“ KISAH SEDIH PARA GURU AJARAN “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi: Tanya; Buddha mau dibunuh bisa Selamat. Nabi Muhamad dikejar oleh orang Kafir, tapi bisa Lolos. Yesus disebut Tuhan Putra Allah tapi ditusuk Perutnya oleh Tombak, lalu disiksa bahkan di Gantung dan di Salibkan. Apakah Semua itu Takdir Kehendak Allah/ Tuhan, ataukah Nasibnya? Menurut anda kenapa? Apa Alasannya? Teman2 tlg kasih komen yang benar dan berguan, sadhu.


Jawab: Buddha mau dibunuh oleh Dewadatta berulangkali tapi tidak berhasil. Buddha memberitahu bahwa sudah beberapa kali kehidupan lalu Dewadatta iri-hati sama Buddha dan selalu mau membunuh Buddha tidak berhasil. Lalu Buddha mengatakan bahwa mengapa Belau mau dibunuh oelh murid dan sepupunya sendiri? Buddha cerita; bahwa pada waktu dulu ketika Beliau menjadi umat pernah membunuh manusia. Juga pernah mencaci maki Pacceka Buddha (orang yang telah mencapai kesucian tertinggi), maka karma buruk itu tetap berbuah.

Nabi Muhamad bhante tidak tahu banyak ceritanya, tapi sayang umat islam tidak ada yang memberi komen.

Sedangkan Yesus yang bhante tahu, Beliau mau berkoban demi prinsip terhadap ajarannya yang sudah menyebar. Konsekuaensi dari seorang Guru ajaran memang selalu terancam hidupnya. Demikian pula Yesus yang rela wafat demi kasih sayang kepada umatnya. Nyatanya sampai saat ini, Yesus tetap dipuja dan diyakini sebagai Tuhan anak Allah. Tidak peduli orang lain percaya atau tidak.

Tiap Guru ajaran pasti memiliki kelebihan dan bagi orang yang iri-hati dan sirik-dengki akan mencari kesalahan dan kekurangannya. Lalu berusaha untuk menjatuhkan dan membunuhnya sambil mengajak teman-teman yang sepaham.

Sebab itu, anda sebagai umat harus hati-hati dalam bergaul dengan sesama umat yang mengaku taat, ahli meditasi pandai teori Dharma. Siapa tahu dia sedang menghimpun umat lain untuk menjatuhkan seorang bhikkhu.

Kadang umat suka terlalu mengkultuskan orang yang dianggap guru, padahal gurunya masih penuh kebencian, iri-hati, sirik-dengki terhadap bhikkhu lain yang lebih maju.

Lalu menyuruh umat dengan cara-cara tidak sehat untuk menjatuhkan dan mempermalukan, ini berbahaya bagi diri anda sendiri.

Maka bhante anjurkan jaga diri baik-baik, jangan mudah percaya!

Kisah para Guru ajaran dari zaman lampau hingga kini terus ada, seperti Ustad Abu Bakar Ba’asyir, Pendeta HKBP, dst.


Teman-teman terimakasi atas dedikasi dan komennya.

1. ADA APA GERANGAN DENGAN HERI HASAN ?
MENGAPA BEGITU MEMBENCI BHANTE DAN AMAT MENDENDAM ?
APA BENAR NAMA DAN AGAMANYA ITU ASLI ?
Atau ada unsur politis ?? Karena Bhante pernah mendukung FABB .
Tidak mungkin karena tulisan tulisan Bhante lalu dia amat berani dan kurang ajar bila tidak ada kepentingan yang dibawa olehnya, karna menurut saya tulisan Bhante adalah hal yang wajar dan sudah diketahui umum !!
Jujur saya amat Bangga karna Bhante amat jujur katakan apa adanya minimal tidak munafik dan jadi amat naif !
Saat umat ikut berdemo menentang Buddha BAR dimanakah anda sdr Heri hasan ???
Mengapa amarah anda tidak disalurkan disana .. Alangkah bijaknya apabila memang anda seorang Buddhis harusnya anda membela Guru Agung kita Sang Buddha yang jelas-jelas melecehkan dan menistakan ajaran Buddha .
JAWAB ???? Iblis Sang mara penggoda amatlah lihaay, amat cerdik, amat sungguh licik .. Kejam tiada belas kasih !!!

2. mungkin itu takdir nya seperti itu.mereka menyelamatkan umat manusia & bagi yg mempercayainya memuja & memuji Nya & menanggap Tuhan.menurut saya begitu bhante.

3. Mnurut sy itu sdh takdirnya, smua ini harus terjadi.semua perbuatan ada sebab akibat nya. Mf bhante klu salah mhn bimbingan nya.sadhu3x


4. Menurut saya seseorang dilahirkan di dunia ini dengan kemampuan semacam Siddharta Gautama/Sang Buddha, Muhammad, Yesus dan menjadi pemimpin/penunjuk jalan suatu agama, adalah merupakan orang yang telah menimbun banyak sekali karma baik dikehidupan lampau, sehingga seperti kata saudara Jet Jan Hioe, Karma Baik yang melindungi. Tapi itu semua hanya cerita turun temurun, apakah kejadiannya benar spt itu? saya tdk tahu. Yang penting kita belajar Dhamma adalah karena Dhamma yang disampaikan Sang Buddha sangat logis dan dpt membawa kita menjadi manusia yang baik.


5. Namo bhudhaye bhante,menurut saya itu karna karma,apabila dimasa yg lalu karma kita baik maka baik pula yg kita dapat,dan apabila dimasa lalu karma kita buruk maka buruk pula yg kita dapat.mohon maaf klo ada kata yg salah.


6. Menurut saya itu karma Kalau memang putra tuhan "seharusnya" tidak mempan yg namanya ditombak, digantung, disalib, sama seperti ayah melindungi anak kandungnya. Apapun dilakukan untuk melindunginya, Itulah hebatnya sang Buddha dia tidak perna mengaku-aku kalau dia tuhan, atau utusan tuhan atau putra tuhan. Namobuddhaya Bhante.


7. Selamat sore bhante.menurut sy itu nasib/takdir nya.ber awal dari susah/berakhir bahagia.karna mereka takut budha/muhammad/yesus.mengajarkan kebaikan untuk umat manusia.maaf bhante apabila ada salah dlm pemikiran.


8. semua ini adalah ujian dari tuhan terhadap tekat dan kesungguhan hati yang bulat. berkat kesucian dan cintah kasih yg mulia yg ada pada mereka sehingga mereka bisa selamat.


9. itu semua iri hati dan keserakahan manusia yng ingin mengganti kedudukan... hingga kini pun kedudukan tetap di cari dengan cara apapun... Omithofo Bante... salam .


10. Emm, sy rasa perjalanan tiap nabi berbeda. Krn mrk yg dtg baik budha,yesus,muhamad adalah manusia. Yg tidak luput dari maut.. Mgkn maut yg menjempt yesus dgn cra di salib. Dan yg lain dgn mati dgn tenang. Kematian tiap org it mema berbeda2,tidak bisa sbg alasan dy anak tuhan atopun presiden.
Walaupun dy Nabi. Tapi sbg manusia tetap mati dgn cra yg berbeda2.

11. Namo Buddhaya,met sore bhante. Menurut saya itu bukan kehendak tuhan atopun nasibnya. Wlopun orang2 hebat yang banyak menanam kamma baik tapi belum sepenuhnya terbebas dr kamma buruk,berat ringannya itu tergantung perbuatan itu sendiri.


12. menurut saya bhante, itu semua sudah kehendak yang kuasa.. Buddha rela menyiksa dirinya selama 6 tahun demi menolong umat manusia begitu pula yg dilakukan yesus dia rela mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan umatnya.. mohon maaf apabila jwbn sya salah. maaf bhante apa pertanyaan ini baik apabila dibaca oleh umat yg beragama kristen???


13. Semua perjalanan Para Nabi berbeda namun intinya satu utk kebaikan umat manusia. Yesus disalib atas kemauannya sendiri. Dia sdh tahu akan disalib dan sdh tahu bhw salah satu muridnya akan berkhianat dan berbohong 3 kali seblm ayam berkokok. Salam kasih semesta.


14. Menurut versi agama kristen karena Yesus rela mengorbankan dirinya untuk anak - anaknya yang berdosa, kalau dari agama Budha ya hukum karma berlaku sehingga ada yang bisa selamat ada yang tidak, mungkin bisa di umpamakan dalam sebuah kecelakaan pesawat terbang, ada yang langsung meninggal, ada yang luka parah & ada yang hanya luka ringan. Terimakasih Bhante.


Itu krn kehendak Allah utk menyelamatkan manusia dari dosa.


15. Bhante...maafkan Yosi... Untuk penderitaan Yesus tidak mudah dibahas dengan kalimat terbatas........Sebab keajaiban datang bersama peristiwa penderitaan Jesus........Batu tempat kayu salib berdiri terbelah menjadi 2 ketika Jesus menghembuskan nafas terakhir..dan batu itu masih ada sampai sekarang. Saya sudah menapak tilas ke israel dan Sungguh Jesus itu Tuhan yang tak terbantahkan bagi kami yang meng'iman'i... begitulah Bhante.


16. Heri Hasan : Saudaraku dan temanku, jangan memaki seperti itu, sayang...jangan... Kita perlu menyampaikan pada Bhante, tapi dengan bahasa yang baik, sebab Jesus mengajarkan " Barangsiapa yang merasa tak berdosa, boleh melempar batu yangpertama".............Kita semua sedang dalam perjalanan menuju ketempat yang sama. Siapa lebih dulu yang tiba di tempat, itulah yang sungguh memiliki cinta kasih tanpa batas...Sang Buddha berkata"Jangan karena marah dan benci, mengharapkan orang lain celaka..... Temanku dan saudaraku... maafkan aku, tapi tersenyumlah... tersenyum untuk Bhante kita ini.


‎17. @heri hasan, ini kan sebuah diskusi, pasti maksud bhante bukan untuk memecah belah agama, sebaiknya kita TETAP menghormati bhante, anda juga kan seorang buddhis, anda lebih tahu konsekuensinya bila menghina sangha. ada karma yg berjalan. bukan maksud untuk menggurui, apakah tidak lebih baik bertanya dengan sopan, maksud dri pertanyaan bhante itu apa. Anumodana.


18. Kalau kita telah dari ajaran budha semua makhluk yg hidup dialam semesta manapun entah itu yg di bilang seorang nabi atau seorang utusan atau seorang tuhan selama hidup di 31 alam kehidupan pasti masih mendapatkan penderitaan karena di 31 alam itu masih akan mengalami usia tua, sakit dan mati begitupula seorang nabi atau yg di sebut sbg tuhan.


19. Totalitas...dlm menjalankan dharma harus dgn sungguh' scr menyeluruh...dan dbutuhkan..sgla kemampuan&daya upaya...untuk menuju yg dtuju/cita' dlm bentuk/wujud apapun..bila cita' besar maka besar pula pengorbananya.


20. yesus disiksa dan disalib itu berdasar kan sejarah dan juga diyakini umat kristen seperti itu adanya, jadi yg ditulis bhante adalah sesuai fakta dan sejarah, selain itu bhante bertanya tujuannya untuk memberikan pencerahan. Sungguh bodoh orang yg mengganggap kebenaran sebagai hal yg memalukan, bagaikan melempar pasir ke langit yg justru akan membutakan penglihatannya.


21. Menurut versi agama is.. Yang saya pernah dengar disekolah dulu yesus yang disalib bukanlah nabi isa melainkan sahabat nabi isa yang menghianati nabi isa, bila anda krg yakin tanya kepada saudara2 kita yang muslim.. nanti mereka akan menjelaskannya, sesuai benih yang ditabur itulah yang dihasilkan.. Begitulah oh Bhante apabila didunia ini memiliki cintakasih yang besar dan banyak berbuat kebajikan dan kebaikan maka kehidupannya akan selamat Dunia akherat , mungkin musuhpun akan berbalik mencintai dan melindungi kita .


22. Apa yg trjd pd makhluk d bumi itu sdh jalan'y kharma. Trmasuk prjalann para budha/nabi/. Tp yg pasti org suci tdk d lahrkn d smbarg tmpt, Dan smbarg kndungn. Jg trliht dr tingkh laku prbuatn'y. Apa yg bhante sbutkn d ats mnurt sy tdk bnar smua'y. Maka'y kt hrs blajr, mmahami yg mn yg bnar. Tdk beda'y dgn prjalnn karir. Ad yg brsih ad yg kotor. Ada yg bnr ad jg yg salh. Salam... Bhante.


23. mksd Bhante hny menanyakan ke kt knp ?, kan bgt ya, mungkin pertnyaannya didpn bg yg krg mengerti dikiranya Bhante menghina agama lain, bukan bgt mksdnya, klu ditinjau dr Buddhism Jesus itu berani mati utk umatnya yaitu krn dia seorg Bodhisatva, jasmani derita tdk mslh, tp bathin tetap tenang, dia berkorban krn utk hal motivasi yg baik, jd itulah ajaran sesuai dgn Buddhism seorg Bodhisatva.jd ujung2nya Bhante mau ksth bgt, dan tentu ada karmanya juga.


24. mengenai pertanyaan yang disebutkan Bhante....tentang Nabi Muhammad yang bisa seperti itu...harusnya jangan hanya dilihat dari segi kamma atau apa.....dalam Buku short history of Islam....bagaimana Nabi Muhammad ketika masuk mekkah tidak melakukan kekerasan apapun...bahkan beliau mmengajarkan pengikutnya untuk melakukan apa yang beliau lakukan......so dari situ aja ketahuan bagaimana seorang nabi yang benar2 melakukan apa yang beliua yakini...ini harunsya bisa menjadi contoh bagi yang di Indo

25. sedang bagi Yesus....jelas secara logika non kristen seperti saya...maka itulah konsekuensi logis, ketika ada seseorang yang akan menegakkan keyakinan dijaman dimana kebenaran yang diyakininya bukanlah kebenaran secara umum yang disepakati oleh orang2 Israel saat itu...bahkan hingga sekrg pun org Israel tetap tidak mengakui keberadaan Yesus....tapi itu dari sisi saya sebagai umat non nasrani dan non muslim...

26. apakah penderitaan yesus adalah ada campur tangan dari 'yang diatas' jawabannya.....bisa dicari di buku2 yang membahas masalah itu...banyak koq...baik yang pro maupun yang kontra.....kita lebih baik gak usah bahas ini deh...bahas bagaimana bangun negara ini ditengah perbedaan dan ditengah2 masyarakat yang majemuk sehingga Indonesia bisa kembali menjadi negara yang disegani di kawasan asia.


27. nmo buddhaya.klu menurut cyndi krna kehendak Tuhan.alasannya krna karma baiknya,jdi masih dilindungi...itu sih menurut cyndi yah bhante..tpi cyndi kurang tau tentang status ini jdi komentnya mungkin agak ga nyambung..sory yah bhante cyndi lgi ga bisa mikir..sbb agak pusing..BBU.


28. Namo buddhaya, selamat malam bhante. Guru agung buddha hanya bisa dilukai oleh org yg ada hubungan keluarga dgnnya.Krn ada hubungan karma keluarga. Sedangkan selamat dari pembunuhan krn ada karma baik dan cinta kasih pada makhluk lain, bkn krn kesaktian seorg buddha. Muhammat bisa lolos dari musuh yg berupaya membunuhnya,bias selamat krn diselamat allah menurut agama islam. Sedangkan teman2 nabi muhammad yg dpt bunuh musuk atau mati dlm perang krn cobaan yg sudah ditakdirkan allah. Yesus di salib krn menjalankan misih menembus dosa-dosa manusia.Sedangkan yesus dpt ditusuk krn yesus juga dilahirkan sbg manusia biasa. Menurut agama kristen yesus sbg juru selamat,setiap org yg
mengenal yesus,dan berdoa melaluinya akan masuk surga. Met malam bhante,maju terus pantang mundur yg iri sama bhante jangan dianggap teruskan diskusi kita semua mendukung bhante,semoga bhante tetap sabar menghadapi ini semua sadhu..


29. Jd ingat crita Zen, Bhiksu dan raja lalim yg jahat. Raja menghujat bhiksu dgn kata2 kasar yg tiada tara. Tp sang bhiksu tdk marah&menjawab : raja anda seperti Buddha. Demikianlah dr seseorg dgn pikiran yg bersih&suci maka pasti keluar kt2 yg bersih&suci pula. Walaupun kdgkala byk yg munafik tp batin / pkran tdk bs dibohongi. Tdk pada tempatny qt sbg umat Buddha menghujat siapapun. Semoga bhante, heri dan semuanya selalu berbahagia, bsemangat selalu dlm perjuangan mencapai kesucian batin. Sadhu3x


30. mlm tuk smua sdr2 sy yg ada di forum ini mhn maaf sblmnya jika ada ke slhan dr pemikiran sy, karna diantara yg ada disini sy yg terdangkal tuk ilmu agamanya... klo menrt sy Bhante itu sama se kali tdk bermksd tuk MEMECAHAKAN AGAMA ANTAR UMAT...Mungkin Bhante menlis diskusi itu tuk qta smua, spy qta bs berfikir ato mengingatkan kembali brp besar nya PENGORBANAN NABI MUHAMAD, SANG BUDHA,dan YESUS tuk smua manusia.....se x lg mhn maaf klo ada kesalahan dlm perkataan. saya salut sekali dgn KETABAHAN dan KESABARAN BHANTE... MLM BHANTHE ....smga sll diberi KEKUATAN,& KSLAMATAN....dari SANG BUDHA....AMITHOFO


31. selamat malam teman2 dan 8hante. 8hante sy berharap yg terjadi malam ini tidak membuat 8hante berhenti memberikan diskusi ttg dhamma,krn msh bnyk hal yg ingin sy pelajari.pro dan kontra adalah hal yg wajar tp berbesar hati lah dgn segala perbedaan,jgn di jadikan permusuhan n peluru tuk menjatuhkan org lain siapapun dia.tidak ada manusia di bumi ini yg sempurna. tanpa terasa air mata sy menetes knp yah, Bhante di hujat spt itu?? Semoga apa yg terjadi mlm ini tdk pernah terjadi lg. salam kenal tuk semua teman2. BBU.


32. hadoh apa sih itu STT STI. Saya cuma tahu saya lahir sudah beragama buddha. Saya belajar agama tentunya pertama adalah dari orang tua BUKAN masalah apa itu BHANTE saya baru tahu setelah dewasa bahwa ia adalah orang yg membabarkan dharma. Yg sekarang banthe tulis pun buat saya biasa saja sebab saya pun pernah memikirkan itu MENGAPA??? Manusia itu selalu kritis dalam berpikir bagai mana menanggapinya itu tergantung pola pikirnya.

Jika dari awal sudah NEGATIF = SELALU BURUK TIDAK POSITIP = MEMIKIRKAN OHHHH MENGAPA BISA YA??? SHARING!!! DUNK. Masalah BUDHA.ISLAM.HINDU.KRISTEN.KONGHUCU.TAO.DLL. iTU CUMA NAMA AGAMA. Tuhan tetep 1 kan????? jangan pake mulut emosi pake hati mikir pake otak. Mo sembahyang aja repot.



32. Slmat mlm Bhante, ijinkan sy untk mencoba mnjawab,,dan untk jwbn sy ini sy tdk mngharapkan kata 'stuju' dr tmn2 krn jwban ini mnrt iman sy sbg slh seorang pengikut Thn Yesus. Jadi menurut sy,mengapa Thn Yesus tdk membebaskan diriNya dr penderitaan tsb adlah krn Dia mengasihi umat manusia,khususnya sy pribadi. Dgn penebusan itulah manusia kmbali bisa berhubungan dgn Bapa.. krn yg menjadi penghalang antara Bapa dan manusia adalah dosa. Demikian sdikit keterangan dr sy. Trm ksh. Thn Yesus Memberkati kita semua.. Amin.


33. Namo Buddhaya. Slamat pagi, Bhante, Menurut pendapat dan pandangan saya sebagai umat awam Buddhis.
Jawabannya cuma 1 saja. KAMMA. Seperti semuanya yg ada di wall ini juga berdasarkan pertautan KAMMA, baik yg Pro maupun Kontra dalam berpendapat dan berselisih paham. Semuanya juga melanjutkan perjalanan KAMMA-nya masing2, cuma tergantung mau kemana arah kedepannya di Kehidupan yg akan datang. Namo Sabbe Satta Sabba Dukkha Pamuccantu. Namo Sabbe Satta Bhavantu Sukhitata. Sadhu... Sadhu... Sadhu.


Kesimpulan: Tiap Guru ajaran pasti memiliki kelebihan dan bagi orang yang iri-hati dan sirik-dengki akan mencari kesalahan dan kekurangannya. Lalu berusaha untuk menjatuhkan dan membunuhnya sambil mengajak teman-teman yang sepaham.

Kisah para Guru ajaran dari zaman lampau hingga kini terus ada, seperti Ustad Abu Bakar Ba’asyir, Pendeta HKBP, dst.


Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur yg telah meninggal, smg mereka menerimanya d ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “