Fenomena Dhamma

Sunday, September 20, 2015

Singgah ke Jade Buddha Temple Shanghai, Pusat Agama Sekaligus Wisata Shanghai - Di balik kemegahan Kota Shanghai, ada kuil tua yang menjadi pusat pembelajaran agama Buddha bernama Jade Buddha Temple. Seperti apa bentuknya?







Kuil ini dibangun pada tahun 1882 ketika Higuan, seorang biarawan dari Burma (Myanmar) bernama Huigen membawa dua patung giok Buddha. Kuil tua yang terletak di bagian barat kota tersebut sempat hancur dalam perang revolusi Dinasti Qing.

Akan tetapi, beruntung sebagian patung-patung tetap berada dalam kondisi utuh. Kemudian pemerintah membangun ulang Jade Buddha Temple pada tahun 1928.

Kini saat detikcom bersama rombongan MPR mengunjungi Jade Buddha Temple, Minggu (20/9/2015) terlihat sedang ada perluasan area kuil. Menurut pemandu wisata, perluasan ini dimaksud untuk memberi kenyamanan bagi para pemeluk agama Buddha untuk bersembahyang sekaligus melestarikan patung-patung Buddha.

Ada dua patung Buddha berharga dalam kuil yang terletak di 999 Jiangning Road, Shanghai, Tiongkok. Yakni patung Buddha terlentang dan Buddha duduk. Keduanya terbuat dari ukiran batu giok putih bersih.

Saat detikcom mengunjungi Jade Buddha Temple, Minggu (20/9/2015) melihat patung Buddha terlentang sepanjang 96 centimeter dalam sebuah ruang kaca. Tangan sebelah kanannya menopang kepala dan tangan kirinya berada di atas kakinya. Pose tersebut diyakini memberi keberuntungan.

Raut wajahnya, dijelaskan pemandu, membuat para pengunjung dan calon biksu yang menimba ilmu di sana menjadi tenang. Menurutnya, itu menggambarkan kedamaian dalam suasana hati Siddhartha Gautama meninggalkan dunia.

 Foto: Ayunda Widyastuti Savitri

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home