Terhadap kesibukan orang tua, harus berbagi beban.

。对父母的心意要顺从
Perasaan kasih sayang terhadap orang tua, harus tulus.

。对父母的健康要关心
Terhadap kesehatan orang tua, harus perhatian.

。对父母的侍奉要贴心
Dalam merawat orang tua, harus lembut dan sungguh-sungguh.

。对父母的孝敬要趁早
Dalam berbakti kepada orang tua, harus sedini mungkin.


。Peliharalah perintah ayah-ibumu dan janganlah menyia-nyiakan ajaran dan teguran ibumu, karena perintah itu pelita, ajaran itu cahaya, dan teguran itu adalah jalan kehidupan.


。Ayah dan ibu merupakan dua Buddha Hidup dalam keluarga qta. Mereka tak tergantikan oleh apapun juga. Oleh karena itu, sayangilah dan berbaktilah kepada mereka saat ini juga agar kita tak menyesal nantinya.

Silakan bagikan pesan ini kepada semua orang yg qta kenal.
Semoga orang tua qta smua dapat selalu bahagia, sehat2, dan panjang umur. Tuhan menyertai dan memberkati qta smua.

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur yg telah meninggal, smg mereka menerimanya d ikut berbahagia, sadhu.

Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Komentar

Sesungguhnya, semua ini telah kuperhatikan, semua ini telah kuperiksa, yakni bahwa orang-orang yang benar dan orang-orang yang berhikmat dan perbuatan-perbuatan mereka, baik kasih maupun kebencian, ada di tangan Allah; manusia tidak mengetahui apapun yang dihadapinya.
Segala sesuatu sama bagi sekalian; nasib orang sama: baik orang yang benar maupun orang yang fasik, orang yang baik maupun orang yang jahat, orang yang tahir maupun orang yang najis, orang yang mempersembahkan korban maupun yang tidak mempersembahkan korban. Sebagaimana orang yang baik, begitu pula orang yang berdosa; sebagaimana orang yang bersumpah, begitu pula orang yang takut untuk bersumpah.
Inilah yang celaka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari; nasib semua orang sama. Hati anak-anak manusiapun penuh dengan kejahatan, dan kebebalan ada dalam hati mereka seumur hidup, dan kemudian mereka menuju alam orang mati.

Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati.
Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, tak ada upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap.
Baik kasih mereka, maupun kebencian dan kecemburuan mereka sudah lama hilang, dan untuk selama-lamanya tak ada lagi bahagian mereka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari.
Mari, makanlah rotimu dengan sukaria, dan minumlah anggurmu dengan hati yang senang, karena Allah sudah lama berkenan akan perbuatanmu.
Biarlah selalu putih pakaianmu dan jangan tidak ada minyak di atas kepalamu.
Nikmatilah hidup dengan isteri yang kaukasihi seumur hidupmu yang sia-sia, yang dikaruniakan TUHAN kepadamu di bawah matahari, karena itulah bahagianmu dalam hidup dan dalam usaha yang engkau lakukan dengan jerih payah di bawah matahari.
Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.
Lagi aku melihat di bawah matahari bahwa kemenangan perlombaan bukan untuk yang cepat, dan keunggulan perjuangan bukan untuk yang kuat, juga roti bukan untuk yang berhikmat, kekayaan bukan untuk yang cerdas, dan karunia bukan untuk yang cerdik cendekia, karena waktu dan nasib dialami mereka semua.
Karena manusia tidak mengetahui waktunya. Seperti ikan yang tertangkap dalam jala yang mencelakakan, dan seperti burung yang tertangkap dalam jerat, begitulah anak-anak manusia terjerat pada waktu yang malang, kalau hal itu menimpa mereka secara tiba-tiba.
AMISHA mengatakan…
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
kemala hafeez mengatakan…
salam semua

saya tidak mempunyai banyak masa sekarang kerana saya sangat sibuk. tetapi dengan sedikit masa yang saya ada di sini. Saya ingin memberikan cerita pendek dan ringkas mengenai kehidupan saya, saya bekerja dengan bank syarikat bertahun-tahun dengan mudah. ​​yang saya serius percaya semua orang sepatutnya melakukan kerana anda telah dibayar untuk apa-apa yang anda lakukan saya memberikan yang terbaik dan semua..saya tidak mempunyai masa untuk keluarga saya kerana saya bekerja untuk dua syarikat yang berbeza ... tetapi masa yang berbeza..sekali waktu saya diberi percutian di salah satu syarikat di mana saya bekerja. jadi saya hanya bekerja dengan satu syarikat sahaja .. setelah percutian berlalu saya kembali saya tidak pernah tinggal lagi hari ini tidak ada yang berlaku sama sekali sebelum saya kembali saya diganti dengan orang lain, bagaimana apa yang berlaku ketika bertanya tanpa diberi jawapan, saya menangis seperti tidak pernah menasihati rakan-rakan saya seumur hidup saya, saya harus meminta orang awam untuk menuntut syarikat saya kerana saya tidak mempunyai banyak masalah, jadi saya memutuskan bahawa saya akan mencari pekerjaan lain. saya tidak dapat mengatakan pada diri sendiri bahawa semua harapan telah hilang ... saya adalah rakan-rakan yang sukar di syarikat yang tidak dapat menjelaskan mengapa saya melepaskan tugas saya..Jadi kemudian pada hari itu seorang rakan saya melawat, dia sebenarnya bekerja di syarikat yang sama dengan saya. di mana saya melepaskan tugas saya. dia tahu tentang masalah kewangan saya dan dia memberitahu saya mengenai syarikat pinjaman di mana saya sebenarnya boleh mengambil pinjaman dengan sedikit atau tanpa tekanan sama sekali dan dengan kadar minat yang sangat rendah. setelah dia memberitahu saya keperluan mereka, setelah memenuhi syarat itu saya diberikan tetapi pada mulanya saya takut untuk mengambil pinjaman tetapi dia meyakinkan saya bahawa saya tidak akan menyesal ... saya tidak pernah tahu antara jangka masa yang singkat setelah saya menghidupkan semula tugas saya yang saya maksudkan dalam jangka waktu yang sangat singkat, saya menjadi sangat gembira kerana saya merasa seperti orang yang paling bahagia di bumi terima kasih kepada syarikat pinjaman Asmara Hasan ...
anda boleh menghubunginya melalui E-mel: (asmarahasanloancompany@gmail.com)
atau whatsapp +1(802)695-0723
untuk maklumat lebih lanjut anda masih boleh menghubungi saya melalui e-mel saya: kemalahafeez@gmail.com

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “