Bagaimana awalnya anda mengenal ajaran Buddha. Mengapa anda memilih ber-agama Buddha, apa alasannya?

Diskusi Dharma Facebook.


Diskusi : Tanya;Bagaimana awalnya anda mengenal ajaran Buddha. Mengapa anda memilih ber-agama Buddha, apa alasannya. Teman2 tolang kasih komen yang benar dan berguna, sadhu.


Jawab: Tiap orang mengenal ajaran Buddha berbeda, bhante juga demikian sejak kecil hanya kenal ajaran Kristen suka ke gereja. Setelah dewasa umur 30 tahunan baru sadar melihat fisik orang berbeda, apalagi bhante waktu itu suka bagi-bagi sembako tiap hari jum’atan, kepada para Pengemis kira-kira 20-30 orang.

Saat memberikan bungkusan sembako kepada pengemis yang cacat matanya buta, ada yang kakinya buntung semua kalau berjalan pakai tongkat, dsb. Lalu bhante Tanya mengapa matanya buta, dsb, apa kecelakaan?

Mereka menjawab; saya cacat tubuh sejak lahir. Jawaban itu bhante tanyakan kepada Pendeta di Gereja, lalu dijawab; bahwa mereka sudah takdir pemberian dari Tuhan / Allah. Allah sudah mengatur seperti itu mereka harus menerimanya, kita tidak dapat merubahnya.

Tiap hari dan waktu malam bhante merenungkan takdir orang yang cacat tubuh sejak lahir, hingga timbul rasa belas kasihan yang amat dalam. Lalu mencari tahu apa sebabnya, karena dengan jawaban Pendeta di Gereja tidak memuaskan.

Bhante pergi ke wihara diajak teman, dan menceritakan soal pengemis yang cacat kepada seorang bhante di wihara. Kemudian dijawab; bahwa hal itu hukum karma dia dlm kehidupan lalu yang baru berbuah di kehidupan saat ini.

Dengan jawaban tersebut, bhante merasa tenang pikiran dan merasa puas, akhirnya mengerti bahwa; ada hukum karma yang lebih berperan dalam hidup ini. Mulai saat itu bhante terus banyak membaca buku Dharma untuk menambah pengetahuan. Suatu saat bhante Tanya lagi; Apa inti ajaran Buddha? Dijawab; Meditasi. Langsung bhante mau latihan meditasi tinggal di wihara selama 7 hari, kenangan yang indah setelah mengalami kebahagiaan, dan kedamaian batin yang luar biasa hasil dari meditasi.

Hasil meditasi inilah Titik awal keyakinan bhante terhadap Buddha, Dharma dan Ariya Sanggha. Tak lama kemudian meneruskan latihan jadi samanera, akhirnya ditahbiskan jadi bhikkhu oleh Y.M. Bhante Ashin Jinarakkhita di wihara Sakyawanara, Pacet Cipanas. Setelah kira-kira empat tahun mengabdi di indon, bhante ke Thailand dan Myanmar, tahun 1992 untuk belajar lebih jauh dan mencari kemajuan batin.
Tahun 2000 bhante baru kembali ke Indon lagi untuk mengabdi sampai saat ini.

Bhante bangga punya Guru Spiritual Buddha Gotama dan para Siswa-Nya, serta Dharma yang mulia membawa Pencerahan batin bagi semua umat manusia. Rasanya tak ada Dharma yang terbuang sia-sia, ternyata Dharma yang diajarkan oleh Buddha begitu sempurna, sebab semuanya berkaitan dan amat berguna bagi tiap orang.


TERIMAKASIH ATAS DEDIKASI DAN KOMENTAR ANDA.

1.karna agama ini bersifat kebenaran, tak ada bujuk rayu, fakta yg ada,n penilaian masing2 yg membuat memilih agama ini..
tidak ada unsur paksaan, n tidak membatasi mempelajari ajaran lain, karna agamaku adalah yg mengajarkan kebenaran dan cinta kasih universal.


2. Nammo Buddhaya....Bhante,Sebenarnya semua Agama itu sama mengajarkan Kebaikan dsb. Saya bisa milih Agama Buddha karena mungkin Ajaran Buddha lebih Universal, terima kasih Bhante.


3. krna agma bddha mgjrkn qt tntg hkm krma yg brklu tuk qt n agma bddha th ehipassiko jd qt dpt mgrti sndr tnp da pksaan.


4. Sy mngenal ajran Buddha dr kelrgaku. N sy mmilih bragama buddha krn sy percaya dg ajarn Buddha yg mngajarkn kbenaran.


5. Awalnya mengenal ajaran Buddha karena rasa ingin tahu apa sebenarnya ajaran Buddha itu?Tertarik memilih agama Buddha karena ajaran Buddha bersifat universal dan Ehipassiko.


6. krna agma bddha mgjrkn qt tntg hkm krma yg brklu tuk qt n agma bddha th ehipassiko jd qt dpt mgrti sndr tnp da pksaan.

.
7Nammo Buddhaya Bhante,Sesungguhnya saya dilahirkan memang dg memiliki Orangtua yg beragama Buddha. Dr kelas 6 SD,Sudah belajar ttg Agama Buddha dr Guru Pembimbing disek0lah. Tp awal saya lebih dalam mengenal ajaran Agama Buddha pd saat sy duduk dibangku SMP. Ada teman Papa sy yg sering dtg kerumah,& trkdg srg sharing ttg Dhamma,yg membuat sy lbh mengenal Agama Buddha. Skg sy tahu kenapa sy memilih agama Buddha. .
Sebenarnya semua agama mengajarkan ttg kebaikan. Tapi sy Bangga karena terlahir sbg agama Buddha,karena Agama Buddha mengajarkan umatnya unt memiliki Rasa Cinta Kasih kepada Semua Makhluk. Sem0ga semua Makhluk senantiasa berbahagia. Sadhu3x.


8. Namo Buddhaya Bhante. Saya mengenal agama Buddha karena banyak bertanya/membaca yang menimbulkan kepuasan bathin. Dhamma telah sempurna dibabarkan tak lapuk oleh waktu mengundang untuk dibuktikan dapat diselami para bijaksana dalam batin masing2, Dhamma indah pada awal'y, Dhamma indah pada pertengahan, Dhamma indah pada akhir'y.


9. Namo Buddhaya. Saya awalny beragama Buddha karna org tua sy jg bragama Buddha., dan dr kcil saya sllu d ajak k vhra.
namun , smakin dewasa saya smkin mengerti. Saya tetap beragama Buddha, krn agama Buddha mampu menjelaskan konsep karma., ketidakkekalan dsb. 1-1ny ajaran yang dapat saya terima dan sudah saya lihat kebenaran ny dlm khdupan saya. ajaran yg tdk hanya mengajarkan namun juga mampu menjelaskan konsep alam semesta, hukum2 yg tidak hanya bkerja pd manusia namun jg pd sluruh mahluk dan pd sluruh alam ini.


10. Namo Amithofo Bhante. Awalnya sy tidak tertarik ke Vihara,hanya ke kelenteng saja. Kk sy yg aktif ke Vihara. Sampai suatu hari motornya hilang di Vihara. Tp dia nya santai saja, malah tambah aktif ke Vihara,krn dia ikut rombongan seksi dukkha. Krn rasa penasaran,sy ingin tau apa sih yg buat kk sy tertarik disana. Eh krn rasa penasaran itu,sy malah jd ikut aktif sampai skrg,kk sy yg malah tidak pernah ke vihara lagi. Dari situ lah sy mulai tertarik dgn ajaran Buddha sampai skrg sy tidak pernah bosannya belajar & mengikuti pelayanan terhadap umat. Krn ada rasa kepuasan sendiri dlm mempraktekkan ajaran Buddha tsb dlm kehidupan sehari2.



11.Bhante.....kekaguman akan tampilan seorang Bhikku yang sungguh menyejukan hati..lalu membuat hati ini ingin mengenal lebih jauh apa yang membuatnya tampak tenang tentram dan menyejukan...begitu dijabarkannya tentang ajaran Buddha, kubilanginilah ajaran kehidupan yang hakiki dan tak terbantahkan..aku mulai mendalami ajaran yang seumur hidupku baru kudengar saat usiaku 35th...aku jatuh cinta...aku langsung meyakini ajaran Buddha, aku berusaha menghidupinya dalam keseharianku...tapi aku tidak merasa beragama Buddha, Bhante...I Love Buddhism...but I'm not Buddhist...Dhamma is my life...and Jesus in my heart... dan aku bahagia memadukan dua ajaran cinta kasih yang sejati dalam diriku.....Bhante...inilah surga bagiku.

12. Awalnya nonton Dhamma TV, lalu tertarik belajr agama Buddha.

13. Namo Buddhaya, Bhante. Awalnya karena Memiliki org tua yang beragama Buddha. terus Ehipassiko. Point yg plg menyentuh saya adalah kemelekatan, dukkha, anicca dan anatta serta selalu mendoakan semua mahluk berbahagia. BBU.

14. Namobudhaya Bhante selamat pagi teman2. Beruntung saya dilahirkan dari orangtua yang beragama Buddha jg, andai misalkan ortu dari agama lain yang sifat fanatisme tinggi tidak bertoleransi.. Mungkin saya sukar dan sulit menemukan pencerahan..! Berarti saya memang ada jodoh atau berjodoh dgn agama Buddha.

15. Slamat pagi . Ajarannya tidak menjanjikan. Tak tak ada penghapusan dosa, adanya karma baik buruk perbuatan..AJARAN YANG MASUK DI AKAL Omithofo bante.

16. Namo buddhaya,bhante..sy memilih agm buddha krn tdk menjanjikan hal2 yg muluk2,agm yg tlh dibuktikan kenyataanny,membuat kt mengerti adany karma & sebab akibat..mohon dikoreksi apabila ada kesalahan.

17.Sejujurnya, pertama kali mengenal agama dari pendidikan agama di sekolah. Karena anak-anak yang bersekolah di sekolah saya mayoritas memilih agama Buddha sebagai pendidikan agamanya.

18. namo buddhaya bhante saya mengenal ajaran buddha dr k'2 orang tua saya krn mrk b'agama buddha dan saya memilih ajaranny karna simple ajaran ehipasikho(datang.liat dan buktikn)jd kt tdk hny lgsg mengiyakn tp kt dpt jg membuktiknny sadhu3x



19. namo buddhaya bhanthe. berkat karma lampau saya, saya terlahir dalam agama buddha dan dmana SD yang saya sekolahkan mengajarkan tentang dhamma, saat pertama kali saya belajar dhamma saya biasa saja tetapi saat saya menduduki bangku kelas 5 SD, seorang teman mengajak saya ke vihara yg secara rutin. Saat itu menarik untk pergi ke vihara karena teman tetapi lama kelamaan tiada yg kekal setelah teman saya tamat dr SD saya pun sudah tidak pergi ke vhra karna teman tetapi kebiasaan dan kewajiban tetapi dgn seringnya mengulang dhamma , akhrnya saya menyadari hidupku semakin bagus dan saya telah ehipassiko demikian perjalanan saya terima kaxi bhante
sabbe satta bhavanthu ßukhitatta sadhu sadhu sadhu.


20. namo budhaya bante, suatu krma baik bg sy d kndung, trlhir n d bsarkn dlm kluarg bragm budha, sma pst da y iktn krma q.

21. Amitofo bhante. alasan lijing memilih agama buddha: 1.percaya hukum karma.
2.ehipassiko
3.agama yang welas asih & cinta kasihnya yang begitu besar.mengajarkan kita semua bertanggung jawab atas apa yang telah kita perbuat & menerima kenyataan segala sesuatu tidak kekal. Amitofo.


22. Namo Buddhaya Bhante.
Sekitar 25 tahun yang lalu,ajaran agama Buddha mulai memasuki ke pulau kami dan pada saat itu diwajibkan semua anak sekolah yang beragama Buddha harus mengikuti sekolah minggu Buddhis. Pada saat itulah saya mulai mengenal ajaran Dharma.
Dan sampai saat ini saya masih memilih Buddha Dharma karena memang cocok buat saya dan menurut saya agama Buddha itu bukan hanya suatu agama,tapi adalah suatu pola pikir kita tentang kehidupan dan lain-lain sebagainya yang bisa masuk ke akal sehat kita ( ber- LOGIKA )
Jika anda tidak percaya bisa mempelajarinya sendiri lebih dalam ajaran Buddha Dharma,karena Buddha Dharma cocok buat siapa saja dan agama apa saja.
Itu saja Bhante yang dapat saya sampaikan,karena masih banyak yang belum saya pelajari di Buddha Dharma,jika ada kesalahan mohon bimbingan dan koreksinya,Namo Buddhaya.


23. Namo buddhaya, aq bkn beraslh dri kluarga buddhist, tp aq brntung ktmu temen2 yg budhhist... Aq mengenal buddist saat di bngku SMP, itupun cm dlm pljran. Awlnya aq gak brminat, tp gak th knpa, smkin hari hati q mrsa agma buddist adlh agma yg universal. Agma yg gak prnh menjanjikan apa2, tp mengjrkan apa itu karma. Mengjr arti khdupan. Pda dsarnya semua agma itu sma, n semua beraslh dri hati. Di hatilah ada buddha, ada vhra, ada dharma. Semua berasl dri hati.


24. Namo Buddhaya. Jujur sy jg beragama Buddha, karna org tua sy jg beragama Buddha.. Sejak sy kecil smpe sy dewasa tepatny SMA sy sdh rajin ke vihara, di samping tuntutan nilai jg sy mulai belajar Dhamma,, setelah sy bekerja sy lepas keyakinan sy -/+ 1 th alasanny karna sy putus d/ pcr sy n karna sy merasa pelanggaran sila sy bnyk bngt jd sy memilih agama lain.. Ketika 1 th bjln,, kekecewaan sy bertambah,, n hdup sy tmbh ga tenang..untungny ad tmn sy yg sll menasehati n sll setia mendengarkan share sy, dy menjelaskan dhamma yg sebelumny sy blm dgr smpe sy bnr2 mengerti.. Akhrnya saya kembali ke Dhamma. Sy mulai memaafkan diri sy.. Mulai bnyk pbaikan hdup.. Skrg sy merasa lebih bahagia.. Semoga smua makhluk berbahagia.. Sadhu3x


25. Sy namanya Ingrid Tjan br merid Banthe, sy tingal di amrik udh 6 thn.
sy senang agama Buddha itu karna ajaranya penuh cinta kasih itu universal
enga memandang bulu kepada siapa aja apakah itu mahluk yg tampak atau yg taktampak dan melimpahkan metta dan adanya hukum karma dijelaskan secara detail dan adanya hukum karma dijelaskan secara detail adanya kehidupan sekarang dan selanjutnya jd kita lebih berhati 2 dan tidak ada yg menagung kita punya dosa
semuanya ditangung sendiri itu lbh masuk diakal,kalau ada yg bs menagung beban dosa semua org enak kelakuan nya bs diluar bts 2, sadhu.


26. Namo Budhaye Bhante,saya dari orang tua sdh beragama Budha namun mereka hanya sembahyang dikelenteng dan tiam hio dirumah,setelah menika saya ikut suami yg beragama budha tridharma.setelah saya ikut kevihara dan mendengar kan dhamma dari bhante serta membaca beberapa buku tentang ajaran Sang Budha dan sekarang di FB saya juga dapat bimbingan dari bhante ini membuat saya yakin akan ajaran Sang Budha memberiku kedamaian ketenangan,walau begitu saya belum sepenuhnya memahami ajaran Sang Budha saya harus lebih banyak belajar lagi mohon bimbingan nya ya bhante.trims


27.Dari keluarga, sekolah & vihara sudah dkenalkan ajaran buddha,skrng smakin yakin dng agama buddha yg mengajarkn tentang karma.

28. AGAMA BUDDDHA ITU SIMPEL DAN LOGIKA . KALAU KITA PRAKTEK KAN SILA DENGAN BENAR PASTI KITA AKAN BAHAGIA.


29. Selamat pagi bhante.sy beragama budha karna orang tua sy beragama budha.sy memilih budha karna ajaran nya yg mulia.adanya hukum karma/sebab akibat/tidak menJanjikan sesuatu/tidak pernah mencela agama lain.sy pernah pergi ke tmpt ibadah/bukan vihara.disana mereka menjelek2 kan agama lain seakan2 agama mereka yg paling hebat.di saat mereka berdoa masih sempat2 nya membunuh nyamuk yg hingap di bdn mereka/berdoa tp tambah dosa .sunguh2 agama budha adalah yg terbaik bagi saya.maaf bante klo ada salah dalam berpendapat. Shadu...shadu...shadu...


30. Nomo Budhaya Bhante, Saya beragama Budha mungkin krn karma dan sebab jodoh yg ada. Dulu saat berusia 2 tahun anak2 pada umumnya sdh makan daging dan itu wajar adanya , Namun ada yg berbeda dlm pribadi saya dimana setiap saya makan daging atau makanan yg bernyawa saya selalu muntah.Ibu saya sangat kasihan melihat keadaan saya dan takut kalo saya akan kekurangan gizi dlm pertumbuhan dan berusaha mencari obat kemana2 namun tdk pernah berhasil mengatasi mslh ini bahkan segala dokter ,dukun,paranormal,tatung telah dipanggil semua,sampai terakhir kalinya Ibu bertemu dgn seorang Bhiksu di vihara dan menanyakan hal itu.

Dan Bhiksu itu hanya menjawab biarkan saja berjalan apa adanya dan kamu akan melihat keajaiban yg ada krn dia akan baik2 saja.Mulai saat itu Ibunda tercinta tdk pernah mempermasalahkan hal itu lg dan hanya memberi saya makan sayuran dan buah2an krn hyn itu makanan yg tdk membuat saya muntah dan bisa diterima oleh organ pencernaan saya.Sampai saya besar dan sekolah ada saatnya saya pernah berontak dgn keadaan seperti ini dan menanyakan kenapa saya berbeda dgn teman2 yg lainnya yg bisa memakan makanan apa saja dan saya sering ditertawakan.

Ibu saya hanya menjawab itulah anugrah yg diberikan kepadamu oleh Para Buddha dan Bodhisatva kamu akan mengerti suatu hari nanti seperti Ibu yg awalnya jg tidak mengerti.Saya hyn menurut dan mengikuti saja sampai dgn umur yg lebih dewasa dan mulai mendekati Vihara dan mulai membuat tempat khusus sembayang sendiri dirumah krn kesibukan kerja terkadang tdk bisa ke vihara , dan semuanya berjalan dgn apa adanya sampai saya berkeluarga dan sampai ke anak2 saya sekarang juga beragama Budha termasuk yg sdh kuliah di jakarta dan jogja.

Maka saya sangat bersyukur bisa mengenal ajaran Budha.ini hyn sepengal cerita saya bagaimana saya bisa mengenal ajaran Budha kalo mau dituliskan mungkin ga akn cukup wall Bhante hehe... Dan dlm pribadi saya sangat salut dan menghormati seorang Bhante,Smoga Bhante selalu sehat sejahtera hingga bisa selalu memberi pencerahan Damma pada kami semua.


31.Namo Buddhaya Bhante, Dari kecil sih cm tau kelenteng. pada thn 2002 pertama kali ke vihara di ajak temen, dari sana saya baru mulai mengenal Buddha Dhamma yg sebenarnya. Kenapa memilih agama Buddha? karna dari kecil memang sdh ber-agamaBuddha, tapi hanya yg tradisi. Dan skrg sdh lebih mengenal Buddha Dhamma, ajaran Guru Agung kita yg Universal, Welas Asih,dan Cinta Kasih terhadap semua makhluk hidup. Jd..,kenapa harus memilih yg lain..? kalau Buddha Dhamma sdh sesuai hati..) Semoga semua makhluk hidup berbahagia...sadhu..,sadhu..,sadhu.


32. Agama Buddha t'buka sesuai knyataan n logika tdk ada doktrin yg b'sifat mmbohongi. Tdk ada larangan2 tp qta diajar melatih diri utk lbh baik jd apa pun yg qta p'buat itu yg qta trima. Pandangan agama Buddha thd Tuhan, sifat keTuhanan atau alam semesta tdk menakutkan yg slalu mmberikan hukuman pd umatnya.

33. agm buddha itu unik,dy mgajarkan kebebasan bukan keterikatan ttg aturan yg rumit,sehingga kita bisa menemukan kesadaran sejati walau tkadang kita jatuh...dan agama buddha paling logika dan tak habis dimakan jaman
pokonya top markotop dhe terutama buat buddha Gautama.


34. Namo budhaya bhante met pagi.sy menggenal agama buddha dari org tua sy, kebetulan kita skeluarga pengikut sang BUDDHA.dari kecil kedua org tua sy sdh menggajarkan ttg tata krama ajaran sang buddha.ajaran agama buddha adalah ajaran yg alami tidak pernah mmaksa org untuk msk agama buddha.sy sangat snang karna bisa belajar banyak ttg agama buddha.sadhu3x


35. sy mengenal agama buddha saat berumur 4 tahun.sy berjumpa dgn dharma melalui seorang bhante.sejak itulah sy memperdalami dharma.alasan mengapa sy beragama buddha karena sesuai dgn logika n tdk ada paksaan atau pertumpahan darah hanya ehipasiko aja.

36. awalnya saya ikut ikutan saudara yang sudah duluan jadi siswa sang Buddha,waktu itu saya tdk memilih tapi diajak .namun sekarang saya tau bahwa piliihan itu adalah pilihan hati saya sendiri. saya sangat bangga dengan apa yang saya lakukan sekarang,karena menurut saya agama Buddha adalah satu satunya agama yang tidak menjelek jelekan agama orang lain.


37. namo budhaya bhante.. sebenarnya saya mengenal ajaran buddha itu dari teman dekat saya..dia sering ke vihara..jadi y pasti saya penasaran donk koq dy aktif sekali di vihara..manknya ap yang enak..begitu saya pikir..saya penasaran dan saya langsung tanya orgnya..semenjak dari situ, saya mulai tertarik dengan ajaran buddha. selain mendengar cerita darinya, saya juga mendapatkan informasi tentang buddha dari internet..semenjak saya mengenal ajaran Buddha, saya merasa hidup saya semakin damai..kalo saya lagi kesal, saya teringat pada Buddha dan tidak jadi marah..saya mengalami banyak perubahan dalam hidup saya.


38. bhante:"aku mengenal agama dr org tuaku, kemudian dari lingkunganku dan sekolah sdh pasti donk. cuman aku kurang suka mengenai cara sembahyang yg dianut sm org dulu yaitu dgn membakar2 kertas2 sembahyang.... kenapa harus ada benda2 seperti itu utk dilakukan...???? suatu kepercayaan dari nenek moyang atao mmg diajarkan di agama kita sdri. aku lebih suka kita sembahyang dgn kedua tgn dirangkupkan kedada dan membaca paritta" ...makasih bhante...kalo bisa bhante juga bisa jawab pertanyaan saya diatas, makasih...sadhu..sadhu..sadhu.


39. Sebelumnya saya adalah seorang Christoan, namun setelah saya membaca buku2 dharma dan mendengar ceramah2 beberapa Bhante saya merasa sangat lega maendengarnya, alangkah indahnya Dhamma, kemudian saya memutuskan menjadi seorang pemeluk agama Budha yg pada akhirnya berjuang untuk mencapai Ke-Budha han.


40. Namo buddhaya, agama buddha cocok buat saya dan semakin ku mempelajari semakin cocok jadinya. Sadhu 3x


41. Namo buddhaya, agama budha adalah agama yang mengajarkan untuk memahami hidup ini dan paparannya bisa diterima secara logika.


42. Buddhisme tidak mendoktrinsasikan ajarannya sebagai suatu kebenaran mutlak, lain halnya pd agama yg bersifat ilahi...karena buddhisme sejalan dg ilmu pengetahuan, di dalam kitab2 sucinya , Budha memberi jawaban untuk pertanyaan2, yang muncul pada abad 21 ini...dan jawaban itu..membuat Albert Einstein sangat menghargainya....Budha tidak membodohi umat manusia untuk sepanjang zaman,..dia menginginkan manusia berintelektual tinggi dengan moral yang baik...ini adalah hal utama bagaimana saya mencintai Buddha.


43. Namo Buddhaya. Saya akan menjawab sesuai dengan hati nurani saya...
Agama Buddha adalah suatu agama yang mengajarkan kebenaran.Tetapi berbeda dengan agama lain.Perbedaannya di mana?Sudah pasti perbedaannya ada di Ehipassiko (Come And See). Agama Buddha tidak mengajarkan pemaksaan,tetapi agama Buddha mengajarkan bagaimana menyebarkan benih cinta kasih kepada semua makhluk.Namun Dhamma yang diajarkan Sang Buddha sungguhlah indah,dimana indah di awalnya,pertengahan dan diakhirnya.Saya bangga dengan Agama Buddha,karena agama Buddha mengajarkan 3 hal yang harus dipraktekkan dalam hidup ini,yaitu Sila,Samadhi dan Panya.


44. Apa yang ingin sang Buddha ajarkan adalah,bagaimana untuk menjadi bijaksana,bagaimana untuk mencintai semua mahluk,dan mempunyai belas kasih,ajarkanlah ini kepada agama yg mereka mau,ini bukan agama ini Dhamma,ajaran kebenaran..berusahalah MEMILIH UNTUK TIDAK MEMILIH,SEMUA BERJALAN APA ADANYA..met siang bhante,dan teman2 semua,namo budhaya.

45. it's very reasonable.



46. Betul bhante,hukum Karma mengajarkan kepada kita untuk tidak pasrah kepada nasib dan Takdir,kalau hidup dan nasib sudah dari Tuhan,tentunya kita tidak dapat merubahnya,tetapi nasib oleh karena perbuatan kita sendiri,SUDAH PASTI KITA DAPAT MERUBAHNYA.terima kasih bhante,namo budhaya.

47. Saat saya kelas 6 SD,saya baru berpikir akan pentingnya suatu pegangan hidup & ketika itu agama Buddha lah yang terbaik menurut bathin saya,karena ajaran Buddha sesuai dengan realita kehidupan ,siapa yang menabur benih dialah yang akan memetik hasilnya,entah itu baik maupun buruk,itulah alasan saya memilih agama Buddha.


48. Namo Buddhaya Bhante. saya memili beragama Buddha karna saya merasa cocok dgn ajaran Buddha.....mengenai...hukum karma, kelahiran kembali, 4 kesunyataan mulai dan jalan mulia berunsur delapan. selain ini agama Buddha juga mengajarkan cinta kasih universal...yang tdk ada di agama lain.

49. Agama lebih banyak mengajarkan jangan berbuat jahat,tambahkan kebajikan,tetapi Dhamma mengajarkan yang lebih yaitu,Sucikan hati dan pikiran.

50. Namo buddhaya bhante, saya mengenal agama Buddha karena orang tua saya beragama Buddha ,dan selama belajar agama Buddha saya melihat bahwa ajaran Buddha sesuai dgn kenyataan hidup ini,dan alasan ini membuat saya cocok dgn Agama Buddha.

51. Berbagai agama pernah jd dilema dlm hidup sy,krn dr SD-SMP sy sklh Katolik,SMA sklh Kristen.Siapa Tuhanku?Apa agamaku?Org tuaku Buddhist,tp maaf mrk tdk mendlmi apa itu Budhist.Tp kesmptn mengenal buddha dtg ktk SMP,disrh guru ke sklh minggu mnrt agamanya msg2.Sy ke vihara,dn disana sy senang,sesuatu yg lain,yg lgsg mengena di hati.Tp,cobaan hidup membuka mata sy bhw Buddha a/agamaku.If sday sy meninggal,jk diijinkan buddha,sy ingin dilakukan dgn cr buddhist.sy tdk tabu membcrkan kata meninggal.krn kt memang hrs mempersiapkan diri thp kematian kt,tp selm msh hidup,hrs menghargai kehidupan dgn cr terhormat.

52. Selamat malam bhante,saya mengenal buddha setelah suamiku meninggal,sejak itu saya sering ke vihara mendengarkan dhamma,disitulah saya tau agama buddha adalah agama yg universal,kita berdoa utk semua makhluk hidup bukan utk diri sendiri,kita di ajarkan utk tdk melekat.Sucikan hati dan pikiran,perbanyak kebajikan inilah ajaran buddha.sadhu..sadhu.

KESIMPULAN:
Ajaran Buddha bisa mengubah orang yang jahat menjadi baik, benar dan meraih kesucian batin. Buktinya Anggulimala seorang pembunuh kejam, telah membunuh 999 orang, saat bertemu dengan Buddha lalu sadar diri dan ditahbiskan jadi bhikkhu. Kemudian dilatih meditasi akhirnya meraih tingkat kesucian tertinggi Arahat.

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur yg telah meninggal, smg mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Komentar

Cyniesun mengatakan…
Dari kecil saya sudah dikenalkan Buddha oleh bobo (nenek) dan papa saya. Bobo adalah satu-satunya penganut Buddha yang paling mengenal ajaran Buddha di rumah kami. Sering ke vihara, membaca mantra, mengadakan altar Mama Kwan Im di rumah. Selalu membakar dupa tiap pagi dan sore. Saya sering diajak ke vihara dan saya sering ikut karena saya sayang sama bobo saya. Hari ini tepat 49 hari setelah ia tiada dan rasanya masih agak berat :') Saya sendiri masih belum 100% yakin kalau saya beragama Buddha, karena saya masih umur 14 tahun dan karena terbatasnya fasilitas pengajaran Buddha di tempat saya. Tapi kiranya jika disuruh memilih, memang saya Buddha :) Namo Amitofo

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “