Bangga punya Guru Spritual Buddha Gotama dan yang menarik dari ajaran Buddha serta manfaat-Nya bagi orang banyak.

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi : Tanya;Apakah anda Bangga punya Guru Spritual Buddha Gotama? Apa yang paling menarik dari ajaran Buddha? Apa Manfaat dari ajaran Buddha terhadap anda dan orang lain, menurut anda? Teman2 tolong kasih komen yang benar dan berguna, sadhu.


Jawab:
Bhante sangat bangga punya Guru Spiritual Buddha Gotama Karena dinilai dari segi prinsip hidup-Nya: Hanya punya Istri satu (Islam boleh punya istri lebih dari 4 wanita), sebagai Pangeran calon Raja. Rela meninggalkan kemelekatan terhadap Kedudukan, Harta, dan Istri yang cantik serta Anak-Nya, lalu bertekad menjadi Pertapa yang sarat derita hanya demi mancari solusi agar manusia bisa bebas dari derita lahir dan batin.

Mengembara selama 6 tahun masuk hutan, naik gunung, masuk gua, yang hidup makan hanya satu kali dengan pakaian bekas orang mati yang dibuang di kuburan. Hidup yang penuh derita tak terbayangkan dan tak tertandingi dalam dunia pertapaan, itulah yang dijalani oleh Pertapa Gotama.

Dengan Kesabaran dan dedikasi yang tak terbandingkan terhadap semua manusia dan para Dewa, Pertama Gotama melawan hawa Dingin di hutan dsb, melawan hawa panas, dan hujan yang penuh liku-liku kesulitan hidup sebagai pertapa di hutan. Sungguh tak terukur nilai tekad dan semangatnya demi untuk membebaskan semua manusia dari Penderitaan yang disebabkan oleh Usia tua, dan kematian bagi tiap orang.

Setelah pertapa Gotama meraih hasil menjadi Buddha, tidak disimpan untuk diri sendiri, namun dibagikan kepada semua manusia sampai saat ini kita masih bisa mengenal ajaran-Nya yang begitu Agung dan Mulia. Bukan saja manusia bahkan para Dewa ikut merasakan suksesnya efek dari Dharma yang diajarkan oleh Buddha Gotama.

Keagungan dan Kemuliaan ajaran Buddha bukan hanya untuk umat dan siswa-Nya, malah para cendikiawan ahli ilmu Fisika Albert Einstein, dkk, menyatakan: Bahwa hanya ajaran Buddha yang dapat menjawab tantangan penelitian para Ilmuwan Astronomi, Fisika, Biologi, dsb. Ternyata, pernyataan Albert Einstein saat ini Terbukti Benar adanya. Inilah yang paling menarik dari ajaran Buddha Gotama terhadap semua manusia, terbukti benar adanya.

Faktanya: Saat ini HAWKING Stefen seorang ahli dan ilmuwan Fisika menyatakan bahwa Tuhan tidak ada campur tangan soal penciptaan alam semesta dengan kata lain BOHONG. Buddha Gotama 2554 tahun silam jauh-jauh hari sudah menolak dalil Allah /Tuhan sang Pencipta alam semesta, alias omong kosong.

Manfaat bagi kita dan orang lain yang masih belajar Dharma paling sedikit wawasan kita terbuka luas dan tidak menjadi orang yang ber-agama dogma hanya percaya secara membabi buta.

Sebab, ajaran Buddha Gotama bukan Janji masuk Surga setelah Mati yang belum tentu dan tidak Nampak.

Namun, Dharma menjamin bahwa Kebahagiaan dapat diraih saat ini, hanya cukup bersikap baik terhadap semua makhluk, dan latihan Meditasi hingga mencapai ketenangan dan kebahagiaan batin. Hal itu, dapat dirasakan dan diketahui saat ini ketika kita mau melaksanakan Dharma.

Dalam menyebarkan Dharma ajaran Buddha Gotama selama 45 tahun tidak pernah terjadi perang, pembunuhan apalagi pembantaian terhadap sesama, istilahnya tak ada tetes darah bagi penyebaran ajaran Buddha. Buddha tidak bisa dibunuh oleh siapa pun.

Berbeda dengan Guru Agama lain yang banyak membantai sesama manusia tak bersalah. Bahkan dirinya hingga menjadi korban, dibantai dan disalibakan.

TEMAN-TEMAN TERIMAKASIH ATAS DEDIKASI DAN KOMENTARNYA.

1.Sangat bangga. Semua ajaran Buddha bisa dibuktikan n' semuanya masuk akal Pastinya membuat kita lebih baik.. lebih baik.. dan lebih baik. Sadhu.. Sadhu.. Sadhu.

2. Namo Buddhaya Bhante, Beruntung tepatny... Sy beruntung bisa terlahir sbg Buddhist dan mengenal Dhamma...shgga tahu ada jalan pembebasan dari lingkaran samsara ini.

3. Saya bangga karena emang g ada jalan laen lg bhante. Anumodana.

4. Namo buddhaya...selamat malam Bhante. Mengajarkan dukkha dan cara melenyapkan dukkha.

5. Namo buddhaya.bhante..tentuny sy bangga bs mempunyai agama yg pasti,,menurut sy yg plg menarik adlh,buddha dpt mengubah org lain yg baru ditemuiny yg berwatak krg baik menjadi baik sampai2 ada yg bs mencapai arahat hny dgn berbekal kata2.. Mohon dikoreksi apabila ada yg slh..trima kasih.

6. namo buddhaya bhante,slmt mlm tentu sy bangga skl mempunyai guru spritual buddha gotama.yg paling menarik dr ajaran beliau menurut sy adlh 4 kesuyataan mulia,manfaatny sy dpt mengenal tentang hukum sebab akibat dr suatu perbuatan yg sy lakukan nantiny.

7. Sbelum'a trima lah sLam metta dri saya Nammo Buddhaya -
ya saya sngad bruntung mnjadi murid Sang BUDDHA ' dan saya mlai mngenaLi Culavedalasutta - Dan yg pling saya ingad adalah "Kita hrus mmilih jlan tngah b'unsur 8" ttpi Do'A kan saya Banthe , agar tahu...

8. Buddha is my super hero bhante. Buddha mengajarkan ajaran universal yg bs diterima logika & ajaran'a sungguh indah..

9. Namobudhayo .. Selamat malam Bhante dan teman2x.. Semoga semuanya Berbahagia karna telah mengenal dan mempraktekan Dhamma dalam kehidupan kita sehari-hari. Tentunya saya amat Bangga mempunyai Guru Agung Sang Buddha yang maha Bijaksana karna dari beliaulah saya mengenal dukha dan jalan cara membebaskannya.. Sadhu..3x

10. Selamat malam, Bhante... Namo Buddhaya... _/\_
Ya, saya sangat bangga mempunyai Guru Spiritual Buddha Gotama. Yang menarik dari ajaran Buddha menurut saya adalah tentang Hukum Karma, Anicca dan Dukkha. Manfaatnya bagi saya adalah tidak kaget akan penderitaan, takut untuk berbuat jahat karena akan menimbulkan karma buruk dan jangan melekat terhadap segala sesuatu yang hanya akan menimbulkan penderitaan nantinya. Terima kasih, Bhante.

11. namo buddya selamat malam bhante akui bangga sekali punya guru besar seperti buddha Gotama yang selalu mempersatukan org tidah menbeda2 org sadhu3.



12. Namo Buddhaya, 'Sang bhagava yg mahasuci yg telah mencapai penerangan sempurna' aq aj sneng puny tmn yg pintar n yg mempunyai sila yg baik aplg Sang Buddha sdh pasti sy bangga,, ajaranny bs di buktikan.. Mengajarkan sy kebenaran.. Meskipun terkadang kebenaran itu tdk menyenangkan... Manfaatny adlh sy bahagia n smoga smua makhluk berbahagia.. Sadhu3x


13. Kalau saya tidak bangga mungkin sudah lama saya pindah agama, seperti kebanyakan teman2 saya yg lain, dibutuhkan keberanian yg besar kalau mau jadi umat Buddha, karna tidak perna menjanjikan umatnya masuk surga, cukup dikasih petanya saja sampai tidaknya tergantung usaha kita masing2, tidak mengenal pengapusan dosa, berbuat jahat silakan masuk neraka. NAMOBUDDHAYA BHANTE.

14. Namo Budhaya Bhante. Saya bangga mempunyai guru Sang Budha dan Beragama Budha. Krn Sang Budha dalam menyebarkan ajarannya(dhamma) tidak sedikitpun menggunakan kekerasan (bahkan berlaku sampai sekarang), ajarannya di ajarkan dengan cinta kasih. Sang budha menunjukkan jalan agar semua murid2nya dapat mencapai apa yg dia capai (tdk ada siapa yg lebih tinggi). Dan Sang Budha adalah guru semua makhluk (dewa+manusia dll). Manfaat dlm hidup saya, dlm menjalankan ajarannya tdk ada paksaan harus dengan syarat2 tertentu (murah), ajarannya cukup simple (jgn berbuat jahat, tambah kebajikan, sucikan hati+pikiran/meditasi) dan tdk ada ancaman klu kita tdk melaksanakannya (karma sesuai dgn apa yg kita lakukan). Terima kasih Bhante.


15. Nammo buddhaya bhante. Aq bangga bgd bhante mjd seorg buddhis. Krn dhamma itu tlh mjwb sgala prtnyaan yg awalnya tdk mungkin,yg disertai bukti2 pula. Cm kdg sy msh malas untuk mpraktikannya, sprti meditasi..
Terimakasih bhante.. Selamat malam.


16. Namo buddhaya bhante, saya sangat bangga mnjd siswa sang buddha, yg sngt menarik adalah semua ajaran, terutama ajaran meditasi nya, semoga semua mahkluk hidup berbahagia.


17. Namo Buddhaya...Bhante. pertanyaan saya sangat sederhana sebelum saya mengenal ajaran buddha yang sebenarnya " KENAPA KITA DI LAHIRKAN BERBEDA2 " tapi tak 1 ajaran pun yang dapat menjawabnya...pada suatu hari seorang teman memberikan saya semua buku tentang KAMMA dan PUNARBHAVA dari ajaran Buddha...di situlah saya menemukan jawabannya...itulah awal ketertarikan saya terhadap ajaran Buddha...makin saya gali saya makin merasa cocok dgn ajaran Buddha.......SSMB.


18. Namo Buddhaye, tentu saja kami bangga dengan Guru kami bante, menurut saya tidak ada yang menarik dgn ajaran Sang Buddha, tapi manfaatnya luar biasa buat kami. Kami diajari spy jgn percaya kecuali sdh dibuktikan, tdk ada magic, tdk ada keistimewaan, yg ada hanya kesadaran dan kesederhanaan. Kami di beritahu bahwa kami sendirilah yang menentukan dimana atau bagaimana kami kelak. Mempunyai Guru yang begitu bijaksana, rendah hati dan bersahaja apalagi yang bisa lebih baik kami dapatkan.


19. Namo Buddhaya Bhante. Sangat takjub n bangga. Buddha tidak pernah menganjurkan umat'y memuji,memohon.meminta apalagi sampai memelas minta apapun..semua harus dengan usaha sendiri. AjarNYA dapat merubah sifat seseorang dari tidak tau menjadi tau, apa yang seharus'y dilakukan n apa yang tidak pantas dilakukan. .dengan kesadaran sendiri.


20. Namo Buddhaya. Siapa yang tidak bangga akan ajaran dari Sang Bhagava? Siapa yang mengatakan ajaran dari Sang Buddfha itu sangatlah rumit? Orang yang memberikan pertanyaan di atas itu adalah orang yang tidak tahu siapa itu sebenarnya Sang Buddha. Yang paling menarik dari ajaran Sang Buddha adalah bagaimana cara melepaskan diri kita dari roda Samsara,dimana kita harus melaksanakan Sila Samadhi dan Panna. Manfaatnya mujur,yakni dapat membebaskan kita dari roda Samsara dan membawa kita mencapai Nibbana.

21. Namo Buddhaya... Slm knal ya. sy jg dulu pnah pindah agama... Mungkin alasanny kurang lebih sm ky Erick,, tp setelah sy menyadari kekeliruan sy, sy kembali lg ke agama Buddha.. N skrg sy mnjdi lbh bahagia

22. Nammo Buddhaya..Bhante, Perlahan tapi Pasti saya sangat Bangga dgn Ajaran Guru Spritual Buddha Gotama.Dan saya kira Warisan yg paling berharga buat saya dan keluarga saya adalah Ajaran Buddha ( Buddha Dharma ).semua Ajaran Sang Buddha sangatlah bermanfaat buat saya Pribadi,Keluargaku dan untuk semua makhluk hidup di muka Bumi ini.


23. Koabun hoho@ apabila ada kendaraan mobil untuk pergi keluar kota apakah anda masih ingin berjalan kaki ? Sama halnya internet .. Dapat memberikan pembabaran Dhamma disini .. Setiap hari tampa harus menunggu datang ke vihara yang cuma seminggu sekali baru kita peroleh Dhamma dari para bikhu dan romo 2 ..
Maaf bila kata2 saya salah.


24. Maaf Bhante, dlm hal ini saya berbicara dlm kapasitas dan kondisi saya saat ini .
Bagi saya Buddha merupakan Maha Guru yg pernah ada dan mengajarkan ttg "Adanya penderitaan" (Saya Hormati).Hal yg menarik bagi saya ttg Dukha, Manfaat bagi saya sampai sejauh ini adlh pengelolaan terhadap fenomena diri ... Manfaat bagi yg lainnya, berdasarkan pengertian si individu itu sendiri . Pembebasan adlh berdasarkan Ehipassiko scr bertahap ... Dalam hal ini saya ingin tumbuh berkembang dlm kebijaksanaan, bukan sekedar scr pemikiran semata . Namo Buddhaya Bhante.

25. Aq bangga bgt punya guru spt beliau,mantanku skrng jd samanera bhante.

26. SO PASTI . SEBENARNYA AJARAN BUDDHA SANGAT LOGIKA , " SUCIKAN HATI DAN PIKIRAN MU , BANYAK BERBUAT BAIK , JANGAN BERBUAT JAHAT. KAN BISA BERGUNA UNTUK SIAPA SAJA .


27. Nammo Buddhaya ..bhante saya sangat bangga dan beruntung mempunyai seorang guru spiritual sprti sang Buddha Gotama . menurut saya , yg yg menraik dr ajaran Sang buddha adalh cr untk melatih diri untk tidak melekat contohny adlh berdana, manjalani sila , dan bermeditasi ..manfaatnya sungguh banyak bhante .. sepertinya bermeditasi kita akan merasa lbih tenang , dan tentu pikran kita menjadi lbih jernih , berdana , dpt mlatih kita untk tidak kikir dan bermurah hati , kemudian menjalani sila dapat mengendalikan indera kita , sehingga tidak menginginkan ini dan itu .mngkn hnya itu, bila slah saya mohon maaf bhante . .trimz.

28. Namo Buddhaya Bhante,sungguh beruntung mengenal dhamma, tdk menjanjikan apapun, semua dpt di buktikan dgn praktek langsung, emosi sy skrg mkn dpt terkontrol dgn baik, semoga sy mjd lbh baik, semoga semua makhluk berbahagia, sadhu...sadhu...sadhu.

29. Namo Buddhaya,saya bangga bisa mengenal dhamma,menjadi siswa sang Buddha. Ajaran Buddha mengajarkan kebenaran apabila kita bisa memahami dengan benar akan mendapatkan manfaat yang luar biasa,yang paling menarik adalah praktik meditasi vipassana.

30. Saya Bangga punya Guru Spritual Buddha Gotama dan Bangga beragama Buddha.


31. Bhante, kalau dibilang bangga, sepertinya saya merasa lebih pas dengan kata bersyukur.......sebab ketika saya sedang mencari kebahagiaan dengan susah payah...pergi ke satu tempat dan ke tempat lain, bertemu guru spiritual yang satu dan yang lain..merasa kesepian...meyakini diri sendiri bahwa saya akan bahagia kalau....jika...seandainya....maka saya terus mencari dan mencari penyebab kebahagiaan'ku...Ternyata hanya satu kalimat dari Bhante Tithaketuko " Kebahagiaan itu ada didalam sini, untuk dirasakan...bukan diluar sana yang harus dicari" ..aku duduk termenung menghadap Patung Buddha dan saat itu juga hidupku perlahan berubah...dan jadilah aku seperti yang sekarang ini...Hidup adalah saat ini, sekarang ini ..disini...Jangan sibuk berpikir, tetapi kendalikan pikiran...itulah makna kebahagiaan dari Sang Buddha.

32. Namo Buddhaya,Bhante...sangat bangga tentunya bs memiliki guru spiritual Buddha Gotama...krn awal saya beralih ke Ajaran Buddha,krn cinta kasihnya yg sangat luas...disini kita diajarkan tuk memancarkan metta ga cm sama yg kelihatan,tp yg ga jg include...^^ manfaat sy dptkan terutama dr praktik meditasi yg membuat kita lebi bijak lg dlm bertindak & menghadapi segalanya..jempol dhe pokoke,Bhante.

33. Namo budhaya bhante met malam.sy bangga skali mempunyai guru seperti BUDDHA GOTAMA.karna ajaran beliau kita bisa lebih sabar peyayang dan cinta terhadap smua mahluk hidup, yg menarik dari agama BUDDHA adalah ajaran kebenaran dan cinta kasih.manfaat nya sy lebih sabar dalam menghadapi masalah.sadhu3x

34. Meski blm sepenuhnya menjalankan Dhamma. Sy bangga thdp Sang Buddha penemu jln kebenaran, Dhamma ajaranNya, Sangha pelindung ajaranNya. Mari semangat yok menjadi umat Buddha yang baik!


35. Yang paling menarik dari ajaran Sang Buddha adalah; meningkatkan kebebasan, kebahagiaan, dan kesejahteraan umat manusia. Ajaran-Nya utk menolong umat manusia utk menjalani kehidupan normal tanpa mengarah secara ekstrim kpd penyiksaan diri maupun menyerah pada pemuasan nafsu inderawi. Dan setiap manusia mempunyai potensi utk mencapai tujuan utama keBuddha-an jika ia memiliki keteguhan dan kehendak utk melakukannya.

36. Intinya menjadi Buddha,Buddha adalah taraf tertinggi yg harus dicapai manusia,agar terlepas dari lahir,tua,sakit dan meninggal, tp sangat sedikit sekali orang yg dapat mencapainya,semoga semua manusia dapat tercerahkan dan menjadi Buddha,Amitofo.


37. bangga banget karena sy jd lebi bebas dan lebih sadar.

38. Manfaat ajaran Buddha terhadap saya dan orang lain adalah; hidup lebih berbudaya, beradab, dan hidup dalam damai dan harmoni.

39. Namo mBudhaye Bhante,saya bangga karena Sang Budha Gaotama mengajarkan kita menyayangi semua makhluk hidup, mengajarkan dhamma,Sang Budha Gaotama adalah guru yg agung ajarannya membuat kita damai tentram dan bahagia.

40. Jelas bangga Bhante! AjaranNya yg paling menarik yah ttg keBEBASan utk memilih baik/buruk sesuai hkm kamma; Manfaat bagi saya.. pola pikir berubah menjadi sgt baik, bisa lbh menerima kenyataan hdp apa adanya & mulai mempraktekkan Dhamma. Utk org lain.. lbh peduli & mau berempati... Smga bermanfaat.

41. Smesti'y kita berbangga hati dikehidupan dmana ajaran dr guru agung BUDDHA GOTAMA msh exis n hrs diperjuangkan agar trus berkembang tuk kbaikan umat manusia karna ajaran'y membawa kbahagiaan sejati,smoga sy dpt trus blajar mskpun msh jauh dr kesempurnaan.smoga sy dpt mengikis kbodohan n kgelapan bathin yg ada dlm diri.smoga sy berbahagia bebas dr kbencian,smoga smua mahluk berbahagia bebas dr penderitaan,sadhu...sadhu...sadhu.

42. Namo Amithofo Sangat bangga Bhante Beliau mengajarkan tentang karma yg sangat masuk di akal

43. Namo Buddhaya Bhante _/\_ Selamat Malam. jujur saya bangga. Yang menarik bagi saya adalah ehipassiko nya *believe nothing, no matter where you read it, or who said it, no matter if I have said it, unless it agrees with your own reason and your own common sense* karma baik terlahir sebagai manusia dan mengenal ajaran Dhamma. thanks Lord Buddha. semoga semua makhluk berbahagia.

44. Mlm Bhante., klo menrut Aq., Bangga bgt,yg jelas sma ajaran beliaou,mudah d'mengrti dan menrut Aq sangt masuk akal,sesuai dngn knyata'an., Anumodana.

45. NamoBuddhaya Bhante., menurut Aq., Ga ada beban dlm menjalankan ajaran Beliaou.

46. Bangga, sebab ajaran yang bisa mengubah kehidupan ini Bhante. Ajaran yang istimewa


47. Selamat malam bhante.sy sangat bangga.ajaran nya begitu agung/menyentuh hati.sebab akibat nya yg membuat sy percaya sepenuh hati.maaf bhante klo ada perbedaan pemikiran.

48. cukup bangga ayat2 tipitaka & kisah2nya yg menyentuh ke dalam batin, mengundang utk dibuktikan,, tapi susah utk dilaksanakan dgn sungguh2 di jaman modern ini,, harus jd bhikkhu dulu x ya wkwk, lebih percaya ada tumimbal lahir, hukum sebab akibat n tidak melanggar sila; melakukan tindakan yg merugikan org karena akan membalik lg kpd kt.
Hehehe.

49. Namo Buddhaya Bhante, Buddha Gotama dan Dharma luar biasa tiada bandingannya di dunia ini, ketertarikan itu baik itu dari riwayat perjalanan hidup beliau, ajarannya, ketinggian kesucian keagungan tingkat spritualnya tak terbatas, dan manfaatnya bukan hanya untuk manusia tapi melintas batas semua makhluk hidup.

50. Namo buddhaya bhante.. Selamat malam.. Menurut saya menjadi murid dari guru spiritual Buddha Gautama adalah sagat bangga karena Buddha Gautama ajarannya menurut kebenaran sejati..tidak2 muluk2,tidak menjanjikan hal yang indah n mustahil,sesuai kebenaran sejati.. Apa yang kamu perbuat sesuai dgn hasil yang diperoleh.. Yang menarik dari ajarannya adalah EHIPASSIKO,datang lihat dan buktikan.. Jadi tidak ada unsur paksaan, sekalipun uda mengenal ajarannya baik namun tidak. Berniat trisarana..tetap tidak memaksa.. Manfaat dari ajaranNya adalah mencapai keBuddhaan.. Saddhu.

51. Malam bhante,saya sangat bangga punya guru besar Gautama. Ajarannya tentang hubungan sebab akibat,hukum sebab musabab yg terdiri dari 12 mata rantai lingkaran dari kelahiran dan kematian.semua makhluk hidup terlahir kembali ke alam manapun,karma kitalah yg membawa kita terlahir kembali. Saya bisa membagi dharma kepada org lain Sahdu...sahdu.

52. Namo Buddhaya Bhante. Sang Buddha adalah junjungan dan panutan saya di kehidupan saat ini, dan semoga pada saat saya dilahirkan kembali, saya tetap mengenal Dhamma Sang Buddha. Dhamma Sang Buddha adalah yang terbaik buatku. I love my BUDDHA.

53. Bukan bangga,bhante.Tapi kagum tentang pandangan dan ajaran-ajarannya dalam Sutta dan syair-syair yang banyak saya baca dari posting teman-teman sedhamma.Nah,manfaat ajaran Sang Buddha untuk orang lain?Spt yang saya rasakan saat membaca posting teman-teman ttg Dhammapada.Saya pikirkan, saya pahami,saya yakini stlh mampu saya buktikan itu benar dan..Ini mengubah pandangan saya terhadap suatu topik ke arah benar dan dewasa.Mengubah sikap dan perbuatan.Jika saya demikian,kemungkian orang lain juga demikian.

54. Bangga karena Guru besar kita juga manusia, logikanya apa yg ia ajarkan pasti kita bisa lakukan karena sama-sama manusia. Beda kalau gurunya bukan manusia seperti utusan ataupun anak Tuhan, bagaimana kita bisa mengikuti jejaknya, made in nya saja udah beda hehehehe.

55. Namo buddhaya bhante, menurut saya bhante..Kita tdk perlu berbanga diri memiliki guru angung yaitu Buddha , yg perlu kt bangga kan adlh apakh kt bisa menjalankan praktek ajaran agung yg mulia dr para buddha ? Baik itu thdp diri semdiri maupun org lain. Jika itu sdh d lakukan maka dgn sendiri ny buddha akan merasa bangga memiliki umat dan berkembang sampai ke penjuru dunia sehinga agma buddha menjadi kebanggaan seluruh umat...Menurut saya hukum karma & tumimbal lahir yg menjadi pedoman dlm ajaran buddha.

56.Namo buddhaya bhante,, manfaat memplajari agama buddha adlh saya telah menyadari bahwa isi adlh kosong,,kosong adlh isi maksudny ialah manusia d bumi ini hanya megejar nafsu d duniawi padahal itu tdk lah berguna semua ny hanya bersifat anica, yg perlu d kejar adlh kebahagia mutlak yaitu nibbana,, yg ke 2 yaitu menyadari dari yg tdk tau menjadi tau shg bisa memutuskan tumimbal lahir.

57. Saya sangat Bangga bahkan Beruntung mempunyai seorang guru spiritual Buddha Gotama. Ajaran yg paling menarik adalah "EMPAT KESUNYATAAN MULIA". Manfaat ajaran Buddha bagi saya dan lain2 adalah memahami semua suka dan duka yg timbul dlm kehidupan saat ini. Namo Buddhaya, Bhante.


58. Bangga. Ajaran Beliau: Hidup adalah Penderitaan, Hukum Karma, Penyebab penderitaan, karena adanya nafsu keingginan,cara untuk menghilangkan penderitaan.Hiri & otapa yaitu Malu & takut akan perbuatan yg melanggar Pancasila Buddhis... Sikap lemah lembut, rendah hati, Ehipassiko: perisa dulu secara teliti, baru boleh percaya. Dhamapada 183: banyak berbuat baik, kurangi perbuatan jahat, sucikan batin & pikiran , itulah ajaran para bijaksana. Dan masih banyak lagi.

59. Atas Karma baiknya, Gaotama mengorbankan tubuhnya kepada yang Maha Kuasa untuk mewujudkan Cinta Kasihnya kepada umat manusia agar terbebas dari Penderitaan badan, pikiran dan perasaan lewat Ajaran dan Kelakuannya. Bisakah kita meninggakan Harta, Nafsu, Posisi yang kita mikili saat ini ?


60. Namo Buddhaya, Bhante; tentu saja Guru Agung Buddha Gotama merupakan kebanggaan saya dan keluarga, karena Dhamma yang Beliau wariskan kepada dunia begitu PASTIi menuntun setahap demi setahap di dalam kemajuan spiritual, dan DhammaNya benar-benar menjadi penyelamat manusia maupun makhluk lain....banyak binatang yang terselamatkan berkat Dhamma, banyak peta terselamatkan ke tempat yang lebih layak berkat Dhamma dan patidana. Semoga Semuanya sehat sejahtera, damai sentosa.

61. Bante.Sy kira buddha gotama bkn hanya guru bg umat buddha saja.krn terbukti pengetahuan yg
beliau ajarkan bisa dan sdh dipraktekkan bhkn oleh org2 non buddhis.dan ttp sama manfaatnya.yaa.sy sngat bngga punya guru buddha gotama. Dan ajaran beliau yg sngt menarik adlh ttg hukum-karma.bnar2 'melegakan' dan mmbasmi ktakutan2 yg tdk beralasan yg diwariskn turun tmurun dr doktrin2 yg slh. Kuntoro Shuwung.

62 .Namo Buddhaya, Bhante. Saya membaca pandangan bhante yang terakhir. Saya mengerti apa tujuan diskusi ini. Bukan lomba mengarang atau tempat menumpahkan perasaan. Tapi lebih untung membuka wawasan kita, mengubah pola pikir yang kurang tepat. Saya mengagumi teman-teman sedhamma yang mengingat berbagai syair-syair dalam Dhammapada. Yang mengingat secara detail kisah Buddhis. Saya bersyukur ada mereka yang share hal-hal demikian. Saya bisa membaca dari guru-guru dan sahabat se-Dhamma. Saya hanya mampu mengambil inti ajaran, syair, dan kisah yang di-posting. Mencoba memahaminya dan menjadikan sebagai sebuah pelajaran kecil untuk memperbaiki diri saya. Semua agama adalah baik. Sudah 2 ajaran agama yang saya dapat selama pendidikan hingga sekarang. Semuanya indah. Tapi yg mampu saya ingat, pahami, dan aplikasikan sehingga mudah2an bermanfaat dalam hidup saya adalah Dhamma. Saya tidak jago istilah Pali. Tapi semua yang minimal mudah2an memberikan pengaruh luar biasa. Welcome back, bhante. Saya tidak banyak tahu istilah-istilah Pali atau Sansekerta yang ada, bhante. Saya banyak bertanya. Tapi mungkin motivasi dan dasar saya memahami Dhamma adalah untuk aplikasi dan nutrisi sehat bagi spiritual saya, ya saya tidak memaksakan diri. Saya mengagumi teman-teman sedhamma. Saya tidak malu. Saya hanya takut dan malu berbuat salah atau mencelakai orang. Makanya page dan wall tentang Dhamma sangat membantu.
Bhante, saya masih menunggu diskusi lain. Hanya memberi pendapat utk pertanyaan yang applicable

63. Sgt bangga krna darma dr sang Buddha a/realita kejdn kehdpn manusia krna buddha dlnya a/manusia yg ingin mencr pencerahan diri,jd dhammanya berbicr sbgmn lyknya kt manusia dlm jlni kehdpnnya.yg plg sy sukai dlm pengembgn batin dgn berptkn ajaran buddha a/karma.jd,sy sll hrs instropeksi diri agar jgn menulangi penderitaan yg sm,bhante.amitofo.


64. aku banga lahir dkluarga agma buddha.aku sangt banga bz bljr agama buddha. Aku kagum dgn agama buddha...
Ttang ajran ny pnuh cinta dan ksh syg, sang buddha ldungi lh smua mahluk mu ddnia ne.


65. Tidak bangga karena tidak mengenal dia secara pribadi. Hanya bersyukur dapat mengenal Ajarannya.
Ajaran yang indah adalah Semua yang berbentuk : badan, pikiran & perasaan selalu berubah. Hanya Dharma yang bisa melindungi kita dari sebab penderitaan karena perubahan itu.
Ajarannya membuat hidup lebih berarti dimana kita ini sebenarnya wujud dari Dharma Hidup untuk menyelamatkan diri kita dan orang lain dari serangan Batin yang menderita, kesepian, tertekan...
Dharma ada dari sebelum Gaotama dilahirkan. Atas cinta Kasih Alam Semesta manusia2 bijak dilahirkan untuk memberi jalan dan cara menikmati Nirwana.

66. Sangat bangga ... 1 hal yg mbuat sy kagum tehadap sang Buddha Gotama krn Beliau sgt sdrhna Beliau pernah berkata..."Aku hanya penunjuk jalan," & Beliau sosok yg tdk pernah mengancam \ mengecam... Penuh dgn Metta... Dan sangat Bijaksana.


Kesimpulan:
Dengan cara diskusi Dharma ini salah satu cara teman-teman sudah ikut partisipasi melestarikan Dharma ajaran Buddha. Sebab dengan membahas Dharma banyak teman lain yang belum tahu Dharma jadi lebih tahu, dan membuka wawasan lebih luas dalam belajar Dharma. Dengan cara ini juga makin banyak teman tercerahkan oleh Dharma.

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur yg telah meninggal, smg mereka menerimanya d ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Komentar

Unknown mengatakan…
SUNGGUH SULIT DAPAT TERLAHIR SEBAGAI MANUSIA,SUNGGUH SUKAR HIDUP MANUSIA DALAM KETIDAKKEKALAN INI,SUNGGUH LANGKA KESEMPATAN MENGENAL DHAMMA,LANGKA PULA MUNCULNYA SEORANG BUDDHA

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “